FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Quetzal, Burung Penuh Warna dari Rimba Amerika




Burung quetzal dari spesies Pharomachrus mocinno. (Sumber)

Quetzal adalah nama dari salah satu burung paling indah di dunia. Terkesan berlebihan? Tidak juga kalau para pengunjung sekalian melihat sendiri penampilan dari burung ini. Secara fisik, quetzal memiliki tubuh yang mungil dengan bulu yang berwarna-warni. Nama "quetzal" pada burung ini berasal dari Bahasa Nahuatl - salah satu bahasa asli Amerika Tengah - "quetzalli" yang memiliki makna "bulu ekor berwarna cerah". Nama yang tidak lain merujuk pada bulu ekornya yang panjang & berwarna mencolok.

Ada 6 spesies burung quetzal yang diketahui oleh manusia di mana 5 spesiesnya berasal dari genus Pharomachrus, sementara 1 spesies sisanya adalah anggota genus Euptilotis. Spesies-spesies tersebut antara lain quetzal gemerlapan (Pharomachrus mocinno), quetzal berjambul (P. antisianus), quetzal berkepala emas (P. auriceps), quetzal berujung putih (P. fulgidus), quetzal pavonin (P. pavoninus), & quetzal bertelinga (Euptilotis neoxenus). Artikel ini sendiri akan fokus membahas quetzal gemerlapan, spesies quetzal yang paling terkenal.

Semua spesies quetzal hanya bisa ditemukan di hutan tropis Amerika Tengah & Selatan. Makanan utama dari quetzal adalah buah-buahan, khususnya buah alpukat liar. Namun jika buah-buahan sedang langka, quetzal juga mau memakan hewan-hewan kecil seperti serangga, kadal, & katak. Sebagai bagian dari alam liar, quetzal juga memiliki musuh. Musuh atau predator utama dari quetzal adalah burung-burung besar seperti elang ornat & burung hantu. Sementara saat masih kecil, quetzal rentan diserang oleh musang, burung jay coklat, & tupai.



KOMPAK MELINDUNGI & MERAWAT ANAK

Seekor burung quetzal
berjambul. (Sumber)
Secara fisik, quetzal gemerlapan - khususnya quetzal jantan - bisa dikenali dengan melihat paruhnya yang pendek & ekornya yang panjang. Bagian kepala, leher, sayap, & punggungnya berwarna hijau, sementara dada bagian bawah, perut, & ekor bagian bawah berwarna merah terang. Quetzal jantan & betina menampilkan dimorfisme seksual alias perbedaan fisik antar kelamin. Jika pejantan memiliki paruh berwarna kuning, maka betina memiliki paruh berwarna hitam. Perbedaan lain, betina memiliki tubuh bagian bawah yang berwarna kelabu & bulu ekor yang panjang.

Musim kawin dari quetzal berlangsung antara bulan Februari hingga Juli. Saat musim kawin tiba, quetzal jantan akan memikat betina dengan cara mengeluarkan suara-suara keras, bernyanyi, & menari. Jika betina tertarik, keduanya lalu kawin di dalam cekungan pohon & membangun sarang bersama-sama. Betina lalu mengeluarkan 1 - 2 butir telur & melakukan pengeraman secara bergantian dengan pejantan. Waktu pengeraman yang diperlukan oleh telur tersebut hingga menetas adalah sekitar 18 hari.

Jika telur sudah menetas, baik jantan maupun betina kembali melakukan perawatan secara bersama-sama. Hingga usia 10 hari, anak quetzal hanya diberi makan serangga. Saat anak quetzal terus tumbuh, makanan-makanan lain seperti buah & hewan-hewan vertebrata kecil akan mulai diberikan. Perawatan dilakukan hingga usia 1 bulan, usia di burung quezal muda sudah bisa terbang. Seekor burung quetzal gemerlapan diketahui bisa tumbuh hingga ukuran 40 cm, sementara panjang bulu ekornya bisa mencapai 65 cm.



DIMULIAKAN SEKALIGUS DIBURU

Lambang negara Guatemala yang
menampilkan burung quetzal
di bagian atas. (Sumber)
Burung quetzal sudah sejak lama dimuliakan oleh penduduk asli Amerika Tengah. Suku Maya contohnya, menganggap burung quetzal sebagai burung suci yang tidak boleh dibunuh. Mereka juga memiliki keyakinan bahwa burung quetzal akan menemani orang-orang Maya ke manapun mereka pergi, menolong mereka saat bertempur, & mati saat orang yang diikutinya meninggal. Adanya larangan untuk membunuh burung quetzal pula yang membuat orang-orang Maya tidak membunuh burung ini saat menginginkan bulunya yang indah. Mereka hanya akan mencabut bulu ekornya & kembali melepaskan burung tersebut.

Bukan hanya orang-orang zaman dahulu yang menaruh rasa hormat pada burung ini. Di masa kini, quetzal menjadi burung nasional negara Guatemala & gambar dari burung tersebut bisa ditemukan pada bendera serta lambang negara Guatemala. Selain karena quetzal hanya ditemukan di Amerika Tengah & Selatan, alasan lain pemakaian burung quetzal sebagai burung nasional adalah karena quetzal tidak bisa hidup dalam tangkapan sehingga quetzal pun diidentikkan sebagai simbol kebebasan. Kendati demikian, sebuah kebun binatang di Meksiko dilaporkan sudah bisa menangkarkan burung ini sejak tahun 1992.

Walaupun Guatemala menjadikan quetzal sebagai burung nasionalnya, nasib quetzal di alam liar Guatemala yang sesungguhnya ternyata tidak sebagus kelihatannya. Akibat penebangan hutan & perburuan yang diperparah oleh perang saudara berkepanjangan, populasi quetzal di Guatemala mengalami penurunan tajam & mulai terancam punah. Di Kosta Rika, nasib burung ini jauh lebih beruntung karena pemerintah setempat menaruh perhatian lebih pada kegiatan pelestarian lingkungan. Berkat kesungguhan pemerintah setempat pula, burung quetzal pun menjadi salah satu daya tarik wisata alam liar Kosta Rika.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Kelas : Aves
Ordo : Trogoniformes
Famili : Trogonidae
Genus : Pharomachrus, Euptilotis



REFERENSI

ARkive - Resplendent quetzal video, photos, and facts
TED Case Studies - The Resplendent Quetzal
Wikipedia - Resplendent Quetzal
Wikipedia - Quetzal


             

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

2 komentar:

  1. hmmm,,.. ternyata begitu ya.. baru tahu aku ternyata ada info penting kayak gini, kebetulan saya penggemar burung :)

    BalasHapus
  2. info yg baik untuk dunia pendidikan

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.