FAUNA       SEJARAH       HIBURAN

Makna Lirik Lagu Imagine Dragons - Radioactive




Cuplikan dari video klip Radioactive.

Imagine Dragons (ID) adalah nama dari grup band asal AS yang pertama kali terbentuk pada tahun 2008 di Las Vegas. Sesudah hampir 1 dekade berlalu, band ini berhasil melejit menjadi band dengan reputasi internasional setelah lagu-lagu yang dirilisnya berhasil menarik minat pecinta musik dunia. Satu dari sekian banyak lagu tersebut adalah "Radioactive" yang dirilis pada tahun 2012 dalam album penuh perdananya yang berjudul "Night Visions".

Saat pertama kali diluncurkan ke publik, lagu Radioactive tidak begitu diminati oleh khalayak musik AS. Namun hanya dalam rentang waktu beberapa bulan, popularitas lagu tersebut perlahan-lahan terdongrak & bahkan sempat menempati peringkat ke-3 dalam bursa musik Billboards. Di luar AS, lagu ini juga sempat menempati peringkat 5 besar di bursa musik Kanada, Swedia, & Jerman. Lagu Radioative juga merupakan kesuksesan dari segi finansial karena hingga tahun 2015, lagu ini berhasil terjual hingga lebih dari 7 juta kopi.

Jadi sebenarnya lagu ini bercerita tentang apa? Kendati judulnya mengesankan kalau lagu ini ada kaitannya dengan nuklir atau semacamnya, lirik lagu yang bersangkutan ternyata sama sekali tidak menyinggung nuklir sama sekali. Video klipnya juga menampilkan semacam pertunjukan gladiator modern dengan boneka-boneka sebagai petarungnya. Menurut vokalis Dan Reynolds, ide untuk menulis Radioactive pertama kali muncul ketika ia bingung memutuskan apakah ia sebaiknya memiliki pekerjaan lain supaya bisa menghidupi keluarganya, atau tetap fokus sebagai musisi kendati bandnya pada waktu itu masih belum semapan & seterkenal sekarang.

Reynolds juga menambahkan kalau lagu ini pada intinya bercerita mengenai perjuangan seseorang memperkuat dirinya sendiri & menyingkirkan kebimbangannya selama ini. Namun karena lagu ini sendiri menggunakan lirik dengan kata-kata bermakna ambigu & bahkan terkesan tidak ada kaitannya dengan profesi Reynolds sebagai musisi, lagu ini pun lantas bisa dimaknai secara beragam alias tidak terbatas pada kehidupan pribadi personil ID semata. Dan sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan mencoba mengulas makna lagu Radioactive berdasarkan analisa versi pihak Republik.



ANALISA LIRIK

Bagian I

I'm waking up to ash and dust
I wipe my brow and I sweat my rust
I'm breathing in the chemicals


Imagine Dragons saat melakukan
konser. (Sumber)
Bagian ini ingin bercerita mengenai seperti apa kondisi di sekitar tokoh yang menjadi fokus penceritaan lagu. Ketika ia bangun dari tidurnya (I'm waking up), ia melihat abu & debu beterbangan di sekitarnya (to ash and dust). Ia kemudan mengusap alis & keringatnya yang berwarna kemerahan (I wipe my brow and I sweat my rust). Lalu ketika ia menarik napas dalam-dalam, yang terhirup adalah zat kimia (I'm breathing in the chemicals).

Dengan melihat rangkuman hasil interpretasi di paragraf sebelumnya, kita akan mendapatkan gambaran harfiah kalau sang tokoh tinggal di tempat yang panas, berdebu, & sudah tercemar oleh limbah. Namun jika kita memaknai tempat yang diceritakan tersebut sebagai semacam perumpamaan, maka sang tokoh ingin mengilustrasikan kalau kehidupannya dipenuhi oleh hal-hal yang suram & tidak menyenangkan.


