Perbedaan antara Anjing Laut, Singa Laut, Gajah Laut, & Walrus



Koloni singa laut di Kepulauan Galapagos.

Pinnipedia adalah nama dari kelompok fauna laut dalam klasifikasi ilmiah yang memiliki ciri-ciri khusus berupa adanya 4 sirip sebagai anggota badannya, lapisan lemak di bawah kulitnya, & bernapas dengan paru-paru. Beberapa contoh hewan yang digolongkan sebagai Pinnipedia adalah anjing laut, singa laut, gajah laut, & walrus.

Tidak seperti mamalia laut lainnya semisal paus yang menghabiskan seluruh hidupnya di dalam air, hewan-hewan anggota Pinnipedia masih bisa naik ke darat untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu semisal berkembang biak.

Oke, itu tadi sekilas soal Pinnipedia & hewan-hewan yang termasuk di dalamnya. Namun, orang kerap kesulitan ketika harus membedakan hewan-hewan sesama anggota Pinnipedia karena kesamaan-kesamaan tadi.

Jika pengunjung termasuk salah satunya, maka pengunjung tidak perlu cemas lagi. Karena sesuai judul dari artikel ini, di sini pihak Republik akan membahas soal perbedaan-perbedaan dari anjing laut, singa laut, gajah laut, & walrus selaku hewan-hewan anggota Pinnipedia. Jadi, sekarang langsung saja kita lanjut ke bagian berikutnya dari artikel ini...



NAMA DALAM BAHASA ASING

Anjing laut dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama "seal" atau "true seal".

Singa laut dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama "sea lion".

Seekor anjing laut dari spesies Phoca vitulina. (Sumber)

Seekor singa laut dari spesies Zalophus californianus. (Sumber)

Gajah laut dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama "elephant seal".

Walrus dalam bahasa Inggris juga dikenal dengan nama "walrus".


Sepasang gajah laut jantan. (Sumber)

Seekor walrus.


DAUN TELINGA

Anjing laut tidak memiliki daun telinga.

Singa laut memiliki daun telinga.

Gajah laut tidak memiliki daun telinga.

Walrus tidak memiliki daun telinga.



TARING

Anjing laut, singa laut, & gajah laut tidak memiliki taring panjang.

Walrus memiliki sepasang taring panjang di rahang atasnya.



MONCONG

Anjing laut memiliki moncong yang agak meruncing.

Singa laut memiliki moncong yang panjang layaknya moncong anjing.

Anjing laut memiliki moncong yang agak meruncing.

Singa laut memiliki moncong yang panjang seperti moncong anjing. (Sumber)

Gajah laut betina memiliki moncong yang agak meruncing, sementara gajah laut jantan memiliki moncong yang besar & bulat.

Walrus memiliki moncong yang pendek & datar di bagian depan.


Gajah laut jantan & betina. Perhatikan bentuk moncong keduanya yang berbeda. (Sumber)

Walrus memiliki moncong yang terlihat datar di bagian depan. (Sumber)


SIRIP KAKI DEPAN

Anjing laut memiliki sirip depan yang pendek, berbulu tipis, & bercakar.

Singa laut memiliki sirip depan yang panjang, tidak berbulu, & berkuku pendek.

Gajah laut memiliki sirip depan yang pendek, berbulu tipis, & bercakar.

Walrus memiliki sirip depan yang panjang, tidak berbulu, & berkuku pendek.



SIRIP KAKI BELAKANG

Anjing laut tidak bisa menekuk sirip belakangnya ke depan.

Singa laut bisa menekuk sirip belakangnya ke depan.

Singa laut bisa menekuk sirip belakangnya ke depan. (Sumber)

Gajah laut tidak bisa menekuk sirip belakangnya ke depan.

Walrus bisa menekuk sirip belakangnya ke depan.


Seperti halnya singa laut, walrus juga bisa menekuk sirip belakangnya ke depan. (Sumber)


RAMBUT DI SEKUJUR TUBUH

Anjing laut memiliki tubuh yang diselubungi rambut tipis & pendek.

Singa laut memiliki tubuh yang diselubungi rambut lebat & panjang.

Gajah laut memiliki tubuh yang diselubungi rambut tipis & pendek.

Walrus memiliki tubuh yang diselubungi rambut tipis & pendek.



CARA BERJALAN DI DARAT

Anjing laut berjalan dengan cara merangkak seperti ulat dengan memakai sirip depan & perutnya.

Singa laut berjalan dengan memakai keempat sirip kakinya.

Anjing laut berjalan dengan cara merangkak seperti ulat.

Singa laut berjalan dengan cara menapak memakai keempat siripnya.

Gajah laut berjalan dengan cara merangkak seperti ulat dengan memakai sirip depan & perutnya.

Walrus berjalan dengan memakai keempat sirip kakinya.



CARA BERENANG DI AIR

Anjing laut berenang dengan cara menggerakkan sirip belakangnya.

