FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Makna Bendera Negara-Negara Asia Timur




Peta negara-negara Asia Timur.

Asia Timur adalah sebutan untuk kawasan yang - sesuai namanya - terletak di Benua Asia bagian timur. Total, ada 6 negara yang termasuk dalam Asia Timur. Keenam negara tersebut adalah Jepang, Korea Selatan (Korsel), Korea Utara (Korut), Mongolia, Republik Rakyat Cina, & Taiwan. Semua negara Asia Timur tidak menggunakan abjad Latin dalam penulisan sehari-hari. Hal ini pada gilirannya membawa kesulitan tersendiri bagi orang-orang luar Asia Timur yang baru pertama kali mempelajari bahasa dari negara yang bersangkutan.

Dengan pengecualian untuk Korea Utara & Mongolia, negara-negara Asia Timur terkenal dengan kemajuan teknologi & karya-karya hiburan modernnya. Di masa lalu, Asia Timur juga terkenal karena dari wilayah itulah tokoh-tokoh berpengaruh seperti Gengis Khan & Konfusius berasal. Maka, bukan hal yang mengherankan kalau kemudian banyak orang di luar Asia Timur yang menaruh ketertarikan tersendiri pada negara-negara Asia Timur. Dan sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu aspek dari negara-negara Asia Timur : benderanya.



JEPANG

Negara Asia Timur yang di masa Perang Dunia II pernah memiliki wilayah jajahan hingga Asia Tenggara. Di Jepang sendiri, bendera ini dikenal dengan nama "Nisshoki" (bendera tanda matahari) & "Hinomaru" (lingkaran matahari). Dari namanya saja, kita pasti sudah bisa menebak kalau bendera nasional Jepang menyimbolkan matahari. Dan memang seperti itulah makna dari benderanya. Bukan tanpa alasan Jepang menggunakan matahari dalam desain benderanya. Salah satu dewi terpenting dalam kepercayaan Shinto Jepang adalah dewi matahari Amaterasu Omikami. Wilayah Jepang juga dikenal dengan julukan "Tanah Matahari Terbit" karena letak geografisnya yang ada di sebelah timur daratan Asia.

Tidak diketahui secara pasti mengapa warna merah & putih yang dipilih dalam desain benderanya. Pun dengan makna dari warna-warna yang bersangkutan. Sebelum Jepang menggunakan bendera dengan desain seperti yang kita kenal sekarang ini, Jepang memiliki bendera nasional yang motifnya mirip dengan bendera nasionalnya sekarang ini, namun dengan tambahan 16 garis merah di sekeliling lingkaran yang menyimbolkan sinar matahari terbit (lihat gambar). Karena bendera tersebut dianggap identik dengan ideologi militeristik & haus teritori, bendera yang bersangkutan tidak lagi digunakan seusai Perang Dunia II.



KOREA SELATAN

Negara Asia Timur yang terkenal karena menjadi negara asal dari boyband & girlband populer seperti Super Junior & SNSD. Bendera dari Korsel juga dikenal dengan nama lain "Taegukgi" / "Taegukki" (Bendera). Warna putih yang ada di latar belakang bendera menyimbolkan kesucian & perdamaian. Lingkaran yang ada di bagian tengah bendera merupakan varian dari "Yin-Yang", simbol terkenal dalam filsafat tradisional Asia Timur yang melambangkan 2 unsur kehidupan yang saling melengkapi. Warna merah menyimbolkan energi kosmik positif, sementara warna biru menyimbolkan energi kosmik negatif yang menyusun Yin-Yang.

Di bagian pojok diagonal dari Taegukgi terdapat 3 bilah garis yang penggambarannya berbeda satu sama lain Ada garis yang digambar utuh & ada pula garis yang digambar terputus-putus. Simbol 3 garis tersebut dikenal dengan nama "Kwae", namun masing-masing Kwae juga memiliki namanya sendiri-sendiri untuk menunjukkan elemen yang mereka wakili. Nama dari masing-masing Kwae searah jarum jam dari pojok kiri atas adalah Geon (surga), Gam (air), Gon (bumi). & Ri (api). Secara singkat, pemakaian simbol Kwae & Yin-Yang menunjukkan rasa bangga rakyat Korsel akan budaya tradisionalnya.



