29 Januari 2017


Invasi Pasukan Yuan Mongol ke Jepang



Kapal Yuan (atas) saat diserbu armada perahu Jepang di tahun 1281. (Sumber)

Mongol adalah nama dari suatu bangsa dari Asia Utara yang terkenal akan keahlian penunggang kudanya. Berkat keahliannya tersebut, pasukan Mongol di Abad Pertengahan berhasil menaklukkan bangsa-bangsa di sekitarnya & menciptakan salah satu kekaisaran terbesar yang pernah ada dengan wilayah yang membentang di atas 2 benua. Namun kehebatan tersebut seolah tidak terlihat ketika mereka mencoba menaklukkan Jepang yang notabene hanyalah kepulauan kecil di seberang daratan Asia.

24 Januari 2017


Rayap Katedral, Pakarnya Sarang Pencakar Langit



Rayap katedral dari kasta pekerja & prajurit. (Sumber)

Rayap katedral (cathedral termite; Nasutitermes triodiae) adalah sejenis rayap yang memperoleh nama demikian berkat kemampuannya yang luar biasa. Bagaimana tidak, walaupun serangga ini ukurannya tidak sampai 0,5 cm, namun rayap yang bersangkutan sanggup membangun sarang yang tingginya mencapai 6 meter! Sarangnya yang menjulang tinggi bak menara katedral gereja lantas membuat rayap tersebut memperoleh nama sebutan "rayap katedral".

19 Januari 2017


Proyek Babilon, Rencana Pembangunan Meriam Terbesar di Dunia



Pipa meriam Babilon Besar & perbandingan
ukurannya dengan manusia. (Sumber)

Babilon adalah nama kota kuno yang terletak di wilayah modern Irak. Kota tersebut diperkirakan sudah berdiri sejak abad ke-23 Sebelum Masehi & menjadi ibukota dari beragam kekaisaran kuno Babilonia. Sekarang Babilon memang sudah tidak berdiri lagi & hanya menyisakan reruntuhan bangunan di dekat Sungai Eufrat. Namun reputasi Babilon sebagai kota besar dari salah satu peradaban tertua di dunia menjadikan Babilon tetap memiliki nama besar dalam sejarah dunia. Nama besar yang disandang Babilon pulalah kemungkinan yang menjadikan kota tersebut sebagai sumber inspirasi untuk menamai sebuah proyek militer yang dilaksanakan ribuan tahun kemudian.

13 Januari 2017


Barnakel Angsa, Penyaring Lautan yang Gemar Menumpang



Gerombolan barnakel angsa yang menempel di batang kayu. (Sumber)

Barnakel / teritip (barnacle) adalah sebutan untuk sejenis hewan laut dengan perilaku menyerupai tumbuhan. Sebabnya adalah karena begitu menempel pada suatu tempat, barnakel tidak akan pernah meninggalkan tempat tersebut seumur hidupnya (kecuali jika ada fenomena alam yang membuatnya terlepas dari tempatnya). Barnakel sendiri bisa menjalani pola hidup demikian karena hewan tersebut mendapatkan makannya dari menyaring plankton yang ada di laut.

5 Januari 2017


Daftar Kelompok Bersenjata dalam Perang Sudan Selatan



(Sumber)

Sudan Selatan (Sudsel) adalah nama dari negara termuda di dunia yang baru mendapat kemerdekaannya dari tangan Sudan pada tahun 2011 lalu. Negara beribukota Juba ini berbatasan dengan Sudan di sebelah utara, Ethiopia di sebelah timur, Uganda, Kenya, & RD Kongo di sebelah selatan, serta Republik Afrika Tengah di sebelah barat. Alasan Sudsel melepaskan diri dari Sudan sendiri adalah karena Sudsel yang mayoritas penduduknya memiliki perbedaan kultural dengan wilayah sebelah utara merasa dianaktirikan oleh pemerintah pusat Sudan.