Daftar Kelompok Bersenjata dalam Film "Mad Max : Fury Road"



Cuplikan film "Mad Max : Fury Road" yang menampilkan pemain gitar di tengah-tengah konvoi.

"Mad Max : Fury Road" (MMFR; Si Sinting Max : Jalan Penuh Amarah) adalah film action keluaran tahun 2015 yang disutradarai oleh George Miller, sutradara yang juga terkenal sebagai sutradara film animasi "Happy Feet". Film ini merupakan bagian dari seri film "Mad Max", di mana film perdananya pertama kali rilis pada tahun 1979 dengan hanya mengusung judul "Mad Max".

Film MMFR juga terkenal karena film ini menampilkan aktor Tom Hardy sebagai pemeran utamanya. Selain muncul di film MMFR, Hardy dikethui juga pernah bermain di film-film action lain yang tak kalah terkenal seperti "Dunkirk", "The Dark Knight Rises", hingga "Venom".

MMFR kerap disebut-sebut sebagai salah satu film action terbaik yang pernah dibuat. Pasalnya hampir seluruh durasi film ini dipenuhi oleh adegan-adegan action yang begitu memicu adrenalin penonton. Mulai dari perkelahian, baku tembak, ledakan bom, aksi kejar-kejaran memakai mobil, & lain sebagainya. MMFR juga dikenang karena film ini menampilkan aneka macam mobil & senjata yang desainnya begitu unik & kreatif.

Film MMFR bercerita mengenai Max Rockatansky, seorang pria yang kini hidup menyendiri di tengah-tengah dunia yang baru saja dilanda bencana nuklir. Akibat bencana tersebut, populasi manusia berkurang tajam & permukaan Bumi berubah menjadi gersang layaknya gurun.

Max Rockatansky, karakter utama dalam film "Mad Max : Fury Road".

Manusia yang tersisa kemudian mencoba bertahan hidup dengan cara membentuk kelompok-kelompok bersenjata yang memiliki wilayah kekuasaannya masing-masing. War Boys adalah satu dari sekian banyak kelompok tersebut. Di film MMFR, kelompok War Boys diceritakan menculik Max karena ingin memanfaatkan darahnya yang masih belum tercemar oleh radiasi.

Saat Max tengah memikirkan cara untuk kabur, salah seorang anggota War Boys yang bernama Furiosa secara tiba-tiba berkhianat dengan cara membawa pergi sejumlah gadis yang selama ini disekap oleh War Boys. Pasukan War Boys pun kemudian dikerahkan untuk menangkap Furiosa & gadis-gadis yang sudah ia bawa.

Saat aksi kejar-kejaran antara War Boys & Furiosa berlangsung semakin sengit, mereka kemudian juga terlibat konflik dengan kelompok bersenjata lain yang memiliki kepentingannya masing-masing. Berikut ini adalah kelompok-kelompok bersenjata teserbut, beserta informasi singkat mengenai karakteristik & gaya berperang masing-masing kelompok.



FURIOSA & FIVE WIVES

Furiosa (kedua dari kanan) beserta Five Wives.

Furiosa adalah salah satu karakter utama dalam film MMFR. Ia ditampilkan sebagai gadis berambut tipis yang sudah kehilangan tangan kirinya. Supaya tetap bisa menggunakan tangan kirinya secara normal, ia memasang tangan mesin pada tangan kirinya tersebut.

Furiosa adalah anggota geng War Boys yang menempati posisi komandan (Imperator). Oleh karena itulah, ia memiliki pasukan & anak buahnya sendiri. Mereka bersikap sangat setia kepada Furiosa & tidak segan-segan mengorbankan diri mereka sendiri untuk melindungi Furiosa. Namun begitu mereka tahu kalau Furiosa berniat mengkhianati War Boys, pasukan bawahan Furiosa kemudian berbalik mencoba membunuhnya.

