Makna Bendera Negara-Negara Eropa Tengah



Peta Eropa bagian tengah. (freeworldmaps.net)

Eropa Tengah adalah sebutan untuk kawasan yang terletak di bagian tengah Benua Eropa. Kendati definisi tersebut secara sepintas terlihat mudah untuk dipahami, dalam praktiknya tidak ada batasan yang jelas mengenai negara mana saja yang tergolong sebagai Eropa Tengah. Pasalnya Eropa merupakan benua dengan komposisi penduduk yang beragam & perjalanan sejarah yang panjang, sehingga metode penggolongan dengan memakai pendekatan geopolitik menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

Kasus macam itu dapat dijumpai pada Polandia & Hongaria. Di masa Perang Dingin, kedua negara tersebut dikategorikan sebagai bagian dari Eropa Timur karena mengusung ideologi komunis yang notabene banyak digunakan oleh negara-negara di Eropa Timur.

Namun dalam hal sosial budaya, Polandia & Hongaria justru cenderung lebih dekat dengan negara-negara di sebelah baratnya karena kedua negara tadi menggunakan aksara Latin dalam komunikasi tertulisnya. Berbeda dengan negara-negara Eropa Timur semisal Rusia yang menggunakan aksara Cyrillic.

Dalam artikel ini sendiri, pihak Republik akan mendefinisikan Eropa Tengah sebagai kawasan dengan Swiss sebagai negara yang terletak paling barat & Polandia sebagai negara yang terletak paling timur, serta Hongaria sebagai negara yang letaknya paling selatan.



AUSTRIA

Bendera Austria.

Negara Eropa Tengah yang menjadi lokasi munculnya musisi-musisi klasik ternama seperti Mozart & Haydn. Bendera Austria menampilkan motif merah-putih-merah yang tersusun secara horizontal. Tidak diketahui apa makna dari bendera tersebut selain fakta bahwa bendera dengan motif ini diambil dari warna bendera Dinasti Babenberg di abad ke-13.

Menurut legenda, bendera dengan desain demikian bermula ketika Adipati Leopold V - bangsawan dari Dinasti Babenberg - ikut serta dalam Perang Salib di tahun 1260. Saat itu, Leopold terluka begitu parah sehingga sekujur pakaiannya berubah warna menjadi merah akibat darah.

Namun saat ia melepas ikat pinggangnya, bagian yang awalnya tertutup ikat pinggang tersebut tetap berwarna putih. Peristiwa tersebut lantas menginspirasi Leopold untuk membuat bendera berwarna merah dengan garis putih di tengahnya.

Bendera Austria dengan tambahan lambang negara di tengahnya.

Selain bendera yang hanya menampilkan warna merah-putih-merah, Austria juga mengibarkan bendera dengan motif warna serupa, namun dengan tambahan gambar elang hitam di tengahnya. Gambar itu sendiri aslinya adalah lambang negara Austria, di mana gambar elang yang bersangkutan terinspirasi dari lambang elang Dinasti Habsburg, dinasti yang bertahta di Austria hingga akhir Perang Dunia I.

Di bagian dada elang terdapat tameng berwarna merah-putih-merah yang tidak lain diambil dari motif bendera Austria. Di bagian cakar elang terdapat gambar sabit & palu yang menyimbolkan kaum petani & pengrajin. Bagian pergelangan kaki elang menampilkan ikatan rantai yang sudah terputus untuk menyimbolkan merdekanya Austria dari pendudukan Jerman seusai Perang Dunia II.



CEKO

Bendera Republik Ceko.

Negara Eropa Tengah yang di masa silam sempat menyatu dengan Slovakia sebagai negara Cekoslovakia. Bendera Republik Ceko menampilkan motiif segitiga biru di bagian kiri, serta bidang berwarna putih & merah yang tersusun secara horizontal.

Warna biru menyimbolkan ketekunan & kewaspadaan. Warna merah menyimbolkan keberanian & cinta tanah air. Sementara warna putih menyimbolkan sifat rakyat Ceko yang jujur & cinta damai. Saat Cekoslovakia masih berdiri, bendera dengan motif yang sama juga digunakan sebagai bendera kebangsaan negara yang bersangkutan.

Warna biru, putih, & merah sendiri dipilih sebagai warna bendera Republik Ceko karena pada Abad Pertengahan, warna-warna tersebut pernah digunakan oleh Kadipaten Bohemia & Provinsi Moravia yang wilayahnya menjadi cikal-bakal wilayah modern Republik Ceko.

