FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Makna Lirik Lagu The Cranberries - Zombie




Cuplikan video klip The Cranberries - Zombie yang umumnya menampilkan
suasana Irlandia Utara ketika konflik "The Troubles" masih berlangsung

Tahu lagu dari band The Cranberries yang berjudul "Zombie"? Bila anda merupakan penggemar lagu-lagu luar negeri yang populer pada awal era 90-an, mestinya anda tahu dong. Sejak kemunculan awalnya, lagu beraliran rock ini semakin melambungkan popularitas band The Cranberries di mana di sejumlah negara seperti di Perancis, Jerman, Australia, & di Irlandia sendiri, lagu tersebut berhasil menembus tangga lagu atas. Dan biarpun lagu ini sudah lama rilis, lagu ini tetaplah menarik bagi banyak orang (termasuk saya).

Lagu "Zombie" sendiri ditulis oleh vokalis sekaligus gitaris band The Cranberries, Dolores O' Riordan, pada tahun 1994. Menurut Dolores, ia terinspirasi untuk menulis lagu tersebut setelah ia menyaksikan peristiwa pemboman Warrington, suatu peristiwa peledakan bom oleh kelompok bersenjata Provisional IRA di Chesire, Inggris, yang menewaskan 2 orang anak kecil. Kemungkinan karena korban tewasnya adalah anak kecil, lirik & video klip dari lagu "Zombie" pun banyak menampilkan anak-anak sebagai salah satu tema utamanya.

Bicara soal lagu "Zombie", saya punya cerita lucu pribadi. Waktu pertama kali mendengar lagunya, saya pikir lagu ini bercerita tentang sekelompok manusia pembasmi zombie seperti di film "Resident Evil". Hehehe, betapa polosnya saya waktu itu. Setelah melakukan sedikit usaha pencarian & penelusuran, akhirnya saya tahu bahwa lagu ini sebenarnya ingin bercerita soal masalah kemanusiaan di Irlandia Utara yang dikenal sebagai "The Troubles".

Soal The Troubles sudah pernah saya tulis. Silakan melihatnya kalau ingin tahu lebih dalam soal salah satu konflik di Eropa modern yang hingga sekarang masih belum 100 % terselesaikan itu. Kali ini saya akan mengulas lebih dalam soal lirik lagunya yang memberi saya info soal konflik itu : Zombie. Daripada berlama-lama, langsung saja kita lompat ke bagian berikutnya dari artikel ini. Here we go...



ANALISA LIRIK

Bagian I

Another head hangs lowly,
Child is slowly taken.


Apa yang orang pikirkan ketika sedang menundukkan kepada (head hangs lowly)? Berduka? Menyesal? Malu? Kurang lebih itulah yang ingin diungkapkan pada bagian ini. Bagian awal dari lagu ini ingin menunjukkan semacam rasa penyesalan atau rasa terhina atas perbuatan para pelaku The Troubles dalam menghilangkan nyawa orang lain.

Bagian "anak-anak yang terambil secara perlahan-lahan" (child is slowly taken) bisa diartikan sebagai 2 hal. Anak-anak itu satu per satu tewas akibat konflik, atau mereka perlahan-lahan mulai terseret arus konflik hingga akhirnya menjadi salah satu pelaku konflik itu sendiri.


And the violence caused such silence,
Who are we mistaken?

But you see, it's not me, it's not my family
in your head, in your head, they are fighting


Bagian ini mengambil sudut pandang dari orang-orang yang tinggal di daerah konflik. Setiap kali terjadi konflik, setiap kali itu pula selalu timbul korban dari kalangan rakyat sipil yang tidak ada hubungannya dengan konflik. Intinya, bagian ini seperti semacam pertanyaan sekaligus tuntutan : "Apa salah kami? Kami tidak melakukan hal-hal yang salah, tapi kenapa mesti kami yang menanggung akibatnya?" (it's not me, it's not my family)

Sebuah sisi gelap dari konflik di belahan dunia manapun - terutama bila konflik yang timbul berlatar belakang SARA - adalah mereka yang berasal dari golongan lawan seringkali dianggap sebagai musuh yang harus dibasmi meskipun orang yang bersangkutan tidak melakukan hal-hal yang salah. Konflik & kekerasan yang timbul pada gilirannya membuat daerah tempat timbulnya konflik menjadi seperti kota mati yang sunyi (violence caused such silence) karena para penduduknya lebih memilih diam & menutup diri sebagai akibat dari rasa curiga yang berlebihan satu sama lain.

