30 April 2019


Makna Bendera Negara-Negara Afrika Barat



Peta negara-negara Afrika Barat.

Afrika Barat adalah sebutan untuk kawasan Afrika yang - sesuai namanya - terletak di bagian barat Benua Afrika. Jika kita mengumpamakan Benua Afrika layaknya kepala gajah yang sedang menghadap ke arah kanan, maka Afrika Barat terletak di bagian daun telinga sang gajah. Afrika Barat memiliki kondisi geografis yang amat beragam karena bentang alam seperti gurun yang gersang, padang rumput, hingga hutan lebat yang subur semuanya dapat ditemukan di kawasan ini.

Ada 16 negara berdaulat yang terletak di Afrika Barat. Seperti halnya negara di benua-benua lain, masing-masing negara juga memiliki bendera nasionalnya sendiri. Meskipun begitu, bendera yang digunakan oleh sejumlah negara Afrika Barat memiliki sejumlah kemiripan satu sama lain. Sebagai contoh, sejumlah negara Afrika Barat menggunakan bendera dengan desain tricolor - desain bendera 3 warna yang ketiga bidang warnanya tersusun secara vertikal - karena negara-negara tersebut dulunya pernah dijajah oleh Perancis sehingga mereka menggunakan bendera Perancis yang berwarna biru-putih-merah vertikal sebagai sumber inspirasinya.

Kemiripan lain juga dapat ditemukan pada warna-warna yang digunakan dalam bendera. Banyak negara Afrika Barat yang menggunakan kombinasi warna hijau, kuning, & merah dalam bendera nasionalnya karena warna-warna tersebut digunakan dalam bendera Ethiopia, salah satu negara tertua di dunia & satu dari sedikit negara Afrika yang wilayahnya tidak pernah ditaklukkan oleh bangsa Eropa hingga permulaan abad ke-20. Atas dasar itulah, warna-warna yang digunakan dalam bendera Ethiopia kemudian menjadi simbol solidaritas bangsa Afrika (Pan-Africa) & banyak diadopsi oleh negara-negara Afrika.

Di luar masalah pengaruh yang ditunjukkan oleh bangsa asing terhadap bendera nasionalnya, masing-masing negara Afrika Barat juga memiliki caranya masing-masing dalam memaknai warna & pola yang digunakan dalam bendera nasionalnya. Jadi sesuai dengan judul artikelnya, dalam kesempatan kali ini pihak Republik akan membahas mengenai makna spesifik yang dimiliki oleh bendera negara-negara Afrika barat.



BENIN

Negara Afrika Barat yang menjadi tanah asal pasukan wanita legendaris Amazon Dahomey. Bendera Benin menampilkan bidang persegi panjang hijau dalam posisi tegak di bagian kirinya. Di sebelah kanannya, terdapat bidang persegi panjang berwarna kuning & merah yang tersusun secara horizontal. Warna hijau menyimbolkan harapan. Warna merah menyimbolkan keberanian para leluhur masyarakat Benin. Warna kuning menyimbolkan kekayaan alam Benin. Makna dari warna-warna yang menyusun bendera Benin juga dapat disimak pada lirik lagu kebangsaan Benin.



BURKINA FASO

Negara Afrika Barat yang hingga tahun 1984 dikenal dengan nama Volta Hulu (Upper Volta). Bendera Burkina Faso menampilkan bidang merah & hijau tua yang tersusun secara horizontal. Di tengah-tengah bendera, terdapat simbol bintang kuning bersudut 5. Sebelum menggunakan bendera ini, Volta Hulu menggunakan bendera berwarna hitam-putih-merah yang tersusun secara horizontal (lihat gambar). Menyusul terjadinya kudeta militer oleh Thomas Sankara di tahun 1983, nama & bendera negara tersebut kemudian diubah di tahun berikutnya

Warna merah yang ada pada bendera Burkina Faso sekarang menyimbolkan darah para pejuang yang gugur. Warna hijau menyimbolkan sektor pertanian. Sementara simbol bintang kuning menyimbolkan revolusi. Dari segi desain, bendera Burkina Faso nampaknya terinspirasi dari bendera Vietkong - kelompok gerilyawan komunis yang beroperasi di Vietnam Selatan - karena bendera Burkina Faso memiliki kemiripan desain dengan bendera Vietkong. Kebetulan Sankara sendiri memang bersimpati dengan ideologi kiri. Bedanya adalah jika bendera Burkina Faso menampilkan warna latar merah & hijau, maka bendera Vietkong menampilkan warna latar merah & biru.



