Tawon Lumpur Biru, Musuh Utama Laba-Laba Black Widow



Tawon lumpur biru yang sedang bertengger di atas tanaman. (turdusmerula7283 / pinterest.com)

Black widow (janda hitam) adalah nama dari sejenis laba-laba yang amat ditakuti oleh manusia. Pasalnya jika manusia sampai tergigit oleh laba-laba ini, maka orang tersebut bisa meninggal dunia. Kendati memiliki racun yang begitu mematikan, black widow ternyata bukanlah hewan yang tidak memiliki musuh. Tawon lumpur biru adalah 1 dari sedikit hewan yang bisa mengalahkan black widow.

Tawon lumpur biru (blue mud wasp; Chalybion californicum) adalah nama dari spesies tawon yang memperoleh nama demikian berkat penampakan fisik & perilakunya yang khas. Tawon ini memang memiliki tubuh berwarna biru gelap & menghuni sarang yang terbuat dari lumpur.

Selain warnanya, tawon lumpur biru dapat dikenali dengan melihat tubuhnya yang ramping. Bagian antara dada & abdomen tawon ini dihubungkan oleh petiole (pinggang) yang berbentuk panjang & kecil.

Saat sedang tidak terbang, sayap tawon ini nampak terlipat dalam posisi lurus di atas tubuhnya.Tawon lumpur biru tergolong sebagai tawon yang berukuran relatif kecil karena panjang tubuhnya hanya berkisar antara 0,9 hingga 2,3 cm.

Tawon biru dilihat dari atas. (Barry Cottam / pbase.com)

Tawon lumpur biru hanya dapat ditemukan di Amerika Utara, tepatnya mulai dari Kanada selatan hingga Amerika Serikat & Meksiko bagian utara. Mereka dapat ditemukan di segala macam habitat selama di habitat tersebut terdapat sumber air, bunga, sarang laba-laba, & tempat untuk menempelkan sarang lumpurnya.

Tawon lumpur biru adalah hewan soliter yang berarti tawon ini memiliki pola hidup menyendiri & tidak pernah membangun koloni. Makanan utama tawon dewasa adalah nektar bunga, namun larva tawon ini memakan daging laba-laba yang mengandung protein tinggi. Itulah sebabnya tawon ini memiliki kebiasaan untuk berburu laba-laba, khususnya jenis black widow (genus Latrodectus).



SERANGGA TERBANG PENAKLUK JANDA HITAM

Tawon lumpur biru bisa mengalahkan laba-laba yang notabene beracun karena tawon ini memiliki penglihatan yang cukup tajam & bisa mengubah arah terbangnya secara lincah. Saat ingin membunuh laba-laba, mula-mula tawon ini akan terbang di dekat laba-laba, lalu mencoleknya sambil mundur.

Karena laba-laba yang tinggal di jaring memiliki indra penglihatan yang amat buruk, laba-laba merasa kebingungan saat harus membela diri karena ia tidak bisa menduga dari arah manakah ia bakal kembali diserang. Saat laba-laba sedang berada dalam posisi lengah, tawon lumpur biru akan langsung menyengat laba-laba tersebut atau menjatuhkannya dari jaring.

Tawon lumpur biru yang baru saja melumpuhkan laba-laba black widow. (Stanley Orchard  / youtube.com)

Tawon lumpur biru juga bisa memancing laba-laba meninggalkan jaringnya dengan cara membuat getaran pada bagian jaring yang tidak lengket. Karena laba-laba mengira kalau getaran tersebut ditimbulkan oleh mangsanya, laba-laba pun langsung bergegas pergi ke arah sumber getara. Setibanya di sana, tawon lumpur biru akan langsung menyengat laba-laba tadi.

Begitu terkena sengatan tawon, laba-laba tersebut akan langsung lumpuh & tidak bisa lagi menggerakkan anggota badannya. Kalau sudah begitu, tawon lumpur biru hanya perlu membawa laba-laba korbannya ke sarang lumpurnya dengan cara menyeretnya.



HOBI MENDAUR ULANG SARANG

Bicara soal sarang, tawon lumpur biru ternyata hampir tidak pernah membangun sarangnya sendiri dari awal. Tawon ini lebih suka menggunakan sarang lumpur yang sudah dibuat lebih dulu oleh tawon spesies lain.

Saat menemukan sarang lumpur yang sudah tidak lagi digunakan, tawon lumpur biru akan melelehkan dinding sarang dengan air & merombaknya supaya sarang tersebut memiliki bilik-bilik tambahan. Sesudah itu, tawon lumpur biru akan memasukkan laba-laba ke dalam bilik & menaruh telurnya di dalam bilik tadi.

Sarang tawon lumpur beserta laba-laba yang sudah dilumpuhkan. (mdc.mo.gov)

Tawon lumpur biru sesudah itu akan menyumbat pintu sarang dengan lumpur supaya sarangnya tidak bisa dimasuki oleh semut atau serangga lain. Saat telurnya menetas, larva akan memakan laba-laba yang sudah disediakan oleh induknya. Saat larva sudah tumbuh cukup besar, larva kemudian akan berubah menjadi kepompong & tawon dewasa.

Tawon lumpur biru merupakan hewan yang bermanfaat bagi manusia. Pasalnya tawon ini memiliki kebiasaan untuk membunuh laba-laba yang racunnya berbahaya bagi manusia. Tawon lumpur biru memang bisa menyengat manusia jika merasa terganggu. Namun tawon ini sendiri aslinya bukanlah hewan yang agresif & lebih memilih untuk terbang melarikan diri jika diganggu oleh manusia.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Hymenoptera
Famili : Sphecidae
Genus : Chalybion
Spesies : Chalybion californicum



REFERENSI

Eulberg, A.. 2003. "Chalybion californicum".
(animaldiversity.org/accounts/Chalybion_californicum/)

Gemini. 2019. "The Wasp That Kills Black Widows".
(www.griffinpest.com/blog/wasps-kill-black-widows/)

Z. Statman-Weil & V. Wojcik. "The Blue Mud Wasp (Chalybion californium)".
(www.fs.fed.us/wildflowers/pollinators/pollinator-of-the-month/blue-mud-wasp.shtml)
 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.