FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Asal-Usul Nama-Nama Negara di Afrika




Cuplikan peta dunia yang menampilkan Benua Afrika. (Sumber)

Afrika. Itulah nama dari benua terbesar ke-2 di dunia sesudah Asia. Benua yang memiliki bentuk menyerupai kepala gajah tersebut dikelilingi oleh lautan di mana satu-satunya jalur darat yang menghubungkan Afrika dengan benua lainnya adalah daratan Sinai yang sekarang merupakan bagian dari wilayah negara Mesir. Sebagai akibat dari kondisi pedalamannya yang masih asing & misterius, Afrika lantas menyandang julukan sebagai "Benua Hitam".

Nama "Afrika" pada benua ini awalnya digunakan oleh orang-orang Eropa untuk menjuluki daerah Kartago (Tunisia). Namun belakangan, nama tersebut juga digunakan untuk menyebut keseluruhan benua yang menjadi lokasi dari Kartago. Sekarang, ada lebih dari 50 negara berdaulat yang menempati Afrika. Karena masing-masing negara memiliki kultur khas & perjalanan sejarahnya masing-masing, negara-negara yang ada di Afrika pun memiliki asal usul nama yang berbeda satu sama lainnya. Hmmm, penasaran? Segmen berikutnya dari artikel ini akan memaparkan semuanya ke hadapan para pengunjung.


AFRIKA SELATAN diambil dari lokasi geografis negara tersebut yang memang terletak di ujung selatan Benua Afrika.


AFRIKA TENGAH; diambil dari lokasi geografis negara tersebut yang memang terletak di tengah-tengah Benua Afrika.


ALJAZAIR berasal dari bahasa Arab "al-jazair" yang memiliki makna "pulau-pulau". Nama yang diberikan karena di ibukota Aljir dulu, terdapat pulau-pulau kecil yang menempati bagian teluknya.


Peta lokasi dari Sungai Kongo beserta
negara-negara di sekitarnya. (Sumber)
ANGOLA berasal dari nama "Ngola", sebutan untuk pemimpin Kerajaan Quimbundos. Kerajaan yang berdiri di wilayah Angola sekarang ketika penjelajah Portugis, Diego Cao, sedang menjelajahi Sungai Kongo pada abad ke-15.


BENIN diambil dari nama Kerajaan Benin yang pernah berdiri di wilayah modern Benin berabad-abad silam.


BOTSWANA berasal dari nama "Tswana", etnis dengan jumlah terbanyak di wilayah setempat.


BURKINA FASO berasal dari bahasa lokal Mossi yang jika diterjemahkan kurang lebih berarti "tanahnya orang-orang yang tidak dapat disogok / diperalat".


BURUNDI berasal dari nama "Rundi", bahasa yang paling banyak digunakan di wilayah setempat.


CHAD diambil dari nama "Chad", danau besar yang terletak di sebelah barat Chad.


DJIBOUTI berasal dari nama pelabuhan yang sekarang juga merupakan lokasi dari ibukota negara yang bersangkutan.


ERITREA berasal dari bahasa Latin "Mare Erythraeum" yang berarti "Laut Merah", laut yang terletak di sebelah timur & utara Eritrea. Nama "Mare Erythraeum" awalnya digunakan oleh Italia untuk menyebut daerah koloninya di Afrika Timur.


ETHIOPIA berasal dari bahasa Yunani Kuno "aethiopia" yang berarti "wajah yang terbakar". Nama yang muncul untuk mendeskripsikan penduduk Ethiopia yang memang berkulit gelap & seolah-olah terlihat seperti gosong.


Peta lokasi dari Kerajaan Ghana &
negara Ghana modern. (Sumber)
GABON berasal dari bahasa Portugis "gabao" yang kurang lebih berarti "jubah berkerudung & berlengan". Nama tersebut awalnya digunakan oleh para penjelajah Portugis di abad ke-15 untuk mendeskripsikan bentuk dari muara Sungai Como yang terletak di pesisir negara yang bersangkutan.


GAMBIA berasal dari nama Sungai Gambia yang terletak persis di tengah-tengah negara yang bersangkutan.


GHANA berasal dari nama kerajaan yang pernah berdiri di Afrika Barat hingga abad ke-13.


GUINEA berasal dari kata "aguinaw" (orang kulit hitam), sebutan orang-orang Berber di Afrika Utara untuk menyebut wilayah Afrika Barat.


GUINEA-BISSAU memiliki asal-muasal nama yang sama dengan Guinea, namun dengan tambahan nama "Bissau" untuk membedakannya dengan negara lain yang bernama serupa. Bissau adalah nama dari ibukota negara yang bersangkutan.


