SEJARAH        FAUNA         HIBURAN          Cari Artikel  →











Glowworm, Sang Pembangun Jebakan Bercahaya



(Sumber)

Glowworm (cacing yang menyala) adalah sebutan untuk hewan menyerupai cacing yang diberi nama demikian berkat kemampuannya memancarkan cahaya. Apa yang disebut sebagai glowworm sendiri aslinya bukanlah cacing, melainkan larva dari sejenis serangga kecil bernama "agas" (gnat). Ada beberapa spesies hewan yang menyandang sebutan glowworm, namun dalam artikel kali ini pihak Republik akan membahas glowworm dari spesies Arachnocampa luminosa.

Bela Kiss, Vampir Psikopat yang Lenyap Ditelan Perang



Ilustrasi ruangan gelap. (Sumber)

Bela Kiss adalah nama dari seorang pembunuh berantai asal Hongaria yang aktif melakukan pembunuhan sepanjang permulaan abad ke-19. Selama beraksi, Kiss sudah melakukan pembunuhan kepada setidaknya 24 orang di mana hampir semua korbannya berjenis kelamin perempuan. Namun cerita seram mengenai Kiss masih belum berhenti sampai di sana. Ia juga dirumorkan sebagai vampir penghisap darah karena pemeriksaan pada sejumlah mayat korban menunjukkan adanya bekas tusukan kecil berjumlah sepasang layaknya bekas gigitan memakai gigi taring.

Armadillo Peri, Monster Mungil Berbaju Zirah



(Sumber)

Armadillo adalah nama dari sejenis hewan mamalia yang dapat dikenali dengan melihat tubuhnya yang diselubungi oleh cangkang keras layaknya baju zirah. Dari sekian banyak armadillo yang sudah diketahui oleh manusia, salah satu yang paling menarik adalah armadillo peri, spesies armadillo yang bahkan tergolong aneh jika dibandingkan dengan spesies-spesies armadillo lainnya.

Makna Bendera Negara-Negara Afrika Tengah



Peta negara-negara Afrika Tengah. (Sumber)

Afrika adalah nama dari benua yang terletak di antara Samudera Atlantik & Hindia. Benua yang bentuknya menyerupai kepala gajah ini terdiri dari begitu banyak negara. Sebagai cara untuk menunjukkan ciri khas & identitasnya, masing-masing negara yang terletak di Afrika pun memiliki bendera nasionalnya sendiri-sendiri. Hal tersebut juga berlaku untuk negara-negara yang menempati Afrika Tengah, suatu kawasan yang secara geografis memang terletak di bagian tengah Benua Afrika.

Ikan Mutiara, Hewan Laut Pecinta Anus



Ikan mutiara (warna gelap) yang sedang menyelinap
masuk ke dalam anus teripang. (Sumber)

Ikan mutiara (pearlfish) adalah nama dari sejenis ikan laut yang memiliki wujud & cara hidup yang unik. Jika dilihat secara sepintas, penampilan ikan mutiara bakal mengingatkan kita akan belut atau sidat. Pasalnya seperti halnya kedua jenis ikan tadi, ikan mutiara memiliki tubuh yang panjang. Namun meskipun mirip, ikan mutiara berbeda dengan belut & sidat. Jika belut & sidat sama-sama bisa hidup di air tawar, maka ikan mutiara hanya bisa hidup di air laut. Lalu dibandingkan dengan kedua jenis ikan tadi, ikan mutiara memiliki tubuh yang cukup transparan.

Jenny Haniver, Monster Kecil Buah Karya Pelaut Eropa



Jenny Haniver berbentuk naga kecil. (Sumber)

Pari adalah jenis ikan yang mudah dikenali dengan melihat tubuhnya yang gepeng. Walaupun terlihat jinak, pari bukanlah hewan yang sebaiknya diusik karena pari bisa memberikan sengatan mematikan dari ekornya. Di sisi lain, pari juga memiliki pesonanya tersendiri karena tubuh pari yang pipih & lebar menyebabkan ikan ini ketika berenang terlihat seperti hantu yang melayang di lautan. Kemudian jika tubuh bagian bawahnya dilihat, mulut & lubang hidunya nampak seperti wajah hantu.

Diberdayakan oleh Blogger.