FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Infinity Gauntlet, Sarung Tangan Penentu Nasib Alam Semesta




Infinity Gauntlet dengan 6 Infinity Gems yang menyala.

Marvel adalah nama dari perusahaan komik yang berbasis di Amerika Serikat (AS) di mana komik-komik yang dirilis oleh Marvel umumnya mengusung genre pahlawan super (superhero). Karena tema yang diangkatnya adalah seputar pahlawan super, sudah barang tentu komik-komik yang diproduksi Marvel banyak menampilkan cerita fiktif mengenai peperangan untuk mempertahankan Planet Bumi & para penghuninya. Satu dari sekian banyak seri komik Marvel yang menampilkan alur cerita demikian adalah "Infinity Gauntlet" yang terbit pada tahun 1991 dengan jumlah total 6 volume komik.

Nama "Infinity Gauntlet" (Sarung Tangan Tanpa Batas) pada seri komik ini berasal dari sarung tangan bernama sama yang muncul dalam cerita komiknya, di mana sarung tangan tersebut dilengkapi dengan 6 permata ajaib yang memberikan kekuatan tanpa batas kepada pemiliknya. Inti cerita dari Infinity Gauntlet sendiri adalah mengenai konflik antara Thanos selaku pemilik Infinity Gauntlet melawan kelompok-kelompok pahlawan super yang mencakup Avengers, Fantastic Four, hingga X-Men. Infinity Gauntlet merupakan salah satu seri komik terpenting & termegah dalam kronologi jagad Marvel sebagai akibat dari begitu banyaknya karakter yang terlibat & begitu besarnya skala pertempuran yang ditampilkan di dalamnya.



SEJARAH (VERSI DUNIA NYATA)

Kreator dari Thanos selaku tokoh antagonis utama dalam kisah Infinity Gauntlet adalah komikus Jim Starlin. Awalnya Starlin diminta oleh perusahaan komik Marvel untuk ikut terlibat dalam pembuatan cerita seri komik Iron Man. Starlin lalu merespon tawaran tersebut dengan cara membuat karakter baru yang tidak lain adalah Thanos. Menurut Starlin, penampilan visual Thanos terinspirasi dari Darkseid, tokoh komik merangkap musuh Superman yang ditampilkan sebagai diktator suatu planet yang bernama Apokalips. Starlin mengaku menjadikan Darkseid sebagai sumber inspirasinya atas saran dari koleganya yang menganggap kalau desain awal dari Thanos kurang kekar & kharismatik.

Jim Starlin. (Sumber)
Thanos pertama kali muncul dalam komik Iron Man terbitan tahun 1973. Sesudah itu, ia beberapa kali ditampilkan kembali dalam komik-komik Marvel yang terbit sesudahnya. Tahun 1990, Thanos menjadi tokoh utama dari seri komik "Thanos Quest" yang bercerita tentang upaya Thanos mengumpulkan 6 permata ajaib bernama Infinity Gems. Setahun kemudian, Thanos kembali muncul dalam seri komik Infinity Gauntlet sebagai tokoh antagonis utamanya, di mana alur cerita dalam Infinity Gauntlet memiliki kaitan langsung dengan alur cerita Thanos Quest.

Ada 6 volume alias nomor judul yang menyusun seri komik Infinity Gauntlet. Volume perdana Infinity Gauntlet terbit pada bulan Juli 1991, sementara volume terakhirnya terbit pada bulan Desember 1991. Alur cerita dalam Infinity Gauntlet nantinya disambung dengan seri komik Infinity War & Infinity Crusade yang dirilis berturut-turut pada tahun 1992 & 1993. Thanos kembali muncul dalam 2 seri komik sekuel Infinity Gauntlet, namun bukan lagi sebagai tokoh antagonis utama. Besarnya porsi penampilan Thanos dalam komik Thanos Quest & 3 seri komik Infinity tidak lepas dari fakta bahwa Jim Starlin bertindak sebagai penulis cerita keempat seri komik tersebut.

