FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Tupai Antelop Harris, Tupai dari Gurun Amerika




(Sumber)

Tupai antelop Harris (Harris' antelope squirrel; Ammospermophilus harrisii) adalah nama salah satu spesies tupai dari Amerika Utara. Nama "harris" pada tupai ini merupakan penghormatan untuk naturalis Edward Harris yang namanya juga diabadikan untuk 2 spesies burung Amerika Utara : elang Harris & pipit Harris. Tupai ini sendiri memiliki banyak nama, mulai dari spermatofil Harris (bukan sperma, spermatofil adalah nama latin dari "penyuka biji-bijian"), tupai marmut, tupai antelop berekor abu-abu, hingga tupai antelop Yuma.

Tupai antelop Harris (atau tupai antelopnya Harris kalau mengikuti tatanan nama baratnya) banyak banyak ditemukan di wilayah kering Amerika Utara (AS selatan & Meksiko utara). Hal yang unik mengingat tupai-tupai dari jenis lain hanya bisa hidup di wilayah yang banyak pohonnya. Kunci utama bagaimana mereka bisa bertahan di wilayah kering & panas adalah panas tubuhnya yang jauh melebihi suhu lingkungannya. Suhu tubuhnya bisa mencapai 38 derajat C & untuk menurunkan suhu tubuhnya, ia melakukan salivasi (atau bisa dikatakan banyak ngiler). Dengan cara itu, ia bisa beraktivitas di siang yang panas sekalipun tanpa takut kehilangan panas berlebihan melalui keringat atau sistem eksresi lainnya.

Tupai antelop Harris yang sedang
menatap ke arah kamera. (Sumber)
Adaptasi tupai antelop Harris tidak hanya sebatas itu. Ketika menjelang musim dingin, komposisi bulunya berganti menjadi lebih tebal sehingga membantunya menghadapi musim dingin. Mengenai musim dingin, tupai antelop Harris tidak pernah berhibernasi, namun hanya lebih banyak berada di dalam sarang memakai persediaan makanan dalam sarang untuk bertahan. Ketika musim dingin sudah berakhir, tupai antelop Harris kembali aktif & bulu-bulunya yang semula tebal kembali menjadi lebih tipis & kasar melalui penanggalan bulu secara perlahan-lahan.

Seperti sudah dikatakan tadi, tupai antelop Harris adalah tupai tanah karena ia hidup dengan cara membuat liang tinggal di bawah tanah. Lubangnya biasanya dibuat di tempat yang terlindung misalnya di dekat semak-semak padang pasir. yang menarik, tupai antelop Harris selalu membuat banyak liang di mana salah satu liang berfungsi sebagai sarang & penyimpanan makanan seperti biji-bijian & serangga, sementara liang lain berfungsi sebagai lubang pelarian yang juga bisa dipakai untuk mengecoh musuhnya. Sebagai tindakan preventif, tupai antelop biasa berteriak & mengetuk-ngetukkan kakinya di pintu sarang sebelum masuk.



REPRODUKSI & ANCAMAN

Tupai antelop Harris adalah hewan soliter yang biasa hidup sendirian, namun saat musim kawin yang berlangsung pada periode Januari hingga Juni (di mana puncaknya adalah pada bulan Februari & Maret), mereka bisa ditemukan dalam jumlah besar. Sesudah kawin, betina akan memasuki periode kehamilan yang berlangsung selama 30 hari, lalu melahirkan di liangnya sendiri.

Anakan tupai antelop Harris yang baru lahir belum berambut & belum bisa melihat atau mendengar, namun seiring waktu akan mulai menumbuhkan rambut serta panca inderanya. Anakan itu akhirnya akan mecapai kematangan seksual pada usia sekitar 11 bulan. Seekor tupai antelop Harris bisa tumbuh hingga sepanjang 16 cm (belum termasuk ekor) & seberat 126 gram.

Seekor bayi tupai antelop Harris. (Sumber)
Predator utama tupai antelop Harris umumnya adalah pemakan mamalia kecil mulai dari pemangsa soliter seperti ular gurun hingga pemangsa berkelompok seperti elang Harris. Caranya melindungi diri sudah disinggung tadi, yaitu memakai liang-liang persembunyian di mana tupai Harris juga membuat banyak liang yang mengarah ke permukaan tanah lain sebagai tempat melarikan diri dengan cepat.

Ancaman terbesar bagi tupai Harris belakangan ini adalah aktivitas manusia yang merusak habitatnya untuk keperluan pertanian & pembangunan. Di sisi lain, manusia di beberapa wilayah juga sengaja memburu tupai antelop Harris karena liang yang dibuatnya seringkali membuat kebocoran pada saluran irigasi ladang. Sebagai akibatnya, di California tupai ini sudah dimasukkan dalam kategori terancam punah & dilarang untuk diburu.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mammalia
Ordo : Rodentia
Famili : Sciuridae
Genus : Ammospermophilus
Spesies : Ammospermophilus harrisii (Audubon & Bachman, 1854)



REFERENSI

Animal Diversity Web - Ammospermophilus harrisii : Information
The IUCN Red List of Threatened Species - Ammospermophilus harrisii


         

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

2 komentar:

  1. Kok blom ada yang komen postingan ini??

    Ntel... kurang shoutboxnya blog lo. Ga bisa ngejunk neh......

    BalasHapus
  2. @harris
    Hehehe, yg penting dipajang dulu disini biar banyak yg baca. Soal ada yg komen atau tidak, itu urusan belakangan

    Dah aku duga, tujuanmu minta SB biar bisa ngejunk :P

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.