SEJARAH        FAUNA         HIBURAN          Cari Artikel  →

Freddy Krueger, Sang Penebar Teror di Alam Mimpi



(Sumber)

Jika anda hobi menonton film-film horor yang berasal dari Amerika Serikat (AS), maka nama Freddy Krueger pastinya bukanlah nama yang asing. Ya, benar. Itu adalah nama dari karakter film horor yang menjadi antagonis utama di seri film "A Nightmare on Elm Street" (ANES). Di dalam filmnya, Freddy diceritakan sebagai pembunuh berantai yang tewas dibakar hidup-hidup, namun kemudian bangkit kembali sebagai arwah penasaran yang tubuhnya penuh dengan luka bakar & tangan kanannya dilengkapi dengan sarung tangan bercakar logam.

Freddy digambarkan bisa membunuh dengan cara memasuki alam mimpi korbannya & kemudian menghabisi mereka saat sedang tertidur lelap. Berkat kemampuannya tersebut, Freddy pun menjadi salah satu karakter film horor dengan cara membunuh paling unik yang pernah ada. Dikombinasikan dengan  penampilan fisiknya yang khas & popularitas yang disandang oleh film-film yang menampilkan dirinya, Freddy pun kini menjadi salah satu karakter horor Hollywood paling terkenal yang popularitasnya tidak kalah dengan karakter-karakter pembunuh berantai fiktif yang sudah lebih dulu muncul.



SEJARAH (VERSI DUNIA NYATA)

Wes Craven. (Sumber)
Kreator dari karakter Freddy Krueger adalah Wes Craven, sutradara sekaligus penulis naskah dari film pertama ANES. Craven mengaku kalau ia terinspirasi untuk menciptakan karakter Freddy saat ia membaca artikel dari surat kabar Los Angeles Times terbitan tahun 1970-an mengenai keluarga asal Kamboja yang mengungsi ke AS saat Kamboja dikuasai oleh kelompok komunis Khmer Merah. Dalam artikel tersebut dijelaskan kalau bocah anggota keluarga tadi kerap mengalami mimpi buruk karena ia mengaku ada sosok yang mengejar-ngejarnya di dalam mimpi.

Saking takutnya bocah tersebut, ia sampai tidak tidur hingga berhari-hari lamanya sebelum akhirnya jatuh terlelap dengan sendirinya. Namun mendadak, orang tua bocah tersebut mendengar anaknya berteriak histeris di tengah malam. Saat mereka bergegas memeriksa keadaannya, mereka kaget bukan main karena anak mereka sudah berada dalam kondisi tidak bernyawa. Peristiwa tersebut lantas menginspirasi Craven untuk menulis cerita mengenai orang-orang yang meninggal di tengah-tengah tidurnya akibat dibunuh oleh sosok gaib misterius yang tidak lain adalah Freddy Krueger.

Saat menciptakan karakter Freddy, Craven menggunakan pengalaman masa lalunya sebagai sumber inspirasi. Sebagai contoh, nama "Freddy Krueger" diambil dari Fred Krueger, bocah yang pernah membully Craven saat ia masih duduk di bangku sekolah dasar. Sementara sarung tangan bercakar logam yang menjadi senjata khas Freddy terinspirasi dari kuku cakar milik kucing peliharaan Craven sendiri. Craven juga terinspirasi untuk memberikan topi bundar pada Freddy karena saat masih muda, Craven pernah diganggu oleh seorang pemabuk yang memakai topi.

Supaya karakter Freddy terlihat menakutkan namun berbeda dari karakter-karakter antagonis film horor pada masa itu yang umumnya mengenakan topeng, Craven menciptakan Freddy sebagai karakter yang wajahnya penuh dengan luka bakar. Aktor Robert Englund lantas ditunjuk oleh Craven untuk memerankan Freddy. Sebelum pengambilan gambar hendak dilakukan, tim penata rias harus mendadani Englund hingga 3 jam lamanya supaya dirinya benar-benar terlihat seperti orang yang memiliki bekas luka bakar parah.

Robert Englund. (Sumber)
Film ANES akhirnya resmi dirilis di bioskop umum pada bulan November 1984. Begitu dirilis, film ini langsung menuai tanggapan yang sungguh fenomenal. Pasalnya hanya dengan biaya produksi kurang dari 2 juta dollar, film ini berhasil meraup pendapatan hingga 25 juta dollar. Karena terbukti sukses besar, film-film lanjutan ANEM pun dibuat. Total, ada 8 film ANEM yang dibuat di mana film terakhirnya dirilis pada tahun 2010 & menampilkan aktor Jackie Earle Haley sebagai pemeran Freddy. Pada tahun 2003, Freddy juga sempat dipertemukan dengan sesama karakter horor Jason Voorhees dalam film "Freddy vs. Jason".