Karena seri komik Infinity Gauntlet memiliki popularitas yang tinggi & melibatkan banyak karakter, cerita dalam seri komik tersebut lalu diadaptasi ke media hiburan lainnya. Tahun 1995, atas izin dari Marvel, perusahaan video game Capcom yang berbasis di Jepang merilis game bergenre perkelahian yang berjudul "Marvel Super Heroes" (MSH) & banyak menyisipkan unsur-unsur dari Infinity Gauntlet. Sebagai contoh, dalam game MSH pemain bisa menggunakan Infinity Gems yang muncul secara acak untuk memperkuat dirinya sendiri. Setahun kemudian, Capcom kembali merilis game baru dengan judul "Marvel Super Heroes : War of the Gems" (WotG) yang memiliki genre petualangan. Dalam game WotG, pemain harus menempuh suatu rute & mengalahkan musuh-musuh yang bermunculan di sepanjang perjalanan.

Mainan replika Infinity Gauntlet. (Sumber)
Sukses merambah media video game, kisah tentang Infinity Gauntlet akhirnya siap diangkat ke media film dengan judul "The Avengers : Infinity War" yang nantinya akan dipecah ke dalam 2 film berbeda. Sinopsis akurat dari film tersebut memang belum diketahui mengingat filmnya masih belum diproduksi. Namun filmnya diperkirakan akan mengusung konsep cerita yang mirip dengan cerita Infinity Gauntlet. Sebagai contoh, beberapa film buatan Marvel Studios sudah menampilkan permata-permata Infinity Gems secara eksplisit & terpisah-pisah. Sementara Thanos selaku tokoh antagonis utamanya juga sempat muncul secara sekilas di akhir film "Avengers". Selebihnya baru bisa terjawab seiring dengan berjalannya waktu.



SEJARAH (VERSI FIKSI / KOMIK)

Thanos adalah anggota ras alien Titan yang dibangkitkan kembali oleh Mistress Death, makhluk penguasa dimensi kematian yang penampilannya menyerupai wanita berkerudung. Tujuan Death membangkitkan Thanos adalah untuk memerintahkan Thanos membunuh setengah populasi makhluk hidup penghuni alam semesta dengan dalih menjaga keseimbangan kosmis. Supaya bisa menuntaskan misi yang diberikan Death sambil membuat Death jatuh cinta padanya, Thanos kemudian mengumpulkan 6 permata ajaib bernama Infinity Gems yang jika digabungkan akan menghasilkan kekuatan yang nyaris tak terbatas.

Setelah berhasil mengalahkan pemilik lama masing-masing permata & mengumpulkan seluruh Infinity Gems, Thanos lalu memasang Infinity Gems pada sarung tangan Infinity Gauntlet & kemudian menggunakannya untuk melenyapkan separuh populasi makhluk hidup alam semesta dengan cara menjentikkan jarinya. Tindakan yang dilakukan Thanos langsung menarik perhatian musuh lama Thanos yang bernama Adam Warlock. Supaya bisa menghentikan Thanos, Adam lalu meminta bantuan kepada Silver Surfer, para pahlawan super di Planet Bumi, serta makhluk-makhluk raksasa pengendali alam semesta yang dikenal sebagai Cosmic Entity.

Thanos & Death.
Para pahlawan super Bumi akhirnya tiba di kuil angkasa buatan Thanos dengan memakai portal antar dimensi, namun Thanos langsung menghentikan waktu & membuat para pahlawan super tadi membeku. Atas saran dari iblis partner Thanos yang bernama Mephisto, Thanos kembali mengaktifkan waktu dengan harapan bisa membuat Death terkesan setelah dirinya berkelahi secara langsung dengan para pahlawan super tadi. Perkelahian besar pun terjadi, namun Thanos yang dilengkapi dengan Infinity Gauntlet & dibantu oleh makhluk buatannya yang bernama Terraxia ternyata jauh lebih superior dibandingkan lawan-lawannya.

