23 Maret 2019


Makna Bendera Negara-Negara Oseania



Peta Oseania. (Sumber)

Oseania merupakan sebutan untuk kawasan yang terletak di sebelah timur & selatan Indonesia. Kawasan ini terdiri dari Australia, Papua Nugini, & gugus kepulauan yang tersebar di Samudera Pasifik. Karena wilayah Oseania didominasi oleh lautan, negara-negara yang menghuni kawasan ini pun pada umumnya berbentuk kepulauan. Dan seperti halnya negara-negara yang menghuni benua lain, negara-negara yang menghuni Oseania juga memiliki bendera nasionalnya masing-masing. Jadi dalam artikel kali, ini pihak Republik akan membahas makna dari bendera negara-negara Oseania.



AUSTRALIA

Negara terbesar di Oseania yang menempati benua terkecil di dunia. Bendera Australia menampilkan latar belakang berwarna biru tua dengan gambar Union Jack - sebutan untuk bendera negara Inggris - di bagian pojok kiri atasnya. Di bawah gambar Union Jack tersebut, terdapat gambar bintang putih bersudut 7. Di bagian kanan bendera, terdapat simbol 4 bintang putih bersudut 7 yang berukuran lebih kecil & 1 bintang putih bersudut 5. Gambar Union Jack menunjukkan kalau Australia berstatus sebagai negara Persemakmuran Inggris, yang berarti Australia mengakui Inggris sebagai tanah leluhurnya & mengakui ratu Inggris sebagai kepala negaranya.

Simbol bintang bersudut 7 dikenal dengan nama "Bintang Persemakmuran" (Commonwealth Star), di mana 7 bagian runcingnya menyimbolkan 6 negara bagian pertama Australia & negara Australia itu sendiri. Simbol 5 bintang di bagian kanan bendera yang membentuk motif menyerupai layang-layang menyimbolkan rasi bintang Crux / Salib Selatan, rasi bintang yang hanya bisa dilihat di belahan Bumi selatan & sekitar khatulistiwa.

Penggunaan pola Crux dalam bendera Australia menyimbolkan lokasi Australia yang memang berada di belahan Bumi selatan. Dan walaupun tidak dijelaskan secara eksplisit, nampaknya salah satu bintang yang menyusun pola Crux ditampilkan sebagai bintang bersudut 5 alih-alih 7 untuk menunjukkan kalau bintang tersebut adalah bintang yang sinarnya paling redup - sesuai dengan bintang Epsilon Crucis pada rasi bintang aslinya (lihat foto).



FIJI

Negara Oseania yang sempat beberapa kali mengalami kudeta militer. Bendera Fiji menampilkan bidang berwarna biru muda dengan motif Union Jack di pojok kiri atas bendera. Simbol Union Jack digunakan karena Fiji merupakan negara bekas jajahan Inggris, sementara warna biru muda digunakan sebagai warna latar bendera untuk menyimbolkan Samudera Pasifik yang mengelilingi daratan Fiji.

Di bagian kanan bendera, terdapat simbol berbentuk tameng yang aslinya merupakan lambang negara Fiji. Pada simbol tameng yang sama, terdapat motif palang berwarna merah dengan gambar singa kuning yang sedang memegang isi buah kelapa di bagian paling atas. Lalu di bagian bawah gambar singa, terdapat gambar-gambar sebagai berikut mulai dari pojok kiri atas & searah jarum jam : 3 batang tebu, pohon kelapa, buah pisang, & burung merpati dengan cabang zaitun di paruhnya.

Tidak dijelaskan apa makna dari gambar singa, selain fakta bahwa singa dengan pose yang sama juga dapat ditemukan di lambang negara Inggris. Jadi bisa dispekulasikan kalau penggunaan gambar singa dimaksudkan untuk menyimbolkan status Fiji sebagai bekas koloni Inggris. Batang tebu, buah pisang, & buah serta pohon kelapa menyimbolkan tanaman-tanaman yang memiliki nilai ekonomi penting bagi rakyat Fiji. Gambar merpati digunakan karena gambar tersebut pernah menjadi lambang Kerajaan Fiji di abad ke-19.