Furiosa diceritakan mengkhianati War Boys dengan cara membawa kabur 5 orang istri milik pemimpin War Boys, Immortan Joe. Ia nekat membawa kabur istri-istri Immortan Joe supaya mereka kelak bisa memulai hidup baru di tempat lain dengan lebih bebas,

Karena gadis-gadis yang dibawa kabur oleh Furiosa berjumlah 5 orang, mereka dikenal dengan sebutan "Five Wives" (Lima Istri). Para anggota War Boys di lain pihak menyebut Five Wives dengan sebutan "Breeders" (Penghasil Keturunan) karena mereka memang difungsikan oleh Immortan Joe untuk menghasilkan keturunan yang fisiknya tidak cacat & kelak bisa dijadikan pewaris tahta Immortan Joe.

Hanya Immortan Joe yang diperbolehkan melakukan hubungan seks dengan Five Wives. Untuk memastikan agar tidak ada pria lain melakukan hubungan badan dengan Five Wives, masing-masing Five Wives memakai celana dalam besi yang bagian selangkangannya dilengkapi dengan celah berduri. Celana dalam tersebut dilengkapi dengan gembok & harus dirusak dengan memakai alat pemotong (misalnya catut) jika ingin dilepas tanpa memakai kunci.

Five Wives yang sedang membersihkan diri & membuka paksa celana dalam besinya dengan memakai catut.

Karena Five Wives melarikan diri dari markas War Boys dalam kondisi terburu-buru, mereka hanya pergi sambil mengenakan pakaian tidur berwarna putih. Mereka juga memiliki fisik yang agak rapuh karena mereka sebelum ini tidak pernah berperang. Namun salah satu Five Wives yang berambut pendek diceritakan paham mengenai cara menggunakan senjata api.

Five Wives memiliki wajah yang cantik & fisik yang semampai karena mereka belum terpengaruh oleh radiasi. Oleh karena itulah, Immortan Joe menjadikan mereka sebagai istri / harem pribadinya supaya anak hasil hubungan mereka kelak lahir sebagai anak dengan fisik yang normal pula.

Jika Five Wives memiliki fisik yang terkesan anggun namun rapuh, maka Furiosa memiliki fisik yang kuat & terkesan tomboi. Ia bisa mengemudikan truk, paham mengena seluk-beluk mesin, & mahir menggunakan senjata api. Furiosa juga memiliki sifat nekat & tidak segan-segan mengambil resiko untuk menggapai tujuannya.

Furiosa & Five Wives nantinya mendapat anggota tambahan setelah seorang tawanan War Boys yang bernama Max terpaksa bergabung dengan mereka. Selain Max, anggota War Boys yang bernama Nux nantinya juga bergabung dengan geng Furiosa karena ia merasa jatuh hati dengan salah seorang Five Wives.

Kendaraan utama Furiosa & gengnya adalah War Rig (Truk Perang), sejenis truk besar yang dilengkapi dengan aneka macam persenjataan. Di bagian belakang, War Rig dilengkapi dengan meriam kecil. Sementara di bagian depan, War Rig dilengkapi dengan bemper tebal sehingga War Rig bisa digunakan untuk menabrak kendaraan lain tanpa merusak moncongnya sendiri.

War Rig dilihat dari atas.

Hanya Furiosa yang bisa mengemudikan War Rig. Pasalnya truk tersebut dilengkapi dengan kunci kombinasi khusus yang urutannya hanya diketahui oleh Furiosa. Jika ada orang selain Furiosa mencoba mengemudikan War Rig, mesin War Rig akan berhenti menyala dengan sendirinya. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa Max yang awalnya tidak percaya dengan Furiosa terpaksa setuju untuk bekerja sama dengannya.

War Rig bisa melaju dalam kecepatan yang amat tinggi. War Rig bahkan bisa melaju lebih cepat lagi jika bagian cerobong di moncong truknya disemprot dengan bensin. Sesudah disemprot dengan bensin, kecepatan War Rig akan bertambah & knalpotnya akan mengeluarkan api. Namun War Rig tidak bisa sering-sering menggunakan trik ini untuk ngebut karena mesinnya bakal menjadi lebih cepat rusak.



BUZZARDS

Mobil geng Buzzards.

