Ikan Daun dari Amerika Selatan



Ikan daun Amerika Selatan. (Gabor Hernadi / flickr.com)

Salah satu ikan air tawar terunik di dunia adalah ikan daun. Ikan daun (leaf fish) diberi nama demikian karena penampilannya yang mirip daun kering. Ada beberapa spesies ikan daun yang semuanya termasuk dalam famili Polycentridae di mana mereka tersebar di sejumlah wilayah tropis di dunia, namun pembahasan pada artikel ini akan difokuskan pada ikan daun Amerika Selatan (Monocirrhus polyacanthus).

Ikan daun Amerika Selatan atau ikan daun Amazon - sesuai namanya - hanya ditemukan di wilayah air tawar Amerika Selatan, terutama wilayah perairan dangkal Sungai Amazon yang keruh & dipenuhi tanaman air.

Secara fisik, ikan daun Amerika Selatan memiliki bentuk pipih yang cenderung lonjong dengan duri-duri sirip kecil di bagian atas kepalanya & pewarnaan yang menyerupai daun kering yang membusuk. Bagian kepalanya berbentuk meruncing dengan semacam tonjolan kecil di bagian ujung moncongnya.

Ikan daun Amerika Selatan tidak hanya memiliki penampilan mirip daun. Sebagai bentuk kamuflase lebih lanjut, mereka juga berperilaku layaknya daun kering yang jatuh ke air di mana dalam keadaan biasa, mereka bergerak sangat lambat dengan posisi kepala menghadap ke bawah.

Bukan hanya itu, ikan daun Amerika Selatan juga memiliki kemampuan untuk mengubah warnanya sehingga jadi semakin sulit dilihat & dibedakan dari lingkungan sekitarnya yang dipenuhi tanaman. Kamuflase ini tidak hanya berguna untuk melindungi dirinya dari pemangsa, tapi juga untuk membantunya mendekati mangsa tanpa ketahuan.

Ikan daun dengan mulut yang mengarah ke bawah. (aboutfishonline.com)

Berkebalikan dengan penampilannya yang kalem, ikan daun Amerika Selatan adalah pemangsa yang ganas. Mereka hidup dari memangsa ikan lain & hewan-hewan kecil sehingga dalam aquarium, mereka tidak boleh disatukan dengan ikan-ikan yang berukuran lebih kecil.

Dalam berburu, ikan ini mendekati mangsanya dengan menggerakkan sirip dadanya perlahan-lahan sambil menghadapkan kepalanya ke bawah. Ketika ia sudah berada di dekat mangsanya, ia secara mendadak membuka mulutnya sehingga mangsanya tersedot. Dalam tangkapan, ikan daun hanya mau menerima makanan dalam kondisi hidup-hidup.



BAPAK YANG PROTEKTIF

Ikan daun Amerika Selatan jantan & betina sepintas tidak memiliki perbedaan dalam segi fisik. Namun dalam musim kawin, keduanya lebih mudah dibedakan di mana betina tubuhnya cenderung lebih membulat & memiliki ovipositor (saluran telur) yang terletak di dekat duburnya. Setelah melakukan perkawinan, betina akan melekatkan telurnya ke daun yang mengapung atau permukaan benda keras lainnya di mana jumlah telur yang dikeluarkan mencapai 300 butir.

Hal yang menarik dalam perilaku reproduksi ikan daun adalah setelah betina mengeluarkan telur-telurnya, yang menjaga telur-telur tersebut adalah pejantan. Saat menjaga telur, pejantan rajin mengipasi telur dengan sirip dadanya untuk memberi aliran oksigen. Pejantan bahkan diketahui menyerang betina yang berada di dekatnya agar menjauhi telur - tanpa peduli kalau betina itu adalah pasangan kawinnya tadi.

Ikan daun dengan pewarnaan yang berbeda-beda. (wondermode.com)

Telur-telur ikan daun menetas pada usia 60 - 90 jam. Anak ikan daun yang baru menetas sudah harus mencari makan sendiri di mana makanannya mencakup hewan-hewan air berukuran kecil.

Anak-anak ikan daun yang tumbuh lebih cepat tidak jarang memakan saudaranya yang berukuran lebih kecil sehingga dalam tangkapan, pertumbuhan mereka harus dipantau & kemudian dikelompokkan dalam wadah yang terpisah-pisah berdasarkan ukurannya. Ikan daun Amerika Selatan bisa tumbuh hingga sepanjang 8 cm. Betina umumnya berukuran sedikit lebih besar daripada pejantan.

Karena penampilannya yang unik, ikan daun Amerika Selatan banyak dipelihara oleh penggemar ikan hias. Cara memelihara ikan daun Amerika Selatan sedikit lebih sulit dibandingkan ikan air tawar lainnya karena kebutuhannya yang khusus. Mereka memerlukan aquarium dengan aliran air yang sangat lambat & dipenuhi tanaman air beserta pencahayaan redup.

Suhu air yang baik untuk memelihara ikan ini adalah antara 20-25 derajat C dengan kadar keasaman (pH) di kisaran 6. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ikan ini sangat sensitif terhadap perubahan kondisi di sekitarnya sehingga aquarium yang digunakan untuk memelihara ikan ini sebaiknya tidak sering diutak-atik.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chodata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Actinoptergii
Ordo : Perciformes
Famili : Polycentridae



REFERENSI

About Fish Online. "South American Leaf Fish (Monocirrhus polyacanthus)".
(www.aboutfishonline.com/articles/leaf-fish.html)

Evans, S.. "South American Leaf Fish".
(www.thetropicaltank.co.uk/Fishindx/leaffish.htm)

ITIS. "Polycentridae  ".
(www.itis.gov/servlet/SingleRpt/SingleRpt?search_topic=TSN&search_value=645313)
   





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



8 komentar:

  1. waduuh ini ikan daun sadis juga ya.. kanibal gan.. :D

    btw

    Mnjwb pertanyaan kamu..>> kalo gk mw makan t4 tinggal atur aj widht & height widget blogrollnya gan.. :)

    BalasHapus
  2. Bagus bagus infonya makasih mantap gan

    BalasHapus
  3. kira2 masi aktif ga ya adminnya...
    mau tanya jenis ikan daun yang totol2 ato kaya leopard itu jenis apa dan beda jantan dan betina gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan yang anda maksud ikan daun ctenopoma (Ctenopoma acutirostre). Kalau berdasarkan informasi yang saya dapat, ikan daun jantan punya duri-duri kecil di bagian tutup insangnya. Sementara betina tidak.

      Hapus
  4. Excellent jobs, really amazing

    BalasHapus
  5. Cara membesarkan bibit ikan daun yang seperti macan tutul baiknya dikasih makan apa selain jentik2 ya pak saya baru coba pelihara 8 ekor ukuran tdk seragam 2 sd 3 cm terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah memelihara ikan daun tutul sayangnya. Jadi maaf kalau jawaban saya tidak memuaskan. Kalau dari informasi yang saya dapat, ikan daun tutul yang masih kecil bisa diberi makan dengan kutu air hidup. Tapi anak ikan yang masih kecil punya resiko kematian tinggi karena mereka gampang stress & punya sifat kanibal.

      - https://nippyfish.net/2017/04/28/the-leopard-bushfish-ctenopoma-acutirostre/
      - https://www.tropical-fish-friends.com/leopard-bush-fish.html

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.