Makna & Sejarah Logo Klub Aston Villa



Logo Aston Villa. (news.sportslogos.net)

Birmingham adalah nama dari salah satu kota terbesar di Inggris. Bagi mereka yang tinggal di luar Inggris, kota ini memang masih kalah terkenal jika dibandingkan dengan kota-kota lain seperti London & Manchester. Padahal kenyataannya, Birmingham merupakan salah satu kota terpenting dalam sejarah modern Inggris. Pasalnya di kota ini, pernah berdiri aneka macam kompleks industri. Mulai dari pabrik senjata, pengolahan baja, barang pecah belah, minuman keras, & lain sebagainya.

Banyaknya kompleks industri di Birmingham tidak lepas dari fakta bahwa kawasan di sekitar kota ini dipenuhi oleh persediaan batu bara di bawahnya. Pada masa Revolusi Industri, batu bara tersebut menjadi bahan bakar utama untuk menggerakkan mesin-mesin pabrik & transportasi.

Peta lokasi Birmingham, kota asal klub Astin Villa. (cnn.com)

Selain terkenal berkat sektor industrinya, Birmingham juga terkenal karena kota ini menjadi lokasi dari sejumlah klub sepak bola populer Inggris. Dari sekian banyak klub yang bermarkas di Birmingham, Aston Villa adalah salah satu yang paling terkenal.

Di masa kini, Aston Villa lebih dikenal sebagai klub penghuni papan tengah & papan bawah Liga Premier Inggris. Padahal di masa lampau, klub berjuluk "The Villans" ini pernah begitu disegani. Pasalnya Aston Villa merupakan 1 dari sedikit klub asal Inggris yang pernah menjuarai Liga Champions Eropa. Tepatnya pada tahun 1982.

Aston Villa menjuarai Liga Champions Eropa usai mengalahkan klub asal Jerman, Bayern Muenchen, dengan skor tipis 1-0 di babak final. Gol kemenangan Villa pada pertandingan tersebut dicetak oleh Peter Withe.

Saat Withe akhirnya pensiun sebagai pemain, Withe melanjutkan karirnya sebagai pelatih di kawasan Asia Tenggara. Pada tahun 2004 contohnya, Withe pernah membawa timnas Indonesia melaju hingga babak final Piala AFF. Ironisnya, hanya berselang 2 tahun sebelumnya, Withe justru berhasil membawa timnas Thailand menjuarai Piala AFF usai mengalahkan Indonesia di babak final.

Peter Withe, mantan pemain Aston Villa yang pernah melatih timnas Indonesia. (alchetron.com)

Sebagai klub sepak bola, sudah barang tentu Aston Villa memiliki logonya sendiri. Uniknya, meskipun Aston Villa merupakan salah satu klub sepak bola tertua di Inggris & bahkan dunia, logo klub ini justru merupakan logo termuda di Liga Inggris saat artikel ini dibuat.

Aston Villa sudah berdiri sejak tahun 1874, namun logo yang sekarang digunakan oleh klub ini baru ada sejak tahun pertengahan tahun 2023. Lantas, apa alasan Aston Villa mengadopsi logo baru? Lalu apa makna dari logo Aston Villa yang baru & perbedaannya dengan logo-logo terdahulu? Jawabannya dapat pengunjung temukan di segmen berikutnya artikel ini.



MAKNA LOGO

Logo Aston Villa menampilkan gambar lingkaran berwarna biru muda dengan pinggiran tebal yang berwarna merah anggur (caret). Di tengah-tengah bidang lingkaran berwarna biru muda tadi, terdapat gambar singa yang juga berwarna merah anggur (claret).

Singa tersebut nampak menghadap ke arah kanan dengan kaki depan yang terangkat & seolah-olah sedang berdiri. Kemudian di sebelah kanan kepala singa, terdapat gambar bintang kecil yang berwarna merah anggur.

Bintang tersebut menyimbolkan gelar Piala Liga Champions yang pernah dimenangkan oleh Aston Villa pada tahun 1982. Simbol singa digunakan karena terinspirasi dari gambar singa berdiri yang terdapat dalam lambang Skotlandia, negara bagian Inggris Raya yang terletak di Pulau Britania bagian utara.