GAMBIA

Negara Afrika Barat yang seluruh perbatasan daratnya dikelilingi oleh wilayah Senegal. Bendera Gambia menampilkan bidang berwarna merah di bagian atas & hijau di bagian bawahnya. Di antara kedua bidang tadi, terdapat bidang berwarna putih-biru-putih yang tersusun secara horizontal, di mana 2 bidang yang berwarna putih memiliki penampang yang lebih sempit dibandingkan bidang berwarna biru. Warna biru tersebut menyimbolkan Sungai Gambia, sungai besar yang berada di tengah-tengah wilayah Gambia. Dua bidang putih menyimbolkan perdamaian & persatuan. Warna hijau menyimbolkan hutan, sementara warna merah menyimbolkan padang rumput.



GHANA

Negara Afrika Barat yang menjadi negara asal Kwane Nkrumah, salah satu tokoh pencetus Gerakan Non Blok (Non Aligned Movement).  Bendera Ghana menampilkan bidang berwarna merah-kuning-hijau yang tersusun secara horizontal. Di tengah-tengah bidang berwarna kuning, terdapat simbol bintang hitam bersudut 5. Warna merah menyimbolkan darah dari orang-orang yang gugur saat memperjuangkan kemerdekaan Ghana. Warna kuning menyimbolkan kekayaan barang tambang. Warna hijau menyimbolkan hutan subur yang terdapat di wilayah Ghana. Sementara simbol bintang hitam menyimbolkan Benua Afrika.



GUINEA

Negara Afrika Barat yang pada tahun 2013 lalu menjadi lokasi awal mula munculnya wabah penyakit ebola yang menewaskan ribuan orang di Afrika Barat. Bendera Guinea menampilkan bidang berwarna merah-kuning-hijau yang tersusun secara vertikal. Menurut pernyataan Sekou Toure selaku presiden pertama Guinea, warna merah menyimbolkan darah & perjuangan melawan penjajahan asing, serta kemauan untuk berkembang menjadi lebih baik. Warna kuning menyimbolkan cadangan emas Guinea & matahari yang menyinari Afrika. Warna hijau menyimbolkan kemakmuran & tanah subur yang menjadi sumber kehidupan kaum petani Guinea.



GUINEA-BISSAU

Negara Afrika Barat yang di masa lampau pernah dijajah oleh Portugal. Bendera Guinea-Bisau menampilkan bidang persegi panjang berwarna merah dalam posisi tegak di bagian kirinya. Di bidang merah tersebut juga terdapat simbol bintang hitam bersudut 5. Di sebelah kanan bidang merah yang sama, terdapat bidang berwarna kuning & hijau yang tersusun secara horizontal. Bendera Guinea-Bissau dengan desain seperti ini diadopsi langsung dari bendera PAIGC, partai politik berhaluan komunis yang sempat terlibat dalam perang kemerdekaan Guinea-Bisau sebelum kemudian menjadi partai paling dominan di Guinea-Bissau hingga sekarang.

PAIGC sendiri menggunakan bendera dengan warna & simbol demikian karena terinspirasi langsung dari bendera Ghana. Jadi makna yang dikandung oleh motif benderanya tidak berbeda dengan makna yang dikandung dalam motif bendera Ghana. Warna merah menyimbolkan darah & pengorbanan para pejuang kemerdekaan. Simbol bintang hitam menyimbolkan Afrika selaku benua yang menjadi lokasi negara Guinea-Bissau. Warna kuning menyimbolkan kekayaan barang tambang. Warna hijau menyimbolkan hutan & tanah subur.



LIBERIA

Negara Afrika Barat yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Bendera Liberia menampilkan bidang persegi berwarna biru di bagian pojok kiri atas. Di bidang biru tersebut, terdapat simbol bintang putih bersudut 5. Di luar bidang biru, terdapat garis horizontal berwarna merah yang berjumlah 6 & garis horizontal berwarna putih yang berjumlah 5. Garis-garis horizontal / mendatar tersebut disusun secara berselang seling dengan garis merah berada di bagian paling atas & bawah bendera. Karena bendera Liberia menggunakan simbol bintang berjumlah satu, bendera yang bersangkutan pun memiliki julukan "Lone Star" (Bintang Tunggal).

Warna biru pada bendera Liberia menyimbolkan kesetiaan. Warna putih pada garis horizontal menyimbolkan kemurnian, sementara warna merah menyimbolkan keberanian. Simbol bintang putih menyimbolkan status Liberia sebagai negara merdeka pertama di Benua Afrika. Garis merah & puth yang berjumlah total 11 menyimbolkan 11 orang yang menandatangani deklarasi kemerdekaan Liberia. Dan karena Liberia merupakan negara yang didirikan oleh budak-budak kulit hitam asal Amerika Serikat (AS) yang baru saja dibebaskan, bendera Liberia pun memiliki kemiripan desain dengan bendera AS.



