6 Juni 2019


Monster-Monster di Film "Godzilla: King of the Monsters"



Gambar ilustrasi yang menampilkan Mothra,
Rodan, Godzilla, & Ghidorah. (Sumber)

Jika pengunjung hobi menonton film-film yang baru rilis di bioskop, maka para pengunjung tentunya tahu kalau sejak akhir bulan Mei lalu, film "Godzilla: King of the Monsters" (KotM) tengah diputar di gedung-gedung bioskop. Film buatan studio Legendary Pictures itu sendiri aslinya merupakan sekuel alias lanjutan dari film "Godzilla" yang dirilis pada tahun 2014 lalu. Selain kedua film tadi, ada pula film "Kong: Skull Island" yang dirilis pada tahun 2017 lalu & juga dibuat oleh Legendary Pictures. Ketiga film tadi diceritakan memiliki kaitan cerita satu sama lain dalam suatu jagad fiktif yang bernama "MonsterVerse".

Film KotM sendiri pada intinya bercerita mengenai persaingan antara Godzilla melawan Ghidorah, sejenis monster raksasa yang wujudnya menyerupai naga terbang berkepala banyak. Namun Godzilla & Ghidorah bukanlah satu-satunya monster yang muncul dalam film KotM karena selain mereka, masih ada karakter-karakter monster lain seperti Mothra & Rodan. Di dalam filmnya sendiri, monster-monster tersebut dikenal dengan sebutan "Titan". Dan sesuai dengan judulnya, artikel kali ini bakal membahas mengenai Titan / monster raksasa apa saja yang muncul dalam film KotM.



!! PERINGATAN !!
Bagian sesudah ini bakal banyak menampilkan spoiler / bocoran alur cerita.
Silakan lanjutkan membaca jika anda sudah paham dengan resikonya.



SEKILAS TENTANG MONSTER TITAN

Titan adalah istilah yang digunakan oleh lembaga riset fiktif MONARCH untuk menyebut monster-monster raksasa yang muncul dalam dunia yang ditinggali oleh Godzilla, di mana Godzilla adalah satu dari sekian banyak Titan tersebut. Nama "Titan" kemungkinan diambil dari istilah mitologi Yunani Kuno di mana dalam kisah mitologi aslinya, Titan adalah penguasa alam semesta sebelum kemudian dikalahkan oleh para dewa. Untuk mencegah timbulnya kepanikan massal, MONARCH secara diam-diam melakukan penelitian kepada para monster Titan sambil menyembunyikan keberadaan mereka dari khalayak umum.

Walaupun Titan pada dasarnya bisa dianggap sebagai sejenis hewan, Titan memiliki karakteristik yang tidak dijumpai oleh hewan biasa. Sebagai contoh, para Titan umumnya memiliki fisik yang tingginya mencapai puluhan meter. Mereka juga memiliki rentang usia yang jauh lebih panjang dibandingkan hewan biasa karena sejumlah Titan diketahui memiliki usia ratusan atau bahkan ribuan tahun. Karakteristik hebat yang dimiliki oleh para Titan tersebut dispekulasikan bisa ada karena mereka mengalami mutasi ekstrim seusai terpapar radiasi dari bawah permukaan bumi secara terus-menerus.

Para Titan juga menunjukkan perilaku sosial yang terbatas di mana kendati masing-masing Titan memiliki perilaku soliter / menyendiri, mereka bisa berkomunikasi satu sama lain dengan memakai suara ultrasonik yang dapat terdengar hingga ribuan kilometer jauhnya. Para Titan juga memiliki sistem hirarki sosial yang terbatas di mana individu Titan yang terkuat akan diakui sebagai raja alias pemimpin para Titan. Saat seekor Titan diakui sebagai raja, ia bisa memberikan perintah yang kemudian akan dipatuhi oleh Titan-Titan lainnya. Jika ada 2 ekor Titan yang sama-sama menganggap dirinya sebagai Titan terkuat, keduanya akan bertarung hingga salah satu di antara mereka tewas.



MONSTER TITAN YANG MUNCUL DI "KOTM"

Godzilla / Gojira


(Sumber)
Monster raksasa menyerupai dinosaurus yang diperkirakan sudah mendiami bumi selama ribuan tahun. Godzilla memiliki tubuh berpostur tegak dengan ekor yang panjang, kaki belakang yang pendek, serta kaki depan yang kecil & fungsinya menyerupai tangan. Di bagian punggungnya, terdapat 2 baris lempeng sirip yang ukurannya beragam. Setiap kali Godzilla hendak menyemburkan nafas atomik yang berdaya rusak tinggi dari mulutnya, sirip punggungnya akan menyala secara berurutan dari belakang hingga ke depan. Godzilla juga bisa berenang dengan lincah di dalam air dengan cara meliuk-liukkan badan & ekornya.