Seiring dengan kian seringnya Freddy muncul di layar bioskop, sosok Freddy pun lantas melejit menjadi ikon baru Hollywood untuk genre horor. Popularitas tinggi yang disandang oleh Freddy lantas membuat sosoknya kemudian ditampilkan di media-media hiburan yang lain seperti komik & game. Pada tahun 2010 contohnya, Freddy ditampilkan dalam game perkelahian populer "Mortal Kombat". Tidak seperti versi filmnya yang hanya mengenakan sarung tangan bercakar di tangan kanan, Freddy yang muncul di game ini kedua tangannya sama-sama dilengkapi dengan cakar.



SEJARAH (VERSI FIKSI / FILM)

Catatan :
Bagian ini hanya mengambil alur cerita dari 5 film pertama "A Nightmare on Elm Street" & film "Freddy vs. Jason", di mana karakter Freddy dalam film-film tersebut semuanya diperankan oleh Robert Englund.


Amanda Krueger / Mary Helena adalah nama dari seorang biarawati yang bekerja di sebuah rumah sakit jiwa (RSJ) Hathaway House. Suatu hari tepat sebelum dimulainya libur Natal, ia tanpa sengaja terkunci di dalam RSJ. Para pasien yang ada di dalam RSJ kemudian menyandera Amanda & beramai-ramai menggilirnya. Saat Amanda akhirnya ditemukan kembali, ia sudah berada dalam kondisi sekarat. Kemudian tidak lama sesudah itu, Amanda diketahui mengandung bayi laki-laki.

Amanda Krueger. (Sumber)
Bayi tersebut kemudian diberi nama Frederick / Freddy Krueger. Karena Freddy lahir tanpa ayah yang jelas dari ibu yang mengalami trauma hebat, Freddy pun kemudian tumbuh menjadi sosok yang gemar bertindak semuanya & tidak segan-segan menyakiti orang lain demi kepuasannya sendiri. Tidak tanggung-tanggung, ia sampai nekat melakukan penculikan & pembunuhan kepada anak-anak yang tinggal di kompleks Elm Street, Springwood, Ohio.

Freddy sebenarnya sempat ditangkap oleh polisi, namun kemudian dibebaskan akibat adanya kesalahan dalam penanganan dokumen hukumnya. Merasa dendam & tidak terima, para orang tua korban Freddy kemudian mengeroyok Freddy & membakarnya hidup-hidup. Sesudah tewas, iblis penguasa alam mimpi kemudian memberikan kekuatan kepada Freddy untuk bisa melakukan pembunuhan lewat alam mimpi supaya para iblis tersebut bisa keluar masuk ke dalam dimensi manusia secara leluasa.

Freddy menerima tawaran tersebut & sejak itulah, ia menjelma menjadi sosok arwah penasaran yang melanjutkan teror pembunuhannya lewat alam mimpi. Salah satu korban pertamanya saat beraksi lewat alam mimpi adalah seorang remaja perempuan yang bernama Tina Gray. Freddy kemudian mencoba membunuh teman Tina yang bernama Nancy Thompson. Namun setelah Nancy menerima penjelasan dari sahabatnya mengenai cara masyarakat tradisional Bali dalam mengatasi mimpi buruknya, Nancy kemudian terinspirasi untuk mengalahkan Freddy dengan cara menyeretnya masuk ke dimensi manusia secara paksa & membunuhnya.

Walaupun kalah, arwah Freddy masih bergentayangan & ia mencoba berbagai macam cara supaya ia bisa kembali meneror orang-orang lewat dimensi mimpi. Mulai dari memanipulasi penghuni baru rumah Nancy, menghantui mimpi para remaja yang dirawat di pasien RSJ, hingga merasuki janin dari seorang gadis bernama Alice yang berhasil mengalahkan Freddy di alam mimpi. Namun sekuat apapun Freddy mencoba, pada akhirnya ia selalu berhasil dikalahkan. Salah satunya karena arwah Amanda juga ikut bangkit untuk memberikan petunjuk kepada orang-orang mengenai asal-usul Freddy & cara mengalahkannya.

Freddy saat bertarung melawan
Jason. (Sumber)
Freddy sempat tidak bisa lagi membunuh lewat alam mimpi selama beberapa waktu karena orang-orang tidak lagi merasa takut padanya. Maka, arwah Freddy pun kemudian mendatangi arwah pembunuh berantai lain yang bernama Jason Voorhees. Sambil menyamar menjadi ibu Jason, Freddy kemudian membangkitkan Jason & memintanya melakukan pembunuhan di kawasan Springwood. Rencana tersebut berhasil & kekuatan Freddy di alam mimpi secara perlahan-lahan mulai pulih karena orang-orang yang tinggal di Springwood mengira kalau pelaku pembunuhan tersebut adalah Freddy.

Freddy pada awalnya memang merasa senang dengan sepak terjang Jason. Namun karena Jason sesudah itu tidak mau berhenti membunuh, Freddy pun merasa kesal & mencoba membunuh Jason di dunia mimpi. Namun niat Freddy tersebut tidak kesampaian setelah ia berhasil diseret paksa ke dunia nyata oleh manusia yang hendak dibunuhnya di alam mimpi. Dalam pertarungan di dunia nyata, Jason berhasil memenggal Freddy, namun Freddy diperlihatkan masih hidup kendati tidak diketahui apakah ia masih memiliki kekuatan untuk melakukan pembunuhan lewat alam mimpi.



