FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Kecoa Amerika, Serangga Penginvasi Rumah Manusia




(Sumber)

Kecoa / lipas adalah nama dari serangga yang pastinya tidak asing bagi siapapun. Ya, serangga ini memang merupakan hewan yang familiar karena seringnya hewan ini terlihat berseliweran di rumah & tempat-tempat kotor semisal timbunan sampah. Dikombinasikan dengan penampilannya yang terkesan menjijikan & kebiasaannya meninggalkan bau yang tidak sedap, kecoa pun menjadi salah satu musuh bebuyutan manusia di rumah-rumah. Ada beberapa spesies kecoa yang lazim terlihat di pemukiman manusia. Namun artikel kali ini akan fokus membahas seputar kecoa Amerika.

Kecoa Amerika (American cockroach; Periplaneta americana) adalah spesies kecoa yang - tidak sesuai namanya - bisa ditemukan di seluruh dunia, yang berarti kecoa ini aslinya tidak cuma ada di Amerika. Kecoa ini bisa tumbuh hingga sepanjang 4 cm, sekaligus menjadikannya sebagai spesies kecoa rumah terbesar di dunia. Adapun selain kecoa Amerika, spesies-spesies kecoa lain yang sudah teridentifikasi & juga banyak ditemukan di pemukiman manusia adalah kecoa Jerman (Blattella germanica), kecoa Oriental (Blatta orientalis), & kecoa Australia (Periplaneta australasiae).

Kecoa Amerika memiliki ciri-ciri fisik berupa tubuh pipih & berbentuk oval jika dilihat dari atas. Kepala & sayapnya berwarna merah gelap, sementara punggung, kaki, & abdomennya berwarna merah terang. Di bagian kepalanya terdapat sepasang antena panjang yang mengarah lurus ke depan. Kecoa Amerika juga memiliki 2 pasang sayap yang terlipat tumpang tindih jika sedang tidak digunakan. Namun kecoa Amerika sendiri hampir tidak pernah menggunakan sayapnya & lebih banyak menggunakan keahliannya bergerak cepat di permukaan tanah untuk berpindah tempat.

Fase-fase siklus hidup kecoa dengan
uang logam sebagai pembanding
ukurannya. (Sumber)
Kecoa Amerika adalah hewan omnivora alias pemakan segala. Di alam liar, makanan favorit kecoa adalah sampah organik semisal bangkai hewan & buah yang membusuk. Ketika habitat liarnya berubah menjadi pemukiman manusia, kecoa pun ikut beradaptasi & bertahan hidup dengan cara mengkonsumsi sisa-sisa makanan manusia & benda-benda berunsur kanji semisal lem. Selain bisa hidup dengan makanan apapun yang tersedia, kecoa juga bisa hidup tanpa makanan selama sebulan & tanpa air selama lebih dari seminggu! Kecoa juga dikenal sebagai perantara penyakit berbahaya semisal tifus karena ketika sedang mencari makan di tempat-tempat kotor, ada bakteri yang secara tidak sengaja menempel & ikut terbawa ke manapun kecoa pergi.

Perilaku kecoa sebagai tamu tak diundang di rumah-rumah manusia pada gilirannya membuat hewan ini kerap diincar manusia untuk dibunuh. Namun kecoa juga memiliki banyak cara untuk melindungi diri. Ketika sedang tidak beraktivitas, kecoa akan bersembunyi di tempat yang gelap & sempit seperti retakan tembok & kolong lemari. Kalaupun kecoa tertangkap basah berada di tempat terbuka, kecoa bisa memanfaatkan larinya yang cepat untuk menghindari serangan manusia. Kecoa Amerika merupakan salah satu serangga tercepat di dunia & bisa menempuh kecepatan hingga 5,5 km/jam. Kecoa juga bisa menghasilkan bau menyengat untuk membuat makhluk yang ingin menangkapnya mundur.



DITENTUKAN SUHU LINGKUNGAN

Kecoa Amerika mengalami metamorfosis tidak sempurna yang berarti serangga ini hanya mengalami 3 fase dalam siklus hidupnya : telur, nimfa, & kecoa dewasa. Sesudah melakukan perkawinan, kecoa betina akan mengeluarkan kapsul bernama "ooteka" (ootheca) yang berisi telur berjumlah 16 butir. Kecoa betina bisa memproduksi 1 ooteka per minggunya, di mana ooteka tersebut biasanya diberi cairan khusus yang lengket dari mulut betina supaya ooteka yang dikeluarkannya tidak berpindah tempat. Kecoa betina juga bisa bertelur tanpa melakukan perkawinan (partenogenesis), namun telur-telur yang dikeluarkan biasanya hanya sedikit yang bisa menetas.

Nimfa kecoa (putih) yang baru
menetas dari ooteka. (Sumber)
Waktu yang diperlukan oleh telur kecoa untuk menetas bervariasi antara 1 - 2 bulan. Semakin hangat suhu lingkungannya, maka semakin cepat telur tersebut menetas. Nimfa kecoa yang baru menetas memiliki penampilan yang sangat mirip dengan kecoa dewasa, namun dengan ukuran tubuh yang lebih kecil & tanpa sayap. Dan sama seperti fase telur, nimfa kecoa juga memiliki rentang waktu yang sangat bervariasi untuk mencapai ukuran dewasa, tepatnya antara 160 hingga 971 hari. Seekor nimfa kecoa harus berganti kulit sebanyak 13 kali sebelum mencapai fase dewasa. Kecoa betina dewasa bisa hidup hingga usia 1,5 tahun, sementara pejantan dewasa memiliki usia maksimal yang sedikit lebih singkat.

Kemampuan kecoa untuk berkembang biak dengan cepat & beradaptasi di segala macam lingkungan lantas membuat kecoa menjadi hewan sangat sulit dihilangkan dari pemukiman manusia. Kendati demikian, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah rumah menjadi sarang kecoa. Cara pertama adalah membuat lantai rumah selalu bersih sehingga tidak ada sisa-sisa makanan yang bisa dimanfaatkan oleh kecoa. Cara lainnya adalah dengan menaruh makanan & sampah di tempat yang tertutup supaya tidak bisa dimasuki oleh kecoa.

Tempat-tempat yang gelap seperti gudang & kolong lemari sebaiknya juga dibersihkan secara berkala karena tempat-tempat macam itu biasa digunakan kecoa untuk bersembunyi & berkembang biak.Kalaupun kecoa sudah terlanjur menetap di dalam rumah, kecoa masih bisa dibunuh dengan memakai racun serangga & jebakan. Membiarkan hewan-hewan kecil pemakan kecoa seperti cicak, kelabang, & tawon soliter untuk berkeliaran di dalam rumah juga bisa menjadi cara untuk memberantas kecoa secara alamiah. Secara singkat, kunci untuk membasmi kecoa di dalam rumah adalah dengan cara membuat rumah menjadi sebersih mungkin sehingga kecoa menjadi enggan untuk tinggal berlama-lama di dalamnya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Blattodea
Famili : Blattidae
Genus : Periplaneta
Spesies : Periplaneta americana



REFERENSI

Animal Diversity Web - Periplaneta americana : Information
BBC Earth - The fastest insect in the world
Penn State University - American Cockroaches
WikiHow - How to Get Rid of Roaches
Wikipedia - Cockroach



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.