SEJARAH        FAUNA         HIBURAN          Cari Artikel  →


Cekibar, Kadal yang Mahir Terbang Layang



Cekibar dari spesies Draco spilonotus. (Sumber)

Cekibar adalah nama dari sejenis kadal yang jika dilihat secara sepintas penampilannya nampak tidak istimewa. Namun lain halnya ketika kadal tersebut hendak berpindah dari 1 ranting ke ranting yang lain. Pasalnya saat berpindah tempat menuju ranting lain, kadal ini bisa merentangkan sayapnya & kemudian terbang ke ranting tersebut. Berkat keahliannya tersebut, kadal ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan "flying lizard" (kadal terbang) serta "flying dragon" (naga terbang). Di Indonesia sendiri (khususnya Pulau Jawa), selain dengan nama cekibar, kadal ini juga dikenal dengan nama "hap-hap" & "cleret gombel".

Makna Bendera Negara-Negara Kepulauan Karibia



Peta Karibia. (Sumber)

Karibia (Caribbean) adalah sebutan untuk kawasan yang terletak di sebelah timur Amerika Tengah. Kawasan Karibia sendiri secara garis besar terdiri dari Laut Karibia & Kepulauan Karibia. Karibia di masa lampau terkenal sebagai surganya bajak laut akibat seringnya terjadi aksi perompakan kapal di kawasan ini. Baik yang dilakukan oleh perompak liar maupun yang dilakukan oleh perompak bayaran negara-negara Eropa. Seringnya terjadi aksi perompakan di Karibia tidak lepas dari seringnya terjadi konflik antar negara Eropa yang ingin memanfaatkan kepulauan ini sebagai tempat menanam komoditas-komoditas perkebunan yang menguntungkan seperti gula tebu, kopi, & kelapa.

Paus Pembunuh, Predator Penguasa Lautan Dunia



(Sumber)

Paus pembunuh (killer whale; Orcinus orca) adalah nama dari sejenis ikan paus yang amat mudah dikenali berkat penampilannya yang khas. Ciri khas pertamanya adalah hewan ini memiliki tubuh bagian atas berwarna hitam & tubuh bagian bawah berwarna putih. Lalu di bagian kepalanya, terdapat sepasang motif berbentuk lonjong yang jika dilihat dari jauh nampak seperti bulatan mata. Sementara di punggungnya, terdapat sirip punggung besar berbentuk segitiga layaknya sirip punggung ikan hiu & lumba-lumba.

Michael Myers, Sang Pembawa Maut di Malam Halloween



(Sumber)

Halloween adalah nama dari perayaan yang jatuh pada tanggal 31 Oktober setiap tahunnya. Dalam perayaan ini, orang-orang akan memakai kostum yang menyeramkan & memasang lampu serta hiasan bertema hantu sepanjang malam. Awalnya merupakan perayaan spiritual khas Pulau Britania untuk mengusir roh-roh jahat & menyambut datangnya bulan November, sekarang perayaan ini dirayakan oleh siapapun di berbagai belahan dunia semata-mata karena mereka ingin merasakan asyiknya merayakan festival bertema horor.

Makna Bendera Negara-Negara Oseania



Peta Oseania. (Sumber)

Oseania merupakan sebutan untuk kawasan yang terletak di sebelah timur & selatan Indonesia. Kawasan ini terdiri dari Australia, Papua Nugini, & gugus kepulauan yang tersebar di Samudera Pasifik. Karena wilayah Oseania didominasi oleh lautan, negara-negara yang menghuni kawasan ini pun pada umumnya berbentuk kepulauan. Dan seperti halnya negara-negara yang menghuni benua lain, negara-negara yang menghuni Oseania juga memiliki bendera nasionalnya masing-masing. Jadi dalam artikel kali, ini pihak Republik akan membahas makna dari bendera negara-negara Oseania.


Slug Macan Tutul, Hewan yang Kawin Sambil Bergelantungan



(Sumber)

Slug (dibaca "slag") adalah sebutan untuk sejenis siput yang tidak memiliki cangkang luar. Karena tidak memiliki cangkang, slug pun bisa melewati celah sempit & permukaan berbatu-batu dengan lebih luwes. Ada begitu banyak spesies slug yang sudah diketahui oleh manusia. Adapun dalam kesempatan kali ini, pihak Republik akan fokus membahas slug macan tutul (leopard slug; Limax maximus). Sejenis slug yang terkenal berkat perilaku kawinnya yang unik sekaligus menakjubkan.

Sejarah Perang Kemerdekaan Argentina



Pasukan Argentina / Rio de la Plata di tahun 1812. (Sumber)

Argentina adalah nama dari sebuah negara yang terletak di Amerika Selatan. Ada banyak hal yang membuat negara tersebut begitu terkenal di masa kini. Mulai dari kehebatan tim sepak bolanya, tarian khasnya yang bernama tango, hingga konfliknya dengan Inggris akibat memperebutkan Kepulauan Falkland. Karena Argentina di masa silam pernah dikuasai oleh Spanyol, penduduk Argentina pun kini menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa utamanya. Namun seperti halnya sejumlah negara di dunia, Argentina juga harus melalui tahap peperangan terlebih dahulu sebelum bisa menjadi negara merdeka seperti sekarang

Kerang Raksasa, Penghuni Abadi Dasar Lautan



Cangkang kerang raksasa yang sudah kosong. (Sumber)

Kerang adalah sebutan untuk hewan air dari kelas Bivalvia yang mudah dikenali berkat bentuknya yang khas. Tubuhnya terdiri dari 2 bilah cangkang keras yang bagian pangkalnya terhubung satu sama lain. Bentuk cangkang kerang yang khas tersebut lantas membuat hewan yang bersangkutan terlihat seperti bibir tanpa wajah. Kerang-kerang yang sudah dikenal oleh manusia pada umumnya hanya berukuran kecil. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk spesies kerang raksasa (giant clam; Tridacna gigas).

Makna & Sejarah Bendera Republik Demokratik Kongo



Bendera Republik Demokratik Kongo. (Sumber)

Jika kita membuka peta Afrika, kita akan melihat ada 2 negara bernama Kongo di tengah-tengah benua tersebut. Kedua negara tersebut adalah Republik Kongo yang beribukota di Brazzaville, serta Republik Demokratik (RD) Kongo yang beribukota di Kinshasa. Jika Republik Kongo wilayahnya lebih kecil & dulunya merupakan bekas jajahan Perancis, maka RD Kongo merupakan salah satu negara terluas di Afrika & dulunya merupakan bekas jajahan Belgia. Kedua negara itu sendiri mendapatkan namanya dari Sungai Kongo, salah satu sungai terpanjang di Afrika.

Candyman, Arwah Penasaran Korban Sentimen Rasial



Candyman saat melayang dalam posisi menelungkup.

Cermin adalah benda yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Pasalnya dengan adanya cermin, maka manusia bisa melihat dirinya sendiri saat tengah berdandan & merapikan diri. Cermin juga berguna bagi pengemudi kendaraan bermotor karena dengan adanya cermin spion, sang pengemudi bisa melihat kondisi di belakangnya tanpa harus menengok ke belakang. Kalau di ranah film horor, cermin bisa diidentikkan dengan kengerian karena benda inilah yang menjadi sarana pemanggil Candyman.

Diberdayakan oleh Blogger.