KEPULAUAN MARSHALL

Negara Oseania yang hingga tahun 1986 berstatus sebagai daerah bawahan Amerika Serikat (AS). Bendera Kep. Marshall menampilkan warna latar belakang biru tua dengan simbol bintang putih bersudut banyak di bagian pojok kiri atasnya. Di bagian bawah simbol bintang, terdapat motif selempang berwarna jingga-putih yang mengarah ke pojok kanan atas. Motif selempang yang sama semakin ke kanan ukurannya semakin lebar.

Ada 2 versi yang berbeda mengenai makna simbol-simbol dalam bendera Kepulauan Marshall. Menurut versi pertama, warna latar belakang biru menyimbolkan Samudera Pasifik. Selempang berwarna jingga & putih secara berturut-turut menyimbolkan matahari terbenam & terbit. Warna jingga & putih secara berturut-turut juga bisa dimaknai sebagai simbol keberanian & perdamaian.

Simbol bintang menyimbolkan agama Kristen selaku agama mayoritas penduduk Kep. Marshall. Sementara 4 sudut terpanjang pada simbol bintang menyimbolkan 4 gugus pulau paling dominan di Kep. Marshall. Keempat gugus pulau tersebut adalah Majuro, Ebeye, Jaluit, & Wotje. Simbol bintang yang sama memiliki sudut runcing yang totalnya berjumlah 24 untuk menyimbolkan jumlah daerah yang menyusun Kep. Marshall.

Kalau menurut versi kedua, simbol bintang yang terletak di atas selempang aslinya menyimbolkan Kepulauan Marshall yang letaknya berada di sebelah utara garis khatulistiwa. Sementara 4 sudut runcing terpanjang yang ada pada simbol bintang menyimbolkan gugus pulau Majuro, Wotje, Jaluit, & Kwajalein. Desain selempang yang semakin ke kanan semakin melebar menyimbolkan pertumbuhan & kekuatan yang semakin berkembang.



KEPULAUAN SOLOMON

Negara Oseania yang terletak di sebelah timur negara Papua Nugini. Bendera Kep. Solomon menampilkan bidang segitiga berwarna biru di bagian kiri atas & hijau di bagian kanan bawah. Di antara kedua bidang segitiga tadi, terdapat garis berwarna kuning yang membentang mulai dari pojok kiri bawah hingga pojok kanan atas bendera. Di bagian pojok kiri atas bendera, terdapat 5 buah simbol bintang putih. Simbol bintang putih berjumlah 5 menyimbolkan 5 provinsi Kep. Solomon saat baru merdeka. Warna biru menyimbolkan lautan & langit. Warna kuning menyimbolkan matahari & pasir pantai. Sementara warna hijau menyimbolkan tanah yang subur.



KIRIBATI

Negara berdaulat Oseania yang letaknya paling timur. Bendera Kiribati menampilkan garis bergelombang berwarna putih & biru yang totalnya berjumlah 6 & tersusun secara berselang-seling. Di bagian atas garis bergelombang tadi, terdapat simbol setengah lingkaran berwarna kuning dengan 17 buah simbol segitiga kaku & lentur di bagian sekeliling lingkaran. Di bagian atas segitiga, terdapat gambar burung berwarna kuning yang sedang terbang ke arah kiri.

Garis-garis bergelombang menyimbolkan Samudera Pasifik. Baik garis biru maupun putih masing-masingnya berjumlah 3 karena Kiribati terdiri dari 3 gugus kepulauan utama : Kepulauan Gilbert, Phoenix, & Line. Simbol setengah lingkaran menyimbolkan matahari terbit & lokasi geografis Kiribati yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Simbol segitiga yang digambarkan menyerupai sinar matahari berjumlah 17 karena Kepulauan Gilbert - gugus kepulauan terbesar di Kiribati - terdiri dari 16 atol / pulau karang & di dekatnya terdapat Pulau Banaba, pulau yang di masa lampau memiliki peran penting bagi perekonomian Kiribati berkat tanahnya yang kaya akan fosfat

Gambar burung yang ada di atas simbol matahari adalah burung fregat, sejenis burung laut yang memang sering dijumpai di Kiribati & terkenal akan kemampuannya melayang di udara hingga berhari-hari lamanya. Alasan lain kenapa burung fregat yang digunakan dalam bendera nasional Kiribati adalah karena burung tersebut menyimbolkan keperkasaan & kebebasan.