Bagian berikutnya sedikit membingungkan bagi saya karena pernyataan "di dalam kepalamu" (in your head) sepintas seperti menyatakan hal itu terjadi dalam mimpi (atau ada perang dalam kepala kalau mau sedikit berimajinasi ala film "Inception", hehehe). Kalau sedikit merujuk pada analisa versi orang lain yang saya temukan, bagian ini pada intinya menyatakan bahwa ketika terjadi konflik & pertumpahan darah, konflik tersebut akan terngiang-ngiang & tertanam dalam pikiran orang tersebut. Sehingga lambat laun, dia akan mengalami trauma yang mendalam atau pada akhirnya ikut serta dalam konflik.

Menurut suatu studi yang dilakukan oleh badan independen yang menangani The Troubles, konflik berkepanjangan yang terjadi di Irlandia Utara menyebabkan tingginya angka-angka perilaku negatif seperti kriminalitas, kecanduan alkohol, perceraian, & bahkan bunuh diri. Dengan kata lain, konflik yang tertanam di kepala mereka (in your head, they are fighting) melalui apa yang mereka lihat & mereka dengar pada akhirnya akan mengubah perilaku normal mereka cepat atau lambat.


Reff I

With their tanks and their bombs,
And their bombs and their guns.
In your head, in your head, they are crying


Perlu dijelaskan lagi soal bagian ini? Oke, para intinya bagian ini ingin memvisualisasikan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh para pelaku konflik. Dengan memakai aneka persenjataan (tank, bomb, gun) para pelaku konflik saling membunuhi satu sama lain. Jika dilihat lagi, kata "dengan bom" (and their bombs) diucapkan sebanyak 2 kali. Menurut saya, bagian ini merupakan semacam penengah bahwa milisi loyalis & nasionalis tidak ada bedanya karena sama-sama memakai ledakan bom dalam konflik. Kata "milik mereka" & "mereka" (their, they) juga sekali lagi ingin menekankan, ini perang mereka, jadi jangan melibatkan penduduk sipil.


Reff II

In your head, in your head,
Zombie, zombie, zombie,
What's in your head, in your head,
Zombie, zombie, zombie?


Bagian reffrain ini berisi campuran antara pertanyaan, tuntutan, sekaligus sindiran. Seperti yang kita tahu, di karya-karya fiksi zombie sering digambarkan sebagai makhluk yang sudah mati & tidak punya akal sehingga selalu bertindak tanpa berpikir. Kurang lebih itulah makna sindiran yang diberikan pada para pelaku konflik yang terus membunuhi orang lain, seolah-olah mereka tidak memikirkan tindakannya yang tidak manusiawi itu. Apa isi kepalamu? Apa yang kau pikirkan, dasar zombie!? (what's in your head, zombie?) Atau kalau mau lebih kasar & terang-terangan, bagian ini juga bisa ditulis seperti "masih bisa mikir nggak sih?" atau "apa sih yang kamu pikirkan sampai bisa sekejam itu?"

Anak-anak sebagai penerus generasi di Irlandia Utara
menjadi fokus utama dalam lagu & video klip "Zombie"

Bagian II

Another mother's breaking, heart is taking over.
When the violence causes silence, we must be mistaken.


