29 November 2016


Ubur-Ubur Telur Ceplok, Si Bundar dari Selatan Eropa



(Sumber)

Ubur-ubur telur ceplok (fried egg jellyfish; Cotylorhiza tuberculata) adalah nama dari sejenis ubur-ubur yang memperoleh nama demikian berkat penampilannya yang khas. Melihat penampilannya sepintas, pengunjung pasti tahu dari mana ubur-ubur ini mendapatkan nama demikian. Tudung bagian atas ubur-ubur ini terlihat seperti telur ceplok / telur goreng. Sementara di bagian bawah tudungnya, terdapat tentakel berwarna-warni yang bentuknya menyerupai gumpalan & dilengkapi dengan sejumlah struktur menyerupai rambut tipis.

24 November 2016


Sejarah Berdirinya Malaysia, Federasi Kerajaan Asia Tenggara



Bendera Malaysia. (Sumber)

Malaysia adalah nama dari sebuah negara kerajaan yang terletak di Semenanjung Malaka & Pulau Kalimantan bagian utara. Negara ini bukanlah negara yang asing bagi mereka yang tinggal di Indonesia sebagai akibat dari lokasi Malaysia yang berada tepat di sebelah utara di Indonesia. Jika dibandingkan dengan Thailand selaku negara tetangga Malaysia di sebelah utara, baik Malaysia maupun Thailand sama-sama termasuk dalam kawasan Asia Tenggara & menerapkan sistem pemerintahan monarki konstitusional yang berarti posisi kepala pemerintahan masing-masing negara dipegang oleh perdana menteri.

18 November 2016


Ikan Matahari, Raksasa Jinak Penghuni Samudra



(Sumber)

Ikan matahari (sunfish) adalah nama dari salah satu ikan teraneh di dunia. Melihat bentuknya saja, para pengunjung pasti sudah tahu keanehan pertama yang dimiliki ikan ini. Bentuknya oval & pipih dengan sepasang sirip berbentuk tegak di dekat ekornya. Lalu tidak seperti kebanyakan ikan lain, ikan matahari tidak memiliki sisik pada kulitnya. Sebagai gantinya, ikan ini memiliki kulit tebal yang kasar & berlendir. Ikan matahari adalah ikan air asin yang populasinya tersebar di perairan seluruh dunia yang suhunya hangat & agak dingin dengan kedalaman antara 12 hingga 150 meter.

14 November 2016


Makna Lirik Lagu Arcade Fire - Abraham's Daughter



Wallpaper film "The Hunger Games" yang menampilkan
lencana berapi burung mockingjay. (Sumber)

Anda pernah menonton film "The Hunger Games" (THG)? Film yang dirilis pada tahun 2012 tersebut bercerita mengenai suatu turnamen bernama sama di mana para pesertanya ditempatkan dalam suatu arena raksasa yang dipenuhi pepohonan & diharuskan bertahan hidup sambil membunuh para pesaingnya. Satu dari sekian banyak peserta turnamen tersebut adalah Katniss Everdeen yang juga merupakan karakter utama dalam film & diperankan oleh aktris Jennifer Lawrence.

12 November 2016


Republik Venezia, Bekas Negara Adidaya di Laut Tengah



Istana Doge di kota Venezia. (Sumber)

Venezia adalah kota dengan ciri khas yang begitu menonjol. Bagaimana tidak, kota yang terletak di Italia utara ini jalanannya dipenuhi oleh kanal-kanal kecil. Dikombinasikan dengan pemandangannya yang indah & banyaknya peninggalan bertema Abad Pertengahan di sana, Venezia pun menjadi salah satu tujuan wisata favorit para pelancong yang datang dari berbagai penjuru dunia. Venezia juga terkenal karena kota ini di masa silam menjadi ibukota dari Republik Venezia, negara yang di masa jayanya merupakan salah satu negara terkuat di Laut Tengah / Mediterania.

10 November 2016


Kalajengking Air, Sang Penyergap yang Pandai Menyamar



Kalajengking air dari spesies Nepa cinerea. (Sumber)

Kalajengking air? Mungkin sebagian dari pengunjung bertanyan-tanya ketika mendengar nama tersebut karena selama ini kita hanya mengetahui kalajengking sebagai hewan darat. Kenyataannya di dunia ini memang ada hewan yang memiliki nama demikian. Namun hewan yang bersangkutan sebenarnya memang bukan kalajengking. Jika kalajengking memiliki 4 pasang kaki & termasuk dalam kelas Arachnida yang juga beranggotakan laba-laba & caplak, maka kalajengking air hanya memiliki 3 pasang kaki & termasuk dalam kelas Insecta yang mencakup seluruh spesies serangga.

3 November 2016


Sejarah Penaklukan Hyderabad oleh India



Tentara Hyderabad yang sedang berlatih. (Sumber)

Hyderabad adalah nama dari sebuah kota yang terletak di India tengah. Di masa silam, Hyderabad merupakan ibukota dari negara kerajaan bernama yang sama yang sudah berdiri di Semenanjung India sejak abad ke-18. Ketika Inggris menjadikan Semenanjung India sebagai koloninya, Inggris membiarkan Hyderabad tetap berdiri selama pemimpin negara tersebut bersedia tunduk pada kemauan Inggris. Memasuki pertengahan abad ke-20, Inggris memutuskan untuk memberikan kemerdekaan pada daerah-daerah koloninya. Tak terkecuali Raj Inggris (sebutan lain untuk koloni Inggris di Semenanjung India).