17 Agustus 2016


Gavial, Reptil Raksasa Bermoncong Sempit



Sepasang gavial jantan & betina. (Sumber)

Gavial / gharial (Gavialis gangeticus) adalah nama dari sejenis reptil yang masih berkerabat dengan buaya. Jika dilihat sepintas, gavial memang memiliki penampilan yang mirip dengan buaya. Tubuhnya berbentuk lebar & diselubungi sisik berwarna kecokelatan yang berbentuk oval serta segi empat. Di punggungnya terdapat barisan tonjolan sisik yang memanjang dari bagian pangkal kepala hingga ujung ekor. Sementara dari segi perilaku, gavial bukanlah hewan yang agresif & berbahaya bagi manusia karena makanan utama gavial adalah ikan.

13 Agustus 2016


Perang Adal-Ethiopia, Arena Persaingan Ottoman & Portugal di Afrika



(Sumber)

Ethiopia merupakan nama dari negara tanpa wilayah laut yang terletak di Afrika Timur. Di masa kini, orang awam biasanya akan membayangkan Ethiopia sebagai negara miskin yang pernah dilanda bencana kelaparan. Faktanya, jika kita mundur hingga ribuan tahun sebelumnya, Ethiopia merupakan salah satu negara adidaya setempat karena sebelum abad ke-20, tidak ada bangsa asing yang sanggup menaklukkan Ethiopia. Salah satu contoh dari upaya gagal bangsa asing untuk menguasai Ethiopia terjadi pada abad ke-16 dalam wujud Perang Adal-Ethiopia.

9 Agustus 2016


Helenio Herrera, Sang Penyempurna Taktik Sepak Bola Grendel



(Sumber)

Bagi para penggemar sepak bola Eropa, nama "Catenaccio" pastinya bukanlah nama yang asing. Ya, itu adalah sebutan untuk taktik sepak bola defensif yang identik dengan tim-tim Italia. Menariknya, walaupun identik dengan Italia, ternyata penemu Catenaccio bukanlah orang Italia, melainkan orang Argentina yang bernama Helenio Herrera. Berkat taktik tersebut, Herrera berhasil menjadikan Inter Milan menjadi salah satu tim terkuat di Eropa pada masanya sehingga taktiknya mulai diadopsi oleh tim-tim lain, utamanya yang berbasis di Italia. Selain Catenaccio, Herrera pulalah yang memperkenalkan konsep mengkarantina pemain sebelum pertandingan (ritiro).

2 Agustus 2016


Cacing Kapal, Hewan Kecil yang Ditakuti Para Pelaut



Permukaan kayu yang berlubang akibat serangan cacing kapal. (Sumber)

Cacing kapal laut (naval shipworm; Teredo navalis) adalah sebutan untuk sejenis hewan laut yang memperoleh nama demikian sebagai akibat dari tubuhnya yang memanjang seperti cacing & kebiasaan hewan ini untuk hidup pada kapal. Faktanya adalah, cacing kapal sebenarnya bukanlah cacing, melainkan sejenis mollusca. Apa itu mollusca? Mollusca adalah nama dari filum dalam klasifikasi ilmiah di mana hewan-hewan yang termasuk dalam filum ini memiliki ciri-ciri berupa tubuh yang lunak & cangkang yang keras. Selain cacing kapal, hewan-hewan seperti siput, kerang, & cumi-cumi juga dikategorikan sebagai mollusca.