Daftar Unique Unit Baru dalam Game "Age of Empires II HD : The African Kingdoms"



Cuplikan game "The African Kingdoms" yang menampilkan faksi Malians.

Afrika bukanlah kawasan yang banyak dimunculkan dalam game-game bertema strategi (RTS). Padahal sebagai benua yang dihuni oleh begitu banyak suku bangsa, Afrika menyimpan perjalanan sejarah & keberagaman budaya yang tidak kalah dibandingkan kawasan lainnya. Contoh dari hal tersebut bisa dilihat pada bagaimana eksotiknya gaya arsitektur & persenjataan khas benua ini.

Hal itulah yang mendorong studio game FE untuk merilis game lanjutan "Age of Empires II" (AoE2) dengan mengambil setting utama di Afrika. Game tersebut adalah "Age of Empires II HD : The African Kingdoms (AK; Kerajaan-Kerajaan Afrika) & dirilis melalui situs Steam pada bulan November 2015.

Ada 4 faksi peradaban baru yang dirilis untuk game AK. Keempat faksi tersebut adalah Berbers, Ethiopians, Malians, & Portuguese. Masing-masing faksi memiliki unique unit yang terinspirasi dari budaya khasnya. Berikut ini adalah unique unit dari keempat faksi tersebut.



CAMEL ARCHER

Camel Archer & ilustrasi prajurit penunggang unta.

Faksi : Berbers
Tipe : kavaleri pemanah
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Camel Archer pada dasarnya adalah sejenis Cavalry Archer yang menunggang unta. Dalam pertarungan antara sesama Cavalry Archer, Camel Archer dapat dipastikan bakal keluar sebagai pemenang karena unit ini memiliki bonus serangan kontra Cavalry Archer.

Kombinasikan hal tersebut dengan gerakannya yang cepat & kemampuannya menyembuhkan diri setelah pemain meriset teknologi Maghrabi Camels, Camel Archer pun menjadi unit sangat efektif untuk beragam taktik. Hal tersebut masih ditambah dengan fakta bahwa faksi Berbers memiliki unit-unit Stable yang kuat sekaligus murah untuk dijadikan partner Camel Archer.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Gurun Sahara merupakan padang gurun terbesar di dunia, di mana wilayah Afrika Utara juga termasuk dalam gurun ini. Unta lantas menjadi salah satu hewan tunggangan yang lazim digunakan oleh penduduk setempat untuk keperluan transportasi. Telapak kaki unta yang lebar & kemampuannya hidup berhari-hari tanpa makan serta minum menyebabkan unta menjadi hewan yang sangat berguna di padang gurun.

Dalam perang melawan pasukan berkuda, unta juga memiliki keunggulan karena bau menyengat yang ditimbulkannya membuat kuda-kuda musuh menjadi tidak nyaman. Punuk unta yang menonjol juga memberikan keunggulan jarak pandang kepada penunggangnya.



CARAVEL

Caravel & replika modern kapal Nina serta Pinta.

Faksi : Portuguese
Tipe : kapal
Dibuat di : Dock

Deskripsi (Versi Game) :

Caravel dari segi statistik individu terlihat seperti versi lebih lemah & lebih mahal dari Galleon. Namun jangan terpaku pada statistik individu Caravel. Unit ini pada dasarnya merupakan versi laut dari Scorpion yang berarti misil yang ditembakkan oleh Caravel bisa menembus banyak target sekaligus.

Hal tersebut menjadikan Caravel sangat efektif dalam perang laut berskala besar. Caravel juga mendapat manfaat dari teknologi Carrack di mana teknologi tersebut membuat Caravel mendapat tambahan perisai & menjadi lebih tahan banting ketika menerima serangan musuh.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Karavel / caravel adalah kapal layar yang lazim digunakan oleh pelaut Spanyol & Portugis sejak abad ke-15 untuk perjalanan jarak jauh. Kapal "Nina" & "Pinta" yang digunakan oleh rombongan pelaut pimpinan Christopher Columbus ketika melakukan pelayaran perdananya ke Amerika adalah contoh karavel yang paling terkenal.

