28 Desember 2011


Rhea, Burung Raksasa dari Benua Amerika



Burung rhea dari spesies Rhea americana. (Sumber)

Kalau kita mendengar kata burung, maka pasti hampir semua dari kita akan membayangkan hewan berbulu & berparuh yang bisa terbang. Well, bayangan tersebut tidak sepenuhnya salah karena memang seperti itulah karakteristik dari sebagian besar burung yang dikenal oleh manusia. Kendati demikian, ada juga burung-burung yang tidak bisa terbang kendati memiliki sayap. Salah satu dari contoh burung tersebut adalah burung rhea, topik pembahasan dari artikel kali ini.

21 Desember 2011


Kepulauan Solomon, Negeri Pasifik yang Dicabik Pertumpahan Darah



Foto udara dari Kepulauan Solomon. (Sumber)

Oseania (Oceania) adalah sebutan untuk kawasan yang terletak di Samudera Pasifik bagian tengah di mana negara-negara yang menyusun Oseania umumnya berupa negara pulau atau kepulauan (kecuali Australia, yang aslinya merupakan sebuah benua kecil). Karena luas daratannya yang kecil & letaknya yang relatif terisolasi dari benua lainnya, maka kawasan Oseania pun bisa dibilang hanya memiliki peran yang minim dalam sejarah dunia. Namun, minim bukan berarti kawasan ini lantas tidak memiliki sejarah yang menarik. Kali ini, pihak Republik ingin membahas soal sejarah konflik di Kepulauan Solomon, salah satu negara di kawasan Oseania.

15 Desember 2011


Vikuna, Unta Elegan dari Amerika Selatan



(Sumber)

Vikuna (vicuna; Vicugna vicugna) adalah sejenis hewan mamalia pemakan tumbuhan yang cukup unik. Jika dilihat sekilas, kita mungkin berpikir bahwa vikuna adalah sejenis rusa karena penampilannya yang mirip. Faktanya, vikuna sebenarnya adalah sejenis unta (famili Camelidae) karena mereka memiliki ciri-ciri khusus yang hanya dimiliki unta, antara lain lambung dengan 3 ruang, leher yang panjang, adanya sepasang tulang jari yang menonjol keluar sebagai pengganti kuku, & bibir atas yang terbagi menjadi 2 bagian yang bisa bergerak sendiri-sendiri.

10 Desember 2011


Superman versus Captain Marvel, Duel di Dunia Komik & Dunia Nyata




Superman yang sedang berkelahi melawan Captain Marvel. (Sumber)

Oke, setelah belakangan Republik ini hanya memuat artikel soal sejarah & fauna, maka kali ini pihak Republik ingin kembali membuat artikel yang temanya sedikit lain sebagai penyegaran. Sebenarnya masih menyerempet soal sejarah sih, tapi sejarah yang dibahas lebih condong seputar karya hiburan. Kali ini topik yang ingin dibahas adalah soal "duel" antara Superman & Captain Marvel, 2 karakter superhero yang sangat terkenal di dunia komik Amerika Serikat (AS). Bagi saya pribadi, duel antara keduanya menarik untuk dibahas karena duel yang terjadi tidak hanya terjadi di dunia fiksi (komik), tapi juga di dunia nyata! Penasaran? Kalau begitu ayo kita lanjut...

5 Desember 2011


Sendero Luminoso, "Jalan Bersinar" yang Membuat Peru Terpecah Belah



(Sumber)

Amerika Latin adalah sebutan untuk kawasan di Benua Amerika yang mayoritasnya berbahasa Spanyol & Portugal. Jika dibandingkan dengan kawasan Amerika Utara - khususnya AS - kawasan Amerika Latin relatif lebih tertinggal dalam hal kemakmuran & perkembangan teknologi. Salah satu sebab ketertinggalan tersebut adalah kurang stabilnya aktivitas pemerintahan di negara-negara Amerika Latin yang ditandai dengan banyaknya aktivitas kudeta & pemberontakan. Dari sekian banyak pemberontakan yang terjadi di Amerika Latin, salah satu kelompok pemberontak yang cukup terkenal adalah Sendero Luminoso yang berbasis di Peru.