KARAKTERISTIK

Freddy mudah dikenali dengan melihat penampilannya yang amat khas sekaligus menyeramkan. Tubuhnya nampak memiliki postur kurus dengan kulit yang penuh dengan luka bakar. Pada tangan kanannya, terdapat saring tangan yang bagian ujung atasnya ditempeli dengan bilah-bilah logam tajam layaknya pisau. Freddy juga memiliki kebiasaan memakai topi bundar, baju sweater hijau bergaris-garis, & celana panjang di hampir setiap kemunculannya. Jika Freddy membuka sweaternya, maka wajah-wajah manusia dengan ekspresi kesakitan akan nampak di badannya. Wajah-wajah tersebut adalah jiwa dari orang-orang yang dulu pernah dibunuh oleh Freddy.

Dengan bersenjatakan sarung tangannya saja, Freddy sudah menjadi sosok yang berbahaya. Namun kekuatan terbesar Freddy adalah kemampuannya memanipulasi alam mimpi. Saat sudah berada di alam mimpi, Freddy seolah-olah bisa menciptakan dunianya sendiri & melakukan hal-hal yang mustahil dilakukan di dunia nyata. Mulai dari teleportasi, menggerakkan benda tanpa menyentuhnya, hingga berubah menjadi raksasa atau makhluk menyerupai cacing besar. Freddy juga memiliki kemampuan menciptakan dimensi mimpi bertingkat alias "mimpi di dalam mimpi" untuk membuat korbannya merasa semakin bingung.

Freddy dengan wajah para
korban yang tercetak di
badannya. (Sumber)
Freddy dari segi kepribadian memiliki sifat yang kejam & tidak mengenal belas kasihan. Ia tidak segan-segan menggunakan cara yang paling kejam sekalipun untuk menghabisi korbannya. Freddy juga diperlihatkan memiliki selera humor yang gelap karena ia kerap bermain-main dulu dengan korbannya sebelum kemudian menghabisinya. Kebiasaan Freddy untuk bermain-main dengan korbannya tersebut turut ditunjang oleh kekuatannya yang nyaris tidak terbatas saat berada di alam mimpi.

Dari sekian banyak tempat yang bisa diciptakan oleh Freddy di alam mimpi, tempat favoritnya adalah bangunan gelap yang penuh dengan pipa logam & tungku api. Tungku itu sendiri adalah tungku yang dulunya digunakan oleh Freddy untuk membakar mayat para korbannya saat ia masih menjadi manusia. Dan karena Freddy dulunya dikenal sebagai pembunuh anak-anak, ia memiliki kebiasaan menggunakan sosok anak-anak perempuan berpakaian serba putih yang sedang bermain lompat tali & menyanyi untuk "menyambut" para korbannya di alam mimpi.

Saat Freddy memasuki alam mimpi korbannya, segala hal yang dilakukan oleh Freddy bakal berdampak langsung pada korban di dunia nyata. Sebagai contoh, ketika Freddy melukai korbannya di dunia mimpi, maka lukanya juga akan muncul pada tubuh korban di dunia nyata. Di lain pihak, fenomena ini juga memiliki dampak negatif bagi Freddy sendiri. Jika korbannya memiliki keberanian & pengendalian diri yang kuat, korban Freddy bisa balik membahayakan Freddy dengan cara menangkap Freddy di dunia mimpi & kemudian membawanya paksa ke dunia nyata.

Karena Freddy pada dasarnya adalah arwah orang yang sudah mati, Freddy tidak bisa dilenyapkan secara permanen. Setiap kali ia berhasil dikalahkan, maka ia pasti akan kembali lagi di lain waktu. Meskipun begitu, Freddy masih bisa dihentikan dengan cara dibawa paksa ke dunia nyata. Pasalnya saat berada di dunia nyata, Freddy dari segi fisik sama lemahnya dengan manusia biasa. Freddy juga bisa kehilangan kekuatannya untuk membunuh lewat alam mimpi jika jiwa-jiwa manusia yang ada di tubuhnya dibebaskan, atau ketika orang-orang di dunia nyata sudah tidak lagi menunjukkan rasa takut kepadanya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Elm Street Wiki - Dream Demons
Mental Floss - 15 Facts About A Nightmare on Elm Street
Screen Rant - A Nightmare On Elm Street : The True Story....
Syfy Wire - Wes Craven reveals the terrifying true story....
The Fighters Generation - Freddy Krueger (Mortal Kombat 9)
Wikipedia - A Nightmare on Elm Street
(Film) 1984. Craven, W.. "A Nightmare on Elm Street".
(Film) 1985. Sholder, J.. "A Nightmare on Elm Street 2".
(Film) 1987. Russell, C.. "A Nightmare on Elm Street 3".
(Film) 1988. Harlin, R.. "A Nightmare on Elm Street 4".
(Film) 1989. Hopkins, S.. "A Nightmare on Elm Street 5".
(Film) 2003. Yu, R.. "Freddy vs. Jason".





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Download PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi silakan tinggalkan komentar anda selama tidak berisi spam, iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.