Daftar Unique Unit Baru dalam Game "Age of Empires II HD : The Forgotten"



Cuplikan game "The Forgotten" yang menampilkan faksi Indians.

"Age of Empires II" (AoE2) adalah contoh dari game yang tidak lekang dimakan oleh waktu. Pasalnya kendati game tersebut merupakan game buatan tahun 1999, game yang bersangkutan masih memiliki begitu banyak peminat hingga sekarang. Padahal Ensembe Studios selaku pengembang game tersebut sudah bubar pada tahun 2009.

Meskipun Ensemble sudah bubar, hal tersebut tidak lantas mengubur niat para penggemar game AoE2 yang memendam hasrat untuk melihat game lanjutannya. Mereka masih berharap kalau di kemudian hari, ada faksi-faksi peradaban baru yang bisa ikut ambil bagian dalam game AoE II.

Hal itulah yang mendorong sejumlah penggemar game AoE II untuk melakukan modifikasi (modding) pada game AoE2 dengan memakai program khusus. Mereka inilah yang kelak merintis berdirinya Forgotten Empires (FE), studio game yang merilis game-game lanjutan AoE2 sejak tahun 2013.

Game sekuel AoE2 hasil modifikasi FE dirilis pada bulan Desember 2012 dengan nama "Forgotten Empires" (Kekaisaran yang Terlupakan). Selain menampilkan 18 faksi peradaban dari game-game AoE2 buatan Ensemble, game buatan FE juga menampilkan 5 faksi peradaban baru, yaitu Incas, Indians, Italians, Magyars, & Slavs.

Pasca dirilis, game FE sudah didownload sebanyak setengah juta kali. Sadar kalau game AoE2 ternyata masih memiliki penggemar berjumlah besar, Microsoft selaku perusahaan pemilik hak cipta AoE2 menghubungi anggota tim FE & bertanya apakah mereka berminat untuk mengubah game FE menjadi game resmi. Tawaran tersebut tentu saja disetujui oleh pengembang game FE.

Tahun 2013, game FE akhirnya dirilis kembali sebagai sekuel resmi game AoE2 dengan nama "Age of Empires II HD : The Forgotten". Tulisan "HD" pada judul game ini menunjukkan kalau game AoE2 ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa supaya bisa dimainkan dengan lancar pada komputer & sistem operasi terkini.

Oke, itu tadi sedikit informasi soal bagaimana "The Forgotten" (TF) selaku sekuel kedua game AoE2 baru dirilis sekitar 13 tahun seusai perilisan sekuel pertamanya ("The Conquerors"). Dan sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan membahas unique unit milik faksi-faksi peradaban baru dalam game "The Forgotten".



BOYAR

Boyar & ilustrasi prajurit kavaleri Muscovy Rusia.

Faksi : Slavs
Tipe : kavaleri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Boyar adalah salah satu unit penunggang kuda terkuat di dalam game. Jumlah HP & perisainya yang tinggi membuat unit ini sangat sulit dikalahkan dalam pertarungan 1 lawan 1 melawan unit jarak dekat lainnya. Bahkan Paladin & Cataphract pun kalah dalam pertarungan 1 lawan 1 melawan kavaleri pembawa kapak ini. Namun Boyar tetaplah rentan jika harus berhadapan dengan unit-unit anti-kavaleri seperti Halberdier & Camel.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Boyar adalah sebutan untuk kelas bangsawan merangkap elit militer dalam struktur sosial masyarakat Eropa Timur. Ketika orang-orang Viking / Varangian bermigrasi ke wilayah cikal bakal Ukraina & mendirikan kerajaan di sana, mereka ditemani oleh sejumlah pengawal elit yang bernama "druzhina".

Selain bertugas melindungi kerajaan, para personil druzhina juga dipercaya untuk menempati pos-pos penting di pemerintahan. Ketika jumlah anggota druzhina semakin banyak, anggota senior druzhina kemudian dikenal dengan nama "boyar".



