Jenis-Jenis Hewan Laut dalam Kartun "SpongeBob SquarePants"



(Sumber)

Rasanya tidak ada orang yang tidak mengenal "SpongeBob SquarePants". Ya, itu adalah nama dari serial kartun Amerika Serikat (AS) yang bercerita tentang kehidupan karakter bernama sama di sebuah kota bawah laut fiktif bernama Bikini Bottom. Berkat ceritanya yang lucu & menghibur, serial kartun tersebut kini menjadi salah satu serial kartun yang paling digemari. Di Indonesia sendiri, serial kartun SpongeBob awalnya ditayangkan di stasiun televisi Lativi sebelum kemudian ditayangkan oleh Global TV sampai sekarang.

Karena settingnya yang berada di bawah laut, maka secara otomatis karakter-karakter yang ditampilkan dalam serial itupun banyak terinspirasi dari hewan laut. Namun tahukah para pengunjung, hewan-hewan laut apa saja yang menjadi sumber inspirasi dari karakter-karakter di serial kartun yang bersangkutan? Jawabannya bisa para pengunjung temukan dalam artikel ini.

Supaya artikelnya tidak terlampau panjang, maka artikel ini hanya akan membahas karakter-karakter yang sering muncul di episode-episode SpongeBob. Artikel ini juga tidak akan menyinggung soal karakter Sandy Cheeks karena karakter yang bersangkutan terinspirasi dari tupai yang notabene bukan hewan laut.



SPONGEBOB SQUAREPANTS / SPONS MANDI (Spongia officinalis)

(Sumber 1) (2)

Penjelasan Karakter

Spongebob Squarepants adalah tokoh utama dari serial kartun yang bernama sama. Ia adalah spons kuning berbentuk kotak yang tinggal di sebuah rumah berbentuk nanas. Pekerjaannya adalah juru masak sebuah restoran cepat saji yang bernama Krusty Krab. Spongebob memiliki kepribadian ceria & mudah bergaul walaupun dalam banyak kesempatan, ia juga ditampilkan kerap bertingkah kekanak-kanakan.

Saat sedang tidak bekerja, ia gemar melakukan aktivitas seperti menangkap ubur-ubur, bermain karate, & meniup gelembung sabun. Spongebob juga memiliki hewan peliharaan berupa seekor siput laut yang ia beri nama Gary.

Penjelasan Hewan

Spons mandi (bath sponge) adalah nama dari sejenis spons atau hewan berpori yang mendapatkan nama demikian karena seringnya hewan tersebut dijadikan alat mandi oleh manusia. Namun sebagai akibat dari tingginya aktivitas penangkapan spons untuk keperluan itu pula, populasi spons mandi di alam liar kini mengalami penurunan. Spons mandi bisa ditemukan di Laut Mediterania, Laut Karibia, & Samudera Hindia barat pada kedalaman maksimal 40 m. Tubuhnya berwarna abu-abu tua, namun saat mati spons yang bersangkutan akan berubah warna menjadi kuning atau coklat.



PATRICK STAR / BINTANG LAUT MERAH MUDA RAKSASA (Pisaster brevispinus)

(Sumber 1) (2)

Penjelasan Karakter

Patrick Star adalah sahabat terdekat dari Spongebob yang memiliki fisik gemuk & berkepala lonjong. Keduanya sering melakukan aktivitas bersama-sama, misalnya menangkap ubur-ubur. Rumahnya berupa batu raksasa berbentuk setengah bola yang jaraknya tidak jauh dari rumah Spongebob & hanya dipisahkan oleh rumah milik Squidward. Patrick dikenal sebagai sosok yang malas, bodoh, & suka sekali makan. Namun di balik kelemahannya tersebut, ia juga dikenal sebagai sosok yang ceria & setia kawan.

Penjelasan Hewan

Bintang laut merah muda raksasa (giant pink sea star) adalah salah satu spesies bintang laut terbesar yang dikenal manusia. Hewan ini memiliki 5 lengan & bisa tumbuh hingga diameter 60 cm. Tubuhnya berwarna merah muda & bagian atasnya dipenuhi oleh duri-duri kecil yang panjangnya bisa mencapai 2 mm.

