26 November 2017


Sejarah Perang Kemerdekaan Kroasia



Pasukan tank Yugoslavia di Vukovar. (Sumber)

Yugoslavia adalah nama dari suatu negara di Eropa Timur yang sekarang sudah mengalami keruntuhan. Runtuhnya Yugoslavia sempat menjadi buah bibir masyarakat internasional akibat proses keruntuhannya yang begitu berdarah & merenggut nyawa ribuan orang. Kendati masih kalah tenar jika dibandingkan dengan negara tetangganya Bosnia di sebelah selatan, Kroasia juga harus melalui panasnya api peperangan terlebih dahulu sebelum bisa menjadi negara merdeka seperti sekarang.

17 November 2017


Hajduk Split, Klub Pengibar Identitas Kroasia



Lukisan dinding yang menampilkan logo Hajduk Split. (Sumber)

Kroasia di ajang sepak bola dikenal sebagai pencetak pemain-pemain berbakat. Kendati sepanjang sejarahnya belum pernah memenangkan Piala Dunia maupun Piala Eropa, negara yang timnasnya mengenakan seragam bermotif kotak-kotak ini pernah menjadi juara ke-3 di Piala Dunia 1998. Dan seperti halnya negara-negara lain, Kroasia juga memiliki klub-klub sepak bolanya sendiri. Salah satu klub asal Kroasia yang cukup terkenal di dalam & di luar Kroasia adalah Hajduk Split.

14 November 2017


Kura-Kura Punggung Lunak Cina



(Sumber)

Kura-kura. Itulah nama dari hewan reptil yang mudah dikenali berkat adanya tempurung / cangkang di punggungnya. Umumnya kura-kura memiliki cangkang yang keras supaya kura-kura bisa menggunakan cangkangnya untuk berlindung ketika diserang oleh musuhnya. Namun tidak demikian halnya dengan kura-kura punggung lunak Cina. Karena sesuai dengan namanya, kura-kura tersebut justru memiliki cangkang bertekstur lunak.

11 November 2017


Kudeta 1987, Cikal Bakal Berdirinya Republik Fiji



Tentara Fiji semasa periode kudeta. (Sumber)

Fiji adalah nama dari sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik. Karena dulunya pernah dijajah oleh Inggris, Fiji pun menggunakan motif Union Jack pada bendera negaranya. Fiji pada awalnya juga memiliki bentuk negara persemakmuran yang berarti negara ini mengakui ratu Inggris sebagai kepala negaranya. Namun terjadinya kudeta di tahun 1987 mengakhiri status Fiji sebagai negara berbentuk persemakmuran.

7 November 2017


Serval, Kucing Ramping yang Bertelinga Besar



(Sumber)

Serval (Leptailurus serval) adalah nama dari sejenis kucing yang penampilannya terlihat seperti hasil persilangan antara kucing rumah & cheetah. Seperti halnya kucing rumah, serval memiliki kuping & wajah berbentuk serupa. Namun seperti halnya cheetah, serval memiliki tubuh berwarna kekuningan yang diselimuti oleh totol-totol hitam. Nama "serval" untuk hewan ini sendiri berasal dari bahasa Latin "cervarius" (seperti rusa) karena serval memiliki daun telinga yang besar & terlihat seolah-olah menyerupai tanduk rusa.

4 November 2017


Islandia, Negeri Pulau yang Dibangun Keturunan Viking



Bendera Islandia. (Sumber)

Islandia (Iceland; Island) adalah nama dari sebuah negara pulau yang terletak di Samudera Atlantik utara. Sebagai akibat dari lokasinya yang dekat dengan Kutub Utara, negara ini pun memiliki iklim yang dingin. Kendati demikian, Islandia bukanlah negara yang benar-benar diselimuti es seutuhnya karena negara ini tetap memiliki sejumlah lahan hijau yang subur & kerap digunakan untuk aktivitas penggembalaan. Islandia juga terkenal karena wilayahnya penuh dengan gunung-gunung berapi aktif.

1 November 2017


Agama Pelangi, Makhluk Bersisik yang Berwarna-Warni



Agama pelangi jantan. (Sumber)

Di dunia zoologi, Agama adalah nama dari sebuah genus dalam tangga klasifikasi ilmiah yang beranggotakan kada-kadal menyerupai iguana. Nama "agama" untuk hewan ini sendiri diambil dari bahasa Latin yang bermakna "tidak kawin". Ada beberapa spesies kadal yang termasuk dalam genus ini, namun artikel kali ini - sesuai judulnya - akan fokus membahas kadal agama pelangi, spesies kadal agama yang paling terkenal & paling awal diidentifikasi oleh manusia