31 Desember 2010


Burung Fregat, Sang Perompak Berdada Montok



Seekor burung fregat jantan. (Sumber)

Salah satu burung laut yang paling menarik adalah burung fregat / burung frigate / burung pergat (banyak banget ya namanya?). Nama "burung fregat" (frigatebird) berasal dari nama fregat, sejenis kapal layar untuk perang yang juga banyak dipakai oleh bajak laut dalam pelayarannya. Bukan, bukan karena burung ini suka ditemukan di kapal bajak laut maka burung fregat diberi nama demikian. Pemberian nama "fregat" didasarkan pada kebiasaannya merampok & merampas makanan dari burung laut lain. Mirip-mirip dengan aktivitas yang dilakukan oleh bajak laut terhadap kapal laut lainnya. Mengenai perilakunya yang khas tersebut akan dibahas di bagian lain artikel ini.

29 Desember 2010


Perang Kongo, Perang Terbesar di Benua Afrika (bagian 2)



Tank milik pasukan RDK di samping rombongan pengungsi. (Sumber)

Sambungan dari Perang Kongo (bagian 1).


PERIODE DAMAI SEMENTARA (1997-1998)

Tidak lama setelah tumbangnya rezim Mobutu, Laurent-Desire Kabila - pemimpin kelompok AFDL, kelompok pemberontak utama yang menggulingkan rezim Mobutu - naik menjadi presiden Zaire. Berbagai perubahan pun ia lakukan, salah satunya adalah mengganti nama Zaire menjadi Republik Demokratik Kongo (RDK). Di lain pihak, Rwanda & Uganda yang membantu pasukan AFDL menumbangkan rezim Mobutu tetap menempatkan pasukannya di wilayah RDK.

27 Desember 2010


Perang Kongo, Perang Terbesar di Benua Afrika (bagian 1)



Foto siluet dari pasukan Kongo (Zaire). (Sumber)

Afrika. Inilah nama benua yang terletak di antara Samudera Hindia & Samudera Atlantik. Benua ini terkenal karena memiliki sumber daya alam yang melimpah, wilayah liar yang masih tersebar luas, & orang-orang kulit hitam yang perkasa. Di sisi lain, Afrika juga dikenal sebagai salah satu wilayah yang penuh konflik. Anggapan itu tidak sepenuhnya salah karena faktanya, Benua Afrika memang masih sering diliputi konflik & perang saudara hingga sekarang. Dari sekian banyak konflik di sana, salah satu yang terbesar & paling berdarah adalah Perang Kongo yang terjadi di jantung Benua Afrika.

24 Desember 2010


Sinopsis Game Warcraft III : Frozen Throne



Siluet dari Illidan ketika memanggil ras Naga.

Sambungan dari bagian 1 (Reign of Chaos).


PROLOG

Tidak lama sesudah Archimonde tewas usai gagal mengklaim kekuatan dari Pohon Dunia, pasukan Burning Legion yang masih ada pun kini tercerai-berai. Di tempat lain, Illidan yang sudah diusir dari Kalimdor karena dituduh berkhianat & mengkonsumsi kekuatan iblis kini merenung sendirian di tepi samudera. Di tengah-tengah renungannya, ia memanggil ras yang sebelumnya merupakan bagian dari ras peri (Elf), namun sekarang memiliki wujud seperti reptil & hidup bersembunyi di dasar samudera karena nafsu mereka yang begitu besar akan sihir : ras Naga. Di bawah perintah Illidan, para naga pun bersiap menjalankan sebuah rencana besar yang misterius...

13 Desember 2010


Sinopsis Game Warcraft III : Reign of Chaos



Tampilan awal game "Reign of Chaos" yang menampilan
suasana medan perang dalam kisah gamenya.

Oke, atas permintaan salah seorang pengunjung di sini maka kali ini saya akan membahas seputar game Warcraft 3. Berbeda dengan artikel-artikel seputar game sebelumnya, artikel kali ini hanya akan membahas aspek ceritanya. Mungkin bakal ada yang bertanya-tanya, kenapa saya hanya membahas soal ceritanya. Sederhana saja. Bagi saya, hal yang paling menarik dari game W3 adalah aspek ceritanya. Selain itu, bila semua unsur dalam game dibahas, maka artikel ini bakal jadi terlalu panjang & kurang fokus. Mungkin kalau ada waktu, saya juga akan mengangkat unsur-unsur lain dari W3.

4 Desember 2010


Harvestman, "Laba-Laba Palsu" yang Berkaki Panjang



(Sumber)

Laba-laba penuai (harvestman) adalah hewan kecil mirip laba-laba dengan kaki-kaki yang amat panjang. Sepintas tidak ada yang menarik dari hewan ini karena hewan ini terlihat tidak ada bedanya dengan laba-laba lain. Namun justru hal itulah yang menarik karena hewan ini sebenarnya bukanlah laba-laba. Bingung ya? Supaya tidak bingung lagi, silakan dilanjutkan bacanya.

1 Desember 2010


Symbiote, Lumpur Hidup Pecandu "Manusia Laba-Laba"



Rombongan symbiote sedang beraksi! (Sumber)

Symbiote, ada yang pernah dengar nama itu? Belum? Oke, bagaimana kalau Venom atau Carnage? Pernah dengar? Harusnya pernah lah sekali 2 kali. Mereka adalah 2 dari sekian banyak musuh dari Spider-Man, tokoh komik AS yang sangat populer dengan reputasinya sebagai "manusia laba-laba". Tapi kali ini kita tidak akan bicara soal Spider-Man. Kita akan bicara soal symbiote, zat yang menginspirasi lahirnya Venom & Carnage. Oke, para pengunjung sekalian. Mari kita lanjutkan...