Layaknya bintang laut lainnya, bintang laut merah muda raksasa adalah karnivora dasar laut yang makanannya mencakup kerang laut, siput laut, teritip, cacing laut, & bangkai ikan serta cumi-cumi. Habitat dari bintang laut merah muda adalah perairan pantai barat AS dengan kedalaman maksimal 110 m.



SQUIDWARD TENTACLE / GURITA BIASA (Octopus vulgaris)

(Sumber 1) (2)

Penjelasan Karakter

Squidward Tentacle adalah tetangga dari Spongebob & Patrick. Ia memiliki tubuh kurus dengan kepala & hidung yang besar dengan telapak tangan serta kaki yang bertentakel. Squidward membenci Spongebob & Patrick karena menganggap keduanya terlalu berisik & kekanak-kanakan. Seperti halnya Spongebob, ia juga bekerja di restoran Krusty Krab. Namun di restoran tersebut ia bekerja sebagai kasir. Squidward memiliki kecintaan yang tinggi akan seni & suka bermain klarinet. Ia juga dikenal sebagai sosok yang suka mengeluh & sering melontarkan lelucon sinis.

Penjelasan Hewan

Gurita biasa (common octopus) adalah spesies gurita yang bisa tumbuh hingga ukuran 90 cm. Tubuhnya berbentuk bulat, lunak, & memiliki 8 lengan panjang berpenghisap di bagian bawahnya. Hewan ini bisa ditemukan di semua perairan yang suhunya tidak terlampau dingin & memiliki kedalaman maksimal 200 m. Gurita biasa mampu mengubah tekstur & warna kulitnya hingga menyerupai lingkungan sekitarnya.

Walaupun kemampuan tersebut membuatnya menjadi sulit dilihat, ada trik khusus untuk mengetahui lokasi persembunyian dari gurita yang bersangkutan. Gurita biasa memiliki kebiasaan meninggalkan tumpukan cangkang kerang & Crustacea makanannya di dekat sarangnya sehingga jika kita berhasil menemukan tumpukan cangkang tersebut, maka kita punya peluang besar untuk menemukan guritanya.



GARY / SIPUT BULAN UTARA (Lunatia heros)

(Sumber 1) (2)

Penjelasan Karakter

Gary adalah siput laut peliharaan Spongebob. Walaupun penampilannya mirip siput, Gary memiliki perilaku layaknya kucing darat karena suka mengeong. Adapun suara mengeong adalah satu-satunya suara yang bisa dihasilkan oleh Gary karena dia tidak bisa berbicara & berdialog secara normal layaknya karakter-karakter yang lain. Gary tidak suka mandi, namun ia suka berendam di dalam lumpur. Squidward kadang merasa sebal dengan Gary karena Gary suka meninggalkan jejak lendir yang licin saat bergerak.

Penjelasan Hewan

Siput bulan utara (northern moon snail) adalah spesies siput laut yang hanya ditemukan di pantai timur Kanda & pantai timur laut AS. Cangkangnya berbentuk bulat & berwarna coklat kemerahan di mana ukuran diameter maksimal dari cangkangnya adalah 10 cm. Walaupun terkesan lamban & tidak berbahaya, siput bulan utara aslinya adalah hewan pemangsa yang rakus. Makanan utamanya adalah hewan-hewan bercangkang & bertubuh lunak lainnya (Mollusca) semisal kerang laut. Saat makan, siput bulan utara akan menggunakan gigi radulanya untuk melubangi cangkang mangsanya. 



MR. KRABS / KEPITING HANTU ATLANTIK (Ocypode quadrata)

(Sumber 1) (2)

Penjelasan Karakter

Mr. Krabs adalah pemilik dari restoran Krusty Krab, restoran tempat Spongebob & Squidward bekerja. Ia memiliki tubuh gemuk berbentuk kerucut, mata yang panjang, & telapak tangan / capit yang besar. Mr. Krabs dikenal sebagai sosok yang sangat irit & mata duitan. Jika mendengar kata uang, maka ia pasti akan langsung bersemangat. Sifatnya tersebut tidak jarang membuat sebal orang-orang yang ada di sekitarnya. Mr. Krabs memiliki musuh bebuyutan bernama Plankton karena Plankton selalu berusaha mencuri formula rahasia dari Kraby Patty, menu andalan Krusty Krab.

