27 Juli 2016


Perang Rusia-Jepang, Patahnya Mitos Superioritas Bangsa Eropa



Lukisan mengenai kapal Rusia yang terbakar
dalam perang melawan Jepang. (Sumber)

Bangsa Eropa lebih hebat dari bangsa Asia. Itulah klaim berbau rasialis yang nyatanya sempat mendominasi pola pikir masyarakat dunia dalam kurun waktu yang lama. Klaim itu sendiri muncul karena sejak dimulainya era penjelajahan bangsa Eropa ke benua lain, banyak wilayah di luar Eropa yang berada di bawah kekuasaan negara-negara Eropa. Namun pola pikir tersebut mulai tergerus setelah pada permulaan abad ke-20, terjadi perang yang membenturkan Rusia selaku negara raksasa Eropa dengan Jepang selaku negara kecil Asia yang sektor industrinya sedang bertumbuh pesat.

21 Juli 2016


Apel Laut, Makhluk Gempal Penghuni Dasar Lautan



(Sumber)

Mendengar nama "apel laut", mungkin orang yang baru mendengarnya akan langsung mengerutkan dahi. Apel kan tumbuhan berbuah yang hanya bisa tumbuh di darat, jadi mana mungkin ada pohon apel yang bisa tumbuh di laut? Hehehe, tenang. Apel laut yang akan dibahas dalam artikel ini sebenarnya memang bukan tumbuhan, melainkan sejenis hewan dasar laut yang berpenampilan unik. Nama "apel laut" (sea apple) sendiri diberikan karena hewan ini memiliki tubuh yang bulat & berwarna cerah kemerahan sehingga terlihat menyerupai buah apel.

18 Juli 2016


Makna Bendera Negara-Negara Afrika Timur



Suasana di pelabuhan Dar Es Salaam, Tanzania, salah satu
negara yang terletak di Afrika Timur. (Sumber)

Afrika Timur adalah sebutan untuk kawasan geografis yang - sesuai namanya - terletak di bagian timur Benua Afrika & berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Sejak Abad Pertengahan, Afrika Timur merupakan salah satu kawasan yang paling strategis karena berada dalam jalur dagang Hindia & Cina. Selain letak geografisnya, tidak ada definisi baku mengenai negara mana saja yang termasuk dalam zona Afrika Timur. Pihak Republik sendiri akan membatasi Afrika Timur sebagai zona dengan Eritea sebagai negara paling utaranya & Tanzania sebagai negara paling selatannya. Dan sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan mengulas makna dari bendera negara-negara setempat.

11 Juli 2016


Vultur Mesir, Sang Penghancur Telur Raksasa



(Sumber)

Mendengar nama vultur, maka orang mungkn hanya akan membayangkan sejenis burung yang kepalanya nyaris gundul & penampilannya terlihat menyeramkan. Namun tidak demikian halnya dengan spesies vultur yang satu ini. Vultur Mesir (Egyptian vulture; Neophron percnopterus) berbeda dengan spesies vultur pada umumnya karena burung ini justru memiliki kepala yang berbulu lebat & bahkan berjambul. Kepala & paruhnya berwarna kuning, bulu yang menyelimuti tubuhnya berwarna dominan putih, sementara ujung paruh & sayap bagian bawahnya berwarna hitam.

5 Juli 2016


Konflik Hongaria versus Rumania di Penghujung Perang Dunia I



Hongaria & Rumania seperti yang terlihat pada peta.

Rumania / Romania adalah nama dari sebuah negara yang terletak di Semenanjung Balkan, Eropa Timur. Negara berbendera 3 warna ini berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah timur, Bulgaria di selatan, Hongaria & Serbia di sebelah barat, serta Ukraina & Moldova di sebelah utara. Rumania juga terkenal dengan sebutan "Tanah Drakula" karena dari negara inilah, terdapat sosok bangsawan terkenal bernama Vlad III yang terlibat dalam konflik melawan pasukan Ottoman di abad ke-15 & kemudian menjadi sumber inspirasi dari tokoh drakula penghisap darah dalam novel karangan Bram Stoker yang diterbitkan pada tahun 1897.

2 Juli 2016


Perang Balkan, Pupusnya Hegemoni Ottoman di Eropa



Lukisan mengenai Pertempuran Kumanovo antara pasukan
Serbia melawan pasukan Ottoman. (Sumber)

Semenanjung Balkan adalah sebutan untuk daratan besar yang terletak di Eropa tenggara & berseberangan langsung dengan daratan Asia (Anatolia). Ada banyak hal yang menjadikan kawasan ini begitu penting dalam perjalanan sejarah dunia, misalnya karena di sinilah tersembul peradaban Yunani Kuno yang hasil-hasil pemikiran & inovasi teknologinya menjadi tonggak bagi perkembangan ilmu pengetahuan dunia. Sementara dalam aspek sosial politik, Semenanjung Balkan dikenal sebagai salah satu daerah yang kerap bergejolak & menjadi sasaran penaklukan bangsa-bangsa luar sebagai akibat dari lokasinya yang strategis. Satu dari sekian banyak konflik tersebut adalah Perang Balkan, topik pembahasan dalam artikel kali ini.