Mengenal Perbedaan antara Semut & Rayap



Seekor rayap prajurit yang sedang dikepung oleh 3 ekor semut.

Semut & rayap merupakan 2 jenis serangga yang memiliki banyak kemiripan. Keduanya sama-sama berukuran kecil & hidup beramai-ramai dalam suatu komunitas yang dikenal sebagai "koloni" (colony). Kemudian setiap kali musim kawin tiba, versi bersayap dari masing-masing serangga akan beterbangan dalam jumlah besar untuk melakukan perkawinan.

Karena rayap memiliki pola hidup yang nampak begitu mirip dengan semut, rayap pun kerap dikelirukan sebagai sejenis semut. Sampai-sampai rayap dalam bahasa Inggris juga dikenal dengan sebutan "white ant" (semut putih). Faktanya, biarpun pola hidup keduanya nampak mirip, rayap & semut aslinya adalah 2 jenis serangga yang berbeda. Berikut ini adalah sejumlah perbedaan penting antara kedua serangga sosial tersebut.



NAMA DALAM BAHASA INGGRIS

Semut dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama "ant".

Rayap / anai-anai dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama "termite" atau "white ant" (semut putih). Nama sebutan yang kedua bisa dibilang sebagai hasil salah kaprah karena rayap bukanlah semut & rayap tidak selalu berwarna putih.



ANATOMI

Semut memiliki perut / abdomen yang pendek & pinggang yang ramping.

Rayap memiliki perut yang panjang & tidak memiliki sendi pinggang.


Perbandingan antara pinggang semut & rayap.


TEKSTUR BADAN

Semut memiliki tubuh dengan kulit luar yang keras.

Rayap memiliki tubuh & kulit yang lunak.



DAUR HIDUP


Semut menjalani metamorfosis sempurna dalam siklus hidupnya. Ada 4 tahapan metamorfosis yang dilalui oleh semut : telur, larva, kepompong / pupa, & semut dewasa.

Rayap menjalani metamorfosis tidak sempurna dalam siklus hidupnya. Hanya ada 3 tahapan metamorfosis yang dilalui oleh rayap : telur, nimfa, & rayap dewasa.


Siklus hidup semut.

Siklus hidup rayap.


MAKANAN

Semut adalah hewan omnivora / pemakan segala. Makanan mereka terdiri dari serangga, bangkai hewan besar, cairan manis, biji-bijian, & lain sebagainya.

Rayap normalnya adalah hewan herbivora / pemakan tumbuhan. Makanan utama mereka terdiri dari aneka material berbahan tumbuhan seperti kayu, kertas, & jamur kecil. Namun kadang-kadang, rayap juga memakan bangkai rayap lain & kulit luar hasil pergantian kulit nimfa rayap.


Makanan semut mencakup hewan & tumbuhan.

Kayu adalah salah satu makanan favorit rayap. (orkin.com)


KASTA PEKERJA & PRAJURIT

Semua semut pekerja & prajurit memiliki jenis kelamin betina. Mereka tidak bisa berkembang biak karena mereka merupakan betina mandul.

Rayap pekerja & prajurit memiliki jenis kelamin betina & jantan. Mereka juga tidak bisa berkembang biak karena mereka mandul.



KASTA REPRODUKSI

Koloni semut tidak memiliki kasta raja. Pasalnya sesudah melakukan perkawinan, semut bersayap jantan akan mati. Sementara semut bersayap betina akan menanggalkan sayapnya & berubah menjadi semut ratu yang tugasnya menghasilkan telur.

Koloni rayap memiliki kasta raja. Saat laron jantan & betina sudah melakukan perkawinan, keduanya akan menanggalkan sayapnya & mendirikan koloni baru bersama-sama. Laron jantan akan menjadi rayap raja yang tugasnya menyediakan sperma, sementara laron betina akan menjadi rayap ratu yang tugasnya bertelur.


Semut jantan & betina yang sedang melakukan perkawinan. (mcgill.ca)

Laron betina & jantan yang sayapnya sudah terlepas. (Thomas Couvenc / livescience.com)


SARANG

Semut memiliki sarang yang amat bervariasi. Ada semut yang membangun sarangnya di bawah tanah, di dalam batang kayu, di balik celah batu, & lain sebagainya. Jenis semut tentara (genus Eciton) bahkan membangun sarang sementara dengan cara saling merangkaikan kakinya.

Rayap selalu membangun sarangnya di dalam tanah atau di dalam kayu.


Semut rangrang, contoh semut yang tidak membangun sarangnya di dalam tanah. (lucidcentral.org)

Lubang sarang sayap di atas tanah. (terminix.com)


TAKSONOMI

Semut dalam tangga klasifikasi ilmiah termasuk dalam famili Formicidae, ordo Hymenoptera. Ordo tersebut juga beranggotakan lebah & tawon.

Rayap dalam tangga klasifikasi ilmiah termasuk dalam infraordo Isoptera, ordo Blattodea. Ordo tersebut juga beranggotakan kecoa.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI RAYAP & SEMUT

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta



REFERENSI

 - . 2008. "Ant". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Bug Busters USA. 2020. "Do Termites Ever Resort To Cannibalism".
(bugbustersusa.com/2020/02/10/termites-ever-resort-cannibalism/)

Diamond, S.. 2005. "Eciton burchellii".
(animaldiversity.org/accounts/Eciton_burchellii/)

Junker, L.. 2019. "In a Cannibalistic Society, It’s Not About Survival—It’s All About Recycling".
(entomologytoday.org/2019/10/31/in-a-cannibalistic-society-its-not-about-survival-its-all-about-recycling/)

Krishna, K.. 2008. "Termite". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Lindauer, M.. 2008. "Hymenopteran". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Wikipedia. "Blattodea".
(en.wikipedia.org/wiki/Blattodea)

 





ARTIKEL TERKAIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.