MIKRONESIA

Negara berdaulat Oseania yang letaknya paling utara. Bendera Mikronesia menampilkan warna latar belakang biru dengan 4 buah simbol bintang putih yang membentuk pola wajik sama sisi. Warna biru diadopsi dari warna bendera organisasi PBB (lihat gambar) karena antara tahun 1947 hingga 1979, Mikronesia dikelola oleh AS atas izin dari PBB. Simbol 4 bintang menyimbolkan 4 negara bagian utama yang menyusun Mikronesia :  Yap, Chuuk, Pohnpei, & Kosrae.



NAURU

Negara terkecil di Oseania, sekaligus negara pulau terkecil di dunia. Bendera Nauru menampilkan warna latar belakang biru dengan garis horizontal tebal berwarna kuning di bagian tengahnya. Di bagian kiri bawah bendera, terdapat simbol bintang bersudut banyak yang berwarna putih. Warna biru menyimbolkan lautan yang mengelilingi Nauru. Garis kuning menyimbolkan garis khatulistiwa. Simbol bintang yang terletak di bawah garis kuning menyimbolkan lokasi geografis Nauru yang terletak di sebelah selatan garis khatulistiwa. Simbol bintang yang sama memiliki sudut runcing berjumlah 12 untuk menyimbolkan 12 suku utama yang menghuni Nauru.



PALAU

Negara Oseania yang terletak di sebelah utara Pulau Papua. Bendera Palau menampilkan warna latar belakang biru dengan simbol lingkaran kuning di bagian tengah agak ke kiri. Warna biru menyimbolkan kemerdekaan, sementara simbol lingkaran kuning menyimbolkan persatuan bangsa. Simbol lingkaran kuning yang dikelilingi warna biru juga bisa dimaknai sebagai bulan purnama yang bayangannya terpantul di permukaan laut, sekaligus pengakuan akan pentingnya bulan & laut bagi kehidupan sehari-hari rakyat Palau.



PAPUA NUGINI

Negara Oseania yang berbatasan langsung dengan Indonesia di sebelah barat. Bendera Papua Nugini menampilkan bidang segitiga berwarna hitam di bagian kiri bawah & segitiga merah di bagian kanan atas. Di bidang berwarna hitam, terdapat 5 simbol bintang putih yang membentuk pola menyerupai layang-layang. Sementara di bidang berwarna merah, terdapat siluet burung cendrawasih berwarna kuning.

Gambar burung cendrawasih yang sedang terbang menyimbolkan Papua Nugini yang siap melanjutkan riwayatnya usai mendapatkan kemerdekaan. Burung cendrawasih juga dipilih karena bulu burung tersebut kerap digunakan dalam upacara-upacara adat penduduk asli Papua Nugini. Simbol bintang yang membentuk pola layang-layang menyimbolkan rasi bintang Crux & dimaksudkan untuk menunjukkan hubungan dekat Papua Nugini dengan negara-negara Oseania yang terletak di belahan Bumi selatan. Warna merah, kuning & hitam menyimbolkan budaya khas Papua Nugini, karena warna-warna tersebut kerap digunakan oleh penduduk tradisional Papua Nugini.



