SEJARAH      FAUNA       HIBURAN

Asal-Usul Nama-Nama Negara di Benua Asia




Peta Asia (warna gelap).

Asia merupakan nama dari benua terbesar di dunia. Sebagai akibat dari lokasinya yang besar, Asia pun benua dengan populasi penduduk yang paling banyak di dunia. Bagaimana tidak, 3 dari 4 negara terpadat di dunia berlokasi di benua ini. Tingginya populasi penduduk di Asia tidak lepas dari banyaknya lahan subur yang terletak di dunia ini. Asia juga menjadi sumber dari komoditas-komoditas berharga mahal yang banyak dicari bangsa Eropa di Abad Pertengahan seperti rempah-rempah, sutra, hingga gading gajah.

Karena Asia merupakan benua dengan komposisi penduduk & budaya yang majemuk, sudah barang tentu negara-negara yang dihuni oleh penduduk tadi memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Nama yang digunakan oleh masing-masing negara adalah salah satu contohnya. Jadi sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana negara-negara di Asia mendapatkan namanya


AFGANISTAN berasal dari gabungan kata "Afgan" & imbuhan "-stan" dalam bahasa Persia Kuno. Afgan merupakan sebutan lain masyarakat Persia untuk etnis Pashtun, etnis mayoritas di negara Afganistan. Sementara "-stan" berarti "tanah". Jadi "Afganistan" secara harfiah bermakna "tanahnya orang-orang Afgan".

ARAB SAUDI berasal dari gabungan 2 kata berbeda. Arab merupakan kelompok etnis paling dominan di wilayah tersebut. Sementara Saudi diambil dari nama Ibnu Saud, tokoh pendiri Kerajaan Arab Saudi modern.

Ibnu Saud, pendiri negara modern
Arab Saudi. (Sumber)
BAHRAIN dalam bahasa Arab berarti "dua laut". Nama tersebut diberikan karena di bawah permukaan laut Bahrain, terdapat air tawar.

BANGLADESH dalam bahasa lokal Bengal memiliki makna "Negeri Bengal". Bengal adalah sebutan untuk daratan di sebelah utara Teluk Bengal.

BHUTAN berasal dari bahasa Sansekerta "Bhot" (Tibet) & "Anta" (ujung). Jadi secara harfiah, Bhutan dapat diartikan sebagai "ujung Tibet". Nama itu sendiri diberikan karena Bhutan terletak di sebelah selatan Tibet, Cina barat daya.

BRUNEI berasal dari bahasa Sansekerta "varuna" yang bermakna " pengembara laut". Nama tersebut digunakan karena Brunei pada awalnya dihuni oleh pelaut & pedagang.

CINA diperkirakan merupakan hasil modifikasi dari kata "Qin", nama dinasti yang berkuasa di Cina pada abad ke-3 Sebelum Masehi. Versi lain menyebut Cina berasal dari bahasa Sansekerta "Chinastana" yang secara berarti "negeri di sebelah timur India".

FILIPINA berasal dari nama Philip II, raja Spanyol & Portugal pada abad ke-16. Kebetulan bangsa Spanyol adalah bangsa Eropa pertama yang sampai di Kepulauan Filipina.

INDIA diambil dari nama "Indus", sungai besar yang juga merupakan lokasi dari peradaban tertua di India.

INDONESIA berasal dari bahasa Yunani "Indo" (India) & "nesos" (kepulauan). Jadi, kata "Indonesia" secara harfiah berarti "kepulauan yang dekat dengan India".

Peta lokasi kota Uruk. (Sumber)
IRAK merupakan hasil modifikasi dari "Uruk", kota dari peradaban kuno Sumeria. Versi lain menyebut kalau Irak berasal dari bahasa Persia "eraq" yang berarti "dataran rendah" karena lokasinya yang berada di lembah Sungai Efrat & Tigris.

IRAN diambil dari kata "Aeryana Vaeja", istilah dalam kitab Avesta - kitab suci agama Zoroaster, agama tradisional masyarakat Iran - untuk menyebut tanah air bangsa Arya.

ISRAEL diambil dari kerajaan kuno bernama sama yang muncul dalam kisah Alkitab Perjanjian Lama.

JEPANG berasal dari kata "Cipangu". Sebutan yang diberikan oleh masyarakat Cina untuk Kepulauan Jepang.

KAMBOJA berasal dari kata "Kambu", tokoh mitos dari India yang dipercaya sebagai nenek moyang bangsa Kamboja / Khmer.

KAZAKSTAN berasal dari bahasa Persia Kuno yang secara harfiah bermakna "tanahnya orang-orang etnis Kazak".

KIRGISTAN berasal dari bahasa Persia Kuno yang secara harfiah bermakna "tanahnya orang-orang etnis Kirgiz".