GUINEA KHATULISTIWA memiliki asal-muasal nama yang sama dengan Guinea, namun dengan tambahan kata "khatulistiwa" (equatorial) dengan merujuk pada lokasi astronomisnya yang memang dekat dengan garis khatulistiwa.


KAMERUN (CAMEROON) berasal dari bahasa Portugis "Rio de Camaroes" yang bermakna "sungai udang". Nama tersebut diberikan oleh para penjelajah Portugis ketika sedang menjelajahi Sungai Wouri (sekarang terletak di Kamerun barat daya) pada abad ke-15.


KENYA berasal dari nama Gunung Kenya. Nama "Kenya" untuk menyebut gunung yang bersangkutan berasal dari bahasa lokal Kikuyu "Kirinyaga" yang jika diterjemahkan kurang lebih berarti "gunung putih".


KOMORO diambil dari bahasa Arab "kumr" yang berarti "bulan". Nama tersebut aslinya digunakan oleh para pelaut Arab untuk menyebut Madagaskar, namun Perancis kemudian mengadopsi nama tersebut untuk menyebut daerah koloninya.


Peta dari negara-negara pulau di
sebelah timur Afrika. (Sumber)
KONGO diambil dari nama "Kongo", sungai besar yang berada di tengah-tengah Benua Afrika. Ada 2 negara yang menggunakan nama Kongo, yaitu Republik Kongo yang beribukota di Brazzavile & Republik Demokratik Kongo yang beribukota di Kinshasa.


LESOTHO berasal dari nama "Sotho", etnis mayoritas di negara yang bersangkutan.


LIBERIA berasal dari bahasa Latin "liber" yang berarti "bebas". Nama tersebut digunakan karena Liberia awalnya didirikan oleh Amerika Serikat untuk menampung orang-orang kulit hitam di negara mereka yang baru saja dibebaskan dari perbudakan.


LIBYA berasal dari bahasa Yunani Kuno "Libya" untuk mendeskripsikan wilayah Afrika Utara yang terletak di sebelah barat Mesir.


MADAGASKAR berasal dari nama "Madageiscar", nama yang dibuat oleh Marco Polo untuk menyebut kota pelabuhan Mogadishu. Nama tersebut tidak akurat karena Mogadishu aslinya terletak di Tanduk Afrika (Somalia), sehingga nama yang sama kemudian diadopsi untuk menyebut pulau besar di sebelah tenggara Benua Afrika.


MALAWI berasal dari nama "Marawi", semacam konfederasi negara-negara kecil yang berlokasi di wilayah modern Malawi.


MALI diambil dari nama kekaisaran bernama sama yang pernah berdiri di Afrika Barat pada abad ke-13 hingga 16.


MAROKO berasal dari kata "Morroch", nama versi Latin untuk Marrkesh, ibukota dari Dinasti Almohad yang pernah berkuasa di Afrika barat laut pada Abad Pertengahan.


MAURITANIA diambil dari nama "Mauretania", kerajaan yang pernah berdiri di Afrika Barat hingga abad ke-7.


Burung dodo, hewan khas Mauritius yang
sekarang sudah punah. (Sumber)
MAURITIUS berasal dari nama Pangeran Maurice, anggota keluarga Kerajaan Belanda. Nama "Maurice" dijadikan sumber inspirasi sebagai bentuk penghormatan dari pelaut Belanda yang menemukan Pulau Mauritius pada abad ke-18.


MESIR berasal dari bahasa Ibrani & Aramaik "mizraim" yang bermakna "dua selat". Nama tersebut digunakan untuk mendefinisikan wilayah Mesir Kuno yang terbagi ke dalam 2 daerah utama : Mesir Bawah yang terletak di muara Sungai Nil, serta Mesir Atas yang berada di sepanjang tepi Sungai Nil. Nama "mizraim" nantinya diadopsi oleh orang-orang Arab & bertransformasi menjadi "misr".


MOZAMBIK berasal dari nama Mouzinho de Alburquerque, tokoh militer Portugal yang berjasa menjinakkan pemberontakan pribumi di wilayah modern Mozambik pada abad ke-19.


NAMIBIA berasal dari bahasa lokal Nama "Namib" yang jika diterjemahkan kurang lebih berarti "daerah yang tidak memiliki apa-apa". Nama itu sendiri awalnya digunakan untuk menyebut kawasan gurun pasir di pesisir Namibia.


NIGER berasal dari nama Sungai Niger yang terletak di sebelah barat daya negara yang bersangkutan. Dalam bahasa Latin, "niger" juga berarti "hitam".