Gambar singa pada logo Aston Villa terinspirasi dari gambar singa dalam lambang Skotlandia.

Kota Birmingham selaku kota asal klub Aston Villa sendiri terletak di negara bagian Inggris (England). Lantas, kenapa klub ini menggunakan gambar singa Skotlandia dalam logo klubnya?

Sudah disinggung di bagian awal artikel ini kalau kota Birmingham merupakan kota industri yang ramai. Banyaknya pabrik & kompleks industri yang berdiri di Birmingham lantas berdampak pada datangnya orang-orang dari luar Birmingham - salah satunya dari Skotlandia - untuk menetap & mencari nafkah di kota tersebut.

Satu dari sekian banyak orang tersebut adalah Willam McGregor, tokoh kelahiran Perthshire (Skotlandia) yang kemudian menjadi pebisnis tekstil di Birmingham. Sejak tahun 1880-an, McGregor menjadi presiden klub Aston Villa. Di bawah kepemimpinan McGregor pulalah, untuk pertama kalinya gambar singa Skotlandia digunakan sebagai logo klub Aston Villa.

Warna biru muda & merah anggur digunakan karena kedua warna tersebut merupakan warna utama klub Aston Villa. Dalam pertandingan-pertandingan kandangnya, para pemain Aston Villa biasanya mengenakan seragam berwarna merah anggur yang bagian lengannya berwarna biru muda.

Seragam utama Aston Villa menggunakan warna merah anggur & biru muda. (independent.co.uk)

Walaupun Aston Villa sudah berdiri sejak tahun 1874, baru pada tahun 1880-an Aston Villa menggunakan warna merah anggur & biru muda sebagai warna utama seragamnya. Faktor pengaruh budaya Skotlandia sekali lagi menjadi penyebab kenapa sejak periode tersebut, Aston Villa mengadopsi warna merah anggur & biru muda.

Menurut Tony Matthews selaku penulis buku "Aston Villa Football Club", warna merah anggur & biru muda digunakan karena terinspirasi dari warna yang digunakan oleh klub-klub Skotlandia. Jika warna merah terinspirasi dari warna seragam utama klub Hearts of Midlothian, maka warna biru muda terinspirasi dari warna seragam utama klub Glasgow Rangers.

Di bagian atas & bawah logo Aston Villa, terdapat tulisan "Aston Villa" serta "1874" yang berwarna kuning. Tulisan atas menunjukkan nama Aston Villa selaku klub pemilik logo ini. Sementara tulisan bawah menunjukkan tahun 1874 selaku tahun berdirinya klub ini.

Sejumlah orang menuding kalau logo Aston Villa yang sekarang menyontek logo yang digunakan oleh klub Chelsea. Faktanya, walaupun logo keduanya secara sepintas memang terlihat mirip, logo baru Aston Villa aslinya memiliki dasar historis yang jauh lebih lama. Logo Aston Villa versi tahun 2023 aslinya terinspirasi dari logo Aston Villa versi tahun 1970-an, namun dengan sedikit perubahan supaya logonya terlihat lebih modern.


Logo baru & logo lama Aston Villa beserta perbandingannya dengan logo Chelsea.


SEJARAH LOGO

Aston Villa pertama kali berdiri pada tahun 1874. Saat baru berdiri, Aston Villa pada awalnya masih belum memiliki logonya sendiri. Namun situasi tersebut berubah sejak William McGregor menjadi bagian dari kepengurusan Aston Villa.

Pada tahun 1880, Aston Villa akhirnya memiliki logonya sendiri. Logo Aston Villa menampilkan gambar singa berdiri (rampant lion) yang berwarna merah & menghadap ke arah kanan. Gambar singa digunakan karena terinspirasi dari gambar singa dalam lambang resmi Skotlandia, daerah asal McGregor.

Logo Aston Villa di tahun 1880.

Tahun 1886, Aston Villa menggunakan logo baru. Logo ini menampilkan gambar gambar tameng yang terbagi ke dalam 4 bidang berbeda.