CONDOTTIERO

Condottiero & lukisan dinding dari abad ke-15 yang menampilkan tentara bayaran Italia.

Faksi : Italians & sekutunya
Tipe : infantri
Dibuat di : Barrack

Deskripsi (Versi Game) :

Condottiero adalah Unique Unit pertama yang berstatus sebagai Team Bonus. Maksudnya adalah jika seorang pemain bersekutu dengan pemain lain yang menggunakan faksi Italians, maka pemain tersebut bisa membuat Condottiero di Barrack-nya sendiri.

Condottiero secara sederhana bisa dideskripsikan sebagai infantri dengan gerakan yang cepat. Adapun selain kecepatannya, Condottiero juga memiliki bonus serangan & pertahanan melawan unit bertipe mesiu (gunpowder), sehingga unit ini cocok untuk dikerahkan melawan peradaban-peradaban lain yang menitikberatkan pada pasukan mesiu.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Di Abad Pertengahan, perang antar kerajaan & penguasa merupakan hal yang lazim terjadi. Supaya bisa memiliki cukup personil di medan perang yang selalu berada dalam kondisi siap tempur, para penguasa di Eropa pun mengandalkan jasa tentara bayaran.

Condottiero (jamak: condottieri) adalah contoh dari tentara bayaran tersebut. Mereka memiliki organisasi perusahaannya sendiri, lengkap dengan tentara & perlengkapan tempurnya. Condottiero sendiri dalam bahasa Italia secara harfiah berarti "pemimpin tentara bayaran".


Elephant Archer

Elephant Archer & baju zirah gajah perang India di museum Leeds, Inggris.

Faksi : Indians
Tipe : kavaleri pemanah
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Satu lagi Unique Unit yang menampilkan gajah. Jika War Elephant milik Persians menyerang dari jarak dekat, maka Elephant Archer bertarung dengan cara memanah musuhnya dari kejauhan. Elephant Archer memiliki HP yang sangat tinggi sehingga unit ini sangat resisten terhadap serangan unit bertipe Siege & bahkan Bombard Tower. Namun di luar kelebihan tersebut, Elephant Archer memiliki gerakan yang sangat lambat & biaya produksi yang mahal.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Bangsa India merupakan bangsa pertama yang menjinakkan gajah, tepatnya sejak abad ke-40 Sebelum Masehi. Awalnya digunakan untuk membantu kegiatan pertanian, gajah kemudian mulai dimanfaatkan untuk keperluan perang. Berkat posturnya yang tinggi besar, pasukan pemanah bisa naik di atas punggung gajah sambil menembaki musuhnya dari kejauhan.

Jika prajurit musuh mencoba menyerang pemanah dari dekat, mereka bakal menghadapi resiko ditusuk atau diinjak oleh gajah yang mengangkut pasukan pemanah tadi. Gajah juga efektif dalam melawan pasukan berkuda karena bau yang ditimbulkan gajah membuat kuda yang belum terbiasa merasa tidak nyaman.



GENOESE CROSSBOWMAN

Genoese Crossbowman & ilustrasi mengenai pemanah Genoa dari manuskrip abad ke-15.

Faksi : Italians
Tipe : pemanah
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Genoese Crossbowman secara kasat mata terlihat tidak berbeda jauh jika dibandingkan dengan unit pemanah macam Arbalest. Namun unit ini memiliki kelebihan berupa adanya bonus serangan melawan kavaleri.

Jika pemain bisa menjaga pasukan Genoese Crossbowman miliknya tetap selamat di sepanjang peperangan, gerombolan kavaleri yang biasanya menjadi momok dapat dijinakkan dengan mudah. Menjaga Genose Crossbowman tetap hidup di medan perang adalah hal yang penting mengingat unit ini sangat rapuh & hanya memiliki HP berjumlah rendah.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Genoa merupakan satu dari sekian banyak negara yang berdiri di Semenanjung Italia pada Abad Pertengahan. Salah 1 pasukan Genoa yang paling terkenal adalah pasukan pemanahnya yang menggunakan busur bertipe crossbow.

