28 September 2016


Crystal Palace, Bangunan Simbol Kemegahan Revolusi Industri



Crystal Palace yang berlokasi di Bukit Sydenham. (Sumber)

Crystal Palace (CP; Istana Kristal) adalah nama dari bangunan yang memperoleh nama demikian berkat ukurannya yang besar & temboknya yang diselimuti oleh kaca. Bangunan ini awalnya berlokasi di Hyde Park, London tengah, & selesai dibangun pada tahun 1851. Tujuan pembangunan CP adalah untuk menjadi lokasi Pameran Akbar (Great Exhibition), di mana pameran tersebut juga dihadiri oleh tamu-tamu asing yang sengaja diundang oleh pemerintah Inggris. Karena Pameran Akbar bertujuan untuk menunjukkan kedigdayaan Inggris sebagai negara termaju di dunia pasca Revolusi Industri, CP pun diusahakan memiliki desain semegah mungkin.

25 September 2016


Pari Raksasa Penghuni Sungai-Sungai Asia Tenggara



(Sumber)

Mendengar nama ikan pari, maka yang kita bayangkan adalah ikan berbentuk pipih yang hanya bisa ditemukan di laut. Faktanya adalah, ternyata ada juga ikan pari yang hidup di air tawar. Salah satu contoh ikan pari tersebut adalah pari air tawar raksasa (giant freshwater stingray; Himantura chaophraya) yang akan kita bahasa dalam artikel kali ini. Nama "raksasa" diberikan karena pari ini bisa tumbuh hingga ukuran yang sangat besar. Bayangkan saja, pari ini panjangnya bisa mencapai 5 m, lebarnya mencapai 2,4 m, & beratnya mencapai 600 kg.

15 September 2016


Kisah Unik Menjelang Terbunuhnya Franz Ferdinand



Gavrilo Princip (kedua dari kanan), anggota Crna Ruka
yang membunuh Franz Ferdinand. (Sumber)

Sudah sering disinggung di buku-buku sejarah kalau Perang Dunia I (PDI) bermula akibat peristiwa pembunuhan yang menimpa putra mahkota Austria-Hongaria, Franz Ferdinand. Austria kemudian menuduh pemerintah Serbia berada di balik peristiwa pembunuhan tersebut & langsung menginvasi Serbia tak lama berselang. Negara-negara Eropa lain kemudian turut melibatkan diri sehingga pecahlah PDI. Namun apakah para pengunjung tahu kalau menjelang peristiwa naas tersebut, ternyata ada kejadian unik yang cukup lucu & penuh dengan serba kebetulan?

11 September 2016


Kura-Kura Raksasa Kepulauan Galapagos



(Sumber)

Kura-kura raksasa (giant tortoise; Chelonoidis nigra) adalah nama dari sejenis kura-kura yang memperoleh nama demikian sebagai akibat dari ukurannya yang sangat besar. Kenyataannya, kura-kura ini memang merupakan spesies kura-kura darat terbesar sekaligus salah satu reptil terberat di dunia. Panjangnya mencapai 1,5 m, sementara beratnya mencapai 300 kg lebih. Ukurannya yang besar tersebut lantas membuat kura-kura ini cukup kuat untuk ditunggangi seorang manusia dewasa. Tidak seperti spesies kura-kura pada umumnya, kura-kura raksasa tidak bisa berenang & menghabiskan seluruh hidupnya di darat.

7 September 2016


Devilman, Monster yang Menyimbolkan Kekejaman Perang



Devilman seperti yang terlihat dalam anime "Cyborg 009 vs. Devilman".

Devilman ("Debiruman" kalau menurut pengejaan Jepang) adalah nama dari manga buatan Go Nagai yang pertama kali diproduksi pada tahun 1972. Seperti yang terlihat pada judulnya, manga ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Akira Fudo yang bisa berubah wujud menjadi setan / iblis. Akira kemudian memanfaatkan kekuatan barunya tersebut untuk bertarung melawan iblis-iblis lainnya demi melindungi umat manusia. Selain dalam wujud manga, Devilman juga diadaptasi ke media anime, film dengan pemeran manusia (live action), & video game.

3 September 2016


Perang Argentina-Brazil yang Melahirkan Negara Uruguay



Kapal-kapal perang Rio de la Plata / Argentina. (Sumber)

Argentina & Brazil adalah nama dari 2 negara terbesar di Amerika Selatan. Jika Argentina dulunya merupakan koloni Spanyol, maka Brazil merupakan bekas jajahan Portugal. Sebagai negara besar yang saling bertetangga, Argentina & Brazil sekarang dikenal memiliki hubungan yang harmonis sambil bersaing secara sehat. Namun jika kita mundur hingga kurang lebih 2 abad sebelumnya, kondisinya berbeda karena di masa itu, Argentina & Brazil sempat terlibat perang akibat masalah perebutan wilayah.