FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Makna Lirik Lagu Arcade Fire - Abraham's Daughter




Wallpaper film "The Hunger Games" yang menampilkan
lencana berapi burung mockingjay. (Sumber)

Anda pernah menonton film "The Hunger Games" (THG)? Film yang dirilis pada tahun 2012 tersebut bercerita mengenai suatu turnamen bernama sama di mana para pesertanya ditempatkan dalam suatu arena raksasa yang dipenuhi pepohonan & diharuskan bertahan hidup sambil membunuh para pesaingnya. Satu dari sekian banyak peserta turnamen tersebut adalah Katniss Everdeen yang juga merupakan karakter utama dalam film & diperankan oleh aktris Jennifer Lawrence.

THG bersetting di suatu negara fiktif bernama Panem. Panem terdiri dari sejumlah provinsi yang diberi nama District 1 hingga 12 dengan Capitol sebagai pusat pemerintahan Panem. Film THG sendiri merupakan hasil adaptasi dari novel remaja berjudul sama yang ditulis oleh Suzanne Collins. Begitu dirilis, film THG berhasil meraih respon positif dari para kritikus & penonton. Namun film ini tetaplah bukan film yang tidak memiliki cela. Alur cerita film ini dianggap serupa dengan film-film lain yang bertema sama semisal "Battle Royale". Adegan-adegan pertarungan dalam filmnya juga dianggap kurang bisa dinikmati akibat terlalu sering menggunakan efek kamera yang berguncang.

Seperti halnya film-film Hollywood yang lain, THG juga memiliki lagu soundtrack-nya sendiri. Salah satu lagu tersebut berjudul "Abraham's Daughter" (Putri Abraham) yang diputar tepat sesudah filmnya berakhir. Lagu tersebut dibawakan oleh band asal Kanada yang bernama Arcade Fire & memiliki struktur yang unik karena lagunya tidak menggunakan konsep reffrain. Bukan hanya itu, jika paruh awal durasi lagunya menampilkan nyanyian dari sang vokalis, maka paruh akhir lagunya sama sekali tidak menampilkan vokal & hanya menampilkan instrument alat musik.

Arcade Fire. (Sumber)
Nama "Abraham" yang muncul dalam lagu ini merupakan tokoh Abraham yang muncul dalam kisah agama Samawi. Dalam kisah aslinya, Abraham (atau Ibrahim kalau dalam agama Islam) diceritakan menerima perintah dari Tuhan untuk mengorbankan anak laki-lakinya yang bernama Ishak / Isaac. Namun ketika Abraham hendak mengorbankan putranya tersebut, mendadak malaikat utusan Tuhan datang mencegah Abraham karena Tuhan sebenarnya hanya ingin menguji kesetiaan Abraham. Seekor anak domba lalu dijadikan korban persembahan menggantikan Ishak.

Abraham sendiri diceritakan tidak memiliki anak perempuan sama sekali. Lantas, siapa anak perempuan Abraham (Abraham's daughter) yang dimaksud dalam lagu buatan Arcade Fire? Ternyata walaupun terinspirasi dari tokoh agama Samawi, kisah Abraham yang ditampilkan dalam lagu tersebut aslinya merupakan kisah alternatif alias sudah diubah alurnya. Perubahan itu sendiri dilakukan supaya alur cerita dalam lagu yang bersangkutan memiliki kemiripan dengan alur cerita dalam film THG. Seperti apakah lengkapnya? Silakan pengunjung membacanya di bawah.



ANALISA LIRIK

Abraham took Isaac’s hand
And led him to the lonesome hill
While his daughter hid and watched
She dared not breathe, she was so still

Bagian ini bercerita mengenai Abraham & anaknya. Ia memegang tangan Ishak (took Isaac’s hand) & kemudian membawanya ke sebuah bukit (led him to the lonesome hill). Tanpa diketahui oleh Abraham, putrinya ternyata sedang mengamati ayah & saudara laki-lakinya dari kejauhan sambil bersembunyi (while his daughter hid and watched). Anak perempuan tersebut merasa begitu cemas terhadap nasib saudaranya tersebut, sampai-sampai ia tidak berani menghela nafas (dared not breathe) ataupun bergerak (she was so still).

Di dalam film THG, adegan serupa bisa dijumpai dengan tokoh-tokoh yang berbeda. Awalnya pemerintah daerah District 12 mengambil seorang anak perempuan di wilayahnya yang bernama Prim untuk dikirim ke Capitol, ibukota negara Panem. Katniss selaku kakak perempuan Prim enggan membiarkan Prim pergi begitu saja karena ia khawatir akan keselamatan Prim kelak. Namun ia tidak berdaya untuk menghentikan para petugas dari Capitol yang merenggut Prim secara paksa.


