FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Belut Listrik, Ikan Penyetrum dari Perairan Amerika




(Sumber)

Salah satu spesies ikan air tawar paling unik yang pernah dikenal oleh manusia adalah belut listrik. Sesuai namanya, belut / sidat listrik (electric eel; Electrophorus electricus) memiliki kemampuan menghasilkan listrik. Namun tidak sesuai namanya, belut listrik sebenarnya bukanlah belut walaupun bentuknya serupa. Dalam tangga klasifikasi ilmiah, belus listrik dikategorikan sebagai sejenis ikan belati (knifefish), ordo Gymnotiformes. Sebagai pembanding, belut termasuk dalam ordo Synbranchiformes, sementara sidat termasuk dalam ordo Anguilliformes.

Sepintas, belut listrik memang memiliki penampilan yang serupa dengan belut / sidat. Tubuhnya berbentuk panjang dengan kulit tanpa sisik yang berwarna cokelat di bagian atas & kuning di bagian bawah. Di belakang kepalanya terdapat sepasang sirip dada yang kecil, sementara di bagian bawah tubuhnya terdapat sirip yang memanjang hingga ujung ekor. Belut listrik berenang dengan cara menggetarkan sirip bawah tubuhnya seperti gelombang. Panjang maksimal belut listrik adalah 2,5 m, sementara berat maksimalnya adalah 20 kg.

Kepala belut listrik. (Sumber)
Belut listrik hanya ditemukan di perairan tawar serta rawa Amerika Tengah & Selatan. Habitat favoritnya adalah perairan berarus tenang yang dipenuhi lumpur. Sebagai akibat dari kondisi perairannya yang miskin oksigen, belut listrik harus muncul ke permukaan air secara periodik untuk menghisap oksigen. Sekitar 80% oksigen yang dikonsumsi oleh belut listrik didapat dengan cara ini. Di sisi lain, kondisi perairan belut listrik yang berair keruh membantunya berkamuflase dari musuh ataupun mangsanya.

Hal paling menarik dari belut listrik tentunya adalah kemampuannya menghasilkan listrik. Belut listrik bisa menghasilkan listrik karena memiliki organ listrik di sepanjang sisi tubuhnya. Listrik yang dihasilkan oleh belut listrik bisa mencapai tegangan 650 volt. Namun karena belut listrik hanya bisa menghasilan listrik bertegangan tinggi dalam rentang waktu sangat singkat, listrik yang dihasilkan belut dianggap tidak cukup kuat untuk membunuh manusia walaupun tetap bisa mengakibatkan cedera serius bagi korbannya.



TUKANG SETRUM YANG KEBAPAKAN

Organ listrik belut terdiri dari sel-sel khusus bernama elektrosit (electrocyte) yang tersusun rapat, bertumpuk-tumpuk, & bermuatan ion-ion listrik. Ketika menerima perintah dari otak, terjadi perubahan posisi ion dalam organ listrik sehingga terciptalah aliran listrik. Bagian kepala belut listrik berfungsi sebagai kutub positif, sementara bagian ujung ekornya bertindak sebagai kutub negatif. Ketika belut listrik ingin memeriksa lingkungan sekitarnya dengan memakai gelombang listrik, belut listrik akan menghasilkan listrik bertegangan rendah sambil berenang mundur.

Ilustrasi belut listrik yang menghasilkan
gelombang listrik untuk mendeteksi
benda-benda di sekitarnya. (Sumber)
Tujuan belut listrik menghasilkan listrik adalah untuk menangkap mangsa yang mencakup ikan-ikan kecil. Caranya, belut listrik akan mendekati mangsanya secara perlahan. Lalu ketika mangsa dari belut listrik berada di dekatnya, sang belut secara tiba-tiba akan mengaktifkan organ listriknya. Mangsa yang terkena sengatan listrik akan pingsan seketika sehingga belut bisa memakan mangsanya tanpa perlu bersusah payah lagi. Selain untuk berburu, belut listrik juga memanfaatkan listriknya untuk mempertahankan diri, mendeteksi benda-benda di sekitarnya, & berkomunikasi dengan belut listrik lain.

Musim kawin belut listrik terjadi pada musim kemarau waktu setempat. Pejantan akan membuat sarang dengan memakai air liurnya, lalu betina yang berukuran jauh lebih besar daripada pejantan akan menaruh telur-telurnya ke dalam sarang tersebut sebelum kemudian dibuahi oleh pejantan. Jumlah telur yang bisa dilepaskan belut betina sekali bertelur adalah 17.000 butir. Pejantan selanjutnya bertugas menjaga sarang hingga telur-telur tersebut menetas menjadi larva belut.

Larva belut sudah bisa menghasilkan listrik ketika baru berukuran 1,5 cm. Namun baru pada ukuran 4 cm, anak belut bisa menghasilkan listrik bertegangan tinggi. Anak belut awalnya hidup dengan memakan hewan-hewan kecil yang tidak bertulang belakang (invertebrata). Ketika ukurannya sudah cukup besar, barulah sang belut hidup dengan memakan ikan-ikan kecil dengan memanfaatkan kekuatan listriknya. Tidak diketahui usia maksimal belut listrik di alam liar. Kalau dalam tangkapan, seekor belut listrik diketahui bisa hidup hingga usia 22 tahun.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Gymnotiformes
Famili : Gymnotidae
Genus : Electrophorus
Spesies : Electrophorus electricus



REFERENSI

A-Z Animals - Electric Eel
Animal Diversity Web - Electrophorus electricus : Information
FishBase - Electrophorus electricus (Linnaeus, 1766)
Introduced Species Summary Project - Asian Swamp Eel (Monopterus Albus)
Masashi Kawasaki - What is an electric fish?
- . 2008. "Eel". Encyclopaedia Britannica, Chicago.


     

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

6 komentar:

  1. biasanya kalo belut listrik bisa di jual belikan ga sih gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tapi jarang. Soalnya belut listrik sulit ditangkap & ukurannya besar.

      Hapus
  2. angker ni belut listrik...aku pernah nonton di youtube perlawan antara si belut dan buaya..ternyata buayanya langsung klepek - klepek..ha ha

    BalasHapus
  3. Ansori MUARA CELL

    Menarik sekali gan artikelnya.. saya belum tau lama kalau ada belut listrik, kalau bisa dibudi dayakan semoga ada yg bisa memanfaatkan setrumnya untuk tujuan kebutuhan rumah tangga..

    BalasHapus
  4. apakah bisa di kosumsi tidak yah?sepertinya sangat jarang sekali ada yg memasak belut listrik

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.