SEJARAH FAUNA HIBURAN Cari.Artikel..



SEJARAH GLOBAL




DUNIA BINATANG




FIKSI & HIBURAN



Perang Sipil Yordania, Retaknya Hubungan Yordania & Palestina


Pasukan Fatah Palestina di kota Amman, Yordania. (Sumber)

Yordania, atau lengkapnya Kerajaan Hasyimiyah Yordania, adalah nama dari sebuah negara Arab yang terletak di sisi timur Sungai Yordan & Laut Mati. Karena negara ini juga bertetangga dengan Israel di sebelah barat, Yordania pun dalam sejarahnya sempat terlibat perang melawan Israel. Namun selain terlibat konflik melawan Israel, Yordania ternyata juga sempat terlibat konflik dengan sesama bangsa Arab. Perang Sipil Yordania adalah contoh dari konflik tersebut.

Tawon Kertas, Serangga Pembangun Apartemen Gantung


Koloni tawon kertas di sarangnya. (Sumber)

Kertas adalah benda berbentuk lembaran yang memiliki peran amat penting bagi manusia. Sebelum teknologi semaju sekarang, manusia menggunakan pesan yang ditulis pada kertas untuk berkomunikasi & menyimpan informasi. Di Jepang, kertas bahkan memiliki fungsi tambahan sebagai bahan pembuat rumah tradisional. Manusia sendiri ternyata bukanlah satu-satunya makhluk yang menguasai teknik pembuatan kertas & menggunakannya untuk membuat rumah. Hewan pun ternyata juga ada yang memiliki kemampuan serupa.

Vanuatu, Negeri Kelapa Hasil Kompromi Inggris & Perancis


Barisan pohon kelapa di Pulau Efate, Vanuatu. (Sumber)

Vanuatu adalah nama dari sebuah negara kepulauan yang terletak di tengah-tengah Samudera Pasifik, tepatnya di sebelah timur Kaledonia Baru & di sebelah barat negara Fiji. Berkat iklimnya yang tropis & kondisi geografisnya yang berupa kepulauan kecil, pohon kelapa pun tumbuh subur di negara ini. Sekarang, kopra (kelapa yang sudah dikeringkan) menjadi salah satu komoditas ekspor utama negara Vanuatu.

Ibex, Kambing Gunung yang Mahir Memanjat Dinding


Seekor ibex Alpen jantan. (Sumber)


Ibex adalah nama dari sejenis kambing liar yang dapat dikenali dengan melihat tanduknya yang amat besar & melengkung seperti sabit. Ada beberapa spesies hewan yang dikategorikan sebagai ibex. Dalam klasifikasi ilmiah, semua spesies ibex tergolong dalam genus Capra. Namun tidak semua anggota genus Capra bisa disebut sebagai ibex karena genus ini juga beranggotakan spesies-spesies kambing liar yang tidak sama dengan ibex, misalnya markhor (sejenis kambing gunung yang tanduknya panjang & berkelok-kelok).

Diberdayakan oleh Blogger.