18 Desember 2016


Merak India, Si Ekor Kipas yang Menyimbolkan Keindahan



Merak India betina & jantan. (Sumber)

Jika membicarakan unggas yang berbulu indah, maka salah satu burung yang bakal muncul di benak orang adalah merak India (Indian peafowl; Pavo cristatus). Hewan ini memang sangat terkenal berkat penampilannya yang indah & tudung ekornya yang bisa dikembangkan layaknya kipas. Merak India sendiri merupakan 1 dari 3 spesies merak yang sudah teridentifikasi oleh manusia. Dua spesies lainnya adalah burung merak hijau (Pavo muticus) yang hanya ditemukan di Asia Tenggara & merak Kongo (Afropavo congensis) yang habitat aslinya berada di pedalaman hutan Afrika bagian tengah.

13 Desember 2016


"Pencurian" Kapal Cherbourg oleh Israel di Malam Natal



Salah satu kapal misil Israel yang dibuat di
galangan kapal Cherbourg. (Sumber)

Cherbourg atau lengkapnya Cherbourg-Octeville adalah nama dari kota pelabuhan yang terletak di Perancis utara. Di masa Perang Dunia II, kota ini menjadi arena pertempuran sengit antara pasukan Jerman yang sedang menguasai Perancis melawan pasukan gabungan AS & Inggris. Puluhan tahun berlalu, kota ini kembali menjadi sorotan dunia karena sejumlah kapal militer yang sedang diparkir di sana menghilang secara tiba-tiba pada akhir tahun 1969. Peristiwa tersebut lantas menjadi skandal internasional akibat adanya kecurigaan kalau Israel "mencuri" kapal-kapal tersebut tanpa sepengetahuan pihak Perancis.

9 Desember 2016


Cacing Beludru, "Naga Penyembur" yang Ditakuti Para Serangga



(Sumber)

Cacing beludru (velvet worm) adalah nama dari sejenis hewan yang penampilannya terlihat seperti hasil persilangan dari cacing, siput, & ulat bulu. Seperti cacing, cacing beludru memiliki tubuh yang panjang & lunak. Dan seperti siput, cacing beludru memiliki sepasang antena yang besar & lunak. Namun seperti halnya ulat bulu, cacing beludru memiliki tubuh berambut lebat & kaki berjumlah banyak di bagian bawah tubuhnya. Sebagian akibat dari penampilan fisiknya yang begitu unik, cacing beludru pun digolongkan ke dalam kategori tersendiri dalam tangga klasifikasi ilmiah : filum Onycophora.

2 Desember 2016


CD Palestino, Klub Chili Bentukan Imigran Palestina



Pemain Palestino (nomor 2 & 4 dari kiri) saat bertanding
melawan klub Argentina, Boca Juniors. (Sumber)

Sepak bola merupakan salah satu olah raga paling populer di dunia. Berkat popularitasnya tersebut, tak jarang olah raga tim yang mengadu kebolehan memainkan bola memakai kaki ini digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan identitas golongan tertentu. Maka, tidak mengherankan kalau pertandingan sepak bola yang mempertemukan tim-tim tertentu jadi terlihat lebih sengit daripada pertandingan sepak bola biasa akibat adanya sentimen berbau kedaerahan, politik, & bahkan agama yang ikut terlibat. Di Amerika Selatan, CD Palestino adalah contoh klub sepak bola yang dibangun atas dasar sentimen fanatisme kedaerahan.