Walaupun berstatus sebagai angkatan bersenjata Genoa, pasukan Genoa kerap disewa oleh kerajaan-kerajaan lain di Eropa yang merasa kagum dengan reputasinya. Beberapa contoh pertempuran terkenal yang melibatkan pasukan pemanah Genoa adalah penaklukkan Yerusalem oleh Tentara Salib (1099) & Pertempuran Crecy di Perancis (1346).


IMPERIAL CAMEL

Imperial Camel & ilustrasi dari abad ke-19 mengenai prajurit meriam unta (zamburak).

Faksi : Indians
Tipe : kavaleri
Dibuat di : Stable

Deskripsi (Versi Game) :

Imperial Camel adalah rajanya para unta. Statistik individunya yang impresif membuat unit ini bisa menjagal pasukan kavaleri musuh dengan mudah. Imperial Camel pada dasarnya merupakan pengembangan lebih jauh dari unit Heavy Camel khusus faksi Indians.

Adapun selain statistik individunya yang mengungguli unit-unit unta lainnya, Imperial Camel harus diperlakukan layaknya unit unta konvensional. Itu berarti pemain harus menjaga supaya pasukan Imperial Camel miliknya tidak tersentuh oleh serangan Castle, Tower, & Town Center lawan. Pasalnya ketiga bangunan tadi memiliki bonus serangan melawan unit-unit bertipe unta.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Walaupun kalah populer dibandingkan kuda & gajah, bangsa India diketahui turut menggunakan unta di medan perang. Kebetulan wilayah barat India memang memiliki padang gurun yang notabene merupakan habitat ideal unta.

Pasukan zamburak milik Kekaisaran Mughal adalah contoh dari pemanfaatan unta untuk keperluan perang. Perbedaan utamanya dengan Imperial Camel yang ada di dalam game adalah jika Imperial Camel dipersenjatai dengan pedang, maka zamburak dipersenjatai dengan meriam kecil & senapan.



KAMAYUK

Kamayuk & tombak khas bangsa Inca di Peru.

Faksi : Incas
Tipe : infantri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Kamayuk terlihat seperti unit yang kikuk karena infantri ini bertarung sambil membawa tombak yang sangat panjang. Statistik individunya pun terlihat biasa-biasa saja. Namun jangan meremehkan unit ini karena tombaknya yang sangat panjang membuat 2 Kamayuk yang sedang berjejer bisa menyerang target yang sama secara serempak.

Berkat tombaknya yang panjang pula, Kamayuk menjadi 1 dari sedikit infantri yang bisa menyerang targetnya dari balik tembok. Jika hal itu masih belum cukup, Kamayuk juga memiliki bonus serangan melawan kavaleri.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Dalam struktur administratif Kekaisaran Inca, kamayuk / kamayuq adalah istilah untuk semacam jabatan. Kamayuq terdiri dari beragam tipe di mana masing-masing kamayuq memiliki peran yang berbeda 1 sama lain.

Sebagai contoh, Waranga Kamayuq berperan sebagai pemimpin pasukan kecil yang jumlah personil bawahannya bisa mencapai 1.000 orang. Sementara Quipu Kamayuq berperan sebagai semacam pengingat informasi penting, mengingat bangsa Inca tidak mengenal penggunaan kertas untuk mendokumentasikan peristiwa-peristiwa di masa silam.



MAGYAR HUSZAR

Magyar Huszar & ilustrasi kavaleri suku Magyar.

Faksi : Magyars
Tipe : kavaleri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Magyar Huszar adalah kavaleri dengan statistik individu yang relatif lemah. Namun hal tersebut ditutupi oleh fakta bahwa Magyar Huszar merupakan salah satu unit kavaleri termurah di dalam game. Jika pemain sudah meriset teknologi Mercenaries, Magyar Huszar bisa dibuat tanpa menghabiskan sumber daya Gold sama sekali. Dengan begitu, pemain tidak perlu terlalu khawatir jika pasukan Magyar Huszar miliknya terbunuh secara massal.