Satu demi satu, para pahlawan super yang menyerang Thanos dibuat tak berdaya. Wolverine diubah kerangka logamnya menjadi selembek karet. Vision tewas setelah komponen elektronik di dadanya direnggut. Namor & She-Hulk membeku menjadi patung tanaman. Thor diubah menjadi patung kristal sebelum kemudian dihancurkan berkeping-keping. Hulk & Captain America dihantam oleh Thanos hingga kehilangan kesadaran. Sementaa Iron Man & Spider-Man menjadi bulan-bulanan Terraxia. Setelah Thanos berhasil mengalahkan para pahlawan super tadi, para Cosmic Entity yang salah satunya adalah Galactus kemudian muncul untuk berhadap-hadapan secara langsung dengan Thanos.

Karena para Cosmic Entity memiliki kekuatan yang sangat besar, pertarungan antara Thanos & Cosmic Entity berujung pada hancurnya planet-planet di jagad raya. Death sendiri akhirnya melibatkan diri dalam pertarungan dengan memihak pada Cosmic Entity. Namun setelah bersusah payah, Thanos berhasil mengalahkan mereka semua & mengurung mereka dalam semacam penjara yang diselubungi lapisan energi. Tak lama kemudian, Eternity selaku personifikasi dari alam semesta menampakkan diri & terlibat pertarungan dahsyat dengan Thanos. Hasilnya, Eternity berhasil dikalahkan & Thanos meninggalkan wujud fisiknya untuk bersatu dengan alam semesta.

Adam Warlock yang sedang
memakai Infinity Gauntlet.
Perginya Thanos dari jasad fisiknya lalu dimanfaatkan oleh Nebula - cucu sekaligus rival Thanos yang sedang sekarat - untuk mengambil Infinity Gauntlet dari tangan Thanos sebelum kemudian menggunakannya untuk memulihkan dirinya sendiri & mengklaim dirinya sebagai penguasa baru alam semesta. Nebula juga memutarbalikkan waktu ke 24 jam sebelumnya, yang berarti semua makhluk & benda langit korban kehancuran Thanos kembali pulih seperti sediakala. Tanpa disadari Nebula, Adam memanfaatkan minimnya kematangan mental Nebula dalam menguasai Infinity Gauntlet dengan cara memanipulasi permata yang bernama Soul Gem sehingga Nebula merasa kesakitan & melepaskan Infinity Gauntlet dari tangannya.

Tidak lama kemudian, pergumulan sekali lagi terjadi antara Nebula, Thanos, & para pahlawan super Bumi karena mereka memperebutkan Infinity Gauntlet. Namun Adam langsung menampakkan diri di tengah-tengah mereka & mengklaim dirinya sebagai pemilik baru Infinity Gauntlet. Adam lantas menteleportasi para pahlawan super ke Bumi sambil berjanji kalau dia tidak akan menggunakan Infinity Gauntlet untuk tujuan yang buruk. Sementara Thanos mengasingkan diri ke sebuah planet sambil menjalani kehidupan barunya sebagai petani. Dan untuk mencegah Infinity Gems kembali menjadi sumber konflik & kehancuran, makhluk raksasa merangkap hakim alam semesta yang bernama Living Tribunal mencabut kekuatan dari Infinity Gems atas permintaan dari Eternity.



ELEMEN-ELEMEN DALAM "INFINITY GAUNTLET"

Infinity Gems & Infinity Gauntlet

Ada 6 permata ajaib yang menyusun Infinity Gems. Keenam pertama tersebut adalah Mind (Pikiran), Soul (Jiwa), Power (Kekuatan), Time (Waktu), Space (Ruang), & Reality (Kenyataan). Mind berwarna biru & memberi kekuatan bagi pemiliknya untuk membaca serta memanipulasi pikiran. Soul berwarna hijau & membuat pemakainya bisa mengendalikan jiwa makhluk lain. Power berwarna merah & memberi kekuatan fisik yang nyaris tidak terbatas kepada pemakainya. Time berwarna jingga & membuat pemiliknya bisa memanipulasi waktu di sekitarnya. Space berwarna ungu & membuat pemilikinya bisa melakukan teleportasi. Reality berwarna kuning & membuat pemiliknya bisa melakukan hal-hal yang berlawanan dengan hukum fisika.

