27 Maret 2016


Makna Bendera Negara-Negara Amerika Selatan



Lokasi dari Amerika Selatan (warna merah) di peta dunia. (Sumber)

Amerika Selatan - sesuai namanya - merujuk pada wilayah bagian selatan Benua Amerika. Di benua inilah, terdapat bentang-bentang alam yang spektakuler. Sebagai contoh, sungai raksasa Amzon beserta hutannya yang juga raksasa terletak di benua ini. Pegunungan Andes yang merupakan salah 1 barisan pegunungan terpanjang juga berlokasi di benua ini. Di bagian selatan, terdapat Gurun Atacama yang dikenal sebagai salah 1 gurun terkering di dunia. Lokasinya yang memanjang di belahan bumi selatan juga membuat Amerika Selatan menjadi benua dengan lokasi terdekat dengan Antarktika, benua paling selatan yang selalu diselimuti es sepanjang waktu.

20 Maret 2016


Mengenal Persenjataan Khas Bangsa Aztec



Prajurit elang Aztec (kanan) ketika bertarung
melawan prajurit Spanyol. (Sumber)

Aztec / Aztek adalah nama dari suatu peradaban yang pernah berdiri di pedalaman Meksiko pada Abad Pertengahan. Apa yang disebut Aztec aslinya merupakan aliansi dari 3 kerajaan kecil setempat - Tlacopan, Texcoco, & Tenochtitlan - dengan Tenochtitlan sebagai pusatnya. Di masa jayanya, Aztec merupakan negara adidaya setempat dengan wilayah kekuasaan yang membentang dari pesisir Samudera Atlantik di sebelah utara hingga pesisir Samudera Pasifk di sebelah selatan. Namun di tahun 1521, Aztec akhirnya harus menemui keruntuhannya pasca masuknya wabah cacar air & jatuhnya Tenochtitlan ke tangan pasukan Spanyol pimpinan Hernan Cortes.

17 Maret 2016


Kadal Berjumbai, Ahlinya Melakukan Gertak Sambal



(Sumber)

Kadal berjumbai (frilled lizard; Chlamydosaurus kingii) adalah nama dari sejenis kadal yang mendapatkan nama demikian sebagai akibat dari adanya struktur menyerupai jumbai yang lebar di lehernya. Dalam kondisi biasa, jumbai tersebut berada dalam kondisi terlipat. Keberadaan jumbai tersebut lantas membuat kadal berjumbai terlihat seperti hewan yang agresif & menakutkan. Namun jangan khawatir, kadal berjumbai bukanlah kadal yang beracun ataupun berbahaya bagi manusia. Fungsi utama jumbainya adalah untuk membuat penampilannya terlihat lebih menakutkan supaya makhluk lain tidak berani macam-macam dengannya.

8 Maret 2016


Perang Tanzania-Uganda, Tumbangnya "Raja Terakhir Skotlandia"



Pasukan tank Uganda menjelang invasi ke Tanzania. (Sumber)

Tanzania & Uganda adalah nama dari 2 negara bertetangga yang terletak di Afrika Timur. Uganda wilayahnya lebih kecil & berada jauh dari laut. Sementara Tanzania wilayahnya lebih besar & berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah timur. Baik Uganda maupun Tanzania juga sama-sama berbatasan dengan Danau Victoria, danau terbesar di Benua Afrika. Sebagai akibat dari lokasi Tanzania & Uganda yang berbatasan langsung, sudah barang tentu kedua negara tadi menjadi sangat sering berinteraksi di mana interaksi antara keduanya tidak selalu merupakan interaksi yang positif. Contoh dari interaksi macam itu adalah Perang Tanzania-Uganda yang berlangsung pada tahun 1978 hingga 1979.

2 Maret 2016


Kelelawar Bulldog, Pemburu Ikan di Langit Malam



(Sumber)

Kelelawar bulldog (bulldog bat) adalah nama dari sejenis kelelawar yang memperoleh nama demikian sebagai akibat dari moncongnya yang besar & terlihat seperti moncong anjing bulldog. Sayapnya berwarna gelap, sementara tubuhnya diselubungi rambut pendek berwarna merah hingga coklat. Ada 2 spesies kelelawar yang dikategorikan sebagai kelelawar bulldog & semuanya termasuk dalam genus Noctilio, famili Noctilionidae. Kedua spesies tersebut adalah kelelawar bulldog besar (greater bulldog bat; Noctilio leporinus) & kelelawar bulldog kecil (lesser bulldog bat; Noctilio albiventris). Artikel ini sendiri akan fokus membahas spesies kelelawar bulldog besar yang ukurannya kurang lebih 2 kali lebih besar daripada spesies bulldog kecil.