Dalam keadaan biasa, Godzilla lebih suka hidup di bawah laut & di dalam liang sarangnya yang terletak di bawah kulit bumi. Di sarangnya itulah, Godzilla mendapatkan pancaran radiasi dari perut bumi sehingga tubuhnya memiliki kadar radiasi tinggi. Jika Godzilla mendeteksi kemunculan monster raksasa selain dirinya, Godzilla akan naik ke permukaan bumi untuk menantang monster tersebut supaya monster yang bersangkutan tidak berkembang menjadi terlampau kuat & membahayakan keseimbangan alam.

Faktor itulah yang menjadi penyebab kenapa pada tahun 2014 lalu, Godzilla sempat terlibat konflik dengan monster MUTO karena jika MUTO dibiarkan berkembang biak tanpa kendali, keberadaan MUTO dikhawatirkan akan mengancam populasi makhluk lainnya mengingat MUTO memiliki kebiasaan meninggalkan jejak radiasi tinggi. Kalau di tahun 2019, Godzilla terlibat konflik dengan Ghidorah karena Ghidorah ingin menjadikan Titan-Titan lain sebagai bawahannya supaya ia bisa memusnahkan manusia dari permukaan bumi & menjadikan dirinya sebagai sosok paling dominan di planet bumi.


Behemoth

(Sumber)
Monster raksasa yang bentuknya menyerupai gorila raksasa dengan bulu berwarna keputihan & sepasang gading panjang di bagian kepalanya. Behemoth bertarung dengan menggunakan gading & kaki depannya yang perkasa. Pada awalnya, Behemoth menjalani fase dorman / tidur panjang di suatu tempat di pedalaman Brazil. Namun begitu mendengar panggilan dari Ghidorah, Behemoth bangkit dari tidurnya untuk membuat kekacauan di pemukiman manusia. Namun setelah Ghidorah berhasil dikalahkan oleh Godzilla, Behemoth berhenti menyerang pemukiman manusia & mengakui Godzilla sebagai raja baru para Titan.


Ghidorah / Monster Zero

Monster antagonis utama di film KotM. Ghidorah memiliki penampilan menyerupai naga berkepala 3 di mana masing-masing kepala nampaknya memiliki kepribadiannya masing-masing. Karena Ghidorah juga memiliki sepasang sayap yang besar, Ghidorah mahir bertarung di darat maupun udara. Dalam pertarungan jarak dekat, Ghidorah bertarung dengan cara menggigit & melilit musuhnya. Sementara dalam pertarungan jarak jauh, Ghidorah bisa menyemburkan petir dari mulutnya. Ghidorah juga bisa menciptakan awan petir di sekeliling dirinya.

(Sumber)
Kehebatan Ghidorah masih belum sampai di sana. Setiap kali kepalanya ada yang terputus, kepalanya akan tumbuh kembali hanya dalam hitungan detik. Ghidorah juga bisa menciptakan panggilan sonar untuk membangkitkan monster-monster yang ada di seluruh dunia supaya mereka bersedia menjadi pengikutnya. Bukan hanya itu, Ghidorah juga bisa memperkuat dirinya sendiri dengan cara memakan listrik dari pembangkit listrik buatan manusia & menghisap energi dari monster yang digigitnya.

Ghidorah aslinya merupakan sejenis alien yang jatuh ke bumi & kemudian terlibat pergumulan dengan Godzilla. Oleh manusia, Ghidorah dipandang sebagai makhluk pembawa bencana & kemudian menjadi sumber inspirasi dari monster naga yang muncul di mitologi-mitologi dunia. Seusai bertarung dengan Godzilla, Ghidorah kemudian terjebak dalam lapisan es Kutub Selatan & baru bangkit di abad ke-21 setelah ilmuwan Emma meledakkan bongkahan es tempat jasad Ghidorah berada.

Sesudah bangkit kembali, Ghidorah kemudian terlibat pertarungan singkat dengan Godzilla & Rodan. Namun saat Godzilla nyaris berhasil mengalahkan Ghidorah dengan cara menenggelamkannya di bawah air, mereka berdua terkena hantaman rudal berisi senjata rahasia Penghancur Oksigen yang dilepaskan oleh manusia sehingga Godzilla sempat kehilangan kesadaran & terpaksa melarikan diri ke sarangnya di bawah tanah. Sementara Ghidorah sendiri tetap selamat karena ia memiliki kemampuan terbang & menyembuhkan dirinya sendiri dengan cepat.