Jika kekuatan dari seluruh permata Infinity Gems dikombinasikan, maka pemiliknya bakal memiliki kekuatan yang tidak terbatas. Oleh Thanos, keenam permata tersebut dipasang pada sarung tangan bernama Infinity Gauntlet dengan tata letak 5 permata di bagian pangkal jari & 1 permata di bagian punggung tangan. Infinity Gauntlet memiliki desain kidal yang berarti sarung tangan ini didesain untuk dipakai di tangan kiri. Walaupun siapapun pada dasarnya bisa memakai & mengoperasikan Infinity Gauntlet, tingkat efektifitas penggunaan kekuatan dari Infinity Gauntlet sangat bergantung pada imajinasi & kematangan mental dari pemiliknya.


Cosmic Entity.

Cosmic Entity

Cosmic Entity (Entitas Kosmis) adalah sebutan untuk makhluk abadi penghuni luar angkasa yang bertugas menjaga siklus alamiah & keseimbangan alam semesta. Total, ada 11 Cosmic Entity yang muncul dalam kisah Infinity Gauntlet & terlibat pertempuran dengan Thanos. Ke-11 makhuk tersebut adalah Galactus, Death, Master Order, Lord Chaos, Chronos, Stranger, 2 (dua) Celestials, Love, Hate, & Eternity. Galactus adalah makhluk raksasa berbentuk robot yang hidup dari memakan planet-planet di sepanjang rute yang dilewatinya. Sementara Death adalah makhluk penguasa dimensi kematian yang awalnya membangkitkan Thanos, namun kemudian berbalik melawannya.

Master Order & Lord Chaos adalah raksasa kosmis berwujud kepala tanpa badan yang bertindak secara berpasangan di alam semesta untuk menjaga keseimbangan antara keteraturan (order) & kekacauan (chaos). Sementara Chronos adalah raksasa kosmis dengan wujud berupa awan galaksi bersosok manusia dengan kemampuan mengendalikan waktu. Stranger ditampilkan sebagai manusia raksasa yang memakai jubah dengan kemampuan yang tidak begitu jelas. Celestials adalah raksasa kosmis dengan penampilan menyerupai robot humanoid tanpa wajah & memiliki kemampuan menggerakkan planet-planet.

Love & Hate memiliki penampilan menyerupai wanita di mana keduanya memiliki kemampuan mempengaruhi emosi makhluk lain sesuai dengan perannya masing-masing. Eternity adalah versi hidup dari alam semesta itu sendiri. Selain mereka, ada pula 2 Cosmic Entity yang muncul dalam kisah Infinity Gauntlet, namun bersikap netral selama perang berlangsung. Kedua sosok tersebut adalah Watcher & Living Tribunal. Watcher memiliki tugas mengamati & merekam segala macam peristiwa penting di alam semesta, sementara Living Tribunal adalah hakim dari seluruh dimensi alam semesta.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Comic Book DB - Jim Starlin
GameFAQs - Decent little side scrolling game here
GameFAQs - The War of the Gems comes to Fighting....
Screen Rant - ‘Avengers: Infinity War’ Announced For....
Wikipedia - Thanos
(Komik) 1990. "The Thanos Quest". Marvel Comics, AS.
(Komik) 1991. "The Infinity Gauntlet". Marvel Comics, AS.
(Komik) 1992. "The Infinity War". Marvel Comics, AS.
Film-film buatan Marvel Studios.



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

7 komentar:

  1. sempat baca berita tentang infinity gautlet, katanya bakalan ada 2, yang 1 punya thanos, sama yg 1lagi di odin's vault

    BalasHapus
  2. ini yang bakal menjadi cerita dasar the avenger 3th

    BalasHapus
  3. Keren, bermanfaat sekali. Lanjutkan yaaa

    BalasHapus
  4. Keren artikelnya gan. Btw, apakah ada info siapa pemilik masing masing gem tersebut? Gw pernah baca kalo salah satu gem tersebut ada sm prof Xaevier (x-men)

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.