Buzzards (Burung Pemburu) adalah nama dari geng yang wilayah kekuasaannya berada di sebelah timur wilayah War Boys. Wilayah kekuasaan mereka berupa padang pasir luas yang disertai dengan sejumlah bukit. Dari atas bukit itulah, para anggota Buzzards bisa mengawasi wilayah kekuasaannya.

Wilayah kekuasaan Buzzards dilengkapi dengan jebakan rantai di atas tanah. Jika ada kendaraan asing yang tersangkut pada rantai tersebut, kendaraan tadi akan terpelanting ke atas & kemudian terjatuh ke dalam lubang berisi duri-duri yang berada tepat di depannya.

Para anggota Buzzards adalah orang-orang yang berbicara dalam bahasa Rusia. Mereka memiliki kebiasaan mengenakan pakaian serba tertutup yang terdiri dari jaket, celana panjang, & sarung tangan. Supaya wajah mereka aman dari terpaan badai pasir, para anggota Buzzards juga mengenakan topeng gas yang menutupi seluruh bagian kepala.

Ciri khas dari Buzzards adalah mereka mengendarai mobil yang bagian jendelanya tidak dilengkapi dengan kaca, namun seluruh bagian luar mobilnya dilengkapi dengan duri. Bagian poros roda mobil Buzzards juga dilengkapi dengan duri supaya Buzzards bisa merusak ban mobil musuh hanya dengan cara memepetnya dari samping.

Buzzards menyerang mobil musuh dengan cara menabraknya. Duri-duri yang menyelimuti bagian luar mobil Buzzards memberikan daya rusak tambahan pada mobil musuh yang ditabrak. Anggota Buzzards juga bisa membunuh anggota geng lawan dari jauh dengan memakai pistol busur (crossbow).

Anggota Buzzards yang sedang menggunakan crossbow.

Duri-duri yang menyelubungi mobil Buzzards juga memiliki fungsi tambahan layaknya baju zirah. Dampaknya, mobil Buzzards tidak akan hancur kendati dilempari bom berulang kali. Untuk menghancurkan mobil Buzzards, mobil yang bersangkutan harus dilempari bom di bagian jendela / bagian kolongnya.

Selain mobil, Buzzards juga mengoperasikan truk penuh duri yang dilengkapi dengan 2 lengan eskavator. Salah satu lengan eskavator tersebut dilengkapi dengan gergaji mesin supaya Buzzards bisa merusak kendaran musuh yang berukuran besar. Truk Buzzards juga dilengkapi dengan bemper tebal di depannya, sehingga truk tersebut bisa digunakan untuk menabrak mobil musuh hingga rusak.



ROCK RIDERS

Sepasang anggota Rock Riders.

Rock Riders (Penunggang Batu) adalah geng bersenjata yang semua anggotanya mengendarai sepeda motor. Karena mereka hanya menaiki sepeda motor, mereka akan mengalami kekalahan dalam perang terbuka melawan geng mobil yang kendaraannya lebih kuat & persenjataannya lebih lengkap.

Untuk mengatasi kelemahan tersebut, Rock Riders memiliki wilayah kekuasaan berupa jalan sempit yang bagian sekelilingnya dipenuhi oleh bukit & tebing tinggi. Karena motor Rock Riders berukuran kecil, mereka bisa menggunakan motornya untuk naik turun tebing dengan mudah.

Taktik utama Rock Riders saat bertarung melawan musuh yang dilengkapi dengan kendaraan roda 4 adalah dengan cara melompat antar tebing sambil melempari kendaraan musuh dengan bom api. Supaya mereka bisa melakukan baku tembak sambil tetap mengendarai motornya, para anggota Rock Riders juga dilengkapi dengan pistol.

Rock Riders juga memasang bom di bagian tebing yang berada tepat di tepi jalan. Jika musuh yang harus dihadapi oleh Rock Riders terlalu kuat, Rock Riders akan menyumbat jalan mereka dengan cara meledakkan bom hingga jalan tersebut dipenuhi oleh bongkahan batu besar.

Rock Riders sendiri aslinya merupakan geng yang menghindari konflik jika tidak benar-benar terpaksa. Mereka terlibat konflik dengan geng Furiosa karena Furiosa dianggap ingkar janji saat diminta menyerahkan muatan bahan bakar yang dibawanya. Para anggota Rock Riders juga enggan meninggalkan wilayah kekuasaannya sendiri.



