29 Agustus 2019


Ikan Mutiara, Hewan Laut Pecinta Anus



Ikan mutiara (warna gelap) yang sedang menyelinap
masuk ke dalam anus teripang. (Sumber)

Ikan mutiara (pearlfish) adalah nama dari sejenis ikan laut yang memiliki wujud & cara hidup yang unik. Jika dilihat secara sepintas, penampilan ikan mutiara bakal mengingatkan kita akan belut atau sidat. Pasalnya seperti halnya kedua jenis ikan tadi, ikan mutiara memiliki tubuh yang panjang. Namun meskipun mirip, ikan mutiara berbeda dengan belut & sidat. Jika belut & sidat sama-sama bisa hidup di air tawar, maka ikan mutiara hanya bisa hidup di air laut. Lalu dibandingkan dengan kedua jenis ikan tadi, ikan mutiara memiliki tubuh yang cukup transparan.

20 Agustus 2019


Jenny Haniver, Monster Kecil Buah Karya Pelaut Eropa



Jenny Haniver berbentuk naga kecil. (Sumber)

Pari adalah jenis ikan yang mudah dikenali dengan melihat tubuhnya yang gepeng. Walaupun terlihat jinak, pari bukanlah hewan yang sebaiknya diusik karena pari bisa memberikan sengatan mematikan dari ekornya. Di sisi lain, pari juga memiliki pesonanya tersendiri karena tubuh pari yang pipih & lebar menyebabkan ikan ini ketika berenang terlihat seperti hantu yang melayang di lautan. Kemudian jika tubuh bagian bawahnya dilihat, mulut & lubang hidunya nampak seperti wajah hantu.

12 Agustus 2019


Ngengat Atlas, Serangga Raksasa Bersayap Ular



Seekor ngengat atlas jantan. (Sumber)

Ngengat adalah nama dari sejenis serangga yang yang penampilannya serupa dengan kupu-kupu. Seperti halnya kupu-kupu, ngengat memiliki 2 pasang sayap berbentuk lebar, tubuh yang berukuran lebih kecil dibandingkan sayapnya, serta menjalani metamorfosis sempurna. Kemiripan fisik antara ngengat & kupu-kupu tidak lepas dari fakta bahwa dalam klasifikasi ilmiah, kedua serangga tersebut sama-sama digolongkan dalam ordo Lepidoptera (serangga bersayap sisik).

8 Agustus 2019


Perang 100 Tahun, Ketika Perancis Nyaris Dikuasai Inggris



Pasukan pemanah Inggris dalam Perang 100 Tahun. (Sumber)

Inggris & Perancis adalah 2 negara Eropa yang lokasinya saling berseberangan. Jika Inggris terletak di Kepulauan Britania (British Isles) yang terletak di sebelah utara Benua Eropa, maka Perancis terletak di daratan Eropa itu sendiri. Karena kedua negara memiliki lokasi yang berdekatan, bukan hal yang aneh jika kemudian Inggris & Perancis dalam perjalanan sejarahnya banyak terlibat interaksi. Satu dari sekian banyak interaksi tersebut adalah konflik militer berkepanjangan yang dikenal dengan sebutan "Perang 100 Tahun".