NIGERIA memiliki asal-muasal nama yang sama dengan Niger. Akhiran "-ia" pada nama negara yang bersangkutan memiliki arti "daerah", sehingga "Nigeria" bisa diterjemahkan menjadi "daerah Niger".


PANTAI GADING namanya terinspirasi dari maraknya aktivitas pengumpulan & perdagangan gading oleh orang-orang Eropa di wilayah yang bersangkutan pada masa lampau.


RWANDA berasal dari nama "Kinyarwanda", bahasa yang banyak digunakan di kawasan setempat.


Peta lokasi dari Senegal beserta negara-
negara di dekatnya. (Sumber)
SAO TOME & PRINCIPE" merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu "Thomas" (salah satu rasul Yesus Kristus) & "principe" (bahasa Portugis untuk "pangeran", karena Portugal selaku negara pengkoloni daerahnya pada waktu itu memiliki bentuk kerajaan).


SENEGAL diambil dari nama "Senegal", sungai yang terletak di perbatasan negara Senegal & Mauritania.


SEYCHELESS berasal dari nama Moreau dari Sechelles, menteri keuangan Perancis. Di abad ke-18, Seycheless merupakan koloni Perancis sebelum kemudian berpindah tangan ke Inggris pada abad berikutnya.


SIERRA LEONE berasal dari bahasa Portugis "Sierra Lyoa" yang berarti "pegunungan singa". Nama tersebut diberikan oleh penjelajah Portugal, Pedro da Cintra, untuk menyebut kawasan pegunungan di wilayah cikal-bakal ibukota Sierra Leone (Freetown).


SOMALIA merupakan gabungan dari kata "Somali" & imbuhan "-ia". Somali adalah etnis paling dominan di wilayah Somalia, sementara imbuhan "-ia" memiliki makna "daerah". Jadi "Somalia" bisa diterjemahkan sebagai "daerahnya etnis Somali".


SUDAN berasal dari bahasa Arab "bilad as-sudan" yang berarti "tanahnya orang-orang kulit hitam".


SWAZILAND merupakan gabungan dari kata "Swazi" & "Land". Swazi adalah etnis paling dominan di negara tersebut, sementara "Land" merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berarti "pulau / daratan". Jadi "Swaziland" bisa diterjemahkan menjadi "daratannya orang-orang etnis Swazi".


TANJUNG VERDE (CAPO VERDE) berasal dari nama "Cap Vert", semenanjung yang terletak di sebelah timur negara yang bersangkutan & sekarang merupakan bagian dari wilayah Senegal.


Seorang turis yang sedang menghirup
aroma kayu manis Zanzibar. (Sumber)
TANZANIA merupakan akronim dari kata "Tanganyika" & "Zanzibar". Tanganyika adalah wilayah Tanzania yang berada di Afrika daratan, sementara Zanzibar adalah pulau di sebelah timur Tanganyika yang terkenal sebagai penghasil rempah-rempah.


TOGO berasal dari kata "Togoville", nama yang diberikan oleh orang-orang Jerman ketika menjadikan wilayah yang bersangkutan sebagai daerah bawahannya.


TUNISIA merupakan pengembangan dari nama "Tunis", ibukota negara yang bersangkutan.


UGANDA berasal dari nama "Buganda", etnis dengan populasi terbanyak di negara yang bersangkutan.


ZAMBIA diambil dari nama "Zambesi", sungai yang berada di perbatasan selatan negara tersebut.


ZIMBABWE berasal dari nama "Zimbabwe Besar" (Great Zimbabwe), ibukota suatu kerajaan kuno yang berdiri pada abad ke-11 hingga 15. Dalam bahasa lokal Shona, "Zimbabwe" berarti "rumah batu".  -  © Rep. Eusosialis Tawon


REFERENSI

Africa.com - Learn About Sao Tome and Principe
IPOAA - Origins of the Names of African Countries
Online Etymology Dictionary - Africa
Wikipedia - Ethiopia
Wikipedia - Mizraim
 - . 2008. "Cape Verde Peninsula". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
 - . 2008. "Gabon Estuary". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
 - . 2008. "Ghana". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
 - . 2008. "Great Zimbabwe". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
 - . 2008. "Mauretania". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.


Peta lengkap negara-negara Afrika.



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

2 komentar:

  1. Menarik! Kebetulan saya mahasiswa jurusan HI yang paling senang membahas kawasan Afrika. Kapan-kapan post mengenai Scramble for Africa mas hehe

    Salam kenal btw!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, mas Bobby. Mengenai usulnya saya tampung dulu ya. Jika memungkinkan, kapan-kapan akan saya bahas

      Hapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.