SEJARAH        FAUNA         HIBURAN


SCP-173, Patung Pembunuh yang Jadi Sensasi Dunia Maya





(Sumber)

Berkat keberadaan jaringan internet, orang-orang yang terpisah jarak hingga ribuan kilometer sekalipun tetap bisa saling berkomunikasi dengan mudah. Salah satu dampak dari hal tersebut adalah terciptanya proyek-proyek kolaboratif di internet. Dalam proyek macam ini, sejumlah pengguna internet yang memiliki kesamaan minat akan berkumpul & kemudian mengerjakan suatu proyek bersama-sama. Situs ensiklopedia Wikipedia adalah contoh dari proyek kolaboratif karena kegiatan penulisan artikel di situs tersebut dikerjakan oleh para pengguna internet secara bersama-sama. Kalau untuk ranah penulisan fiksi, SCP adalah contoh dari proyek kolaboratif.

SCP adalah sebutan untuk suatu dunia fiktif (tidak benar-benar nyata) di mana dalam dunia versi ini, ada sebuah organisasi rahasia bernama Yayasan SCP (SCP Foundation) yang bertugas menangkap & mempelajari makhluk-makhluk abnormal. Mulai dari monster reptil yang bisa menyembuhkan diri dengan amat cepat, sosok wajah tanpa badan yang menghuni tangga tanpa ujung bawah, topeng yang bisa mengeluarkan tentakel untuk menjerat korbannya, hingga mesin lampu sorot yang bayangan hasil sorotannya bisa bergerak secara mandiri.

SCP sendiri merupakan singkatan dari "Secure, Contain, Protect" (Amankan, Tahan, Lindungi) di mana nama tersebut dipilih untuk mengilustrasikan cara kerja Yayasan SCP. Di dalam ceritanya, setiap kali anggota Yayasan SCP berhasil mengidentifikasi suatu makhluk, makhluk yang bersangkutan akan diberi nama SCP dengan tambahan kode angka di belakangnya (misalnya SCP-173). Ide mengenai SCP sendiri bermula dari sebuah cerpen bertema horor yang diunggah ke situs forum 4chan pada tahun 2007. Karena konsep & gaya penulisannya yang begitu unik, orang-orang lantas berlomba-lomba membuat cerita SCP-nya masing-masing.

Logo Yayasan SCP. (Sumber)
Sebagai akibat dari begitu tingginya minat khalayak internet akan SCP, sebuah situs yang sekarang berlamat di scp-wiki.net pun lantas didirikan pada tahun 2008 khusus untuk menampung cerpen & artikel bertema SCP. Hingga akhir tahun 2018, situs tersebut dilaporkan sudah memuat lebih dari 4.000 tulisan bertema SCP. Tidak jarang orang awam yang membaca kisah SCP tanpa tahu asal muasalnya mengira kalau makhluk SCP adalah makhluk yang benar-benar nyata. Pasalnya penulis cerpen SCP kerap menggunakan gaya penulisan yang terkesan ilmiah sekaligus realistik, sambil menyertakan foto dari sesuatu yang benar-benar ada di dunia nyata sebagai ilustrasinya.

Oke, itu tadi sekilas soal SCP. Dalam kesempatan kali ini, pihak Republik akan membahas soal SCP-173, sejenis patung yang bisa bergerak sendiri setiap kali manusia yang melihatnya berkedip. Dan tidak seperti artikel-artikel Republik sebelumnya yang membahas soal makhluk fiktif, dalam artikel kali ini pihak Republik tidak akan membahas soal sejarah versi fiksi dari SCP-173 karena tidak ada alur cerita yang baku mengenai SCP-173. Untuk segmen "Karakteristik" sendiri, pihak Republik akan memakai cerpen perdana SCP-173 yang muncul pada tahun 2007 sebagai patokannya.



SEJARAH (VERSI DUNIA NYATA)

Tahun 2007, seorang pengguna forum 4chan yang menggunakan nama alias USS Walrus mengunggah sebuah cerpen horor yang menceritakan tentang SCP-173. Tidak seperti cerpen horor pada umumnya yang memiliki gaya penulisan naratif & banyak disisipi elemen kejutan (jumpscare), cerpen yang ia buat justru menggunakan gaya penulisan deskriptif & lebih terlihat menyerupai laporan hasil pengamatan ilmiah. Dalam tulisan yang sama, USS Walrus menggambarkan SCP-173 sebagai makhluk berbahaya yang sedang dikurung & para ilmuwan yang sedang menangani SCP-173 harus mengikuti instruksi khusus supaya tetap selamat.

USS Walrus juga menyertakan foto SCP-173, di mana foto tersebut menampilkan sebuah ruangan berisi sosok yang dikesankan sebagai SCP-173. Sosok dalam foto itu sendiri aslinya adalah patung buatan seniman Izumi Kato yang dibuat pada tahun 2004. Meskipun patung yang dijadikan foto ilustrasi SCP-173 memang benar-benar ada, cerita mengenai SCP-173 sendiri hanyalah hasil karangan semata. USS Walrus sendiri diperkirakan menggunakan foto tersebut semata-mata karena ia merasa terkesan dengan penampakan patungnya. Bukan karena sebab-sebab tertentu semisal karena ia memiliki hubungan langsung dengan Izumi Kato, atau karena patung aslinya mengandung unsur mistis.