Tidak adanya Godzilla membuat Ghidorah kini leluasa untuk menasbihkan dirinya sendiri sebagai raja para Titan. Maka, Ghidorah kemudian bertengger di atas gunung berapi & membangkitkan para Titan di seluruh dunia yang sedang tertidur supaya mereka bersedia menuruti perintahnya untuk memusnahkan manusia. Sesudah itu, Ghidorah sempat kembali terlibat pertarungan dengan Godzilla setelah ilmuwan Serizawa meledakkan bom nuklir di dekat Godzilla & memulihkan kekuatan Godzilla. Ghidorah akhirnya tewas setelah Godzilla melepaskan ledakan nuklir dari tubuhnya berkali-kali sebelum kemudian menghancurkan potongan terakhir tubuh Ghidorah dengan memakai nafas atomiknya.


Methuselah

Gambar sketsa Methuselah. (Sumber)
Monster raksasa yang tubuhnya menyerupai reptil berpunuk. Methuselah memiliki kemampuan berkamuflase dengan cara menyembunyikan sebagian tubuhnya di bawah tanah & menumbuhkan pohon-pohon di bagian punuknya supaya dirinya terlihat seperti bukit kecil. Methuselah pada awalnya menjalani fase tidur panjang di Jerman. Namun begitu ia mendengar suara lolongan Ghidorah, Methuselah bangkit dari tidurnya untuk meluluh lantakkan kota-kota di dekatnya. Baru setelah manusia mengaktifkan alat sonar ORCA & mengkombinasikannya dengan sistem pengeras suara di stadion, Methuselah berhenti menyerang pemukiman manusia karena ia tidak lagi mendengar suara sonar dari Ghidorah.


Mothra / Mosura

Monster raksasa yang bentuknya menyerupai ngengat. Layaknya ngengat yang sesungguhnya, Mothra juga menjalani metamorfosis sempurna dalam hidupnya, yaitu fase telur, larva, pupa, & dewasa. Dibandingkan monster-monster lainnya, Mothra cenderung menunjukkan sifat yang lebih bersahabat kepada manusia. Meskipun begitu, Mothra tetap dibekali kemampuan untuk bertarung. Dalam fase larva, Mothra bisa menyemburkan cairan sutra yang lengket. Sementara dalam fase dewasa, selain bisa menyemburkan cairan sutra, Mothra juga bisa terbang & menusuk lawannya memakai sengat di ujung ekornya. Jika Mothra dewasa mati, tubuhnya akan berubah menjadi debu-debu bercahaya yang memberikan energi tambahan kepada monster yang terkena debunya.

Fase dewasa Mothra. (Sumber)
Mothra diketahui sudah mendiami bumi selama berabad-abad & dikultuskan bak dewa oleh penduduk Cina selatan pada masa lampau. Di abad ke-21, ketika para ilmuwan membongkar kuil pemujaan Mothra, mereka menemukan telur Mothra di dalamnya & membangkitkannya memakai alat ORCA yang bisa mengeluarkan suara menyerupai suara ultrasonik Titan. Telur tersebut kemudian menetas menjadi larva sebelum kemudian berubah menjadi kepompong & serangga dewasa. Saat para Titan di seluruh dunia beramai-ramai mengakui Ghidorah sebagai raja baru mereka, Mothra tetap setia mengakui Godzilla sebagai rajanya & bahkan mencoba menuntun manusia untuk membantu menyembuhkan Godzilla dengan cara terbang ke atas lokasi sarangnya.

Saat Godzilla sudah pulih kembali, Godzilla & Mothra kemudian pergi menuju AS untuk mengalahkan Ghidorah. Namun saat pertarungan berlangsung, mendadak Rodan muncul dari balik awan untuk membantu Ghidorah. Pertarungan sengit di udara pun terjadi antara Rodan melawan Mothra, namun Mothra pada akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang setelah ia menusuk Rodan dengan memakai sengat di ekornya. Kemenangan tersebut sayangnya harus diikuti dengan kejadian naas setelah Ghidorah menghancurkan tubuh Mothra dengan memakai semburan listrik dari mulutnya. Serpihan tubuh Mothra kemudian menempel pada tubuh Godzilla & memberikan energi tambahan pada Godzilla untuk melanjutkan pertarungannya melawan Ghidorah.


