SEJARAH        FAUNA         HIBURAN          Cari Artikel  →

Kelabang Berkaki Panjang



Kelabang berkaki panjang dari spesies Scutigera coleoptrata. (Sumber)

Siapa yang tidak tahu kelabang? Kelabang / lipan adalah sejenis hewan kecil yang mudah dikenali karena tubuhnya yang panjang seperti cacing, namun memiliki kaki berjumlah banyak & antena yang panjang di bagian depan serta belakang tubuhnya. Diperkirakan di dunia ini ada sekitar 8.000 spesies kelabang & di dalam tangga klasifikasi ilmiah, semuanya termasuk ke dalam kelas Chilopoda. Nah, artikel kali ini ingin membahas soal Scutigeromorpha, jenis kelabang yang lain daripada yang lain. Ingin tahu bedanya dibanding kelabang jenis lain? Yuk, dilanjut bacanya...

Hannibal Lecter, Dokter Kanibal yang Penuh Kharisma



Hannibal Lecter saat memakai topeng penyumpal mulut. (Sumber)

Psikopat, ada yang pernah dengar kata itu? Itu adalah istilah untuk menyebut orang-orang yang suka melakukan perbuatan abnormal & tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan tanpa merasa bersalah, misalnya perbuatan membunuh. Karakteristik psikopat yang unik & identik dengan sosok yang menakutkan pada gilirannya membuat psikopat kerap dijadikan salah satu sumber inspirasi karakter jahat (antagonis) dalam karya-karya fiksi bertema horor. Dan dari sekian banyak karakter psikopat yang pernah diangkat oleh karya-karya fiksi, salah satu yang terkenal adalah karakter Hannibal Lecter. Siapa itu Hannibal Lecter & apa yang membuatnya terkenal?

Hiu Rubah, Sang Pemburu Berekor Cambuk



(Sumber)

Siapa yang tidak tahu hiu? Hewan yang masih termasuk sebagai ikan laut ini mudah dikenali karena mayoritasnya memiliki tubuh berbentuk seperti torpedo dengan sirip-sirip yang diselubungi kulit & mulut bergigi tajam di bagian bawah moncongnya. Ada begitu banyak jenis hiu yang sudah diketahui manusia di mana mayoritasnya memakan daging, namun artikel kali ini ingin membahas soal hiu rubah yang terkenal karena kemampuannya berburu dengan "mencambuk" mangsanya. Penasaran? Silakan diteruskan bacanya biar gak penasaran lagi...

Invasi Amerika Serikat ke Panama



Suasana ibukota Panama yang terbakar saat
pasukan AS melakukan penyerbuan. (Sumber)

Panama, ada yang pernah dengar nama itu? Itu adalah nama sebuah negara kecil di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Kosta Rika di sebelah barat & Kolombia di sebelah timur. Walaupun hanya berukuran kecil, Panama sangat terkenal di dunia karena adanya kanal (terusan) yang menghubungkan Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik di negara tersebut. Kendati di satu sisi kanal tersebut membantu mendongkrak perekonomian & popularitas Panama, di sisi lain kanal tersebut juga membuat negara tersebut sempat terjerembab ke dalam aneka pergolakan.

Kelelawar Fajar, Sang Pemakan Nektar Bunga Durian



Seekor kelelawar fajar yang sedang dipegang manusia. (Sumber)

Semua orang pasti tahu yang namanya kelelawar. Yup, hewan ini mudah dikenali karena merupakan satu-satunya hewan menyusui (mamalia) yang bisa terbang. Selebihnya, kelelawar juga dikenal oleh manusia karena kebiasaannya untuk keluar beraktivitas pada malam hari & tidur dalam posisi bergantung terbalik di siang hari. Banyak orang yang merasa takut dengan kelelawar karena penampilan mereka yang tidak biasa & kebiasaannya untuk keluar di malam hari (plus ditambah mitos "kelelawar drakula" & semacamnya). Namun faktanya, kelelawar sama sekali bukan hewan yang berbahaya karena mereka tidak pernah menyerang manusia, kecuali bila diganggu atau ditangkap secara sengaja.

Diberdayakan oleh Blogger.