Singa laut berenang dengan cara menggerakkan sirip depannya.

Gajah laut berenang dengan cara menggerakkan sirip belakangnya.

Walrus berenang dengan cara menggerakkan sirip depan & belakangnya.



TAKSONOMI

Anjing laut dalam klasifikasi ilmiah termasuk dalam famili Phocidae.

Singa laut dalam klasifikasi ilmiah termasuk dalam famili Otariidae.

Gajah laut dalam klasifikasi ilmiah termasuk dalam genus Mirounga, famili Phocidae.

Walrus dalam klasifikasi ilmiah termasuk dalam famili Odobenidae.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI PINNIPEDIA

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mammalia
Ordo : Carnivora
Klade : Pinnipedia (Illiger, 1811)



REFERENSI

ARkive - Northern elephant seal videos, photos, and facts
ARkive - Southern elephant seal videos, photos, and facts
HowStuffWorks - Seals and Sea Lions (and Walruses)
Wikipedia - Pinniped
Wikipedia - Walrus
- . 2001. "Seals, Sea Lions, and Walruses". Sea World, Orlando, AS.

 




COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

32 komentar:

  1. gigi panjang pasti walrus nih

    BalasHapus
  2. Saya sangat suka materi dan ulasan dalam blog ini, sangat bermanfaat. Jangan pernah berhenti untuk terus berbagi ilmu pengetahuan. Materinya lebih diperbanyak dan diperdalam (terutama istilah ilmiah/biologinya) agar dapat dijadikan referensi untuk adik-adik kita yang mengambil jurusan serupa.

    Many thanks and Respect

    Pecinta Imu

    BalasHapus
  3. Kalo foto anjing laut sama singa lautnya kebalik apa engga ?
    Soalnya yg moncongnya agak panjang ada di foto singa laut,,,
    Tengkiuu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak terbalik kok. Singa laut moncongnya emang panjang.

      Anjing laut moncongnya lebih pendek, tapi bentuknya agak meruncing. Cuma bentuk moncongnya nggak begitu terlihat di foto karena foto anjing lautnya diambil dari depan, bukan dari samping.

      Hapus
    2. Yg moncongnya seperti anjing malah disebut singa, tadi ngecek lagi di Google ternyata memang begitu, kalo secara ukuran yg mana yg lebih gede om? True Seal atau Sea Lion? Terus kalo Dugong itu beda lagi ya?

      Hapus
    3. Tergantung spesiesnya. Tapi jika dilihat secara menyeluruh, spesies anjing laut terbesar adalah gajah laut (panjangnya sekitar 5 m), sementara spesies singa laut terbesar adalah singa laut Steller (3 m).

      Dugong / duyung tidak termasuk dalam Pinniped karena dugong tidak bisa berjalan di darat. Lalu kalau dugong makanan utamanya adalah tumbuhan laut, Pinniped makanan utamanya adalah hewan laut (misalnya ikan).

      Hapus
  4. boleh dicopas ngga? buat tugas

    BalasHapus
  5. ampir sama semua yaa sama-sam semunya pake laut hhiihi

    BalasHapus
  6. mantab nih infonya. jadi tau sekarang bedanya :D

    BalasHapus
  7. mkasi infony, akhirny bisa bikin tugas...

    BalasHapus
  8. nk mintk ijin tuk copy boleh??? ada tugas.. ;)

    BalasHapus
  9. Akhirnya ga bingung lagi, nice info

    BalasHapus
  10. Info menarik. Sankyu :)

    BalasHapus
  11. cursornya lucu boleh tahu cara downlownnya( mungkin kurang penting tapi kalau boleh)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dapat dari situs cursors-4u. Nama kursornya "yellow jacket".

      Hapus
  12. Mahu tahu lebih lagi perbezaan antara gajah laut dengan walrus..

    BalasHapus
  13. super,dosen/guru?

    BalasHapus
  14. sangat membantu, tapi msh bingung kok ciri-ciri anjing laut sama persis dgn gajah laut kecuali untuk moncong gajah laut betina. ada ciri lain yg membedakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena gajah laut pada dasarnya adalah sejenis anjing laut. Makanya dalam klasifikasi ilmiah, keduanya sama-sama termasuk dalam famili Phocidae.

      Mengenai perbedaan lain, itu tergantung anda mau membandingkan gajah laut dengan anjing laut spesies apa.

      Hapus
  15. Info nya sangat bermanfaat. Thanks min

    BalasHapus
  16. gan,jelaskan juga leopard seal juga !!!

    BalasHapus
  17. Yang terakhir kayak hero dota tuh xD

    BalasHapus
  18. Anjing Laut, Singa Laut, Gajah Laut, dan Walrus adalah karnivora. Sedangkan duyung dan dugong adalah herbivora. Betul begitu, ya?

    BalasHapus
  19. Artikel yang sungguh bermanfaat, saya suka! saya suka :)

    BalasHapus
  20. Thanks info nya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.