MALI

Negara Afrika Barat yang menjadi lokasi dari Kekaisaran Mali, salah satu kekaisaran terkaya di dunia pada masanya. Bendera Mali menampilkan warna hijau-kuning-merah yang tersusun secara vertikal. Warna hijau menyimbolkan harapan & tanah pertanian Mali yang subur. Warna kuning menyimbolkan barang tambang (khususnya emas) yang tersimpan di bawah tanah Mali. Sementara warna merah menyimbolkan keberanian rakyat Mali untuk membela tanah airnya hingga titik darah penghabisan.



MAURITANIA

Negara Afrika Barat yang pernah terlibat konflik dengan negara tetangganya Senegal. Bendera Mauritania menampilkan bidang horizontal berwarna merah di bagian atas & bawahnya.Di antara kedua bidang merah tadi, terdapat bidang besar berwarna hijau dengan simbol bintang & bulan sabit kuning di tengah-tengahnya. Bendera yang digunakan oleh Mauritania sekarang ini tergolong berusia muda karena baru digunakan sejak tahun 2017. Sebelum itu, Mauritania menggunakan bendera nasional yang desainnya serupa dengan desain bendera yang sekarang, namun tanpa tambahan warna merah.

Warna merah menyimbolkan darah yang tertumpah saat orang-orang Mauritania memperjuangkan kemerdekaannya dari bangsa Perancis. Tidak ada penjelasan resmi mengenai apa makna dari warna hijau & simbol bulan bintang. Namun karena kedua unsur tersebut merupakan unsur yang lazim digunakan dalam bendera negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim, warna hijau & simbol bulan bintang yang ada dalam bendera Mauritania diperkirakan menyimbolkan Islam selaku agama mayoritas penduduk Mauritania.



NIGER

Negara Afrika Barat dengan cadangan uranium terbesar keempat di dunia. Bendera Niger menampilkan bidang berwarna oranye-putih-hijau yang tersusun secara horizontal. Di bagian tengah bidang yang berwarna putih, terdapat simbol lingkaran berwarna oranye. Selain motifnya, bendera Niger juga mudah dikenali dengan melihat bentuknya yang hampir menyerupai persegi karena bendera ini memiliki rasio perbandingan panjang & lebar sebesar 6 : 7. Warna oranye di bagian paling atas menyimbolkan Gurun Sahara yang letaknya berada di sebelah utara. Warna hijau menyimbolkan kawasan hutan subur di sebelah selatan. Warna putih menyimbolkan Sungai Niger yang terletak di sebelah barat Niger. Lingkaran oranye menyimbolkan matahari.



NIGERIA

Negara Afrika Barat dengan cadangan minyak bumi yang melimpah. Bendera Nigeria menampilkan motif berwarna hijau-putih-hijau yang tersusun secara vertikal. Warna hijau menyimbolkan tanah Nigeria yang subur, sementara warna putih menyimbolkan Sungai Niger yang membelah wilayah Nigeria. Warna putih juga dimaksudkan untuk menyimbolkan kemakmuran & perdamaian rakyat Nigeria.



PANTAI GADING

Negara Afrika Barat yang sempat dilanda perang saudara pada permulaan abad ke-21. Bendera Pantai Gading menampilkan bidang berwarna oranye-putih-hijau yang tersusun secara vertikal. Warna oranye / jingga menyimbolkan tanah Pantai Gading yang kaya akan sumber daya alam, serta darah yang tertumpah saat kaum pemuda di negara tersebut berjuang mendapatkan persamaan hak. Warna putih menyimbolkan perdamaian. Warna hijau menyimbolkan harapan akan masa depan yang lebih baik. Kalau menurut interpretasi versi lain, warna oranye menyimbolkan padang rumput di sebelah utara, warna hijau menyimbolkan hutan di sebelah selatan, & warna putih merupakan simbol persatuan kedua wilayah.



SENEGAL

Negara Afrika Barat yang jika dilihat di peta, bentuk wilayahnya terlihat seperti wajah manusia. Bendera Senegal menampilkan bidang warna hijau-kuning-merah yang tersusun secara vertikal. Di tengah-tengah bidang yang berwarna kuning, terdapat simbol bintang hijau bersudut 5. Menurut situs resmi lembaga kepresidenan Senegal, warna hijau memiliki makna yang beragam. Menurut perspektif Muslim Senegal, warna hijau menyimbolkan bendera Nabi Muhammad. Sementara kalau menurut umat Kristen Senegal, warna hijau menyimbolkan harapan. Kalau untuk kaum animis & penganut kepercayaan lokal, warna hijau menyimbolkan kesuburan. Beragamnya makna yang dikandung dalam warna hijau sekaligus menyimbolkan toleransi & keberagamaan penduduk Senegal.