Reffrain I

I'm breaking in, shaping up,
Then checking out of the prison bus
This is it, the apocalypse


Sang tokoh dalam bagian ini diceritakan menyelinap masuk & melakukan suatu hal di dalam penjara (I'm breaking in, shaping up). Tidak dijelaskan apa yang dilakukan sang tokoh. Namun kalau melihat caranya melakukan sesuatu secara sembunyi-sembunyi, kemungkinan besar hal yang dilakukannya adalah hal yang ilegal & destrukstif semisal aksi sabotase. Sesudah melakukan aksinya tersebut, sang tokoh kemudian melarikan diri memakai bus penjara (checking out on the prison bus).

Sang tokoh kemudian berseru kalau hal yang dilakukannya merupakan upaya untuk menyongsong kiamat alias hari akhir (this is it, the apocalypse). Jika dikaitkan dengan tindakan yang dilakukan oleh sang tokoh sebelumnya, maka kiamat yang dimaksud merujuk pada hancurnya penjara tempat sang tokoh ditahan.

Namun jika kita menganggap penjara hanyalah analogi yang dibuat oleh pelantun lagu, maka kiamat untuk penjara pada dasarnya ingin mengilustrasikan berakhirnya segala hal yang mengekang sang pelantun lagu. Entah itu rutinitas hidup yang membosankan. Tempat kerja & lingkungan yang tidak membuat betah. Atau bahkan pemerintah suatu negara yang gemar menindas & mempermainkan rakyatnya sendiri.


Reffrain II

I'm waking up, I feel it in my bones
Enough to make my system blow


Di bagian ini, sang tokoh ingin mendeskripsikan kalau dirinya kini dipenuhi oleh semangat yang membara. Ia menggambarkan semangatnya yang timbul tersebut sebagai kepribadian lainnya yang bangun (I'm waking up) setelah sekian lama tertidur. Begitu kuatnya semangat yang muncul dalam dirinya sehingga ia seolah-olah merasakan kalau luapan semangat tersebut mengalir dalam tulang-tulangnya (I feel it in my bones).

Ilustrasi awan jamur yang ditimbulkan
oleh ledakan bom nuklir. (Sumber)
Sang tokoh kemudian membuat klaim kalau semangat & tekad kuat yang meliputi dirinya bakal membuat dirinya sanggup melakukan tindakan apapun, termasuk menghancurkan sistem yang selama ini berdiri (enough to make my system blow). Sistem apakah yang ia maksud? Jika kita menerjemahkannya secara literal & mengaitkannya dengan paragraf-paragraf sebelumnya, maka sistem yang ia maksud merupakan kompleks penjara yang selama ini mengurung dirinya & rekan-rekannya.

Namun jika kita menggunakan perspektif yang lebih luas, sistem yang dimaksud bisa dimaknai sebagai perumpamaan mengenai hal-hal yang selama ini dianggap sebagai sumber kecemasan & penderitaan. Misalnya soal rutinitas di sekolah / tempat kerja yang harus selalu dijalani oleh seseorang, namun pada akhirnya ia merasa muak & memutuskan untuk pindah ke tempat lain. Atau bahkan mengenai rakyat di suatu negara yang memberontak setelah selama ini ditindas oleh pemerintahnya sendiri. Pada intinya, bagian ini ingin menggambarkan seseorang yang ingin mengubah hidupnya secara drastis dengan harapan bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik.


Welcome to the new age, to the new age
Welcome to the new age, to the new age
Whoa, oh, oh, oh, oh, whoa, oh, oh, oh, I'm radioactive, radioactive
Whoa, oh, oh, oh, oh, whoa, oh, oh, oh, I'm radioactive, radioactive


Bagian ini menjadi harapan sekaligus penegasan dari bagian sebelumnya. Sang tokoh dengan sukacita berseru kalau era baru sudah tiba (welcome to the new age). Isyarat kalau sang tokoh ingin memulai kehidupan baru setelah selama selama ini hidup dalam kondisi terkekang. Ia juga menyebut dirinya sebagai "radioaktif" (I'm radioactive, radioactive).

