Makna Bendera Negara-Negara Balkan



Peta negara-negara di Semenanjung Balkan.

Balkan adalah nama dari kawasan semenanjung yang terletak di sebelah tenggara Eropa. Sebagai akibat dari letaknya yang dekat dengan Benua Asia & Afrika, kawasan ini selama berabad-abad menjadi sumber perebutan banyak pihak. Dampaknya, wilayah Balkan pun sekarang memiliki komposisi penduduk & budaya yang beragam. Keberagaman tersebut dapat dilihat dari cukup banyaknya negara yang menghuni kawasan semenanjung ini.

Ada total 13 negara yang menyusun wilayah Balkan. Namun artikel ini tidak akan mengulas soal negara-negara pecahan Yugoslavia karena topik tersebut sudah pernah diangkat di artikel ini. Hongaria di sisi lain tidak termasuk dalam wilayah Balkan jika dipandang dari segi geografis. Namun karena Hongaria memiliki banyak keterkaitan secara sosial budaya dengan negara-negara Balkan yang lain, maka pihak Republik merasa kalau makna bendera Hongaria cukup pantas untuk diulas di sini.



ALBANIA

Bendera Albania.

Negara Balkan yang terletak di seberang timur Italia. Bendera Albania menampilkan latar belakang merah dengan gambar elang hitam berkepala 2. Tidak diketahui secara persis apa makna dari bendera ini, selain fakta bahwa bendera bergambar elang berkepala 2 sempat digunakan oleh Skanderberg saat memimpin pemberontakan melawan Ottoman di abad ke-15.

Karena rakyat Albania di masa kini mengenang Skanderberg sebagai pahlawan nasional & simbol perlawanan terhadap pendudukan bangsa asing, bendera tersebut lantas diadopsi sebagai bendera nasional Albania. Dalam bahasa lokal, rakyat Albania juga menyebut diri mereka sendiri sebagai "shqiptare" (anak-anak elang).



BULGARIA

Bendera Bulgaria.

Negara Balkan yang terletak di pesisir Laut Hitam. Bendera Bulgaria menampilkan motif putih-hijau-merah yang tersusun secara horizontal. Tidak diketahui apa makna spesifik dari bendera Bulgaria, selain fakta bahwa desain bendera ini terinspirasi dari bendera Rusia yang berwarna putih-biru-merah. Bendera Bulgaria dengan motif ini sendiri pertama kali digunakan dalam Perang Rusia-Ottoman di tahun 1877, di mana pasukan Bulgaria berada di pihak Rusia semasa berlangsungnya perang.



HONGARIA

Bendera Hongaria..

Negara yang ibukotanya dilintasi oleh Sungai Danube, salah satu sungai terpanjang di Eropa. Bendera Hongaria menampilkan motif merah-putih-hijau yang tersusun secara horizontal. Menurut situs CRW Flags, warna merah menyimbolkan kekuatan, warna putih menyimbolkan kesetiaan, & warna hijau menyimbolkan harapan. Sementara kalau menurut Encyclopaedia Britannica, warna merah aslinya menyimbolkan darah para pejuang, warna putih menyimbolkan sungai, & warna hijau menyimbolkan pegunungan.

Bendera Austria-Hongaria, negara pendahulu Hongaria yang runtuh pada tahun 1918.

Bendera dengan motif ini pertama kali digunakan sebagai bendera kebangsaan Hongaria pada tahun 1867, tahun di mana Kekaisaran Austria bertransformasi menjadi Kekaisaran Austria-Hongaria. Untuk menyimbolkan status Hongaria sebagai wilayah yang status politik domestiknya setara dengan Austria, bagian kanan bendera nasional Austria-Hongaria menyisipkan motif bendera & lambang nasional Hongaria.



MOLDOVA

Bendera Moldova.

Negara Balkan yang di masa silam berstatus sebagai bagian dari Uni Soviet. Bendera negara ini memiliki motif biru-kuning-merah yang tersusun secara vertikal, dengan lambang negara Moldova yang bergambar elang di bagian tengahnya. Kombinasi dari 3 warna tersebut menyimbolkan masa lalu, masa kini, & masa depan.

Bendera dengan motif serupa - minus lambang negara Moldova - juga digunakan oleh Rumania yang berbatasan langsung dengan Moldova di sebelah barat. Karena mayoritas penduduk Moldova berasal dari etnis yang sama dengan Rumania, penggunaan motif bendera ini juga bisa dimaknai sebagai rasa bangga penduduk Moldova akan kedekatan sosial budayanya dengan Rumania.



RUMANIA

Bendera Rumania.

Negara yang menjadi tanah asal Vlad Sang Penyula, tokoh dari abad ke-15 yang menjadi sumber inspirasi karakter Drakula. Bendera Rumania menampilkan warna biru-kuning-merah yang tersusun secara vertikal.

Warna biru menyimbolkan langit biru & kebebasan. Warna kuning menyimbolkan ladang gandum & keadilan. Warna merah menyimbolkan darah & persaudaraan. Bendera dengan warna-warna demikian pertama kali digunakan saat Rumania masih berstatus sebagai negara bawahan Ottoman, namun dengan warna-warna yang tersusun secara horizontal.

Bendera Rumania dengan lubang di tengahnya.

