19 November 2010


Pari Hidung Lembu Jawa, Pari Bermoncong Aneh dari Lautan Indo-Pasifik



(Sumber)

Salah satu ikan pari paling unik yang sebenarnya cukup lazim tapi tidak begitu diketahui manusia adalah pari hidung lembu Jawa (Javanese cownose ray) atau pari hidung bilah (flapnose ray; Rhinoptera javanica). Nama "hidung bilah" diberikan karena bagian moncong ikan ini yang pipih & memanjang, sementara nama "hidung lembu" diberikan karena ikan ini termasuk dalam genus ikan pari yang memiliki hidung mirip hidung lembu (lihat gambar kepalanya). Selebihnya, ikan ini memiliki tubuh yang pipih & melebar layaknya ikan pari lain. Selain pari hidung lembu Jawa, terdapat beberapa spesies ikan pari hidung lembu lain yang tersebar di berbagai wilayah lautan dunia.

17 November 2010


Flamethrower (Penyembur Api), Senjata dari Neraka



(Sumber)

Salah satu senjata paling mengerikan yang pernah ditemukan manusia adalah flamethrower (penyembur api / pelontar api). Dari namanya saja kita pasti sudah bisa tahu bahwa senjata ini memakai api sebagai inti persenjataan utamanya. Pada dasarnya, penyembur api adalah semacam peralatan yang menyemburkan cairan atau gas bertekanan tinggi yang mudah terbakar & sudah disulut api sehingga ketika dikeluarkan terlihat seperti lidah api yang disemburkan.

12 November 2010


Ikan Lepu Batu, Mimpi Buruk Para Penyelam



(Sumber)

Terumbu karang adalah salah satu wilayah bawah laut yang paling indah. Sebabnya tidak lain karena di wilayah tersebut terdapat banyak hewan dengan bentuk yang unik & berwarna-warni. Karena keindahannya itulah, daerah terumbu karang menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi para para wisatawan & penyelam. Namun, terumbu karang tidak selalu berisi soal hal-hal yang indah. Wilayah ini juga menyimpan salah satu hewan laut paling mematikan yang pernah diketahui manusia : ikan lepu batu.

11 November 2010


Crna Ruka (Tangan Hitam), Kelompok Rahasia yang Memicu Perang Dunia I



Gavrilo Princip (kedua dari kanan), anggota Crna Ruka
yang membunuh pangeran Austria. (Sumber)

Pernah dengar nama Gavrilo Pricip? Harusnya pernah dengar lah, minimal waktu SD atau SMP waktu pelajaran sejarah soal Perang Dunia (kecuali kalau anda suka tidur pas pelajaran sejarah, hehehe). Dialah orang yang membunuh pangeran Austria-Hongaria, Franz Ferdinand, sehingga kemudian meletupkan salah satu konflik terbesar yang pernah dikenal manusia : Perang Dunia I. Artikel kali ini bukan membahas soal si Princip, tapi soal organisasi yang menaungi & mendukung aksi pembunuhan yang dilakukannya : Crna Ruka.

5 November 2010


Empire of the Rising Sun, Monarki Futuristik Peserta Perang Dunia



Pasukan laut Empire of the Rising Sun.

Pernah dengan game Red Alert (RA)? Game tersebut merupakan salah game "sempalan" Command & Conquer (C&C) yang poros temanya seputar perang antara kubu Allies (persekutuan negara-negara liberalis) dengan Soviet (blok negara-negara komunis). Dengan metode permainannya yang menarik & konsepnya yang unik, game tersebut berhasil memikat para penggemar game-game strategi (RTS). Belakangan, muncul lagi satu pihak baru dalam peperangan Red Alert : Empire of the Rising Sun. Nah, pihak Empire inilah yang akan dikupas dalam artikel kali ini.

1 November 2010


Kisah Sadis "Pembunuhan Hello Kitty"



(Sumber)

Hello Kitty, siapa yang tidak kenal karakter ini? Karakter yang diorbitkan oleh perusahaan Jepang, Sanrio, ini sangat populer sebagai sosok yang lucu & menggemaskan sehingga digemari oleh banyak orang, utamanya anak-anak perempuan. Namun segala hal yang berhubungan dengan Hello Kitty tidak selamanya selalu seputar hal-hal yang lucu & menggemaskan. Nama "Hello Kitty" juga sempat dipakai untuk menyebut salah satu kasus kriminal paling menggegerkan di Asia Timur pada akhir abad ke-20 : pembunuhan Hello Kitty.


Makna Lirik Lagu The Cranberries - Zombie



Cuplikan video klip The Cranberries - Zombie yang umumnya menampilkan
suasana Irlandia Utara ketika konflik "The Troubles" masih berlangsung

Tahu lagu dari band The Cranberries yang berjudul "Zombie"? Bila anda merupakan penggemar lagu-lagu luar negeri yang populer pada awal era 90-an, mestinya anda tahu dong. Sejak kemunculan awalnya, lagu beraliran rock ini semakin melambungkan popularitas band The Cranberries di mana di sejumlah negara seperti di Perancis, Jerman, Australia, & di Irlandia sendiri, lagu tersebut berhasil menembus tangga lagu atas. Dan biarpun lagu ini sudah lama rilis, lagu ini tetaplah menarik bagi banyak orang (termasuk saya).