30 April 2017


Sejarah Unifikasi & Berdirinya Negara Jerman



Lautan massa yang sedang mengibarkan bendera
republik & Kekaisaran Jerman. (Sumber)

Jerman merupakan salah satu negara Eropa yang paling termahsyur di dunia. Banyak hal membanggakan dapat dijumpai di negara ini. Mulai dari produk industrinya yang mendunia, kualitas hidup penduduknya yang tinggi, kehebatan tim sepak bolanya, hingga perannya sebagai salah satu negara paling berpengaruh di Uni Eropa. Namun layaknya peribahasa "tidak ada sesuatu yang instan", Jerman juga baru bisa menjadi seperti sekarang setelah melalui proses perjalanan yang panjang & berliku-liku.

24 April 2017


Boto, Lumba-Lumba Penghuni Sungai Amazon



(Sumber)

Sungai Amazon adalah nama dari sungai terbesar di Amerika Selatan yang bemuara di Samudera Atlantik. Saking besarnya sungai ini, kawasan hutan di sekitarnya kerap digenangi air setinggi beberapa meter setiap kali musim hujan tiba. Berkat ukurannya yang besar pula, Sungai Amazon pun memiliki keberagaman hayati yang tinggi & dihuni oleh beragam hewan eksotis. Mulai dari ikan piranha, ular raksasa anaconda, hingga lumba-lumba air tawar yang bakal jadi fokus pembahasan dalam artikel kali ini.

19 April 2017


Kpinga, Bumerang Logam dari Afrika Tengah



(Sumber)

Kpinga (baca : ka-ping-ga) adalah senjata belati khas etnis Azande / Zande. Etnis yang sekarang mayoritas populasinya berada di Sudan Selatan, namun sebagian kecilnya juga dapat ditemukan di Repubik Afrika Tengah & RD Kongo. Kpinga memiliki bentuk yang bervariasi, namun semua kpinga memiliki ciri khas berupa adanya 3 bilah mata pisau yang mencuat ke arah yang berbeda-beda. Kpinga umumnya memiliki panjang lebih dari 50 cm.

17 April 2017


Peacock, Gadis Pecinta Ledakan & Aksi Baku Hantam



Peacock saat menghunuskan pistol belatinya.

"Skullgirls" adalah nama dari game bergenre pertarungan 2 dimensi yang dirilis untuk konsol komputer pada tahun 2013 lalu. Jika dibandingkan game-game pertarungan lainnya semisal seri game "Mortal Kombat" atau "Street Fighter", Skullgirls jelas kalah terkenal karena game ini baru terdiri dari 1 judul & hanya dikembangkan oleh studio game indie. Namun kurang terkenal tidak lantas menjadikan game ini tidak menarik sama sekali. Dalam pembahasan kali ini, pihak Republik ingin membahas salah satu karakternya yang bernama Peacock.

15 April 2017


Kodok Sonora, Hewan Amfibi Penghuni Gurun Amerika



Kodok Sonora yang sedang memakan tikus. (Sumber)

Amfibi atau lebih spesifiknya Amphibia adalah nama dari suatu kelas dalam tangga klasifikasi ilmiah hewan. Dengan melihat siklus hidupnya, Amphibia terlihat bak campuran antara ikan & hewan darat. Sebabnya adalah karena hewan-hewan yang termasuk dalam kelas Amphibia lazimnya menetas di dalam air & hidup layaknya ikan. Namun ketika sudah dewasa, mereka bisa hidup di darat. Karena hewan-hewan amfibi memiliki kulit yang lembab, mereka normalnya tidak bisa hidup di lingkungan yang kering. Namun kodok Sonora adalah 1 dari sedikit hewan amfibi yang bisa melawan keterbatasan tersebut.

10 April 2017


Kanem-Bornu, Monarki Bekas Penguasa Jantung Sahara



Ilustrasi mengenai suasana di lingkungan pemerintahan
Kanem-Bornu pada abad ke-18. (Sumber)

Sahara adalah nama dari padang gurun terbesar di dunia. Gurun tersebut terletak di bagian utara Benua Afrika & berbatasan dengan 3 lautan berbeda. Sebagai akibat dari iklimnya yang amat kering, Sahara pun menjadi salah satu wilayah dengan tingkat kepadatan manusia terendah di dunia. Namun Sahara sendiri ternyata tidak benar-benar dihindari sepenuhnya oleh manusia. Pasalnya di wilayah ini pulalah, salah satu negara dengan riwayat terpanjang di Afrika pernah berdiri. Negara tersebut adalah Kekaisaran Kanem-Bornu.

6 April 2017


Warthog, Si Babi Lincah Bertaring Besar



(Sumber)

Warthog (Phacochoerus africanus) adalah nama dari sejenis babi liar yang dapat dikenali dengan melihat 2 pasang taring berbentuk melengkung yang mencuat di kedua sisi moncongnya. Penampilannya tersebut menjadikan warthog terlihat menyerupai babi rusa. Namun tidak seperti babi rusa yang habitatnya berada di Indonesia, warthog hanya dapat ditemukan di Benua Afrika. Tepatnya di padang rumput terbuka serta di tepi hutan rimbun & padang gurun dengan ketinggian maksimum 3.500 m.

2 April 2017


Restorasi Kenmu, Tumbangnya Keshogunan Pertama Jepang



Lukisan berisi ilustrasi pasukan samurai. (Sumber)

Jika membicarakan kata "restorasi" dalam sejarah Jepang, maka orang pada umumnya hanya mengenal Restorasi Meiji. Wajar saja karena restorasi yang berlangsung pada abad ke-19 tersebut menjadi titik awal berubahnya Jepang dari yang awalnya kolot & terbelakang berubah menjadi negara maju seperti sekarang. Namun sebenarnya selain Restorasi Meiji, masih ada peristiwa penting lain yang juga menggunakan istilah "restorasi". Peristiwa tersebut adalah Restorasi Kenmu yang berlangsung beberapa abad sebelum terjadinya Restorasi Meiji.