MANY MOTHERS / VUVALINI

Geng Many Mothers.

Geng yang seluruh anggotanya adalah perempuan yang menaiki sepeda motor. Tidak seperti Rock Riders yang bisa mengendarai sepeda motornya dengan amat lincah, sebagian besar anggota Many Mothers aslinya sudah berusia tua. Sebagai akibanya, mereka lebih mengandalkan taktik serangan mendadak saat ingin menjebak penyusup di wilayah kekuasaannya.

Many Mothers menjebak penyusup dengan cara memasang wanita telanjang di atas menara. Saat ada penyusup yang berhenti di menara tersebut dengan maksud membebaskan / membawa pergi sang wanita, para anggota Many Mothers yang lain akan langsung menampakkan diri sambil menenteng senjata api, lalu merampas perbekalan milik sang penyusup.

Many Mothers (Ibu Berjumlah Banyak) aslinya adalah sekumpulan warga sipil biasa yang mencoba bertahan hidup dengan segala cara. Mereka dulunya tergabung dalam klan Swaddle Dog, klan yang juga menjadi klan asal ibu Furiosa. Namun klan tersebut kemudian tercerai berai & Furiosa kecil sesudah itu dipaksa tinggal di wilayah kekuasaan War Boys.

Setelah geng Furiosa bertemu dengan Many Mothers, mereka memutuskan untuk menggabungkan kekuatan supaya merebut markas pusat War Boys & sumber daya melimpah yang tersimpan di dalamnya.

Many Mothers terbukti sebagai kelompok yang tangguh karena meskipun para anggotanya sudah berusia tua & berjenis kelamin wanita, mereka sangat mahir menggunakan senjata api & mengutak atik mesin kendaraan. Mereka juga memiliki sifat gigih & tidak segan-segan bertarung melawan para prajurit War Boys yang jumlahnya jauh lebih banyak.



WAR BOYS

Konvoi pasukan War Boys.

War Boys (Pemuda Perang) adalah kelompok antagonis utama dalam film MMFR. Mereka merupakan kelompok dengan kekuatan terbesar karena memiliki wilayah kekuasaan yang luas & kaya akan sumber daya alam serta manusia.

Markas pusat War Boys berada di Citadel, sebuah tempat di atas tebing tinggi yang memiliki akses ke sumber air bawah tanah. Di dalam Citadel, terdapat ruangan-ruangan besar seperti bengkel, kamar tidur bersama, kebun hidroponik, hingga ruangan khusus untuk memerah air susu dari manusia.

Selain Citadel, War Boys juga memiliki wilayah kekuasaan lain seperti Bullet Farm (kota penghasil amunisi) & Gas Town (kota penghasil bahan bakar kendaraan). Masing-masing wilayah tadi pada gilirannya memiliki pasukannya masing-masing. Jika pasukan War Boys di masing-masing wilayah ingin berkomunikasi 1 sama lain, mereka melakukannya dengan cara menembakkan pistol asap ke udara.

Pemimpin War Boys adalah seorang pria bertopeng & berambut panjang yang bernama Immortan Joe. Immortan memiliki sifat kharismatik & disembah layaknya juru selamat oleh para pengikutnya. Ia juga lihai memanipulasi para pengikutnya dengan mengatakan bahwa jika mereka sampai mati di tengah peperangan, mereka akan gugur sebagai pahlawan & kelak akan hidup kembali di Surga Valhalla.

Immortan Joe (paling depan).

Karena percaya dengan klaim Immortan Joe, para anggota War Boys pun memiliki sifat berani mati. Mereka tidak segan-segan melakukan taktik bom bunuh diri & menjadi tameng hidup bagi Immortan Joe. Setiap kali hendak melakukan serangan bunuh diri, anggota War Boys akan menyemprot dirinya sendiri dengan cat perak supaya mereka masuk ke Valhalla dalam kondisi berkilauan.