Sebelum kita membahas lebih jauh soal SCP-173, tidak ada salahnya kita membahas sedikit soal Izumi Kato selaku pencipta patung yang menjadi sumber inspirasi SCP-173. Menurut situs resminya, Kato adalah seorang seniman asal Jepang yang lahir pada tahun 1969. Patung yang dibuatnya pada tahun 2004 diketahui hanyalah satu dari sekian banyak patung & lukisan buatannya yang menampilkan sosok manusia  dalam wujud demikian. Tidak dijelaskan secara rinci mengapa dalam karya-karyanya, Kato kerap menggambarkan manusia dalam wujud seperti itu.

Beberapa contoh patung hasil karya Izumi Kato. (Sumber)

Kalau menurut pendapat pihak Republik sendiri, mungkin Kato menampilkan sosok manusia dalam wujud kerdil menyerupai bayi untuk menyimbolkan sifat polos & tidak berdaya. Layaknya bayi yang lahir dalam kondisi telanjang & tidak tahu bagaimana cara melindungi dirinya sendiri di dunia. Sementara mengenai penampakan wajah-wajah dalam patung & lukisannya, Kato mungkin sengaja menampilkan wajah manusia sedemikian rupa untuk menyimbolkan sifat pesimis & hal-hal suram di dunia. Sebelum benar-benar menjadi seniman profesional seperti sekarang, Kato diketahui sempat dilanda kebimbangan selama beberapa tahun selepas lulus dari universitas seni.

Kembali ke soal SCP-173. Berkat gaya penulisannya yang terkesan realistik & tidak biasa, cerpen buatan USS Walrus tersebut lantas menginspirasi pengguna forum yang lain untuk ikut membuat cerpen dengan gaya penulisan serupa, namun dengan sosok makhluk yang berbeda. Bisa dibilang, cerpen SCP-173 buatan USS Walrus tersebut menjadi tonggak lahirnya jagad fiktif SCP seperti yang kita kenal sekarang. Karena format forum 4chan dianggap kurang memadai untuk menampung cerpen-cerpen bertema SCP yang jumlahnya kian banyak, situs SCP Wiki pun kemudian didirikan pada bulan Januari 2008 sebagai solusinya.

Kendati ada banyak cerpen bertema SCP yang dibuat, cerpen-cerpen tersebut memiliki kemiripan satu sama lain dalam hal struktur cerita. Artikel mengenai identitas suatu makhluk SCP biasanya ditulis layaknya laporan pendek mengenai ciri-ciri & tingkah laku suatu makhluk, beserta panduan mengenai cara menangani makhluk yang sama. Sementara dalam tulisan bertipe naratif, nama-nama tokoh manusianya akan disamarkan untuk mengesankan bahwa cerpen tersebut aslinya adalah dokumen rahasia berisi riwayat interaksi manusia dengan makhluk SCP.

SCP-173-J, versi parodi
dari SCP-173. (Sumber)
Tidak ada alur cerita yang baku dalam jagad SCP sehingga setiap orang pada dasarnya bisa menulis kisah SCP versinya masing-masing. Hal tersebut juga berlaku untuk SCP-173. Dalam salah satu cerpen misalnya, SCP-173 diceritakan berasal dari arwah seorang tersangka kasus pembunuhan yang membuat perjanjian dengan setan. Sementara dalam cerpen berjudul "Revised Entry", SCP-173 diceritakan bisa memperbanyak dirinya sendiri. Ada juga SCP-173 versi parodi yang bernama SCP-173-J (kependekan dari Joke / Lelucon), di mana SCP yang bersangkutan diceritakan menyukai alat musik marakas & gemar meninggalkan jejak cokelat di lantai.

Sukses menjadi idola baru para penggemar creepypasta (cerita horor internet), SCP-173 lantas turut merambah ke media game. Ada sejumlah game bertema SCP yang sudah dibuat. Namun dari sekian banyak game tersebut, salah satu yang paling terkenal adalah game berjudul "SCP - Containment Breach" (SCP-CB; SCP - Kebocoran Karantina) yang dirilis secara cuma-cuma pada tahun 2012. Game ini sendiri bercerita tentang seorang manusia yang harus melarikan diri keluar fasilitas milik Yayasan SCP dalam kondisi hidup-hidup setelah SCP-173 berhasil melarikan diri dari selnya & menimbulkan kegaduhan. Berkat game itu pulalah, kian banyak khalayak internet yang mengenal sosok SCP-173 sehingga popularitasnya jadi semakin terdongkrak.