Jika Bohemia menggunakan tameng merah bergambar singa putih sebagai simbol daerahnya, maka Moravia menggunakan simbol tameng biru bergambar elang merah putih. Warna biru, putih, & merah juga merupakan warna khas suku bangsa Slavia, di mana mayoritas penduduk Ceko tergolong sebagai anggota rumpun Slavia Barat.



HONGARIA

Bendera Hongaria.

Negara Eropa Tengah yang ibukotanya dilintasi oleh Sungai Danube, salah satu sungai terpanjang di Eropa. Bendera Hongaria menampilkan motif merah-putih-hijau yang tersusun secara horizontal. Menurut situs CRW Flags, warna merah menyimbolkan kekuatan, warna putih menyimbolkan kesetiaan, & warna hijau menyimbolkan harapan. Sementara kalau menurut Encyclopaedia Britannica, warna merah aslinya menyimbolkan darah para pejuang, warna putih menyimbolkan sungai, & warna hijau menyimbolkan pegunungan.

Bendera Austria-Hongaria, negara pendahulu Hongaria yang runtuh pada tahun 1918.

Bendera dengan motif ini pertama kali digunakan sebagai bendera kebangsaan Hongaria pada tahun 1867, tahun di mana Kekaisaran Austria bertransformasi menjadi Kekaisaran Austria-Hongaria. Untuk menyimbolkan status Hongaria sebagai wilayah yang status politik domestiknya setara dengan Austria, bagian kanan bendera nasional Austria-Hongaria menyisipkan motif bendera & lambang nasional Hongaria.



LIECHTENSTEIN

Bendera Liechtenstein.

Negara kecil Eropa tengah yang terletak di perbatasan Swiss & Austria. Bendera Liechtenstein menampilkan bidang berwarna biru & merah yang tersusun secara horizontal. Di bagian pojok kiri atas bendera, terdapat simbol menyerupai mahkota yang aslinya merupakan lambang negara Liechtenstein. Tidak diketahui makna dari warna-warna dalam bendera Liechtenstein. Namun warna-warna tersebut tersebut diduga digunakan dalam bendera karena warna itulah yang dipakai oleh para anggota Dewan Kepangeranan Liechtenstein di abad ke-18. 



JERMAN

Bendera Jerman.

Negara Eropa Tengah yang sempat terbagi menjadi 2 seusai Perang Dunia II. Bendera Jerman menampilkan motif hitam-merah-kuning yang tersusun secara horizontal. Tidak diketahui makna pasti dari warna-warna yang digunakan dalam bendera Jerman, selain fakta kalau warna kuning, merah, & hitam adalah warna yang pernah digunakan oleh kerajaan-kerajaan yang sempat menempati wilayah Jerman.

Pada Abad Pertengahan misalnya, Kekaisaran Romawi Suci (KRS) yang wilayahnya mencakup wilayah Jerman modern menggunakan bendera berwarna kuning dengan gambar elang hitam di bagian tengahnya. Ketika KRS akhirnya runtuh akibat serangan pasukan Perancis pimpinan Napoleon Bonaparte, salah satu kerajaan penyusun KRS yang bernama Austria mengadopsi warna hitam & kuning untuk digunakan pada motif benderanya.

Tahun 1848, terjadi gelombang demonstrasi di negara-negara Eropa Tengah yang dikenal sebagai "Revolusi 1848". Dalam revolusi inilah, untuk pertama kalinya bendera hitam-merah-kuning dikibarkan oleh rakyat di wilayah cikal bakal Jerman.

Tidak diketahui makna persis dari warna-warna tersebut, namun warna kuning & hitam diduga kuat terinspirasi dari motif bendera KRS selaku mantan negara adidaya setempat. Sementara warna merah merupakan warna yang identik dengan warna perjuangan kaum kelas bawah, mengingat warna tersebut menyimbolkan darah dari para pejuang yang gugur.



POLANDIA

Bendera Polandia.

Negara Eropa Tengah yang terletak di sebelah timur Jerman. Bendera Polandia menampilkan bidang berwarna putih-merah yang tersusun secara horizontal. Tidak diketahui makna dari bendera nasional Polandia selain fakta bahwa warna merah & putih pada bendera Polandia diambil dari lambang negara Polandia yang menampilkan sosok elang putih di atas bidang berwarna merah (lihat gambar). Simbol elang putih di atas bidang merah sendiri sudah dikenal sebagai simbol khas bangsa Polandia sejak abad ke-13, tepatnya saat Raja Przemysl II menggunakan simbol tersebut sebagai simbol kerajaannya.



SLOVAKIA

Bendera Slovakia.

