SEJARAH        FAUNA         HIBURAN          Cari Artikel  →











Axolotl, Salamander Menakjubkan dari Bumi Aztec



(Sumber)

Jika anda gemar membaca komik atau hobi menonton film-film bergenre superhero, maka anda pasti pernah mendengar karakter yang bernama Deadpool. Ya, itu adalah karakter dari seri komik X-Men yang digambarkan memiliki penampilan menyerupai ninja. Di dalam ceritanya, Deadpool diperlihatkan memiliki kemampuan penyembuhan diri yang luar biasa sehingga ia tidak bisa mati kendati terkena kanker ganas ataupun diberondong peluru. Namun tahukah anda kalau di dunia nyata, ternyata ada hewan dengan kemampuan serupa?

Kanguru Merah, Hewan Berkantong yang Gemar Melompat



Seekor kanguru merah & anaknya. (Sumber)

Benua Australia dikenal dengan fauna khasnya yang unik & tidak dapat dijumpai di benua lainnya. Lokasi Australia yang terpisah dari benua lainnya menjadi alasan mengapa benua terkecil di dunia ini bisa memiliki hewan-hewan yang demikian unik. Marsupial adalah contoh dari hewan yang banyak ditemukan di Australia, di mana marsupial pada dasarnya adalah sejenis mamalia berkantong. Dari sekian banyak marsupial yang ada di Australia, kanguru merah adalah salah satu yang paling terkenal.

Perang Hussite, Saat Delman Jadi Senjata Perang



(Sumber)

Bohemia adalah nama dari suatu kerajaan yang pernah berdiri di Eropa Tengah. Nama tersebut sekarang digunakan untuk menyebut wilayah bagian barat Republik Ceko. Di ranah budaya, kata "Bohemian" juga digunakan untuk menyebut semacam gaya hidup yang mengagung-agungkan kebebasan. Kalau dalam sejarah Abad Pertengahan, Bohemia pernah menyandang reputasi sebagai daerah yang amat ditakuti oleh bangsa-bangsa di sekitarnya karena dari daerah itulah, terdapat kelompok Hussite yang terkenal akan kehebatannya di medan perang.

Semut Madu, Serangga Kecil Berperut Besar



(Sumber)

Semut memiliki banyak kemiripan dengan manusia. Sebagai contoh, baik semut maupun manusia sama-sama memiliki pola hidup sosial & membangun komunitasnya sendiri. Kemudian seperti halnya manusia, semut juga memiliki kebiasaan mengumpulkan makanan untuk ditampung di tempat tinggal alias sarangnya. Tujuannya tidak lain supaya ketika makanan sedang sulit didapat, semut-semut penghuni sarang tinggal memanfaatkan persedian makanan tersebut untuk bertahan hidup.

Pertempuran Bach Dang, Saat Kapal Dikalahkan Tombak



(Sumber)

Di Abad Pertengahan, bangsa Mongol menyandang reputasi sebagai bangsa yang amat ditakuti. Pasalnya sejak dipimpin oleh Genghis Khan, bangsa Mongol yang awalnya hidup dalam kelompok-kelompok kecil kemudian bertransformasi menjadi bangsa penakluk yang melaju bak tsunami. Pada puncak kejayaannya, wilayah taklukan Mongol membentang mulai dari Asia hingga Eropa Timur. Meskipun kuat, pasukan Mongol bukanlah pasukan yang tidak bisa dikalahkan. Jauh sebelum militer Amerika Serikat & sekutunya merasakan alotnya bertempur di Vietnam, pasukan Vietnam sempat berjibaku terlebih dahulu melawan pasukan Mongol.

Kupu-Kupu Laut, Hewan Bersayap Penjelajah Lautan



Kupu-kupu laut dari spesies Limacina helicina. (Sumber)

Kupu-kupu laut adalah hewan yang namanya mungkin bakal membuat anda mengerutkan dahi. Pasalnya selama ini kita hanya tahu kalau kupu-kupu adalah serangga terbang yang tidak bisa hidup di air. Faktanya adalah apa yang disebut sebagai kupu-kupu laut aslinya memang bukan serangga, melainkan sejenis siput laut. Hewan yang bersangkutan sendiri diberi nama "kupu-kupu laut" (sea butterfly) karena gerakan hewan tersebut saat berenang nampak seperti kupu-kupu yang sedang mengepakkan sayapnya yang besar.

Diberdayakan oleh Blogger.