Penjelasan Hewan

Kepiting hantu Atlantik (Atlantic ghost crab) adalah salah satu spesies kepiting yang - sesuai namanya - hanya bisa ditemukan di Samudera Atlantik, tepatnya di pantai timur Amerika. Hewan ini bisa dibedakan dari kepiting lainnya dengan melihat sepasang tangkai matanya yang panjang, warna tubuhnya yang kuning kemerahan, & capitnya yang besar sebelah.

Kepiting hantu Atlantik memiliki kebiasaan menggali lubang di tanah berpasir yang terletak di tepi laut sebagai tempat bersembunyi saat matahari bersinar. Ketika matahari terbenam, barulah kepiting ini mulai aktif mencari makan di mana makanan favoritnya mencakup kerang laut, kepiting lain, & telur serta bayi penyu.



PEARL KRABS / PAUS BIRU (Balaenoptera musculus)

(Sumber 1) (2)

Penjelasan Karakter

Pearl Krabs adalah anak perempuan dari Mr. Krabs. Jika ayahnya memiliki bentuk seperti kepiting, maka Pearl memiliki penampilan menyerupai ikan paus dengan kepala besar & berbentuk kotak (jangan tanya saya kenapa perbedaannya bisa seekstrim itu). Perilaku dari Pearl bisa dikatakan tidak berbeda dengan remaja-remaja perempuan pada umumnya. Ia suka berkumpul bersama teman-temannya & mengikuti hal-hal yang sedang menjadi tren. Pearl sering merasa sebal dengan ayahnya yang ia anggap terlalu pelit & kuno. Ia juga suka menangis bila keinginannya tidak dituruti oleh ayahnya.

Penjelasan Hewan

Paus biru (blue whale) adalah hewan terbesar yang ada di dunia dengan panjang maksimal 30 m lebih. Walaupun berukuran sangat besar, makanan utama dari paus biru adalah hewan-hewan kecil menyerupai udang yang dikenal sebagai krill. Ia bisa ditemukan di semua samudera, kecuali Samudera Arktik yang terletak di bagian utara bumi.

Karena paus biru pada dasarnya adalah mamalia, maka mereka melahirkan serta menyusui anaknya & perlu muncul ke permukaan air secara periodik untuk bernapas. Paus biru pernah mengalami penurunan populasi yang sangat tajam akibat perburuan yang dilakukan oleh manusia sehingga kini aktivitas perburuan paus biru dilarang di seluruh dunia.



SHELDON W. PLANKTON / Cyclops sp.

(Sumber 1) (2)

Penjelasan Karakter

Sheldon W. Plankton adalah salah satu karakter terkecil dalam serial kartun Spongebob. Ia memiliki tubuh lonjong berwarna hijau dengan mata satu yang besar & antena berjumlah sepasang. Plankton memiliki restoran bernama Chum Bucket yang terletak tepat di seberang Krusty Krab. Karena restorannya sepi pengunjung, ia selalu berusaha mencuri resep rahasia pembuatan Kraby Patty dari tangan Mr. Krabs walaupun upayanya tersebut selalu berakhir dengan kegagalan.

Plankton bisa dianggap sebagai salah satu karakter paling jenius dalam serial kartun Spongebob karena ia memiliki banyak ciptaan untuk membantunya mewujudkan obsesinya. Plankton juga memiliki komputer bernama "Karen" yang ia anggap sebagai istrinya sendiri.

Penjelasan Hewan

Cyclops adalah nama dari genus Copepoda, sejenis plankton hewani (zooplankton) yang memiliki bentuk lonjong & sepasang antena panjang. Ada lebih dari 400 spesies hewan yang menyusun genus Cyclops. Nama "Cyclops" pada hewan ini sendiri berasal dari nama raksasa dalam mitologi Yunani yang bermata satu karena kebetulan hewan Cyclops juga memiliki mata tunggal berwarna hitam atau merah di bagian tengah kepalanya.

