31 Maret 2012


Bintang Laut Bunga Matahari, Bintang Laut Terbesar di Dunia



(Sumber)

Salah satu hewan dasar laut yang paling dikenal oleh manusia adalah bintang laut (sea star, starfish). Nama "bintang laut" sendiri diberikan karena bentuk hewan ini memang menyerupai bintang bersudut 5. Namun sebenarnya, hewan yang menjadi sumber inspirasi dari karakter Patrick di film kartun "Spongebob Squarepant" ini tidak cuma memiliki penampilan mirip bintang bersudut 5. Ada juga spesies bintang laut yang memiliki "sudut" atau lengan berjumlah lebih dari 5. Nah, salah satu spesies bintang laut tersebut adalah bintang laut bunga matahari (sunflower seastar; Pycnopodia helianthoides).

29 Maret 2012


Ubur-Ubur Nomura, Raksasa Lautan yang Dibenci Nelayan



Seekor ubur-ubur Nomura beserta seorang penyelam di sampingnya. (Sumber)

Semua orang pasti tahu yang namanya ubur-ubur. Ya, hewan air ini mudah dikenali dengan melihat bentuknya yang menyerupai tudung & adanya tentakel di bawah tubuhnya. Selain karena bentuknya yang khas, ubur-ubur juga terkenal karena mereka menghasilkan racun yang efeknya bervariasi pada manusia. Mulai dari yang hanya sebatas menimbulkan rasa gatal hingga ada yang bisa menyebabkan kematian! Di dunia ini ada ribuan spesies ubur-ubur yang sudah diketahui manusia. Dari sekian banyak ubur-ubur tersebut, salah satu jenis ubur-ubur yang belakangan mulai menyita perhatian manusia adalah ubur-ubur Nomura.

26 Maret 2012


Al-Houthi, Kelompok Pemberontak dari Pelosok Utara Yaman



(Sumber)

Yaman bisa dikatakan sebagai ironi dari dunia Arab. Penyebabnya adalah di saat negara-negara tetangganya bisa hidup makmur karena limpahan kekayaan minyak, Yaman justru menjadi salah satu negara paling miskin di kawasan Arab & bahkan dunia. Kemiskinan tersebut tidak lepas dari maraknya kegiatan korupsi & minimnya cadangan minyak yang ada di wilayah negara tersebut. Seolah itu belum cukup, Yaman juga merupakan salah satu negara Arab yang paling dipenuhi konflik hingga sekarang. Salah satu kelompok yang aktif dalam konflik di Yaman tersebut adalah Al-Houthi, topik pembahasan dalam artikel kali ini.

24 Maret 2012


Lalat Kalajengking, Serangga Unik yang Pandai Merayu



Lalat kalajengking jantan dari spesies Panorpa communis. (Sumber)

Salah satu serangga paling unik yang pernah dikenal oleh manusia adalah lalat kalajengking. Apa itu lalat kalajengking? Lalat kalajengking (scorpion fly) adalah sejenis serangga yang jika dilihat sekilas, bentuknya memang seperti campuran antara serangga bersayap & kalajengking. Jika ditinjau dari segi penggolongan ilmiahnya sendiri, lalat kalajengking aslinya memang benar-benar sejenis serangga (Insecta) & tidak punya hubungan atau kekerabatan apapun dengan kalajengking walaupun bentuk ekornya mirip.

22 Maret 2012


Perang Cina-India, Adu Kuat Dua Raksasa Asia



Iring-iringan kendaraan pengangkut perbekalan
milik pasukan India di medan perang. (Sumber)

Cina & India bila dibandingkan memiliki banyak kesamaan. Kesamaan pertama jelas karena keduanya sama-sama terletak di Benua Asia. Kesamaan lainnya, kedua negara tersebut sama-sama merupakan 2 negara terluas & terpadat penduduknya di Asia. Dengan aneka kelebihan & kesamaan tersebut, sebenarnya baik India maupun Cina bisa muncul sebagai kekuatan baru dunia bila mau bekerja sama, terlebih kalau melihat bahwa Cina & India sekarang sama-sama merupakan anggota persekutuan multinasional BRICS (Brazil, Russia, India, China, South Africa). Namun sejarah menunjukkan bahwa aneka kesamaan tersebut lantas tidak membuat kedua negara tidak pernah terlibat konflik terbuka sama sekali.

19 Maret 2012


Yak, Lembu Perkasa yang Berbulu Lebat



Seekor yak betina bersama anaknya. (Sumber)

Yak (Bos grunniens) adalah sejenis lembu yang banyak ditemukan di Pegunungan Himalaya & sekitarnya. Yak mudah dikenali dengan melihat bulu-bulunya (atau lebih tepatnya rambut) yang tebal & panjang. Sebagian besar yak memiliki bulu berwarna hitam atau coklat gelap, namun jenis pewarnaan lain semisal warna putih & bahkan keemasan juga bisa ditemukan. Selebihnya, yak memiliki kemiripan fisik dengan banteng seperti adanya sepasang tanduk yang mengarah ke depan, kepala yang agak merunduk ke bawah, & punggung bagian depan yang menonjol ke atas.

15 Maret 2012


ALF, Pelindung Satwa atau Peneror Manusia?