Radioaktif merupakan istilah untuk menyebut benda-benda yang memancarkan radiasi & bom nuklir adalah contoh dari benda tersebut. Begitu meledak, bom nuklir bukan hanya menciptakan ledakan yang dahsyat, tetapi juga menjadikan lokasi ledakannya sebagai tempat dengan kadar radiasi tinggi hingga jangka waktu lama. Dengan melihat penjelasan mengenai bom nuklir tersebut, kita bisa menyimpulkan kalau sang tokoh bukan hanya ingin menjadi "meledak" alias menciptakan perubahan besar bagi dirinya sendiri & lingkungannya. Tetapi dia juga ingin supaya hasil perubahannya tersebut bisa dirasakan dalam rentang waktu yang lama & bahkan hingga antar generasi jika memungkinkan.


Bagian II

I raise my flag and dye my clothes
It's a revolution, I suppose
We're painted red to fit right in


Jika dimaknai secara literal & disambungkan dengan bagian-bagian sebelumnya, bagian ini ingin menceritakan sang tokoh yang kini terlibat revolusi (It's a revolution, I suppose) setelah berhasil menyabotase penjara & membebaskan para tahanan di dalamnya. Ia mengibarkan bendera sebagai simbol perlawanan (I raise my flag) & mewarnai bajunya dengan warna merah (dye my clothes; we're painted red). Warna yang selain identik dengan ideologi komunisme, juga identik dengan simbol pengorbanan karena warna tersebut serupa dengan warna darah.

Namun jika mencoba memaknai bagian ini secara konotatif, maka bagian ini pada intinya ingin mengilustrasikan perjuangan keras seseorang untuk melakukan perubahan drastis dalam hidupnya. Orang yang bersangkutan juga tidak segan-segan mengorbankan segala hal yang dimilikinya (termasuk mengorbankan harta benda & meninggalkan zona nyamannya) selama perubahan yang diinginkannya bisa terlaksana demi harapan akan hidup yang lebih baik.


Reffrain I
Reffrain II

(lihat bagian yang berjudul sama)


Bagian III

All systems go, the sun hasn't died
Deep in my bones, straight from inside


Cuplikan lain video klip Radioactive
mengenai boneka yang mendadak
berubah menjadi kuat.
Bagian ini bisa dideskripsikan sebagai semacam epilog. Seteah revolusi terjadi & menyebar ke seluruh dunia, seluruh sistem yang selama ini berdiri akhirnya runtuh & menghilang (all systems go). Namun konsekuensi dari keberhasilan tersebut adalah dunia kini berada dalam kondisi porak poranda. Namun sang tokoh menolak untuk bersikap pesimis. Menurutnya, harapan yang ia analogikan sebagai matahari masih tetap ada (the sun hasn't died). Ia berani bersikap demikian karena ia sendiri menyimpan harapan yang bisa ia rasakan ada dalam dirinya (deep in my bones, straight from inside).

Lalu apa makna dari bagian ini jika berdasarkan pendekatan konotatif? Sederhananya, bagian ini ingin menekankan kalau perubahan drastis yang terjadi dalam hidup pasti memiliki sisi negatifnya. Namun jika orang tersebut enggan menyerah & memiliki rencana yang matang, sisi negatif tersebut pada akhirnya bakal teratasi & tertutupi oleh sisi positifnya. Setiap pilihan dalam hidup memiliki konsekuensinya masing-masing.


Reffrain II

(lihat bagian yang berjudul sama)

© Rep. Eusosialis Tawon



SUMBER-SUMBER YANG MEMBANTU

Billboards - Imagine Dragons' 'Radioactive' Ends Record....
Lyric Interpretations - Imagine Dragons : Radioactive Meaning
Rate Your Music - Imagine Dragons
Songfacts - Radioactive by Imagine Dragons


Lirik Lagu Imagine Dragons - Radioactive
Video Klip Imagine Dragons - Radioactive



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.