Just as an angel cried for the slaughter
Abraham’s daughter raised her voice

Katniss & Prim. (Sumber)
Bagian ini menunjukkan alasan di balik kecemasan putri Abraham mengenai Ishak. Ternyata ayahnya mendapat seruan dari malaikat untuk membunuh Ishak (an angel cried for the slaughter). Namun tidak lama sesudah sang malaikat mengeluarkan perintah tersebut, mendadak putri Abraham keluar dari persembunyiannya. Tanpa rasa gentar, ia menyatakan penolakannya (raised her voice) atas perintah malaikat tadi untuk mencabut nyawa Ishak.

Di film THG, Katniss sadar kalau sia-sia saja dia melawan para petugas Capitol yang jumlahnya lebih banyak & bersenjata lengkap. Namun Katniss masih enggan membiarkan Prim pergi ke Capitol untuk mengikuti turnamen Hunger Games yang notabene bisa merenggut nyawa para pesertanya. Maka, Katniss pun mengajukan diri untuk menggantikan Prim. Tawarannya diterima & Katniss pun kemudian dibawa pergi menuju Capitol bersama dengan warga District 12 lainnya yang bernama Peeta.


Then the angel asked her what her name was
She said, “I have none.”
Then he asked, “How can this be?”
“My father never gave me one.”

Sang malaikat merasa penasaran dengan putri Abraham yang begitu nekat menentang dirinya. Ia pun menanyakan nama sang anak perempuan tersebut (the angel asked her what her name was). Alih-alih memberitahukan namanya, putri Abraham tersebut hanya menjawab kalau dia tidak memiliki nama (I have none). Sang malaikat terheran-heran & bertanya bagaimana bisa ia tidak memiliki nama (how can this be?). Namun putri Abraham menjawabnya dengan singkat kalau ayahnya memang tidak pernah memberinya nama (my father never gave me one).

Jika kita membandingkan kisah di atas dengan kisah asli Abraham & bersikap seolah-olah kalau kisah putri Abraham tersebut memang benar adanya, maka kita bisa berkesimpulan kalau alasan mengapa Abraham tidak pernah diceritakan memiliki anak perempuan adalah karena anak perempuan tersebut tidak diakui & diberi identitas oleh ayahnya. Di film THG, Katniss awalnya hanyalah warga biasa District 12. Namun rentatan aksi heroiknya sejak mengikuti Hunger Games membuat orang-orang kini merasa penasaran dengan Katniss. Seperti halnya sang malaikat yang penasaran dengan tindakan putri Abraham.


And with his sword upraised  for the slaughter
Abraham’s daughter raised her bow
“How darest you, child, defy your father?”
“You better let young Isaac go.”

Capitol. (Sumber)
Di bagian ini, Abraham diceritakan sudah siap mengorbankan Ishak. Namun ketika Abraham sedang mengangkat pedangnya (his sword upraised  for the slaughter), mendadak putri Abraham langsung mengeluarkan busur & membidikannya ke arah Abraham (Abraham’s daughter raised her bow). Tindakan putri Abraham tersebut lantas membuat sang malaikat merasa heran sekaligus geram karena ia berani menantang ayahnya sendiri (how darest you, child, defy your father?). Namun putri Abraham tidak peduli & bahkan mengancam supaya Ishak segera dibebaskan (let young Isaac go). Putri Abraham bukanlah orang durhaka. Ia hanya ingin melindungi nyawa saudaranya sendiri ketika ayahnya terlihat tidak berdaya untuk menentang perintah malaikat.

Di film THG, Katniss berkali-kali membuat tindakan tak terduga dalam turnamen Hunger Games karena Katniss menganggap turnamen ini hanyalah cara bagi pemerintah pusat Panem untuk menghukum & memecah belah distrik-distrik penyusunnya. Mulai dari menolong sesama peserta Hunger Games hingga berniat bunuh diri bersama-sama dengan Peeta agar turnamen tersebut berakhir tanpa pemenang. Hasilnya, Katniss menjadi idola baru rakyat Panem yang muak akan penindasan Capitol. Namun selanjutnya ia juga menjelma menjadi sosok yang dibenci sekaligus diwaspadai oleh Capitol. Dan seperti halnya putri Abraham, Katniss juga menggunakan busur sebagai senjata utamanya.



RINGKASAN

Lagu Abraham's Daughter pada dasarnya memaparkan sinopsis dari film THG dengan sejumlah perubahan pada tokoh & settingnya. Kurang lebih seperti inilah perubahan-perubahan yang dimaksud :

Putri Abraham                   = Katniss
Ishak                                = Prim
Abraham                           = District 12
Malaikat                           = Capitol / pemerintah pusat Panem
Ritual pengorbanan Ishak   = Hunger Games

© Rep. Eusosialis Tawon



SUMBER-SUMBER YANG MEMBANTU

Bible Hub - The Story of Abraham and Isaac
Infiniteblue - Abraham's Daughter Song Meaning
Wikipedia - The Hunger Games (film)
(Film) 2012. "The Hunger Games". Color Force & Lionsgate Films, AS.

Lirik Lagu Arcade Fire - Abraham's Daughter



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.