Negara Eropa Tengah yang di masa silam pernah menyatu dengan Ceko sebagai negara Cekoslovakia. Bendera Slovakia menampilkan bidang berwarna putih-biru-merah yang tersusun secara horizontal. Di bagian kiri tengah bendera, terdapat gambar tameng yang aslinya merupakan lambang negara Slovakia.

Kombinasi warna putih-biru-merah menyimbolkan kemerdekaan & persatuan etnis Slavia, etnis yang persebarannya membentang mulai dari Ceko hingga Semenanjung Balkan & Rusia. Dan jika diperhatikan, komposisi warna bendera Slovakia & Rusia memang terlihat amat mirip karena sama-sama menampilkan motif putih-biru-merah yang tersusun secara horizontal.

Pada lambang negara Slovakia, terdapat simbol salib yang menyimbolkan Kristen selaku agama mayoritas penduduk Slovakia. Simbol salib tersebut berjumlah dua & tersusun secara bertingkat sebagai penghormatan kepada Santo Cyril and Santo Methodius, 2 misionaris yang pernah berkunjung ke wilayah cikal bakal Slovakia pada abad ke-9. Di bawah lambang salib, terdapat 3 gambar bukit kecil yang menyimbolkan Gunung Matra, Tatra, & Fatra.



SWISS

Bendera Swiss.

Negara Eropa Tengah yang dikenal dengan politik luar negerinya yang netral. Bendera Swiss menampilkan warna latar belakang merah dengan simbol palang putih di bagian tengahnya. Dari segi rasio, bendera Swiss juga lain daripada bendera pada umumnya karena benderanya berbentuk persegi alih-alih persegi panjang.

Tidak diketahui apa makna dari bendera ini selain fakta bahwa bendera dengan desain serupa pernah digunakan oleh Kekaisaran Romawi Suci sebagai bendera perangnya di mana motif palang menyimbolkan Kristen selaku agama resmi kekaisaran. Kebetulan wilayah Kekaisaran Romawi Suci pada Abad Pertengahan memang mencakup wilayah modern Swiss. Warna merah & putih juga merupakan warna-warna yang lazim digunakan sebagai warna bendera negara-negara mini (canton) yang kelak melebur membentuk Swiss.

Bendera perang Kekaisaran Romawi Suci.

Bendera organisasi Palang Merah.

Bendera Swiss juga memiliki kemiripan desain dengan logo Palang Merah Internasional. Bedanya adalah bendera Palang Merah menampilkan motif palang berwarna merah di atas latar belakang putih. Kemiripan desain antara bendera Swiss dengan Palang Merah sendiri ternyata bukan kebetulan semata. Pasalnya Henri Dunant & Guillaume-Henri Dufour selaku tokoh-tokoh pendiri Palang Merah memang berasal dari Swiss.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Culture Trip. 2018. "The Story Behind The Austrian Flag".
(theculturetrip.com/europe/austria/articles/the-story-behind-the-austrian-flag/)

Jezek, Z.. 2018. "The Origin and Evolution of the Czech Flag".
(www.tresbohemes.com/2018/04/the-origin-and-evolution-of-the-czech-flag/)

K. Schneider, dkk.. "Germany".
(www.crwflags.com/fotw/flags/de.html)

P. Loeser, dkk.. "Holy Roman Empire 962-1806 (Germany)".
(www.crwflags.com/fotw/flags/de_roman.html)

Poland.pl. "Coat of arms of Poland".
(poland.pl/tourism/about-poland/coat-arms-poland/)

Principality of Liechtenstein. "Flag and coat of arms".
(www.liechtenstein.li/en/country-and-people/state-symbols/flag-and-coat-of-arms/)

R. Raeside, dkk.. "Austria".
(www.crwflags.com/fotw/flags/at.html#national)

R. Raeside, dkk.. "Austria: Coat of Arms".
(www.crwflags.com/fotw/flags/at).html)

Slovakia.com. "About Slovakia".
(www.slovakia.com/facts/)

Smith, W.. 2008. "Switzerland, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Switzerland's History. 2004. "History of Switzerland's Flag".
(history-switzerland.geschichte-schweiz.ch/history-flag-switzerland.html)

Wikipedia. "Central Europe".
(https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Central_Europe&oldid=880672138)

Your Guidebook to the Czech Republic. 2016. "Czech Flag colors".
(all-czech.com/learnmore/flag-of-the-czech-republic/)

Z. Harden, dkk.. "Hungary".
(www.crwflags.com/fotw/flags/hu.html)
  





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.