Habitat dari Cyclops adalah perairan air tawar di seluruh dunia, namun kadang-kadang mereka juga bisa ditemukan di perairan payau. Ukuran maksimum dari Cyclops adalah 5 mm & mereka memiliki peran sangat penting dalam rantai makanan setempat karena banyak hewan berukuran lebih besar yang hidup dari memakan Cyclops.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Animal Diversity Web - Ocypode quadrata : Information
ARkive - Blue whale videos, photos, and facts
EcoKids - Northern Moon Snail
Microscope - Cyclops fresh water crustacean (copepod)
NatureSpot - Cyclops sp.
The Cephalopod Page - Octopus vulgaris, the Common octopus
Virtual Zoo - Spongia officinalis
Walla Walla University - Pisaster brevispinus (Stimpson, 1857)
Wikipedia - List of SpongeBob SquarePants characters
Wikipedia - Spongia officinalis

  




COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



20 komentar:

  1. nyonya puff--ikan buntal duren
    larry lobster--lobster berduri
    hahaha
    btw, pearl bukannya paus sperma ya?kan kepalanya kotak gitu?

    BalasHapus
  2. @emon

    Kalau saya lebih suka menganggap Pearl itu paus biru. Soalnya kulitnya sama-sama pucat & ada garis-garis di bawah mulutnya

    Kalau soal bentuk kotak sih saya cenderung ngeliat itu lebih ke faktor kreativitas pembuatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut situs spongebob.wikia.com, disebutkan bahwa Pearl Krabs adalah seekor paus sperma, bukan paus biru. Hal ini bisa dilihat dari fisiknya, seperti kepalanya berbentuk kotak dan warnanya yang kelabu (setahu saya paus juga banyak yang memiliki warna kelabu, meski umumnya berwarna hitam). Justru keberadaan gurat-gurat pada leher Pearl Krabs yang saya rasa merupakan bagian dari kreativitas kreatornya, mengingat nampaknya pakaian yang dikenakan oleh Pearl ukurannya kekecilan. Dari episode Spongebob sendiri sebenarnya ada karakter yang lebih layak diidentifikasikan sebagai paus biru, namanya Frank, hanya tampil dua kali saja dalam episode "Ripped Pants" dan "You Don't Know Sponge".

      Hapus
    2. Saya setuju..ini paus sperma .. Lebih percaya sama Sumber aslinya

      Hapus
  3. Balasan
    1. Kalau anda ingin copas artikelnya untuk dipajang di situs lain, maaf, saya nggak bisa memberikan izin.

      Tapi kalau artikelnya ingin anda gunakan untuk bahan bacaan pribadi semata, anda bisa menyimpan versi PDF dari artikelnya. Cara menyimpannya sudah saya tulis di bagian atas kotak komentar.

      Hapus
  4. keren brooo... tapi sayang infonya dikit tambah lagi dunk mana larry,mana ny puff, mana nenek, ibu ayah spongbob?? :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk masukannya. Saya pertimbangkan dulu ya. Soalnya alasan saya nggak mencantumkan semua karakter dari kartunnya ya supaya artikelnya nggak jadi terlampau panjang.

      Hapus
  5. keren gan,tapi gw bingung nehh...larry itu apaan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Larry itu aslinya udang lobster Amerika (Homarus americanus)

      Hapus
  6. terimaksih infonya sangat bermanfaat gan

    BalasHapus
  7. Suka banget sama karakter2 tersebut mas. kalo ada sih jelasin juga karakter dewa neptunus itu apa mas hehe

    BalasHapus
  8. maaf gan, bukannya Pearl itu adalah Paus Sperma? bukan Paus Biru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya paus biru. Sebab kulitnya pucat & ada garis-garis di bawah mulutnya. Soal bentuknya yang kotak, saya anggap itu bagian dari kreativitas tim pembuatnya.

      Hapus
  9. Afternoon all time to rest so that tomorrow can present new information thanks .

    BalasHapus
  10. Larry itu sejenis udang amerika

    BalasHapus
  11. Terima kasih sangat membantu dalam mengerti klasifikasi mahluk hidup

    BalasHapus
  12. salam dari masa depan tepatnya 2023 bulan mei 25

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.