Sebagian besar anggota War Boys sudah terpapar oleh radiasi. Itulah sebabnya mereka memiliki aneka macam kelainan fisik seperti kaki bengkak, bibir sumbing, fisik kerdil layaknya bayi, bisul di bagian kulit, & sebagainya. Mereka juga memiliki rentang usia maksimum yang lebih pendek dibandingkan manusia normal.

Untuk mengurangi efek negatif dari radiasi, sejumlah anggota War Boys akan menyuntik diri mereka sendiri dengan darah dari orang yang masih sehat secara berkala. Max contohnya, setelah dicegat & ditangkap oleh para anggota War Boys, darahnya disedot secara berkala supaya bisa digunakan oleh anggota War Boys yang bernama Nux.

Anggota War Boys yang menempati posisi tinggi mengenakan pakaian lengkap, sementara anggota War Boys tingkat bawah tidak mengenakan baju alias bertelanjang dada. Sebagian besar anggota War Boys tingkat bawah juga nampak memiliki kepala botak & kulit berwarna putih kapur.

Karena War Boys merupakan kelompok terkuat & terkaya di kawasan setempat, War Boys pun memiliki stok kendaraan yang begitu melimpah. Kelompok ini memiliki armada mobil yang terdiri dari jeep, mobil bak terbuka, mobil dengan roda tank, & masih banyak lagi. Pasukan War Boys juga dilengkapi dengan armada sepeda motor & truk besar (rig).

Persenjataan yang dimiliki oleh War Boys tidak kalah beragam. Untuk pertarungan jarak dekat, para anggota War Boys mempersenjatai diri mereka dengan gergaji mesin & pisau. Sementara untuk pertarungan jarak jauh, mereka akan menggunakan tombak lempar yang berhulu ledak, granat, senapan shotgun, senapan mesin, meriam kecil, hingga flamethrower (penyembur api).

Anggota War Boys saat menggunakan tombak berhulu ledak.

Sejumlah kendaraan War Boys juga dilengkapi dengan tiang yang lentur supaya anggota War Boys bisa menyeberang ke atas kendaraan musuh. Jika pasukan War Boys ingin memperlambat laju kendaraan musuhnya, mobil War Boys akan menembakkan rantai harpun ke mobil musuh. Sesudah itu, mobil War Boys tadi akan membuka tutup belakang mobilnya hingga menancap di tanah supaya laju kendaraan musuh menjadi tertahan.

Hal paling unik dari pasukan War Boys adalah mereka juga mengoperasikan truk khusus yang dinaiki oleh penabuh drum & pemain gitar listrik. Tugas mereka bukan untuk bertarung, tetapi untuk memainkan musik supaya para anggota War Boys yang lain menjadi lebih bersemangat. Gitar yang dimainkan oleh gitaris War Boys adalah gitar dengan gagang ganda (double neck) & dilengkapi dengan penyembur api.

Karena War Boys memiliki kekuatan yang besar & ditopang oleh sumber daya yang melimpah, War Boys hampir tidak terkalahkan dalam perang terbuka. Satu-satunya cara untuk menundukkan War Boys adalah dengan cara melakukan pemberontakan dari dalam.

Jika pemimpin War Boys sampai berhasil dibunuh oleh komandan bawahannya sendiri, maka komandan tersebut akan menjadi pemimpin War Boys yang baru. Pemimpin baru War Boys sesudah itu diharapkan bersedia mengubah kebijakan-kebijakan pendahulunya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Fenwick, G.. 2022. "Happy Feet: When the director of Mad Max made an animated children's movie".
(www.stuff.co.nz/entertainment/stuff-to-watch/300502280/happy-feet-when-the-director-of-mad-max-made-an-animated-childrens-movie)

Nordine, M.. 2019. "Edgar Wright Calls ‘Mad Max: Fury Road’ the Best Action Film of All Time".
(www.indiewire.com/2019/04/edgar-wright-mad-max-fury-road-best-action-film-of-all-time-1202056432/)

Sharma, A.. 2022. "Mad Max Movies In Order [Watch Order Of Mad Max Series]".
(findmoviesinorder.com/mad-max-movies-in-order/)

(Film) Miller, G.. 2015. "Mad Max : Fury Road".
  






COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.