SAMOA

Negara Oseania yang di masa lampau pernah dikuasai oleh Jerman & Selandia Baru. Bendera Samoa menampilkan warna dominan merah dengan bidang persegi panjang berwarna biru di bagian pojok kiri atasnya. Di bidang persegi panjang tersebut, terdapat 5 simbol bintang putih yang membentuk pola layang-layang. Warna merah menyimbolkan keberanian. Warna putih menyimbolkan kemurnian. Sementara warna biru menyimbolkan kemerdekaan. Simbol bintang yang membentuk pola layang-layang menyimbolkan rasi bintang Crux & diadopsi dari bendera nasional Selandia Baru. Alasan lain kenapa rasi bintang Crux digunakan pada bendera Samoa mungkin juga untuk menunjukkan lokasi geografis Samoa yang terletak di belahan Bumi selatan.



SELANDIA BARU

Negara Oseania yang letaknya paling selatan. Bendera Selandia Baru menampilkan warna latar belakang biru dengan motif Union Jack di pojok kiri atas bendera. Di bagian kanan bendera, terdapat 4 simbol bintang merah dengan tepian putih yang membentuk pola layang-layang & rasi bintang Crux. Motif Union Jack jelas digunakan karena Selandia Baru memandang Inggris sebagai negara leluhurnya. Sementara pola Crux menunjukkan lokasi Selandia Baru yang terletak di belahan Bumi selatan. Warna merah dipilih sebagai warna bintang karena warna tersebut dipandang sebagai warna yang terhormat oleh penduduk asli Maori.



TONGA

Negara Oseania dengan bentuk pemerintahan kerajaan. Bendera Tonga menampilkan warna dominan merah dengan bidang persegi panjang berwarna putih di pojok kiri atas. Di bidang persegi panjang tersebut, terdapat motif palang berwarna merah. Warna latar belakang merah menyimbolkan darah para pejuang Tonga yang gugur, sementara simbol palang merah di atas bidang putih menyimbolkan agama Kristen & darah yang tertumpah saat Yesus disalib.



TUVALU

Negara terkecil kedua di Oseania. Bendera Tuvalu menampilkan latar belakang berwarna biru muda dengan motif Union Jack di pojok kiri atas. Di bagian kanan bendera, terdapat 9 simbol bintang berwarna kuning. Simbol Union Jack menyimbolkan hubungan dekat antara Tuvalu dengan Inggris. Simbol bintang berjumlah 9 menyimbolkan 9 pulau yang menyusun negara Tuvalu. Sementara warna biru menyimbolkan lautan di sekitar Tuvalu.



VANUATU

Negara Oseania yang terletak di antara Kepulauan Solomon & Kaledonia Baru. Bendera Vanuatu menampilkan motif segitiga berwarna hitam di bagian kiri. Di dalam bidang segitiga hitam tersebut, terdapat motif gulungan daun berbentuk lingkaran dengan sepasang taring babi yang saling bersilangan di bagian dalamnya. Di sebelah kanan bidang segitiga hitam tadi, terdapat bidang berwarna merah & hijau. Ketiga bidang tadi dipisahkan oleh garis tebal berwarna kuning yang bentuknya menyerupai huruf Y dalam posisi melintang.

Gambar daun panjang yang tergulung menyimbolkan perdamaian, sementara gambar sepasang taring babi yang bersilangan menyimbolkan kemakmuran. Warna kuning menyimbolkan harapan akan masa depan yang lebih baik. Warna merah menyimbolkan darah & kekuatan. Warna hijau menyimbolkan kekayaan alam. Sementara warna hitam menyimbolkan penduduk asli Vanuatu yang memang berkulit gelap.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Department of the Prime Minister - Australia National Flag
Embassy of Papua New Guinea - PNG Flag and National Anthem
Flags of the World - Fiji
Flags of the World - Kiribati
Flags of the World - Marshall Islands
Flags of the World - Micronesia
Flags of the World - Palau
Flags of the World - Samoa
Flags of the World - Tonga
Flags of the World - Tuvalu
Flags of the World - Vanuatu
Solomon Times Online - The Solomon Islands Flag
The Government of the Republic of Nauru - The Nauruan Flag
Smith, W.. 2008. "New Zealand, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi silakan tinggalkan komentar anda selama tidak berisi spam, iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.