Bagian ini secara umum mirip dengan bagian permulaan lagu & bahkan bisa dikatakan merupakan sambungan dari bagian pertama. Hilangnya anak-anak, entah karena terbunuh dalam konflik ataupun karena memang ikut serta ke dalamnya membuat para ibu dalam konflik ini merasa hancur hatinya (mother's breaking heart). Atau jika disambungkan ke terusannya, bisa dibilang mungkin ibu tersebut kelak akan tertelan pula oleh konflik. Kepasrahan terhadap konflik juga terlihat di mana ketika konflik terjadi, pasti korbannya dari warga sipil lagi (we must be mistaken).


It's the same old theme since 1916.
In your head, in your head they're still fighting

Bagian inilah yang membuat saya penasaran & ingin mencari tahu lebih lanjut latar belakang pembuatan lagu ini. Ada apa di tahun 1916? Setelah melakukan penelusuran, saya baru mengetahui bahwa 1916 merupakan tahun terjadinya Kebangkitan Paskah (Easter Rising), suatu peristiwa proklamasi kemerdekaan oleh kelompok nasionalis Irlandia. Bagian berikutnya menunjukkan bahwa sekalipun tahun 1916 sudah lama berlalu, konflik & pertumpahan darah masih saja terjadi, terutama di Irlandia Utara melalui konflik yang dikenal sebagai The Troubles (same old theme since 1916). Bagian berikutnya seperti pada analisa bagian kedua, konflik yang tertanam di kepala orang-orang setempat terus terngiang hingga cepat atau lambat menyeret mereka ke dalam konflik.


Reff I
Reff II

(sama seperti di bagian atas)


Sekian analisa & interpretasinya. Semoga bisa memuaskan para pengunjung & memberi kita pemahaman soal lagu ini serta kepedulian lebih mendalam pula soal masalah kemanusiaan di Irlandia Utara & di tempat-tempat lain di dunia. The Cranberries membuat lagu tersebut untuk memberi tahu kita soal dampak negatif dari konflik & pertumpahan darah. Bila ada waktu, mungkin saya akan mengulas soal makna lagu-lagu lain yang menurut saya cukup berbobot.   -  © Rep. Eusosialis Tawon



SUMBER-SUMBER YANG MEMBANTU

Lyric Interpretations - Zombie Lyrics Meaning
Wikipedia - TheTroubles
Wikipedia - Zombie (song)


Lirik Lagu The Cranberries - Zombie
Video Klip Lagu The Cranberries - Zombie


          

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

36 komentar:

  1. iyohe.......... iyohe........ iyoheee......... [lol]

    BalasHapus
  2. @es teh
    Huakakak, ini lagi. Malah ngejunk. Pahamin dulu sono liriknya biar ga iyohe lagi nyanyinya :P

    BalasHapus
  3. cape deh. nggak boleh di copas pdhl bt bacaan doang

    BalasHapus
  4. @chantie
    Karena dari pengalaman saya yg terdahulu, ada yg suka copas artikel buatan saya buat ditaruh di halaman web lain, tapi dia ga mau ngasih link balik ke sini & gak bilang-bilang dulu. Makanya saya bikin aturan begini supaya pada ga sembarangan copas. Tapi klo cuma buat bacaan pribadi sih ya nggak usah minta izin. Maaf kalau jadinya merepotkan anda

    Oh ya, malah hampir lupa. Klo mau nyimpan artikel ini bwt bacaan, klik aja Ctrl + S di keyboard atau klik menu File > Save Page As di bagian kiri atas browser (kalau anda pake Mozilla). Nanti kalau mau baca tinggal dibuka pake browser, ga perlu koneksi internet lagi

    BalasHapus
  5. Seperti yang ada dalam film Five Minutes of Heaven, saya pernah nulisnya disini http://www.dodifaedlulloh.com/2011/07/rekonsiliasi-bedah-kecil-film-five.html

    BalasHapus
  6. Penafsiran lirik lagu yang keren, Sob. :D

    Salam kenal,
    Dany

    BalasHapus
  7. mas coba ulas konflik palestina & israel dari awal sampe sekarang(secara objektif) dan jangan lupa perang utamanya seperti yom kipur 6 day war dll,, menurut saya topik tersebut terlihat sangat kontraversial... trimakasih atas tampungannya..