KOREA UTARA

Negara Asia Timur yang terkenal karena gaya pemerintahannya yang begitu tertutup & otoriter. Warna putih menyimbolkan kesucian, warna biru menyimbolkan kemauan Korut untuk hidup dalam perdamaian, sementara warna merah menyimbolkan sosialisme komunisme. Bintang berwarna merah menyimbolkan kebahagiaan rakyat Korea Utara untuk hidup di bawah rezim komunis. Lingkaran putih yang ada di sekeliling bintang merupakan versi alternatif dari simbol Yin-Yang.



MONGOLIA

Negara Asia Timur yang tidak memiliki wilayah laut. Bendera Mongol menampilkan kombinasi vertikal warna merah-biru-merah dengan semacam simbol berwarna kuning di bagian kiri. Warna merah menyimbolkan kemajuan & kemakmuran, sementara warna biru menyimbolkan langit & keabadian. Simbol berwarna kuning dikenal dengan nama "Soyombo" di mana unsur-unsur dalam Soyombo memiliki maknanya sendiri-sendiri.

Simbol api yang terletak di bagian paling atas Soyombo menyimbolkan keberhasilan & kekayaan, sementara bagian 3 lidah api menyimbolkan masa lalu, masa kini, & masa depan. Lingkaran & sabit menyimbolkan matahari & bulan di mana pemakaian kedua benda langit tersebut menyimbolkan keabadian. Simbol 2 segitiga yang mengarah ke bawah adalah gambar mata tombak yang menyimbolkan tunduknya musuh di dalam & di luar Mongolia.

Simbol 2 persegi panjang horizontal menyimbolkan kejujuran masyarakat Mongolia - tak peduli mereka merupakan anggota masyarakat golongan atas maupun golongan kelas bawah. Bagian lingkaran yang terletak di antara 2 persegi panjang horizontal tadi adalah "yin-yang" yang melambangkan 2 unsur kehidupan yang saling melengkapi. Simbol 2 persegi panjang vertikal yang terletak di bagian sisi Soyombo menyimbolkan persatuan & kekuatan.



REPUBLIK CINA / TAIWAN

Negara Asia Timur dengan status internasional paling bermasalah hingga sekarang. Warna merah menyimbolkan pengorbanan & nasionalisme Cina. Warna biru menyimbolkan kebebasan & demokrasi. Warna putih menyimbolkan kesetaraan. Matahari menyimbolkan semangat untuk maju, sementara 12 segitiga yang ada di sekeliling matahari menyimbolkan 12 jam dalam 1 hari. Dalam budaya tradisional masyarakat Cina, 1 jam sama dengan 2 jam dalam sistem waktu modern. Simbol matahari putih & kotak biru juga menjadi lambang dari Kuo Min Tang, partai penguasa Taiwan saat ini.



REPUBLIK RAKYAT CINA

Negara Asia Timur dengan luas wilayah & jumlah penduduk yang paling besar. Warna merah yang menjadi warna latar belakang bendera ini menyimbolkan revolusi komunis sehingga Cina bisa menjadi negara yang diperintah oleh rezim komunis seperti sekarang ini. Di bagian pojok kiri atas bendera, terdapat 5 simbol bintang berwarna kuning di mana salah satu bintang berukuran lebh besar daripada bintang yang lain. Ada beberapa pendapat mengenai makna dari simbol bintang.

Menurut salah satu penjelasan, bintang besar menyimbolkan program pemerintahan Partai Komunis Cina (PKC), sementara 4 bintang kecil menyimbolkan 4 kelas sosial yang bersatu di bawah programnya : petani, buruh, borjuis, & kapitalis. Sementara menurut penjelasan lain, bintang besar menyimbolkan PKC, sementara 4 bintang kecil menyimbolkan 4 partai politik selain PKC. Ada juga penjelasan yang menyatakan kalau bintang besar adalah PKC, sementara 4 bintang kecil menyimbolkan rakyat Cina tanpa penjelasan lebih jauh mengapa bintang kecilnya berjumlah 4.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Flags Of The World - China
Flags Of The World - Mongolia
Flags Of The World - North Korea
Flags Of The World - Republic of China (Taiwan)
Flags Of The World - South Korea
Wikipedia - Flag of Japan
Wikipedia - Flag of South Korea
Wikipedia - Soyombo symbol
- . 2008. "Japan, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.


   

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

1 komentar:




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.