Bidang kiri atas & kanan bawah menampilkan latar berwarna biru dengan barisan simbol wajik yang melintang dari pojok kiri atas hingga ke kanan bawah. Sementara bidang kanan atas & kiri bawah menampilkan bidang berwarna merah & kuning yang dipisahkan oleh garis zig-zag yang posisinya tegak. Di bawah gambar tameng, terdapat simbol pita putih beserta tulisan "Forward" (Menuju Ke Depan).

Logo Aston Villa di tahun 1886 beserta perbandingannya dengan lambang & bendera Skotlandia.

Tidak ada penjelasan resmi mengenai makna dari logo ini. Namun warna merah & kuning mungkin digunakan karena kedua warna tersebut dapat dijumpai pada lambang resmi Skotlandia yang menampilkan gambar tameng kuning beserta singa merah. Sementara warna biru & putih merupakan warna-warna yang dapat dijumpai pada bendera Skotlandia.

Tahun 1956, gambar singa akhirnya dapat dijumpai lagi pada logo klub Aston Villa. Logo Aston Villa yang satu ini menampilkan gambar tameng & pita berwarna biru dengan garis tepi luar yang berwarna merah.

Logo Aston Villa di tahun 1956.

Di bagian tengah tameng, terdapat gambar singa merah yang menghadap ke kiri. Sementara di bagian terdapat tulisan "Prepared" (Bersiap).

Tulisan "Prepared" sekarang menjadi slogan resmi klub Aston Villa. Kalau menurut penjelasan resmi dari pihak klub seperti yang diberitakan oleh situs media The Week, tulisan "Prepared" dimaksudkan untuk menyimbolkan kesiapan & kemauan Aston Villa untuk menghadapi aneka macam tantangan di dalam & di luar lapangan.

Tahun 1970, Aston Villa meluncurkan logo baru. Bagi yang sudah mengikuti kiprah Aston Villa sejak tahun 1990-an (tahun di mana Liga Premier Inggris untuk pertama kalinya digulirkan), maka logo ini harusnya tidaklah asing. Pasalnya logo ini amat mirip dengan logo yang digunakan oleh Aston Villa pada periode tersebut.

Logo Aston Villa versi tahun 1970 & tahun 1990-an.

Logo Aston Villa yang pertama kali digunakan pada tahun 1970 menampilkan gambar tameng yang bagian dalamnya dilengkapi dengan garis-garis tegak berwarna merah & biru, warna utama seragam klub Aston Villa. Kemudian di depan garis-garis tersebut, terdapat gambar singa berdiri yang berwarna kuning & menghadap ke arah kiri.

Bagian atas tameng menampilkan bidang persegi panjang berwarna merah & tulisan "Aston Villa F.C." yang berwarna kuning. Sementara di bawah tameng, terdapat gambar pita biru beserta tulisan "Prepared" yang berwarna kuning.

Tahun 1973, Aston Villa meluncurkan logo baru yang berbentuk lingkaran. Bagian tengah logo menampilkan bidang lingkaran biru beserta singa berdiri yang berwarna merah. Lingkaran biru tersebut dikelilingi oleh bidang cincin berwarna merah anggur yang dilengkapi dengan tulisan "Aston Villa F.C." yang berwarna kuning.

Memasuki tahun 1990-an, Aston Villa menggunakan logo baru yang desainnya amat mirip dengan logo versi tahun 1970, namun dengan gambar singa yang lebih detail & tulisan nama klub yang tidak lagi dilengkapi dengan embe-embel "F.C.". Kemudian di bawah gambar singa tersebut, terdapat tulisan "Prepared" yang berwarna kuning.

Tahun 2006, Aston Villa resmi dibeli oleh pengusaha asal Amerika Serikat yang bernama Randy Lerner. Untuk menyambut era Aston Villa di bawah kepemilikan baru, Aston Villa kembali mengganti logonya pada tahun 2007.

Logo Aston Villa sejak tahun 2007 menampilkan gambar tameng berwarna biru muda & garis tepi berwarna merah anggur. Di bagian tengah tameng, terdapat gambar singa kuning yang sedang berdiri & simbol bintang putih di sebelah kiri kepala singa. Simbol bintang tersebut menyimbolkan jumlah trofi Liga Champions yang berhasil dimenangkan oleh Villa.

