29 Juli 2018


Sejarah Berdiri & Runtuhnya Republik Federal Amerika Tengah



Peta Amerika Tengah di masa sekarang. (Sumber)

Jika kita melihat bendera negara-negara Amerika Tengah seperti Guatemala, Nikaragua, El Salvador, & Honduras, maka anda bakal menemukan kemiripan pada bendera negara-negara tadi. Kemiripan tersebut adalah adanya motif biru-puith-biru yang digunakan oleh masing-masing negara dengan varian & modifikasinya sendiri-sendiri. Bukan karena kebetulan semata jika negara-negara tersebut memiliki desain bendera yang mirip. Jika kita mundur hingga abad ke-19, negara-negara tadi ternyata memang pernah bersatu sebagai negara serikat.

23 Juli 2018


Emu, Burung Raksasa yang Gemar Mengembara



(Sumber)

Alam liar Australia terkenal dengan faunanya yang eksotik & tidak bisa dijumpai di tempat lain. Lokasi geografis Australia yang terisolasi dari benua lainnya menjadi penyebab mengapa benua terkecil di dunia ini memiliki keberagaman hayati yang lain daripada yang lain. Dan jika diminta menyebutkan hewan-hewan khas Australia, maka biasanya nama-nama yang bakal disebut oleh orang tidak akan jauh-jauh dari hewan berkantong seperti koala atau kanguru merah. Namun selain hewan-hewan tadi, Australia juga memiliki unggas khasnya tersendiri.

19 Juli 2018


Pertempuran Delhi (1398), Saat Gajah Dikalahkan Unta



Ilustrasi gajah perang saat dikepung oleh
kavaleri pemanah. (Sumber)

Gajah adalah hewan darat terbesar di dunia. Berkat ukurannya yang besar, hewan ini pun memiliki tenaga yang juga tidak kalah besar. Oleh karena itulah hewan tersebut lantas dijinakkan oleh manusia untuk beragam keperluan, termasuk untuk keperluan perang. Tenaganya yang perkasa menyebabkan hewan ini bisa dengan mudah mengobrak-abrik pasukan musuh. Bahkan pasukan berkuda pun merasa gentar saat berhadapan dengan gajah karena kuda menjadi gelisah & sulit dikendalikan saat mencium bau gajah.

11 Juli 2018


Sejarah Kampanye Pemusnahan Burung Gereja di Cina



Poster pemerintah Cina yang mengilustrasikan
suasana perburuan burung gereja. (Sumber)

Siapa yang tidak kenal dengan burung gereja (sparrow)? Burung kecil yang masih tergolong dalam keluarga burung pipit ini sangat mudah ditemukan di mana-mana. Di sejumlah tempat, orang bahkan dengan sengaja membuatkan bangunan kecil supaya bisa digunakan oleh burung ini untuk makan, minum, & bahkan mandi. Kendati perilaku burung ini terlihat menggemaskan, burung ini juga dibenci oleh kaum petani karena kebiasaannya hinggap di padi untuk memakan bulirnya. Atas pertimbangan inilah, burung ini sempat dibasmi hingga nyaris punah di daratan Cina.