Karavel memiliki beragam desain. Namun secara garis besar, karavel memiliki desain berupa badan kapal yang ramping, bagian haluan serta buritan yang tinggi, & adanya tiang layar berjumlah 3 buah.



GBETO

Gbeto & ilustrasi Amazon Dahomey yang sedang memegang kepala korbannya.

Faksi : Malians
Tipe : infantri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Gbeto merupakan terobosan dalam sejarah game AoE karena inilah unit militer reguler pertama yang berjenis kelamin perempuan. Unit ini menyerang musuhnya dengan cara melemparkan semacam belati bercabang (kpinga). Gbeto termasuk rapuh bahkan untuk ukuran infantri akibat jumlah HP-nya yang rendah.

Namun, Gbeto bisa menutupi kelemahan tersebut dengan gerakannya yang cepat & kemampuan menjaga jarak dengan musuh. Hal tersebut lantas menjadikan Gbeto sebagai pendamping yang ideal bagi pasukan kavaleri karena keduanya sama-sama cepat & bisa menutupi kelemahan satu sama lain.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Kendati ditampilkan sebagai Unique Unit milik faksi Malians, gbeto dalam sejarah aslinya sama sekali tidak memiliki kaitan dengan bangsa Mali. Gbeto atau Amazon Dahomey aslinya adalah pasukan wanita dari Kerajaan Dahomey (sekarang termasuk wilayah modern Benin) yang baru berdiri sesudah Kekaisaran Mali runtuh.

Dalam bahasa lokal Fon sendiri, "gbeto" berarti "pemburu gajah". Nama yang diberikan karena menurut kesaksian seorang penjelajah Eropa, faksi gbeto dalam Amazon Dahomey baru dibentuk setelah raja Dahomey melihat sekelompok wanita pemburu setempat berjibaku menaklukkan gajah. Dan tidak seperti gamenya, Amazon Dahomey di dunia nyata menggunakan senapan & pedang sebagai senjata utamanya.



GENITOUR

Genitour & ilustrasi prajurit kavaleri Afrika Utara.

Faksi : Berbers & sekutunya
Tipe : kavaleri pemanah
Dibuat di : Archery Range

Deskripsi (Versi Game) :

Genitour secara singkat bisa dideskripsikan sebagai unit Skirmisher yang menunggang kuda. Layaknya Condottiero milik faksi Italians, Genitour juga berstatus sebagai Team Bonus yang berarti pemain manapun bisa membuat unit ini jika ia bersekutu dengan pengguna faksi Berbers.

Dibandingkan dengan unit Skirmisher biasa, Genitour unggul dalam hal kecepatan & ketahanan. Namun jangan lantas menganggap Genitour bisa menggantikan fungsi Cavalry Archer secara penuh. Pasalnya Genitour memiliki serangan yang lemah & jeda antar serangan yang panjang.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Genitour / jinete adalah sebutan untuk prajurit penunggang kuda yang lazim digunakan oleh kerajaan-kerajaan Kristen di Semenanjung Iberia - lokasi negara Spanyol & Portugal - pada abad ke-15. Tidak seperti prajurit bertipe kavaleri berat yang bertempur dengan cara menerjang musuhnya secara langsung, jinete berperang dengan cara melempari musuhnya memakai tombak sambil menjaga jarak.

Jinete baru menerjang musuhnya secara langsung ketika prajurit lawan frustrasi & tanpa sadar memisahkan diri dari formasi tempurnya. Taktik jinete tersebut terinspirasi langsung dari taktik pasukan Muslim Afrika Utara (Berber) ketika berhasil menaklukkan Semenanjung Iberia.


ORGAN GUN

Organ Gun & replika meriam organ di Perancis.