KOREA SELATAN merupakan gabungan dari kata "Koryo" & "selatan". Koryo / Goryeo merupakan nama dari kerajaan yang pernah berdiri di Semenanjung Korea hingga abad ke-14. Nama "selatan" diberikan karena negara ini secara geografis memang terletak di sebelah selatan Semenanjung Korea.

Peta Goryeo di tahun 1374. (Sumber)
KOREA UTARA memiliki asal-usul nama yang serupa dengan Korea Selatan. Nama "utara" diberikan karena negara ini secara geografis menempati wilayah utara Semenanjung Korea.

KUWAIT berasal bahasa Arab "akwat" yang memiliki makna "benteng di tepi air".

LAOS diambil dari kata "Lao", nama dari etnis mayoritas di negara Laos. Laos juga merupakan sebutan masyarakat Laos untuk negaranya sendiri.

LEBANON berasal dari bahasa Semit "lbn" yang berarti "putih". Nama tersebut diberikan karena di wilayah Lebanon, terdapat gunung yang puncaknya diselimuti salju.

MALADEWA berasal dari bahasa Sansekerta "maladwipa" yang berarti "rangkaian pulau".

MALAYSIA berasal dari nama "Malay" (Melayu), etnis dengan populasi terbanyak di Malaysia. Nama yang sama awalnya digunakan untuk menyebut koloni Inggris di Semenanjung Malaka. Imbuhan "-sia" baru ditambahkan setelah Sarawak & Sabah bergabung, di mana imbuhan tersebut kemungkinan terinspirasi dari bahasa Yunani "nesos" atau "nesia" yang mengandung makna "pulau-pulau"

MONGOLIA diambil dari nama "Mongol", etnis mayoritas di negara yang bersangkutan.

MYANMAR adalah nama yang diberikan oleh etnis Bamar - etnis paling dominan di Myanmar - untuk menyebut wilayah negara yang bersangkutan

NEPAL berasal dari bahasa Sansekerta "nipat" (terbang ke bawah) & "alaya" (bermukim). Sebutan yang muncul karena Nepal terletak di Pegunungan Himalaya. Kata "nipat alaya" lantas berevolusi menjadi "nepala" & kemudian "nepal".

Choudhary Rahmat Ali. (Sumber)
OMAN atau Omana sudah digunakan untuk menyebut wilayah di sebelah tenggara Jazirah Arab sejak era Romawi Kuno. Nama "Oman" sendiri diperkirakan terinspirasi dari nama penguasa di wilayah tersebut.

PAKISTAN merupakan singkatan dari daerah Punjab, Afgan, Kashmir, Sind, & Balochistan. Nama tersebut dicetuskan pada tahun 1933 oleh tokoh nasionalis Pakistan yang bernama Choudhry Rahmat Ali.

PALESTINA merupakan sebutan yang diberikan oleh masyarakat Yunani Kuno untuk Filistia, daerah di pesisir timur Laut Mediterania yang dihuni oleh masyarakat Filistin.

QATAR berasal dari "Qatara", nama yang digunakan oleh Pliny - sejarawan Romawi Kuno  di abad ke-1 Sebelum Masehi - untuk menyebut kota Zubarah yang terletak di wilayah modern Qatar.

SINGAPURA berasal dari bahasa Sansekerta "singa pura" yang berarti "kota singa". Nama tersebut pertama kali digunakan oleh Sang Nila Utama, pendiri Kerajaan Singapura di abad ke-13.

SRI LANKA berasal dari bahasa Sansekerta "Sri" (indah) & "Lanka"(pulau). Jadi Sri Lanka bisa diartikan sebagai "pulau yang indah".

SURIAH diambil dari nama "Asyur" (Assyria), kerajaan kuno di Timur Tengah yang sebagian wilayahnya memang mencakup wilayah modern Suriah. Nama tersebut lalu digunakan oleh masyarakat Yunani Kuno untuk menyebut wilayah di sebelah timur Laut Mediterania.

TAIWAN merupakan hasil evolusi dari kata "Tainan", sebutan penduduk pribumi Siraya untuk wilayah di pesisir barat Pulau Taiwan. Belakangan, sebutan tersebut digunakan untuk menamai seluruh pulau yang bersangkutan.

Peta negara-negara Asia tengah. (Sumber)
TAJIKISTAN berasal dari bahasa Persia Kuno yang secara harfiah bermakna "tanahnya orang-orang etnis Tajik".

THAILAND berasal dari bahasa Inggris yang bermakna "tanahnya orang-orang Thai". Thai merupakan etnis mayoritas di negara Thailand.

TIMOR LESTE memiliki nama demikian karena negara tersebut terletak di Pulau Timor bagian timur. Dalam bahasa Portugis, kata "leste" berarti "timur".