Magyar Huszar juga memiliki bonus serangan melawan unit bertipe Siege sehingga jika dikombinasikan dengan gerakannya yang cepat, sepasukan Magyar Huszar bisa menyusup ke belakang garis depan musuh dengan mudah & menghancurkan pasukan Trebuchet serta Bombard Cannon milik lawan.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Huszar / hussar adalah sebutan untuk sejenis prajurit berkuda yang hanya memakai perlengkapan tempur ringan. Sebagai akibat dari minimnya perlengkapan tempur yang mereka pakai, hussar memiliki gerakan yang lebih lincah jika dibandingkan dengan kavaleri yang mengenakan pakaian tempur lengkap.

Kelebihan tersebut membuat hussar kerap digunakan untuk misi-misi pengintaian. Hussar juga memiliki peran penting dalam upacara militer & kerap mengenakan kostum mencolok semisal baju yang dilengkapi dengan sayap buatan. Bangsa Hongaria / Magyar adalah bangsa Eropa pertama yang diketahui menggunakan hussar. Tepatnya sejak abad ke-15.



SLINGER

Slinger & ilustrasi prajurit Inca.

Faksi : Incas
Tipe : pemanah
Dibuat di : Archery Range

Deskripsi (Versi Game) :

Slinger adalah jawaban dari faksi Incas atas tidak adanya teknologi mesiu & unit Hand Cannoneer. Biaya produksinya yang murah & bonus serangan kontra infantri yang dimilikinya menjadikan sepasukan Slinger bisa mengubah pasukan infantri musuh menjadi timbunan mayat tanpa kesulitan berarti.

Komposisi pasukan Incas yang ideal terdiri dari unit Kamayuk, Eagle Warrior, & Slinger. Kamayuk berfungsi sebagai pembunuh kavaleri musuh. Eagle Warrior berfungsi sebagai pengintai sekaligus penjinak pasukan jarak jauh milik musuh. Sementara Slinger bertugas sebagai pembantai infantri musuh.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Kain ketapel (sling) adalah senjata berupa seutas kain dengan sepasang tali di kedua sisinya. Pengguna kain ketapel menggunakan senjata ini dengan cara memuat batu pada kain, memegang kedua ujung tali dengan tangan yang sama, lalu kemudian mengayun-ayunkan kain ketapel secara melingkar sambil melepaskan salah satu ujung tali sehingga batunya terlontar ke depan. Walaupun terlihat sederhana, senjata ini cukup kuat untuk meremukkan tulang & menimbulkan luka serius pada korbannya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

 - . 2008. "Druzhina". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

 - . 2008. "Hussar". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Age of Empires Wiki. "Unique Units (Age of Empires II)".
(ageofempires.wikia.com/wiki/Unique_Unit_%28Age_of_Empires_II%29)

Beeckman, B.. 2014. "Age of Empires II: The Forgotten ~ Post Mortem".
(www.forgottenempires.net/age-of-empires-ii-the-forgotten-post-mortem)

Cartwright, M.. 2014. "Quipu".
(www.worldhistory.org/Quipu/)

Dohrenwend, R. E.. 2002. "The Sling".
(slinging.org/forum/yabbfiles/Attachments/history_of_the_Sling.pdf)

Diamond, J.. 1997. "Guns, Germs, and Steel" (hal. 68-77). W. W. Norton, New York, AS.

Egland, J.. 2015. "Beasts of War" (hal. 15-16). Lulu, Raleigh, AS.

Forgotten Empires. "The Story so Far…".
(www.forgottenempires.net/age-of-empires-2-hd-the-forgotten/the-story-so-far)

Higgins, B.. 2016. "The Battle of Karnal: Cannon Mounted Camels v War Elephants".
(www.warhistoryonline.com/featured/the-battle-of-karnal.html/2)

Wikipedia. "Inca army".
(en.wikipedia.org/wiki/Inca_army)

(Video Game) 2013. "Age of Empires II HD : The Forgotten". Forgotten Empires & SkyBox Labs.
   





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.