MUTO

MUTO betina. (Sumber)
Monster raksasa yang memiliki beberapa pasang kaki. Nama "MUTO" aslinya merupakan singkatan dari "Massive Unidentified Terrestrial Organism" (Organisme Bumi Raksasa yang Tidak Teridentifikasi) sebagai akibat dari minimnya informasi yang dimiliki oleh manusia mengenai makhluk ini saat ia pertama kali menampakkan diri. MUTO terdiri dari individu jantan & betina di mana individu jantan berukuran lebih kecil & memiliki sayap untuk terbang, sementara individu betina ukurannya lebih besar & tidak bisa terbang. Pertama kali ditemukan oleh manusia pada tahun 1999 dalam wujud spora, wujud dewasa MUTO kemudian muncul pada tahun 2014 sebelum akhirnya dibunuh oleh Godzilla.

MUTO yang muncul di tahun 2014 ternyata bukanlah MUTO terakhir yang ada di bumi. Ketika Ghidorah bangkit kembali di bumi pada tahun 2019 & mengeluarkan lolongannya seusai mengalahkan Godzilla, salah seekor MUTO betina yang sedang menjalani fase tidur panjang mendadak bangkit & menyerang kawasan padat penduduk di dekatnya. Ketika Ghidorah kembali terlibat pertarungan dengan Godzilla, MUTO sempat bergegas menuju lokasi pertarungan untuk membantu Ghidorah. Namun setelah Godzilla berhasil membunuh Ghidorah, MUTO yang baru tiba di lokasi langsung mengakui Godzilla sebagai raja barunya. Tidak seperti MUTO di tahun 2014, MUTO yang terbangun di tahun 2019 tidak menganggap Godzilla sebagai musuh karena MUTO yang satu ini sedang tidak memiliki keturunan.


Rodan

(Sumber)
Monster terbang raksasa yang wujudnya menyerupai elang berjambul yang tidak berbulu. Rodan merupakan penerbang yang sangat mahir & bisa melakukan manuver-manuver sulit di udara. Sebagai contoh, saat ada beberapa buah pesawat di sekelilingnya, ia bisa menghancurkan pesawat-pesawat tersebut dengan cara terbang sambil memutar-mutar badannya sendiri. Rodan juga bisa menggunakan cakar & paruhnya dalam pertarungan jarak dekat. Dan dengan melihat kemunculannya di kawah gunung berapi, Rodan nampaknya juga memiliki kulit yang tahan akan suhu amat tinggi.

Rodan pada awalnya menjalani fase tidur panjang di kawah beku gunung berapi di Meksiko sebelum kemudian dibangkitkan memakai alat sonar ORCA. Rodan pada awalnya menganggap Ghidorah sebagai musuhnya & sempat terlibat pertarungan dengannya. Namun setelah Ghidorah berhasil mengalahkan Rodan & Godzilla dalam pertarungan di laut, Rodan mengakui Ghidorah sebagai raja barunya & ikut membantu melindungi Ghidorah ketika monster naga tersebut diserang oleh Mothra. Baru setelah Godzilla berhasil menghabisi Ghidorah, Rodan kembali mengakui Godzilla sebagai raja para Titan & bersujud di hadapannya.


Scylla

Gambar sketsa Scylla. (Sumber)
Monster raksasa yang wujudnya menyerupai laba-laba berkaki panjang dengan tentakel di bagian kepalanya. Dengan melihat fisiknya, nampaknya Scylla bertarung dengan menggunakan tentakel & ujung kakinya yang tajam. Scylla pada awalnya menjalani tidur panjang di padang pasir Arizona, AS. Namun begitu ia mendengar suara panggilan dari Ghidorah, Scylla bangkit dari tidur panjangnya & menyerang pemukiman manusia di dekatnya. Saat Ghidorah terlibat pertarungan terakhir melawan Godzilla, Scylla sempat bergegas menuju lokasi pertarungan untuk membantu Ghidorah. Namun setibanya ia di lokasi, Ghidorah keburu berhasil dibunuh terlebih dahulu oleh Godzilla. Karena Scylla tidak lagi memiliki alasan untuk melawan Godzilla, Scylla pun kini menganggap Godzilla sebagai raja baru para monster.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Dread Central - (Spoilers) All 17 Titans....
Gojipedia - Behemoth
Gojipedia - Methuselah
Gojipedia - MonsterVerse
(Film) 2014. Edwards, G.. "Godzilla".
(Film) 2019. Dougherty, M.. "Godzilla: King of the Monsters".


2 komentar:


Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi silakan tinggalkan komentar anda selama tidak berisi spam, iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.