Makna & Sejarah Logo Klub Inter Miami



Logo Inter Miami. (mlssoccer.com)

Florida adalah negara bagian Amerika Serikat (AS) yang terletak di bagian tenggara. Kawasan ini terkenal akan wisata pantainya karena Florida berbatasan dengan Samudera Atlantik & memiliki iklim yang cukup hangat.

Di Florida pulalah, terdapat klub sepak bola yang bernama Inter Miami. Sesuai dengan namanya, klub tersebut memang berasal dari Miami, kawasan perkotaan besar yang terletak di bagian selatan Florida. Klub dengan warna kebanggaan pink / merah jambu tersebut menjadikan Stadion Chase di kota Fort Lauderdale sebagai stadion kandangnya.

Peta lokasi Florida, daerah asal klub Inter Miami. (worldatlas.com)

Inter Miami sekarang bermain di Major League Soccer (MLS; Liga Sepak Bola Utama), turnamen sepak bola resmi AS. Karena AS merupakan negara dengan wilayah yang luas, para peserta MLS dibagi ke dalam wilayah barat (Western Conference) & wilayah timur (Eastern Conference). Inter Miami bermain di Eastern Conference karena markas klub ini memang terletak di wilayah timur AS.

Inter Miami tergolong sebagai klub yang muda karena klub tersebut baru didirikan pada tahun 2018. Meskipun begitu, pendirian Inter Miami langsung menarik perhatian khalayak sepak bola dunia karena klub tersebut didirikan sekaligus dipimpin oleh David Beckham, mantan pemain legendaris Manchester United, Real Madrid, serta tim nasional Inggris.

Tahun 2023, Inter Miami kembali menjadi pusat perhatian setelah klub tersebut merekrut Lionel Messi, pemain bintang Argentina yang sebelum ini pernah memperkuat Barcelona & Paris Saint Germain. Masuknya Messi yang beberapa bulan sebelumnya baru saja berhasil menjuarai Piala Dunia tak pelak semakin melambungkan popularitas klub muda tersebut.



KLUB MUDA DENGAN LOGO SARAT MAKNA

Sejak pendiriannya di tahun 2018, Inter Miami selalu menggunakan logo klub yang sama hingga sekarang. Logo Inter Miami menampilkan simbol lingkaran berwarna hitam dengan garis tepi berwarna merah jambu / pink. Simbol lingkaran tersebut menyimbolkan semangat kebersamaan & keterbukaan.

Warna hitam & pink digunakan karena kedua warna tersebut merupakan warna-warna yang digunakan dalam seragam Inter Miami. Jika kostum kandang Inter Miami menggunakan warna dominan pink, maka kostum tandang Inter Miami menggunakan warna dominan hitam.

Inter Miami memiliki kostum kandang berwarna pink & kostum tandang berwarna hitam. (Logan Riely / tntsports.com) (ebay.com)

Warna hitam & pink merupakan 2 warna dengan tingkat kecerahan yang saling bertolak belakang. Penggunaan warna-warna yang saling bertolak belakang tersebut juga dimaksudkan untuk menyimbolkan suasana Florida yang penuh kemeriahan & penduduknya beragam.

Di dekat bagian tepi luar logo klub, terdapat tulisan "Club Internacional de Futbol" yang ditulis dalam warna putih dengan tata letak berbentuk setengah lingkaran. Tulisan tersebut merupakan tulisan dalam bahasa Spanyol yang jika diterjemahkan memiliki arti "Klub Sepak Bola Internasional".

Nama "Internacional" digunakan karena Inter Miami ingin menunjukkan diri mereka sebagai klub dengan ambisi global yang inklusif & terbuka kepada semua golongan. Kebetulan Inter Miami didirikan oleh orang luar AS & klub ini bermarkas di negara bagian Florida yang banyak disinggahi oleh orang-orang luar AS.

Hal paling menarik dari nama Inter Miami adalah meskipun klub ini berasal dari negara AS yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, Inter Miami justru menggunakan bahasa Spanyol dalam nama resmi klubnya.

