22 Juni 2016


Jenis-Jenis Tapir yang Ada di Seluruh Dunia



Seekor tapir Melayu betina bersama anaknya. (Sumber)

Tapir adalah nama dari hewan mamalia yang sepintas terlihat seperti persilangan antara gajah & babi hutan. Seperti gajah, tapir merupakan hewan herbivora dengan hidung yang panjang & lentur layaknya belalai. Namun seperti halnya babi, tapir memiliki tubuh yang gempal, kepala berbentuk mengerucut, daun telinga meruncing, mata yang kecil, & kaki serta ekor yang pendek. Sebagai akibat dari fisiknya tersebut, tapir pun memiliki indera penglihatan yang buruk. Namun hal tersebut tidak terlalu masalah bagi tapir karena hewan yang bersangkutan memiliki indera pendengaran & penciuman yang sangat tajam.

17 Juni 2016


Hun, Bangsa Pengembara yang Mengguncang Eropa



(Sumber)

Bagi para penggemar game strategi Age of Empires II (Aoe), nama "Huns" tentunya bukanlah nama yang asing. Ya, itu adalah nama dari salah satu peradaban yang bisa dimainkan di dalam game yang bersangkutan. Di dalam game AoE sendiri, Huns ditampilkan sebagai peradaban yang sangat cocok untuk taktik serangan cepat karena pemain Huns tidak memerlukan bangunan rumah & Huns memiliki kavaleri pemanah yang berharga murah, namun tidak ideal untuk permainan berdurasi panjang karena Huns lemah dalam teknologi perbentengan. Faktanya, peradaban atau bangsa yang bernama Hun ternyata memang benar-benar ada di dunia nyata & mereka kerap disebut-sebut salah satu alasan di balik runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat pada abad ke-5.

7 Juni 2016


Perang Boer, Konflik Sesama Kulit Putih di Benua Hitam



(Sumber)

Boer (dibaca "bur") adalah sebutan untuk orang-orang keturunan Belanda yang bermigrasi & bermukim ke wilayah cikal bakal Afrika Selatan. Dalam bahasa Belanda sendiri, kata "boer" berarti "petani". Keturunan Boer masih bisa dijumpai hingga sekarang di Afrika Selatan & mereka dikenal dengan sebutan "Afrikaaner". Karena mereka hidup di lahan yang sebelumnya tidak pernah ditinggali oleh orang Eropa, orang-orang Boer pun memiliki jiwa petualang & sangat menjunjung tinggi kebebasan. Sifat mereka yang tidak mudah diatur inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab timbulnya Perang Boer ketika Inggris mencoba memperkuat kedudukannya di Afrika bagian selatan.

4 Juni 2016


Cacing Tanah, Sahabat Bumi yang Gemar Mengubur Diri



Cacing tanah dari spesies Lumbricus terrestris. (Sumber)

Cacing tanah (earthworm) adalah nama dari hewan yang pastinya sudah sangat akrab bagi kita semua. Hewan ini bisa ditemukan di seluruh dunia, kecuali di tempat yang bersuhu terlalu panas, terlalu dingin, atau lapisan tanahnya terlalu keras. Dari segi fisik, cacing tanah mudah dibedakan dari hewan-hewan kecil lainnya berkat tubuhnya yang panjang & dipenuhi garis-garis segmen yang menyerupai cincin. Kulitnya lunak & selalu diselubungi lendir sehingga sebagian orang merasa jijik untuk memegang cacing tanah. Bagian depan tubuhnya berbentuk mengerucut dengan tonjolan berbentuk melingkar & berwarna pucat di mana bagian tersebut dikenal dengan sebutan "klitelum" (clitellum). Mengenai klitelum akan dibahas di bagian lain artikel ini.