21 Oktober 2017


Makna Bendera Negara-Negara Jazirah Arab & Iran



Peta Jazirah Arab & Iran. (Sumber)

Jazirah Arab (Arabian Peninsula) adalah sebutan untuk wilayah semenanjung besar berbentuk menyerupai sepatu bot yang terletak di Asia Barat. Wilayah ini memiliki iklim yang amat kering & didominasi oleh padang gurun. Kendati demikian, nyatanya sebagian besar penduduk Jazirah Arab hidup dalam kemakmuran berkat cadangan minyak yang tersimpan di bawahnya. Jazirah Arab juga kerap dianggap sebagai sebagai pusatnya agama Islam karena hampir seluruh penduduknya menganut agama Islam & adanya kota Mekkah serta Madinah yang sangat disucikan oleh umat Muslim dunia.

17 Oktober 2017


Perang Sipil Mozambik, Pertikaian di Seberang Madagaskar



Mural perang saudara Mozambik di ibukota Maputo. (Sumber)

Mozambik adalah nama dari sebuah negara yang terletak di sebelah selatan Benua Afrika & berseberangan langsung dengan negara Madagaskar di sebelah timur. Negara yang menggunakan simbol senapan AK-47 di benderanya tersebut (foto) tergolong sebagai negara miskin yang kerap dilanda bencana alam semisal banjir. Namun bukan semata-mata karena bencana alam, negara bekas jajahan Portugal tersebut lantas memiliki perekonomian yang lemah. Perang menjadi alasan lain di balik terpuruknya perekonomian Mozambik hingga sekarang.

16 Oktober 2017


Cacing Bobbit, Makhluk Penyergap yang Penuh Rahasia



(Sumber)

Cacing Bobbit (Bobbit worm; Eunice aphroditois) adalah nama dari sejenis cacing laut. Apa yang membuat hewan ini istimewa jika dibandingkan dengan spesies cacing laut lainnya adalah bentuk & perilakunya yang terkesan menakutkan bak monster. Tubuhnya panjang, beruas-ruas, & berwarna-warni. Kepalanya memiliki sepasang mata & 5 buah tentakel. Lalu di mulutnya, terdapat struktur menyerupai rahang tajam yang bernama "faring" (pharynx). Mengenai fungsi faring bakal dibahas di bagian lain artikel ini.

14 Oktober 2017


Undertale, Kisah Pencarian Jati Diri di Dunia Para Monster



Frisk (bawah) saat berhadapan dengan monster Omega Flowey.

Di masa kini, kemajuan teknologi membuat gambar-gambar 3 dimensi hasil rekayasa komputer menjadi kian realistis & terlihat sangat mirip dengan objek di dunia nyata. Fenomena tersebut lantas berdampak pada kian banyaknya game-game yang menampilkan grafis berkualitas tinggi supaya para pemain game merasa tertarik & hanyut dalam suasana gamenya. Namun hal tersebut tidak lantas menandakan kalau game-game dengan kualitas grafis rendah tidak akan bisa sukses. "Undertale" adalah contoh dari game yang sukses mendobrak pakem tersebut.