Ada sedikit cerita unik mengenai bendera Rumania. Ketika Rumania diperintah oleh rezim komunis sejak tahun 1948, lambang negara komunis Rumania ditambahkan di bagian tengah bendera. Namun saat terjadi demonstrasi menentang rezim komunis, lambang tersebut dirobek secara massal dari bendera-bendera Rumania, sehingga terciptalah lubang di bagian tengah bendera. Bendera Rumania dengan lubang tersebut lantas dikenang sebagai simbol revolusi Rumania.



TURKI

Bendera Turki.

Negara yang sebagian kecil wilayahnya terletak di Eropa, namun sebagian besar wilayah sisanya terletak di Benua Asia. Bendera Turki menampilkan warna latar belakang merah dengan simbol bulan sabit & bintang putih di bagian tengahnya. Bendera tersebut merupakan hasil adopsi langsung dari bendera Kekaisaran Ottoman, negara pendahulu Republik Turki.

Simbol bintang & bulan sabit sendiri banyak ditemukan pada bangunan & koin peninggalan Kekaisaran Byzantium, sehingga muncullah pendapat kalau simbol tersebut aslinya diadopsi oleh Ottoman pasca keberhasilan mereka menaklukkan Konstantinopel & meruntuhkan Byzantium. Karena Ottoman sempat dipandang sebagai poros dunia Islam, simbol bintang & bulan sabit kemudian turut diadopsi oleh negara-negara lain yang berpenduduk mayoritas Muslim.



YUNANI

Bendera Yunani.

Negara Balkan yang terkenal berkat mitologi & peninggalan kunonya. Bendera Yunani menampilkan bidang persegi berwarna biru di bagian pojok kiri atas & simbol palang berwarna putih. Di bagian kanan & bawah, terdapat garis-garis horizontal berwarna biru & putih yang totalnya berjumlah 9.

Warna biru menyimbolkan warna langit & lautan, sementara warna putih menyimbolkan awan. Motif palang menyimbolkan agama Kristen Ortodoks, agama mayoritas rakyat Yunani. Sementara garis-garis berjumlah 9 diambil dari slogan "Eleftheria i Thanatos" (Merdeka atau Mati) yang terdiri dari 9 suku kata.



NEGARA-NEGARA EKS YUGOSLAVIA

-  Bosnia & Herzegovina
-  Kosovo
-  Kroasia
-  Makedonia Utara
-  Montenegro
-  Serbia
-  Slovenia

© Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

A. Danes, dkk.. "Romania - 1989 Revolutionary Flag".
(www.crwflags.com/fotw/flags/ro-hole.html)

A. Danes, dkk.. "United Principalities of Romania".
(www.crwflags.com/fotw/flags/ro-wm.html)

Antena 3. 2013. "The history of the Romanian flag. How the flag came to be".
(www.antena3.ro/en/romania/the-history-of-the-romanian-flag-how-the-flag-came-to-be-215751.html)

Greeka. "Greece Flag".
(greeka.com/greece-history/flags.htm)

Prifti, P. R.. 2008. "Albania". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

R. Raeside, dkk.. "Bulgaria".
(www.crwflags.com/fotw/flags/bg.html)

Republic of Moldova. "State Symbols of the Republic of Moldova".
(moldova.md/en/simbol/)

Smith, W.. 2008. "Albania, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Smith, W.. 2008. "Turkey, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

W.G. Crampton, dkk.. "What is the origin of the crescent moon symbol seen throughout Islamic cultures?".
(www.theguardian.com/notesandqueries/query/0,5753,-1411,00.html)

Z. Horvath, dkk.. "Hungary".
(www.crwflags.com/fotw/flags/hu.html)
  





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



11 komentar:

  1. Tambahan min, bendera elang berkepala dua adalah simbol dari dinasti Palaiologos yg pernah memerintah Yunani. Simbol ini juga yg dipakai di emblem Federasi Rusia :)

    BalasHapus
  2. Admin, bendera Transnistria kok ga dicantumkan?
    Bukankah Transnistria juga termasuk negara Balkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, termasuk. Tapi tidak saya bahas di sini karena Transnistria masih berstatus sebagai negara sengketa yang tidak diakui oleh dunia internasional. Sementara yang saya bahas dalam artikel ini hanya negara-negara Balkan yang status kedaulatannya sudah diakui oleh banyak negara.

      Hapus
    2. Kroasia itu negara berdaulat yang kemerdekaannya sudah diakui dunia internasional. Kalau maksud anda artikel yang membahas makna bendera Kroasia, sudah pernah saya bahas di artikel ini :

      http://www.re-tawon.com/2014/03/makna-bendera-negara-negara-pecahan.html

      Hapus
  3. Makasih buat ilmunya min, awalnya saya kira balkan itu nama negara, ternayat nama wilayah

    BalasHapus
  4. Albania negara jajahan Serbia, mantap nih negara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Albania bukan jajahan Serbia. Mungkin yang anda maksud itu Kosovo. Negara yang mayoritas penduduknya etnis Albania, tapi masih diklaim sebagai bagian dari Serbia hingga sekarang.

      Hapus
    2. Albania itu adalah bekas jajahan Italia. Sebelum menjadi koloni Itali, Albania adalah bagian dari kekhilafahan Ottoman.

      Hapus
  5. Trima kasih sangat membantu buat tambah ilmu pengetahuan sya

    BalasHapus
  6. Terima kasih ulasannya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.