TURKI mendapatkan namanya dari "Turk", suku bangsa yang persebarannya membentang mulai dari Eropa Timur hingga Cina barat. Kata "Turk" sendiri diperkirakan merupakan hasil modifikasi dari "Tu-Chueh", kelompok suku yang memberontak & meruntuhkan Kekaisaran Juan-Juan di Asia Tengah pada tahun 552 sebelum kemudian terlibat konflik dengan bangsa Cina di abad ke-7.

TURKMENISTAN berasal dari bahasa Persia Kuno yang secara harfiah bermakna "tanahnya orang-orang etnis Turkmen".

UNI EMIRAT ARAB memiliki nama demikian karena negara tersebut merupakan gabungan dari 7 emirat berbeda yang semuanya dipimpin oleh orang Arab. Emirat merupakan semacam bentuk pemerintahan di mana pemimpinnya menyandang gelar emir.

UZBEKISTAN berasal dari bahasa Persia Kuno yang secara harfiah bermakna "tanahnya orang-orang etnis Uzbek".

VIETNAM merupakan gabungan dari kata "Viet" & "Nam". Viet adalah nama dari kelompok suku yang mendirikan kerajaan di wilayah modern Vietnam utara. "Nam" dalam bahasa Cina berarti "selatan" & nama tersebut awalnya diberikan oleh dinasti-dinasti yang berbasis di Cina untuk menyebut Vietnam karena letak geografis Vietnam yang memang berada di sebelah selatan Cina.

YAMAN berasal dari bahasa Arab "yamana" yang berarti "kegembiraan". Nama tersebut diberikan karena wilayah Yaman awalnya dikenal dengan tanahnya yang subur.
YORDANIA mendapatkan namanya dari Sungai Yordan, sungai yang terletak di perbatasan barat negara terkait & bermuara di danau kecil bernama Laut Mati.  -  © Rep. Eusosialis Tawon


REFERENSI

An Encyclopedia of World History - A Brief History of Malaysia
Ancient History Encyclopedia - Etymology of the Name India
Ancient History Encyclopedia - Goryeo
Ancient History Encyclopedia - Uruk 
Behind the Name - Israel
Bhutan Tour - History of Bhutan
Cambridge English Dictionary - Emirate
Chinasage - China's name is not China 
Columbia University - Now or Never, by Chaudhary Rahmat Ali
Encyclopaedia Irannica - Afghan
eResources - Temasek / Singapura
Infoplease - Bahrain's Two Seas 
Online Etymology Dictionary - Indonesia 
Online Etymology Dictionary - Jordan
Online Etymology Dictionary - Lebanon 
Online Etymology Dictionary - Maldives 
Online Etymology Dictionary - Mongol 
Online Etymology Dictionary - Myanmar 
Online Etymology Dictionary - Nepal 
Online Etymology Dictionary - Oman
Online Etymology Dictionary - Philippines
Online Etymology Dictionary - Sri Lanka 
Online Etymology Dictionary - Yemen 
Online Etymology Dictionary - Vietnam
Ministry of Development Planning and Statistics - History of Qatar 
National Palace Museum - Ilha Formosa 
Nations Online Project - Timor-Leste
NECTEC - On Some Cambodian Words 
StateUniversity.com - Kuwait - History & Background
The Hindu - Assembly drops West, renames State as Bengal
World Atlas - Suffix Stan Explanation 
Zoroastrian Heritage - Iran and Persia
 - . 2004. "Brunei Sultan Haji .... Handbook" (hal. 142). IB Publication, AS.
 - . 2008. "Philistine". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Chaliand, G.. 2004. "Nomadic Empires". Transaction Pub., New Brunswick, AS.
E. Allworth, dkk.. 2008. "Central Asia, history of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Kshetry, G.. 2008. "Foreigners in Japan : A Historical Perspective". Xlibris, Bloomington, AS.
Messo, J.. 2011. "The Origin of the Terms Syria(n) & Suryoyo Once Again." (file PDF)


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

2 komentar:

  1. Bukannya Turki & Israel ikut Uni Eropa ya Gan
    Maaf Klo salah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. Turki & Israel itu bukan anggota Uni Eropa. Tapi di ranah sepak bola, keduanya memang sama-sama termasuk dalam organisasi UEFA karena keanggotaan UEFA tidak terlalu memperhatikan aspek geografis (Kazakhstan itu masuknya kawasan Asia, tapi mereka tergabung dalam UEFA).

      Kalau memakai cakupan geografis sendiri, Israel itu seluruh wilayahnya terletak di Asia Barat. Turki mayoritas wilayahnya juga termasuk dalam Asia Barat, tapi sebagian kecilnya (Istanbul & sekitarnya) termasuk dalam wilayah Eropa.

      Hapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.