    BalasHapus
  8. @anonim
    Kalau soal konflik Israel & Palestina dari awal sampe akhir, jadinya bakal kepanjangan. Apalagi ini konflik juga sangat kompleks. Tapi kalau ada waktu, mungkin saya akan membahas soal perang atau kelompok yang terlibat dalam konfliknya...

    BalasHapus
  9. Bos admin, aku boleh share ni artikel ga? kalo masalah link sumber pasti aku cantumin da

    ntar kalo bole aku kasi tau dimana aku share

    thx

    BalasHapus
  10. @nahuboto
    Kalau share link boleh aja. Tapi kalau share copy paste artikel ke situs lain, maaf, saya ga bisa ngasih izin

    BalasHapus
  11. Suwer .
    Lirik lg,nya menyentuh hti.
    D mana keadilan saat d butuhkan.

    BalasHapus
  12. makasi informasinya (‾ʃƪ‾)

    BalasHapus
  13. i just know about "the trouble". surprised that the song tells about this conflict i thought it's about world war.

    BalasHapus
  14. Orang jadi bisa mengerti isi lagúnYà

    BalasHapus
  15. jadi nilai moralnya apa ini guys??

    BalasHapus
  16. Bahwasan nya penjajahan di atas dunia harus di hapus kan karena tidak sesuai dengan kemanusiaan #Merdeka

    BalasHapus
  17. oalah gitu tooo???????????

    BalasHapus
  18. aku suka bangat lagu ini. awalnya ngira makna lagunya sekelompok zombie yang menyerang manusia..haha.

    tapi lagu lagi tempo dulu emang mantap semua, punya pesan moral

    BalasHapus
  19. keren banget pokoknyaaaaaa the cranberries !
    lagu favorit saya waktu kecil ini :D :D :D
    banyak2in dong band keren macem ini :))

    BalasHapus
  20. Wow maknanya dalam sekali sob

    BalasHapus
  21. pembahasan bagus2 dah baca beberapa artikel bagus semua... lanjut dan moga berkembang... jgn ikut politik ya :) ... chantie: itu haknya dan kalau anda cuma menggap hanya sebuah tulisan ya tulis ulang ajah... saudaramu sudah capek nulis, mikir dan cari ide anda cuma tulis ulang ajah protes... hargai usaha orang lain kalau anda mau dihargai. SUKSES buat Repulik Tawon.

    BalasHapus
  22. ini blog yg benar2 berbobot.. keep on the good work min.. cheers!!!

    BalasHapus
  23. Apa cuma gw disini yg baru tau? Good information

    BalasHapus
  24. Terimakasih atas opini analisanya :)

    BalasHapus
  25. Artinya mantaap gaan(y) sangat membantu😁

    BalasHapus
  26. Jika korban peperangan di negara orang islam spt iraq,libya,syria dan beberapa negara orang islam lagi di buat lirik lagu oleh penyanyi cranberies tentu rangkapnya lebih panjang sebab yang terkorban bukan 2 orang kanak2 tapi berjuta manusia ,mungkin juga berpuluh juta manusia..tp rasanya tak akan ada lagu utk kematian yang berjuta juta itu

    BalasHapus
  27. gan. makasih infonya .. izin share :)

    BalasHapus
  28. udah mau 2016, nemu artikel berbobot huhahahaha (^_^)

    gan bahas dong kalo ternyata zombie itu nama pejuang islam dan di ibaratkan sama orang yang bukan islam sebagai manusia yang susah mati dan bergerak tanpa pikiran membuat orang" disekitarnya jadi sama kaya zombie juga, soal nya orang yang bernama zombie ini menyebarkan islam dengan sangat cepat, udah coba di berantas tapi hidup lagi dan susah di berantas nya

    bahas gan biar lebih tercerahkan ini bener atau engga (^_^)V

    BalasHapus
  29. Saya rasa lagu untuk konflik islam sudah ada kok...

    BalasHapus
  30. Gw sMpe 100 kali muter lagu ini sehari

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.