Bagian atas & bawah tameng secara berturut-turut menampilkan tulisan "AVFC" & "Prepared" yang ditulis menggunakan warna merah anggur. Tulisan "AVFC" merupakan singkatan dari nama lengkap klub pemilik logo ini : Aston Villa Football Club.

Logo Aston Villa di masa kepemilikan Randy Lerner & sesudahnya.

Tahun 2016 yang juga merupakan tahun terakhir Aston Villa di bawah kepemilikan Randy Lerner, Aston Villa menghilangkan tulisan "Prepared" pada bagian bawah logo klubnya. Sesudah itu, Aston Villa sempat bergonta-ganti pemilik sebelum akhirnya berada di bawah kepemilikan serikat konglomerat NSWE Group hingga sekarang.

Tahun 2022, Aston Villa menggelar pemungutan suara / voting untuk memilih logo baru klub. Dalam jajak pendapat ini, para anggota resmi & pemegang tiket musiman Aston Villa diberikan 2 pilihan logo : logo berbentuk tameng & logo berbentuk lingkaran. Logo yang menang nantinya bakal menjadi logo baru klub Aston Villa untuk musim 2023/24.

Dua pilihan logo baru yang diusulkan pada tahun 2022. Berdasarkan hasil pemungutan suara, logo yang kanan terpilih sebagai logo Aston Villa yang baru. (footyheadlines.com)

Berdasarkan hasil voting, sebanyak 77 persen peserta memilih logo lingkaran sebagai logo baru Aston Villa. Dengan keluarnya hasil voting tersebut, Aston Villa pun sejak musim 2023/24 menggunakan logo yang berbentuk lingkaran sebagai logo barunya.

Meskipun logo baru ini awalnya direncanakan bakal terus digunakan sebagai logo resmi hingga tahun-tahun berikutnya, beredar wacana kalau Aston Villa bakal mengganti logonya lagi untuk musim 2024/25. Kebetulan musim tersebut bertepatan dengan ulang tahun ke-150 Aston Villa. Untuk menyambut momen tersebut, pihak klub pun kini mempertimbangkan untuk kembali mengadopsi logo baru yang desainnya masih belum diketahui.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

1000 Logos. "Aston Villa Logo".
(1000logos.net/aston-villa-logo/)

Cook, G.. 2023. "Aston Villa to Ditch New Crest After 1 Season, Come Up with New Design for 150th Anniversary".
(news.sportslogos.net/2023/09/27/aston-villa-to-ditch-new-crest-after-1-season-come-up-with-new-design-for-150th-anniversary/soccer/)

Dave. "Aston Villa".
(www.historicalkits.co.uk/Aston_Villa/Aston_Villa.htm)

Evans, G.. 2018. "Why do Aston Villa wear claret and blue? The origins of the famous kit".
(www.birminghammail.co.uk/sport/football/football-news/aston-villa-kits-claret-strip-14463052)

Pat. 2022. "Aston Villa Launch Crest Vote With 2 Options".
(www.footyheadlines.com/2022/11/aston-villa-launch-crest-vote-with-2-options.html)

RH Nuttall. 2022. "Birmingham’s Manufacturing History".
(www.rhnuttall.co.uk/blog/birminghams-manufacturing-history/)

The Week. 2016. "Aston Villa drop 'prepared' from crest amid rebranding row".
(theweek.com/71293/aston-villa-drop-prepared-from-crest-amid-rebranding-row)

White, J.. 2019. "Aston Villa’s Tony Xia era over as Chinese billionaire fails to pay US$36 million debt to former owner Randy Lerner".
(www.scmp.com/sport/football/article/3022329/aston-villas-tony-xia-era-over-chinese-billionaire-fails-pay-us36)

Wikipedia. "Peter Withe".
(en.wikipedia.org/wiki/Peter_Withe)

Wikipedia. "William McGregor (football)".
(en.wikipedia.org/wiki/William_McGregor_(football))







COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.