Sepasang anggota ALF bersama anjing-anjing
yang baru mereka bebaskan. (Sumber)

ALF atau lengkapnya Animal Liberation Front (Front Pembebasan Binatang) adalah nama dari sebuah organisasi pecinta lingkungan beraliran garis keras yang memiliki tujuan untuk membebasakan hewan-hewan yang - berdasarkan sudut pandang para anggotanya - mengalami penderitaan & eksploitasi oleh manusia. Awalnya dibentuk di Inggris oleh seorang aktivis hak-hak hewan bernama Ronnie Lee pada pertengahan dekade 1970-an, secara perlahan tapi pasti ALF berhasil melebarkan sayapnya ke negara-negara lain. Hingga tahun 2010, diperkirakan ada sekitar 40 negara lebih yang menjadi lokasi aktifnya ALF.

12 Maret 2012


Pathet Lao, Sekutu Komunis Vietnam dari Tanah Laos



Bendera Pathet Lao yang sekarang menjadi
bendera negara Laos. (Sumber)

Indocina adalah sebutan untuk kawasan di sebelah selatan Cina yang mencakup negara Vietnam, Laos, & Kamboja. Di pertengahan hingga paruh akhir abad ke-20, wilayah ini cukup terkenal bukan karena kemakmurannya, tapi karena perang besar yang melanda wilayah tersebut & melibatkan negara-negara besar peserta Perang Dingin (Cold War). Dalam perang di kawasan Indocina pada periode tersebut, salah satu pihak yang sebenarnya cukup menonjol tapi kalah pamor dibandingkan AS atau kelompok milisi Viet Kong adalah Pathet Lao.

9 Maret 2012


Cumi-Cumi Kolosal, Raksasa Misterius dari Laut Dalam



Seekor cumi-cumi kolosal yang berhasil ditangkap
oleh nelayan pada tahun 2007. (Sumber)

Laut adalah salah satu wilayah di bumi yang paling dipenuhi misteri. Wajar saja sebenarnya karena laut berukuran sangat luas & menutupi lebih dari 2/3 permukaan total bumi sehingga pastinya, ada beberapa bagian dari laut ini yang belum pernah dikunjungi oleh manusia. Namun seiring berjalannya waktu & semakin berkembangnya teknologi, sedikit demi sedikit orang pun mulai menyibak misteri mengenai lautan & menemukan aneka hal menakjubkan di dalamnya. Salah satu hal menakjubkan yang berhasil diungkap oleh manusia dari laut adalah mengenai keberadaan cumi-cumi kolosal, salah satu penemuan paling mencengangkan bagi ilmu kelautan di era modern ini.

7 Maret 2012


Konflik Transnistria, Perpecahan di Negara Pecahan Uni Soviet



Tugu peringatan tank bekas perang Transnistria
di Tiraspol, ibukota Transnistria. (Sumber)

Transnistria / Transinistria adalah sebutan untuk sebuah wilayah yang terletak di perbatasan Ukraina & Moldova, 2 negara Eropa timur yang dulunya sama-sama merupakan bagian dari negara adidaya Uni Soviet. Tidak banyak yang tahu soal Transnistria karena letaknya yang memang agak terpencil & minimnya pemberitaan soal wilayah ini (plus karena namanya yang cukup sulit buat diingat mungkin? Hehehe...). Namun, minim pemberitaan bukan berarti wilayah ini tidak memiliki sejarah apapun yang menonjol. Sejarah mencatat bahwa Transnistria adalah salah satu wilayah bekas Uni Soviet yang paling membara tak lama sesudah negara raksasa komunis itu runtuh.

4 Maret 2012


Perbedaan antara Cumi-Cumi, Sotong, & Gurita



Tumpukan cumi-cumi di atas nampan. (Sumber)

Apa kesamaan dari cumi-cumi, sotong, & gurita? Jawaban paling mudah adalah ketiganya sama-sama merupakan hewan laut yang memiliki lengan-lengan di bagian kepalanya. Ciri itu pula yang membuat mereka digolongkan sebagai Cephalopoda (baca : sefalopoda)? Apa itu Cephalopoda? Cephalopoda adalah sebutan untuk sebuah kelas (class) dalam tangga klasifikasi ilmiah hewan yang jika namanya diterjemahkan berarti "kepala berkaki". Nama tersebut diberikan tidak lain karena hewan-hewan yang menjadi anggota dari kelas ini memiliki ciri khusus berupa adanya lengan-lengan di bagian kepalanya, tepatnya pada bagian sekitar mulut.

1 Maret 2012


Kupu-Kupu Raja, Sang Pengembara Bersayap Indah



(Sumber)

Kupu-kupu. Bila mendengar nama itu, maka orang biasanya akan langsung membayangkan soal serangga bersayap indah yang suka terbang di sekitar bunga. Wajar saja sebenarnya karena salah satu hal yang paling menonjol dari kupu-kupu memang seputar keindahan dari sayapnya. Ada begitu banyak spesies kupu-kupu di dunia ini & masing-masing punya motif sayapnya sendiri-sendiri. Nah, artikel kali ini akan membahas soal kupu-kupu raja, spesies kupu-kupu yang terkenal dengan corak sayap berwarna jingga & hitam yang khas.