Faksi : Portuguese
Tipe : mesin perang
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Organ Gun adalah Unique Unit pertama yang bertipe Siege. Itu berarti Organ Gun tidak bisa disembuhkan memakai Monk & hanya bisa disembuhkan dengan memakai bantuan Villager. Organ Gun sendiri pada dasarnya adalah sejenis meriam yang didorong oleh seorang prajurit. Unit ini bisa dianggap sebagai sejenis Hand Cannoneer karena tipe serangannya yang mirip.

Dalam jumlah besar, sepasukan Organ Gun bisa menghabisi banyak musuh sekaligus tanpa terluka sama sekali berkat jangkauan serangannya yang cukup jauh & daya rusaknya yang amat tinggi.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Meriam organ / ribauldequin adalah gabungan dari beberapa meriam kecil yang digabungkan menjadi 1 unit senjata. Bentuknya yang unik layaknya pipa alat musik organ di gereja-gereja lantas menjadikan meriam ini mendapat julukan "meriam organ".

Fungsi utama meriam organ adalah sebagai senjata anti-personil. Karena meriam organ memiliki banyak pipa meriam, meriam organ pun bisa menembakkan banyak peluru sekaligus, sehingga meriam ini cocok digunakan untuk menyerang prajurit musuh yang sedang menggerombol.



SHOTEL WARRIOR

Shotel Warrior & replika pedang shotel.

Faksi : Ethiopians
Tipe : infantri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Jika dibandingkan dengan Unique Unit lainnya, Shotel Warrior terlihat seperti hasil persilangan antara Woad Raider dengan Huskarl. Seperti halnya Woad Raider, Shotel Warrior bisa bergerak dengan amat cepat. Namun seperti halnya Huskarl, Shotel Warrior bisa diproduksi dengan amat cepat.

Jika pemain memiliki cukup sumber daya, seorang pemain bisa menciptakan puluhan Shotel Warrior hanya dalam hitungan detik & menciptakan kerusakan serius di wilayah kekuasaan musuh. Namun Shotel Warrior bukan tanpa kelemahan. Unit ini merupakan salah satu unit infantri paling rapuh di dalam game, sehingga unit ini tidak disarankan untuk dikirim ke markas musuh yang memiliki tingkat pengamanan tinggi.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Shotel adalah sebutan untuk pedang khas Ethiopia yang bentuknya menyerupai sabit. Bentuk shotel yang unik tidak lepas dari tujuan penggunaannya yang tidak kalah unik. Ketika bertarung melawan sesama prajurit jarak dekat, pengguna shotel bisa menyelipkan ujung shotelnya ke balik perisai lawan & kemudian mengayunkannya untuk menebas lengan atau badan prajurit lawan. Karena terbukti efektif, shotel terus digunakan oleh prajurit-prajurit Ethiopia hingga abad ke-19.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

 - . 2008. "Caravel". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Age of Empires Wiki. "Unique Units (Age of Empires II)".
(ageofempires.wikia.com/wiki/Unique_Unit_%28Age_of_Empires_II%29)

Atkinson, D.J.. "Shotel (Abyssinia)".
(www.atkinson-swords.com/collection-by-region/africa/east-africa/shotel-abyssinia.html)

Creveld, M. v.. 2008. "Tactics". Encyclopaedia Britannica, Chicago,  AS.

Dash, M.. 2011. "Dahomey’s Women Warriors".
(www.smithsonianmag.com/history/dahomeys-women-warriors-88286072/)

Goran, D.. 2016. "The Ribauldequin: medieval machine gun considered as the predecessor of the 19-th century mitrailleuse".
(www.thevintagenews.com/2016/12/06/the-ribauldequin-medieval-machine-gun-considered-as-the-predecessor-of-the-19-th-century-mitrailleuse/)

Military History Matters. 2012. "Battle tactics of La Reconquista".
(www.military-history.org/feature/battle-tactics-of-la-reconquista.htm)

Ossian, R.. "Complete List of Sailing Vessels".
(www.thepirateking.com/ships/ship_types.htm)

(Video Game) 2015. "Age of Empires II HD : The African Kingdoms". Forgotten Empires & SkyBox Labs.
   





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.