Warna kuning menyimbolkan kekayaan & hasil kerja keras penduduk Senegal. Warna merah menyimbolkan darah, kehidupan, & pengorbanan rakyat Senegal. Simbol bintang bersudut 5 menyimbolkan langit, nilai-nilai spritual, & kemauan rakyat Senegal untuk menyerap segala hal yang datang dari 5 benua berbeda. Simbol bintang yang sama juga menggunakan warna hijau untuk melambangkan harapan akan kehidupan yang lebih baik saat Senegal baru saja memperoleh kemerdekaannya.



SIERRA LEONE

Negara Afrika Barat yang tanahnya kaya akan berlian, namun mayoritas penduduknya masih hidup dalam kemiskinan. Bendera Sierra Leone menampilkan warna hijau-putih-biru yang tersusun secara horizontal. Warna hijau menyimbolkan pegunungan di Sierra Leone. Warna putih menyimbolkan buih yang timbul akibat ombak. Warna biru menyimbolkan lautan yang terletak di sebelah barat Sierra Leone. Menurut interpretasi versi lain, warna putih juga dimaksudkan untuk menyimbolkan perdamaian & keadilan sesuai dengan semboyan nasional negara tersebut.



TANJUNG VERDE

Negara kepulauan yang terletak di seberang barat negara Senegal & Mauritania. Bendera Tanjung Verde menampilkan warna latar belakang biru dengan garis horizontal berwarna putih-biru-putih di bagian tengah agak ke bawah. Di bagian dekat pojok kiri bawah, terdapat simbol bintang kuning berjumlah 10 yang susunannya terlihat menyerupai lingkaran.

Warna biru pada bendera menyimbolkan langit & laut. Warna merah menyimbolkan semangat, sementara warna putih menyimbolkan perdamaian. Warna merah & putih ditampilkan menyerupai bidang yang panjang & sempit untuk menyimbolkan jalan menuju pembangunan negara. Simbol bintang berjumlah 10 menyimbolkan 10 pulau yang menyusun wilayah Tanjung Verde. Simbol bintang yang sama disusun menyerupai lingkaran untuk melambangkan persatuan & keterbukaan.



TOGO

Negara Afrika Barat yang tim nasionalnya pernah tampil sekali di Piala Dunia, tepatnya pada tahun 2006. Bendera Togo menampilkan bidang persegi berwarna merah di bagian pojok kiri atas. Di bidang persegi tersebut, terdapat simbol bintangputih bersudut 5. Di luar bidang persegi merah tersebut, terdapat garis horizontal hijau berjumlah 3 & garis horizontal kuning berjumlah 2. Garis hijau & kuning tersebut disusun secara berselang seling, di mana garis yang berwarna hijau terletak di bagian paling atas & bawah bendera.

Warna merah menyimbolkan keberanian rakyat Togo untuk mempertaruhkan nyawanya demi melindungi tanah air. Warna hijau menyimbolkan harapan. Warna kuning menyimbolkan persatuan rakyat Togo & kekayaan sumber daya alam. Simbol bintang melambangkan kehidupan & anjuran supaya rakyat Togo bekerja sama layaknya 5 jari yang menyusun satu tangan. Warna putih yang ada pada simbol bintang menyimbolkan perdamaian, kebijaksanaan, kehormatan, & cahaya yang memberikan pengetahuan.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Embassy of Ghana - Ghana National Flag
Flags of the World - Benin
Flags of the World - Burkina Faso
Flags of the World - Cabo Verde
Flags of the World - Cote d'Ivoire
Flags of the World - Gambia
Flags of the World - Guinea
Flags of the World - Guinea Bissau
Flags of the World - Liberia
Flags of the World - Mali
Flags of the World - Mauritania
Flags of the World - Niger
Flags of the World - Sierra Leone
Flags of the World - Togo
Flags of the World - Upper Volta (Burkina Faso, 1959-1984)
Geopolitical Monitor - Uranium in Niger: When a Blessing....
Legit.ng - What the green in the Nigerian flag represents?
Presidency of the Republic of Senegal - Senegal's Flag and Motto
The Flag Foundation of Nigeria - Nigeria: Our History, Our Flag


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi silakan tinggalkan komentar anda selama tidak berisi spam, iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.