Hal itu sendiri bisa terjadi karena Florida banyak dihuni oleh orang-orang Hispanik / keturunan imigran Amerika Latin yang kerap menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa sehari-harinya. Jadi supaya penduduk Florida merasa memiliki ikatan dengan Inter Miami, klub ini pun menggunakan bahasa Spanyol dalam nama resmi klubnya.

Di bagian bawah logo klub, terdapat tulisan "MMXX". Sebelum anda berpikir yang bukan-bukan (hehe...), tulisan tersebut aslinya merupakan angka dalam huruf Romawi yang berarti "2020". Angka tersebut menunjukkan tahun di mana Inter Miami mengikuti kompetisi liga Amerika Serikat (Major League Soccer) untuk pertama kalinya.

Logo Inter Miami. (mlssoccer.com)

Di bagian tengah logo klub, terdapat simbol tameng hitam dengan tepi berwarna pink. Simbol tameng tersebut melambangkan kekuatan & kekompakan karena tameng terkenal akan kekuatannya dalam melindungi prajurit yang berlindung di baliknya. Tameng yang sama nampak memiliki 3 sudut untuk menyimbolkan 3 distrik utama yang menyusun Miami : Miami-Dade, Broward, & Palm Beach.

Di dalam simbol tameng yang sama, terdapat gambar sepasang burung bangau putih yang posisinya saling membelakangi & kakinya saling bersilangan. Gambar bangau putih digunakan karena bangau putih (great white heron) merupakan fauna asli Florida.

Burung bangau putih, salah satu sumber inspirasi logo Inter Miami. (Charles J. Sharp / wikimedia.org)

Penggunaan bangau selaku hewan terbang dalam logo Inter Miami juga dimaksudkan untuk menyimbolkan kebebasan & kekompakan. Kaki kedua bangau tersebut nampak membentuk huruf "M" untuk menyimbolkan huruf depan Miami.

Di antara kedua kepala bangau tersebut, terdapat gambar menyerupai lingkaran dengan 7 segitiga di atasnya. Simbol lingkaran tersebut menyimbolkan matahari bersinar karena kebetulan Florida merupakan salah satu wilayah AS yang paling hangat & terkenal akan wisata pantainya.

Simbol matahari yang sama juga nampak memiliki 7 sinar untuk menyimbolkan 7 benua dengan Miami sebagai pusatnya. Alasan lain kenapa simbol sinarnya berjumlah 7 adalah karena saat masih menjadi pemain, David Beckham selaku pendiri sekaligus pemilik Inter Miami kerap menggunakan nomor punggung 7.

Di atas gambar bangau & matahari, terdapat tulisan "Miami" berwarna pink yang ditulis dengan huruf kapital. Nama tersebut tidak lain menunjukkan Miami selaku daerah asal klub ini. Jika dikombinasikan dengan tulisan di luar tameng, didapatlah nama lengkap klub pemilik logo ini : Club Internacional de Futbol Miami (Klub Sepak Bola Internasional Miami). - © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

1000 Logos. 2024. "Inter Miami Logo".
(1000logos.net/inter-miami-logo/)

B.L. Sullivan & G.L. Armistead. 2015. "How To Identify White Herons".
(www.allaboutbirds.org/news/how-to-identify-white-herons-excerpt-from-better-birding-book/)

Inter Miami CF. "About the Club".
(www.intermiamicf.com/club/about)

Sports Illustrated. 2018. "7 Things You Need to Know About David Beckham's New MLS Franchise Inter Miami CF".
(www.si.com/soccer/2018/09/07/7-things-you-need-know-about-david-beckhams-new-mls-franchise-inter-miami-cf)

Transfermarkt. "Inter Miami CF - Stadium".
(www.transfermarkt.com/inter-miami-cf/stadion/verein/69261)

Transfermarkt. "Lionel Messi".
(www.transfermarkt.com/lionel-messi/profil/spieler/28003)

Wikipedia. "Florida".
(en.wikipedia.org/wiki/Florida)

   





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.