SEJARAH FAUNA HIBURAN Cari.Artikel..



Perang Anglo-Zulu, Kerikil Tajam Inggris di Afrika Selatan


Lukisan mengenai Pertempuran Isandlwana. (Sumber)

Zulu adalah nama dari kelompok etnis yang berasal dari Afrika Selatan (Afsel) & sekitarnya. Di masa silam, mereka juga terkenal karena pernah memiliki negara kerajaan sendiri yang bernama Zulu / Zululand. Dari segi luas wilayah, Kerajaan Zulu memang terbilang kecil. Namun mereka memiliki reputasi yang sangat disegani di dalam & luar Afrika berkat ketrampilan prajuritnya di medan tempur. Bahkan negara macam Inggris yang memiliki banyak wilayah jajahan di seluruh dunia sempat dibuat kewalahan oleh pasukan Zulu.

Makna Bendera Negara-Negara Levant / Syam



Peta negara-negara di kawasan Levant. (Sumber)

Levant / Syam adalah sebutan untuk wilayah yang terbentang mulai dari pesisir timur Laut Mediterania hingga wilayah Irak utara. Karena Levant memiliki tanah yang subur & terletak di persimpangan 3 benua, wilayah ini sudah menjadi arena konflik & perebutan sejak era Sebelum Masehi. Di Levant pulalah, terdapat Peradaban Mesopotamia yang dikenal sebagai peradaban tertua di dunia yang sudah mengenal budaya tulis menulis.

Lalat Ular, Serangga Kecil Pelahap Hama


Lalat ular betina dari genus Agulla. (Sumber)

Lalat ular (snakefly) adalah nama dari sejenis serangga yang memperoleh nama demikian berkat dada / thoraksnya yang panjang layaknya badan ular. Namun kemiripan lalat ular dengan hewan ular yang sebenarnya masih belum sampai di sana. Serangga ini bisa mengangkat kepalanya lebih tinggi dari bagian tubuhnya yang lain, sehingga penampilannya terlihat seolah-olah menyerupai ular yang siap mematuk. Lalat ular juga memiliki tubuh yang berbentuk panjang.

Chasqui, Pengantar Pesan di Era Kekaisaran Inca


Lukisan yang mengilustrasikan chasqui. (Sumber)

Pegunungan Andes adalah nama dari barisan pegunungan terbesar di Amerika Selatan. Pegunungan ini berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah barat. Dan karena Andes pada dasarnya merupakan sejenis pegunungan, maka sudah barang tentu Andes dipenuhi oleh banyak dataran tinggi & jurang. Kendati nampaknya kondisi geografis yang dimiliki oleh Andes menjadikan wilayah yang bersangkutan sulit ditempati oleh manusia, nyatanya tetap ada manusia yang bisa bermukim di Andes & bahkan mendirikan peradaban megah di sana.

Diberdayakan oleh Blogger.