31 Januari 2019


Makna Bendera Negara-Negara Eropa Tengah & Italia



Peta Eropa bagian tengah. (Sumber)

Eropa Tengah adalah sebutan untuk kawasan yang terletak di bagian tengah Benua Eropa. Kendati definisi tersebut secara sepintas terlihat mudah untuk dipahami, dalam praktiknya tidak ada batasan yang jelas mengenai negara mana saja yang tergolong sebagai Eropa Tengah. Pasalnya Eropa merupakan benua dengan komposisi penduduk yang beragam & perjalanan sejarah yang panjang, sehingga metode penggolongan dengan memakai pendekatan geopolitik menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

28 Januari 2019


Jeremy, Siput Abnormal Korban Cinta Segitiga



(Kiri-kanan) Jeremy & Lefty. (Sumber)

Jeremy adalah nama dari seekor siput taman yang dipelihara oleh ilmuwan Universitas Nottingham, Inggris. Nama "Jeremy" pada siput ini sendiri diberikan karena ilmuwan terinspirasi dari Jeremy Corbyn, politikus dari Partai Buruh Inggris yang haluan politiknya cenderung kekirian. Mirip dengan siput Jeremy yang cangkangnya mengerucut ke sisi kiri badannya. Namun keunikan soal Jeremy bukan cuma soal namanya. Siput ini sempat menjadi pusat pemberitaan media internasional berkat ramainya kampanye untuk mencarikan pasangan kawin siput ini.

22 Januari 2019


Perang Italia-Turki, Ketika Libya Jadi Arena Sengketa



Pasukan Italia (bawah) saat membendung serangan
pasukan Ottoman. (Sumber)

Italia & Libya adalah 2 negara yang menempati benua berbeda. Jika Italia berada di Benua Eropa, maka Libya terletak di Benua Afrika. Meski berada di benua yang berbeda, kedua negara tersebut bisa dibilang saling bertetangga karena lokasinya yang berseberangan langsung & hanya dipisahkan oleh Laut Mediterania. Karena faktor kedekatan geografis itulah, Italia di masa lampau sempat berambisi menjadikan Libya sebagai bagian dari wilayahnya. Akibat dari ambisi tersebut, meletuslah Perang Italia-Turki.

21 Januari 2019


Tall Man, Penjarah Makam yang Penuh Tipu Daya



Tall Man dengan sepasukan bola terbang
di belakangnya. (Sumber)

Kuburan dikenal sebagai tempat yang angker & ditakuti manusia. Pasalnya di tempat inilah, orang-orang yang sudah mati dikuburkan. Tidak jarang muncul cerita-cerita penampakan makhluk halus dari tempat ini. Jadi tidak mengherankan jika kemudian kuburan kerap dijadikan sumber inspirasi untuk karya-karya hiburan yang bergenre horor. Satu dari sekian banyak karya hiburan yang menjadikan kuburan sebagai setting utamanya adalah "Phantasm", film horor asal AS yang pertama kali dirilis pada tahun 1979.

20 Januari 2019


Lintah Obat, Makhluk Haus Darah yang Bermanfaat



(Sumber)

Lintah. Itulah hewan yang pastinya tidak asing bagi anda semua. Hewan yang bentuknya mirip cacing ini begitu terkenal karena kebiasaannya menempel pada kulit manusia untuk menghisap darahnya. Akibat kebiasaannya itulah, lintah pun kerap dianggap sebagai hewan yang berbahaya & sebaiknya dihindari. Namun ternyata tidak semua lintah dianggap sebagai gangguan bagi manusia. Justru ada spesies lintah yang sengaja dicari-cari oleh manusia selama ribuan tahun karena dianggap berguna.

18 Januari 2019


Sejarah Berdirinya Negara Papua Nugini



Bendera Papua Nugini. (Sumber)

Pulau Papua / Pulau Guinea Baru (New Guinea) adalah nama dari pulau terbesar kedua di dunia. Bagi kita yang tinggal di Indonesia, pulau yang bentuknya menyerupai burung ini pastinya bukanlah pulau yang asing. Pasalnya di pulau inilah, terdapat Provinsi Papua & Papua Barat, 2 provinsi Indonesia yang terletak paling timur. Jika kita bergerak lebih jauh lagi ke arah timur, kita bakal menemukan adanya negara yang bernama Papua Nugini (Papua New Guinea), satu dari sedikit negara yang memiliki perbatasan darat dengan Indonesia.

16 Januari 2019


Pinhead, Sang Pemuja Kesadisan dari Dimensi Neraka



(Sumber)

Dalam karya hiburan, genre horor adalah genre yang memiliki tujuan menimbulkan rasa takut & ngeri pada konsumennya. Karena manusia sendiri pada dasarnya memiliki pemicu rasa takut yang bermacam-macam, film horor pun memiliki mengusung tema yang bermacam-macam pula. Ada film horor yang mencoba menakut-nakuti penontonnya dengan mengusung hal-hal gaib & mistis. Ada juga karya horor yang tidak mengangkat unsur gaib sama sekali, namun lebih memilih untuk menonjolkan hal-hal yang bersifat sadis semisal mutilasi & penyiksaan.