KARAKTERISTIK

Tidak diketahui asal-usul pasti dari SCP-173 selain fakta bahwa makhluk ini pertama kali ditangkap oleh Yayasan SCP pada tahun 1993. Dari segi penampilan, SCP-173 nampak seperti sesosok makhluk humanoid yang tangannya mengarah ke depan. SCP-173 sendiri aslinya adalah patung yang terbuat dari beton & kerangka besi, dengan lapisan cat semprot kering menyelimuti sekujur badannya. Meskipun sepintas nampak seperti patung biasa, SCP-173 aslinya adalah makhluk hidup yang bisa bergerak & merasakan keadaan sekelilingnya.

SCP-173 memiliki kulit berwarna krem kusam dengan bagian bokong, punggung bawah, & perut berwarna gelap keunguan layaknya luka memar pada manusia. Kepalanya berukuran besar tanpa rambut & daun telinga. Di bagian wajahnya, terdapat sepasang mata berbentuk bundar dengan corak berwarna hitam di bagian mulut, pipi, & hidungnya. Sementara di bagian lubang telinga, kening, & sekeliling hidungnya, terdapat corak berwarna merah darah.

Ciri khas dari SCP-173 adalah kemampuannya untuk bergerak dengan amat cepat setiap kali orang-orang di dekatnya memejamkan mata. Ketika orang di dekat SCP-173 mengedipkan matanya sendiri, SCP-173 sudah berdiri di tempat yang berbeda begitu orang tersebut membuka kembali matanya. Seolah-olah SCP-173 bisa menghilang & muncul kembali dalam sekejap. Jarak yang bisa ditempuh oleh SCP-173 saat seseorang mengedipkan mata adalah 2 meter. Dengan melihat hal tersebut, bisa dispekulasikan bahwa semakin lama seseorang menutup matanya sendiri, semakin jauh pula jangkauan gerak dari SCP-173.

SCP-173 saat dikelilingi oleh orang-orang yang sedang
membersihkan ruangan selnya. (Sumber)

Masih belum diketahui kenapa SCP-173 hanya bisa bergerak jika tidak ada manusia yang menatapnya secara langsung. Demikian juga perihal apakah SCP-173 bergerak dengan memakai metode teleportasi jarak dekat, atau bergerak menyusuri tanah dengan kecepatan yang tidak bisa ditangkap oleh mata telanjang. Kalau merujuk pada kesaksian orang-orang yang pernah menjaga sel penampungan SCP-173, nampaknya SCP-173 bergerak dengan cara yang kedua. Pasalnya menurut kesaksian mereka, suara gesekan batu kerap terdengar dari dalam ruangan SCP-173.

Walaupun terlihat tidak berbahaya, SCP-173 aslinya adalah makhluk yang sangat mematikan. Setiap kali ada manusia di dekatnya & manusia tersebut tanpa sengaja mengedipkan matanya, SCP-173 akan langsung bergerak menuju orang tersebut untuk mematahkan lehernya / mencekiknya. Sekali tertangkap, manusia yang menjadi korban SCP-173 akan langsung tewas di tempat. Tidak diketahui kenapa SCP-173 bersikap begitu agresif terhadap manusia. Namun SCP-173 diyakini melakukan hal tersebut bukan karena ia ingin memakan korbannya.

SCP-173 yang baru saja
membunuh 2 orang manusia.
Pihak Yayasan SCP sendiri sudah memiliki cara untuk menjinakkan SCP-173. Jika seseorang tanpa sengaja berpapasan dengan SCP-173, orang tersebut diminta berjalan mundur ke balik tembok sambil tetap menatap SCP-173 supaya makhluk tersebut tetap diam di tempatnya. Lalu saat manusia hendak memasuki ruangan sel tempat SCP-173 dikurung, manusia yang memasuki ruangannya harus berjumlah minimal 3 orang. Setiap kali salah seorang di antara mereka hendak berkedip, orang tersebut harus mengumumkannya supaya 2 orang lainnya tidak ikut berkedip.

SCP-173 diperkirakan hanya menunjukkan tanggapan agresif terhadap manusia yang bergerak di dekatnya. Pasalnya biarpun kuat karena terbuat dari beton, SCP-173 tidak pernah mencoba mendobrak jendela ruangannya & hanya akan keluar jika pintu ruangannya berada dalam kondisi terbuka. SCP-173 juga memiliki kebiasaan untuk meninggalkan jejak darah & kotoran pada lantai ruangannya. Untuk mencegah agar ruangannya tidak terlampau kotor & penuh dengan bakteri-bakteri penyebar penyakit, ruangan tempat SCP-173 disekap pun harus dibersihkan 2 kali seminggu.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Arhive.Today - From the Files of Site 19
Izumi Kato - Profile
Scai the Bathouse - Izumi Kato
SCP Foundation - History Of The Universe
SCP Foundation - Revised Entry
SCP Foundation - SCP-173
SCP Foundation - SCP-173-J
The Lost Media Wiki - SCP-173
Wattpad - SCP-173
Wikipedia - SCP Containment Breach




COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.